Langsung ke konten utama

Hukum menggunakan toilet fasilitas masjid tanpa tujuan beribadah

 Rumusan Obrolan Santai Santri:

*Hukum menggunakan toilet fasilitas masjid tanpa tujuan beribadah*
_____________

*rumusan group Obrolan Santai Santri*

*soal : 6*

✅*Deskripsi*:


Sering kali saat dlm perjalanan kita singgah di masjid yg ada dipinggir jalan. Dan kerap kali kita juga numpang menggunakan fasilitas masjid untuk keperluan pribadi sperti WC, mandi tanpa tujuan beribadah di masjid tersebut.

✅*Soal*:

Bagaimanakah hukum menggunakan fasilitas masjid tanpa tujuan beribadah trsbut?...

*jawaban sementara*:

✅Terkait hal ini ada beberapa rincian sbb :

➡️ 1). status air yang diketahui dikhususkan disediakan untuk orang-orang yang beribadah di masjid tertentu, tidak boleh digunakan oleh selain orang yang beribadah di masjid tersebut.

hal-hal ini bisa terjadi berbentuk berupa dari :
a).  air dan atau jedingnya bisa merupakan dari : sedekah atau wakaf yang dikhususkan untuk orang yang beribadah di masjid tersebut,
b). atau dibangun menggunakan uang masjid tersebut.

➡️ 2).  Apabila tidak diketahui apakah dikhususkan atau tidak,
maka :
a)  perlu melihat qarinah kebiasaan setempat. Bila kebiasaan masyarakat setempat menggunakannya hanya khusus untuk orang yang beribadah di masjid, maka tidak boleh digunakan oleh yang lain.
b). bila kebiasaan masyarakat setempat menggunakannya secara umum baik orang yang beribadah maupun yang lain, maka boleh digunakan oleh sekalipun orang yang menggunakan itu tidak melakukan ibadah di masjid tersebut.


👉 *catatan* : jika bersandar pendapat yang menyatakan air termasuk milik umum (milk al-musytarak) hukumnya di perbolehkan selama air tsb di ambil langsung dari sumbernya.

[ التهذيب الجزء الرابع ص 50 دار الكتب العلمية الطبعة 1997 ] مانصه : امااذا نبع الماء من عين فى ملكه اوبئر او حفر بئرا فى الموات للتملك فظهر الماء هل يكون ذلك الماء ملكاله؟ فيه وجهان احدهما وهو قول ابى اسحاق لايكون ملكا له حتى يجوزه فى اناء اوحوض لظاهر الخبر والثانى نص عليه فى رواية حرملة وهو قول ابن ابى هريرة وهو ملك له لانه نماء ملكه - الى ان قال - ومن قال بالاول قال الدليل على انه ليس يملك ان مستاجر الدار يجوز له ان ينتفع بماء البئر بالاتفاق ولوكان ملكا لصاحب الدار لم يجز ان ينتفع به


*Referensi* :

1). *إعانة الطالبين: 1/69*
وَسُئِلَ الْعَلَّامَةُ الطَّنْبَدَاوِيْ عَنِ الْجِوَابِيْ وَالْجِرَارِ الَّتِيْ عِنْدَ الْمَسَاجِدِ فِيْهَا الْمَاءُ إِذَا لَمْ يُعْلَمْ أَنَّهَا مَوْقُوْفَةٌ لِلشُّرْبِ أَوِ الْوُضُوْءِ أَوِ الْغُسْلِ الْوَاجِبِ أَوِ الْمَسْنُوْنِ أَوْ غَسْلِ النَّجَاسَةِ؟ فَأَجَابَ إِنَّهُ إِذَا دَلَّتْ قَرِيْنَةٌ عَلَى أَنَّ الْمَاءَ مَوْضُوْعٌ لِتَعْمِيْمِ الْاِنْتِفَاعِ: جَازَ جَمِيْعُ مَا ذُكِرَ مِنَ الشَّرْبِ وَغَسْلُ النَّجَاسَةِ وَغَسْلُ الْجِنَابَةِ وَغَيْرُهَا وَمِثَالُ الْقَرِيْنَةِ: جِرْيَانُ النَّاسِ عَلَى تَعْمِيْمٍ لِاِنْتِفَاعٍ مِنْ غَيْرِ نَكِيْرٍ مِنْ فَقِيْهٍ وَغَيْرِهِ إِذِ الظَّاهِرُ مِنْ عَدَمِ النَّكِيْرِ: أَنَّهُمْ أَقْدَمُوْا عَلَى تَعْمِيْمِ الْاِنْتِفَاعِ بِالْمَاءِ بِغُسْلٍ وَشُرْبٍ وَوُضُوْءٍ وَغَسْلِ نَجَاسَةٍ فَمِثْلُ هَذَا إِيْقَاعٌ يُقَالُ بِالْجَوَازِ

“Al-‘Allamah Syaikh Thambadawi ditanya tentang masalah kamar mandi dan tempat air yang berada di masjid yang berisi air ketika tidak diketahui status *pewakafan air* tersebut,  apakah untuk minum, untuk wudlu, untuk mandi wajib atau sunnah, atau membasuh najis?. Beliau menjawab: Sesungguhnya apabila terdapat tanda-tanda (Qorinah) bahwa air tersebut disediakan untuk kemanfaatan umum, maka boleh menggunakannya untuk semua kepentingan di atas, yaitu untuk minum, membasuh najis, mandi junub dan lain sebagainya. Contoh dari tanda-tanda (qorinah) tersebut adalah kebiasaan manusia untuk memanfaatkannya secara umum tanpa ada inkar dari orang yang ahli fikih ataupun yang lainnya. Dan contoh pemanfaatan air sebagaimana contoh di atas adalah boleh,”.


2). [ابن حجر الهيتمي ,الفتاوى الفقهية الكبرى ,3/266]

(وَسُئِلَ) عَمَّنْ *وَقَفَ* عَلَى تَحْصِيلِ مَاءِ الطَّهَارَةِ فِي نَحْو خَابِيَةِ مَسْجِدٍ فَهَلْ تَجُوزُ الطَّهَارَةُ مِنْهَا لِمَنْ يُرِيدُ الصَّلَاةَ فِي غَيْرِ ذَلِكَ الْمَسْجِدِ؟

Beliau ditanya perihal *seseorang yang berdiri atau berjaga-jaga atas menghasilkan atau mengumpulkan air untuk bersuci dimisalkan digentong masjid*. Apakah diperbolehkan bersuci menggunakan air tersebut bagi orang yang ingin melakukan sholat di masjid lain ?

(فَأَجَابَ) بِقَوْلِهِ أَفْتَى بَعْضُهُمْ بِجَوَازِ ذَلِكَ لِشُمُولِ لَفْظِ الْوَاقِفِ لَهُ مَا لَمْ يَنُصَّ الْوَاقِفُ عَلَى تَخْصِيصِ ذَلِكَ بِمَنْ يُرِيدُ الصَّلَاةَ فِي ذَلِكَ الْمَسْجِدِ فَلَا تَجُوزُ الطَّهَارَةُ مِنْهَا إلَّا لِمَنْ يُرِيدُ الصَّلَاةَ فِيهِ.
(Beliau menjawab) dengan jawaban "sebagian ulama berfatwa kebolehan hal tersebut karena segi ke-umum-annya atau segi cakupannya ucapan si wakif  (orang yang menyadari mengumpulkan air bersuci tersebut)  selagi si wakif (orang yang menyadari mengumpulkan air untuk bersuci tersebut) tidak menghususkan hal tersebut bagi orang yang ingin sholat dimasjid tersebut, jika demikian (terjadi pengkhususan) maka tidak boleh menggunakannya untuk bersuci kecuali orang tersebut ingin melakukan sholat di masjid tersebut.


3). [محمد بن قاسم الغزي، فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار، صفحة ٢٠٣]

(والوقف جائز بثلاثة شرائط). وفي بعض النسخ «والوقف جائز، وله ثلاثة شروط»: أحدها (أن يكون) الموقوف (مما ينتفع به مع بقاء عينه)، ويكون الانتفاع مباحا مقصودا؛ فلا يصح وقف آلة اللهو، ولا وقف دراهم للزينة. ولا يشترط النفع في الحال، فيصح وقف عبد وجحش صغيرين. وأما الذي لا تبقى عينه كمطعوم وريحان فلا يصح وقفه
(wakof itu dibolehkan dengan tiga syarat) sebagian naskah "wal wakfu jaizun wa lahu tsalatsatu syurutu" salah satunya (harus lah) mauquf (dari sesuatu yang bermanfaat dan tetap wujud bentuknya) dan harus juga manfaat disini adalah yang mubah dan sebuah tujuan. Maka tidak sah mewakofkan alat untuk hiburan, juga mewakofkan dirham untuk perhiasan. Bermanfaat disin tidak syaratkan seketika, maka sah jika mewakofkan budak atau kuda yang mmasih kecil. Adapun yang tidak kekal wujudnya seperti makanan dan wewangian, hal ini tidak sah


4). حاشية الشروانى ج ١ ص ٢٣١
وَكَذَا يُؤْخَذُ مِنْ ذَلِكَ حُرْمَةُ مَا جَرَتْ بِهِ الْعَادَةُ مِنْ أَنَّ كَثِيرًا مِنْ النَّاسِ يَدْخُلُونَ فِي مَحَلِّ الطَّهَارَةِ لِتَفْرِيغِ أَنْفُسِهِمْ ثُمَّ يَغْسِلُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَيْدِيَهُمْ مِنْ مَاءِ الْفَسَاقِيِ الْمُعَدَّةِ لِلْوُضُوءِ لِإِزَالَةِ الْغُبَارِ وَنَحْوِهِ بِلَا وُضُوءٍ وَلَا إرَادَةِ صَلَاةٍ

begitu pula keharaman sesuatu yang telah berlaku adalah kebiasaan banyak orang yang masuk ke dalam tempat bersuci hanya untuk kebutuhan pribadi mereka, lalu mereka membasuh muka dan tangan dengan air yang dipersiapkan untuk wudhu’ untuk menghilangkan debu dan sejenisnya, tanpa (diteruskan dengan) berwudhu atau berkeinginan untuk shalat (di tempat tersebut).


5). *الفتاوى الفقهية الكبرى*
(‍ﻭ‍ﺳ‍‍ﺌ‍‍ﻞ‍) ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺎﺀ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺘ‍‍ﺼ‍‍ﺪ‍ﻕ‍ ‍ﺑ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻄ‍‍ﻬ‍‍ﻮ‍ﺭ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺎ‍ﺟ‍‍ﺪ ‍ﻋ‍‍ﻨ‍‍ﺪ‍ﻧ‍‍ﺎ ‍ﻫ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺣ‍‍ﺪ ‍ﻧ‍‍ﻘ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﻰ ‍ﺧ‍‍ﻠ‍‍ﻮ‍ﺗ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﺩ‍ﺧ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﻩ‍ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻄ‍‍ﻬ‍‍ﺮ ‍ﺑ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﻊ‍ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻊ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﺎ‍ﺱ‍ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺤ‍‍ﺎ‍ﺟ‍‍ﺔ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻝ‍‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﻣ‍‍ﻊ‍ ‍ﻋ‍‍ﺪ‍ﻡ‍ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻟ‍‍ﺎ?
(‍ﻓ‍‍ﺄ‍ﺟ‍‍ﺎ‍ﺏ‍) ‍ﺑ‍‍ﺄ‍ﻥ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺗ‍‍ﺼ‍‍ﺪ‍ﻕ‍ ‍ﺑ‍‍ﻤ‍‍ﺎﺀ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻭ‍ﻗ‍‍ﻒ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺤ‍‍ﺼ‍‍ﻞ‍ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻄ‍‍ﻬ‍‍ﻮ‍ﺭ ‍ﺏ‍‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ ‍ﻛ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﺰ ‍ﻧ‍‍ﻘ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﻄ‍‍ﻬ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻐ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻫ‍‍ﺎ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻊ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﺎ‍ﺱ‍ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻥ‍‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺎﺀ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺒ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﺤ‍‍ﺮ‍ﻡ‍ ‍ﻧ‍‍ﻘ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﻋ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﻰ ‍ﻣ‍‍ﺤ‍‍ﻞ‍ ‍ﺁ‍ﺧ‍‍ﺮ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﻨ‍‍ﺴ‍‍ﺐ‍ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺨ‍‍ﻠ‍‍ﻮ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺬ‍ﻛ‍‍ﻮ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺆ‍ﺍ‍ﻝ‍ ‍
*ﻧ‍‍ﻌ‍‍ﻢ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺩ‍ﺧ‍‍ﻞ‍ ‍ﺍ‍ﻝ‍‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ ‍ﻭ‍ﺗ‍‍ﻮ‍ﺿ‍‍ﺄ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﻠ‍‍ﺰ‍ﻣ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍* ‍*ﻭ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﺣ‍‍ﺘ‍‍ﻤ‍‍ﻞ‍ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﻗ‍‍ﻒ‍ ‍ﺃ‍ﺭ‍ﺍ‍ﺩ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺗ‍‍ﻜ‍‍ﺜ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﺍ ‍ﻟ‍‍ﺜ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺑ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﻔ‍‍ﻈ‍‍ﻪ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﺼ‍‍ﺮ ‍ﻋ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﻔ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﻛ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻄ‍‍ﺮ‍ﺩ ‍ﻋ‍‍ﺮ‍ﻑ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺯ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﻗ‍‍ﻒ‍ ‍ﻭ‍ﻳ‍‍ﻌ‍‍ﻠ‍‍ﻤ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻧ‍‍ﺰ‍ﻝ‍ ‍ﻭ‍ﻗ‍‍ﻒ‍‍ﻩ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﺰ‍ﻝ‍ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﺰ‍ﻟ‍‍ﺔ ‍ﺷ‍‍ﺮ‍ﻃ‍‍ﻪ‍.

(‍ﻭ‍ﺳ‍‍ﺌ‍‍ﻞ‍) ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺑ‍‍ﺮ‍ﻛ‍‍ﺔ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ ‍ﻳ‍‍ﺘ‍‍ﺤ‍‍ﺼ‍‍ﻞ‍ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﻴ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻣ‍‍ﺎﺀ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎﺀ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻄ‍‍ﺮ ‍ﻫ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺧ‍‍ﺬ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﻮ‍ﺕ‍ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻄ‍‍ﻬ‍‍ﻮ‍ﺭ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻩ‍?
(‍ﻓ‍‍ﺄ‍ﺟ‍‍ﺎ‍ﺏ‍) : ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺣ‍‍ﺪ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﻳ‍‍ﻨ‍‍ﻘ‍‍ﻞ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎﺀ ‍ﺗ‍‍ﻠ‍‍ﻚ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﺮ‍ﻛ‍‍ﺔ ‍ﺷ‍‍ﻴ‍‍ﺌ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻄ‍‍ﻬ‍‍ﻮ‍ﺭ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻐ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻩ‍; ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻝ‍‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ‍ﺻ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﻣ‍‍ﺨ‍‍ﺘ‍‍ﺼ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﻤ‍‍ﺎﺀ ‍ﺗ‍‍ﻠ‍‍ﻚ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﺮ‍ﻛ‍‍ﺔ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﻲ‍ ‍ﻫ‍‍ﻲ‍ ‍ﻣ‍‍ﻠ‍‍ﻚ‍ ‍ﻟ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻭ‍ﻗ‍‍ﻒ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍, ‍ﻭ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﺍ‍ﺧ‍‍ﺘ‍‍ﺺ‍ ‍ﺑ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﺰ ‍ﻧ‍‍ﻘ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻭ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺨ‍‍ﺎ‍ﺩ‍ﻡ‍ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻌ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﺩ‍ﻱ‍ ‍ﺃ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻳ‍‍ﺤ‍‍ﺮ‍ﻡ‍ ‍ﺣ‍‍ﻤ‍‍ﻞ‍ ‍ﺷ‍‍ﻲ‍ﺀ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺎﺀ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺒ‍‍ﻞ‍ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﻰ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺤ‍‍ﻞ‍ ‍ﻛ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻮ ‍ﺃ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﺡ‍ ‍ﻟ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺣ‍‍ﺪ ‍ﻃ‍‍ﻌ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻴ‍‍ﺄ‍ﻛ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺣ‍‍ﺪ ‍ﺣ‍‍ﻤ‍‍ﻞ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺤ‍‍ﺒ‍‍ﺔ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺻ‍‍ﺮ‍ﻓ‍‍ﻪ‍ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﻰ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺂ‍ﻛ‍‍ﻞ‍ ‍ﺛ‍‍ﻢ‍ ‍ﻗ‍‍ﺎ‍ﻝ‍: ‍ﻭ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﺗ‍‍ﻀ‍‍ﻴ‍‍ﻴ‍‍ﻖ‍ ‍ﺷ‍‍ﺪ‍ﻳ‍‍ﺪ ‍ﻭ‍ﻋ‍‍ﻤ‍‍ﻞ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﺎ‍ﺱ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺧ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﻓ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﻧ‍‍ﻜ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﻭ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻭ‍ﻝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻭ‍ﺟ‍‍ﻪ‍ ‍ﻓ‍‍ﻬ‍‍ﻞ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﺩ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺤ‍‍ﻞ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﻛ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺤ‍‍ﻠ‍‍ﺔ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﻲ‍ ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻛ‍‍ﻨ‍‍ﻘ‍‍ﻞ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺰ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﺿ‍‍ﻌ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻨ‍‍ﺴ‍‍ﻮ‍ﺏ‍ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻋ‍‍ﺎ‍ﺩ‍ﺓ ‍ﺑ‍‍ﺤ‍‍ﻴ‍‍ﺚ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﺼ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺒ‍‍ﻞ‍ ‍ﺃ‍ﻫ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺑ‍‍ﺬ‍ﻟ‍‍ﻚ‍? ‍ﻣ‍‍ﺤ‍‍ﻞ‍ ‍ﻧ‍‍ﻈ‍‍ﺮ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺜ‍‍ﺎ‍ﻧ‍‍ﻲ‍ ‍ﺃ‍ﻗ‍‍ﺮ‍ﺏ‍, ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﻋلم

(‍ﻭ‍ﺳ‍‍ﺌ‍‍ﻞ‍) ‍ﻋ‍‍ﻤ‍‍ﻦ‍ ‍ﻭ‍ﻗ‍‍ﻒ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺗ‍‍ﺤ‍‍ﺼ‍‍ﻴ‍‍ﻞ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎﺀ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻄ‍‍ﻬ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﻧ‍‍ﺤ‍‍ﻮ ‍ﺧ‍‍ﺎ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﺔ ‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ ‍ﻓ‍‍ﻬ‍‍ﻞ‍ ‍ﺗ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻄ‍‍ﻬ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻦ‍ ‍ﻳ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺍ‍ﻝ‍‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ?
(‍ﻓ‍‍ﺄ‍ﺟ‍‍ﺎ‍ﺏ‍) ‍ﺑ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻟ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﻓ‍‍ﺘ‍‍ﻰ ‍ﺑ‍‍ﻌ‍‍ﻀ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﺑ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺯ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﻤ‍‍ﻮ‍ﻝ‍ ‍ﻟ‍‍ﻔ‍‍ﻆ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﻗ‍‍ﻒ‍ ‍ﻟ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻨ‍‍ﺺ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﻗ‍‍ﻒ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺗ‍‍ﺨ‍‍ﺼ‍‍ﻴ‍‍ﺺ‍ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺑ‍‍ﻤ‍‍ﻦ‍ ‍ﻳ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺍ‍ﻝ‍‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ ‍ﻓ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻄ‍‍ﻬ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻦ‍ ‍ﻳ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍.

6). *مغني المحتاج ٣ / ٥٢٠*
(ﺗﻨﺒﻴﻪ) اﻟﺸﺮﺏ ﻭﺳﻘﻲ اﻟﺪﻭاﺏ ﻣﻦ اﻟﺠﺪاﻭﻝ ﻭاﻷﻧﻬﺎﺭ اﻟﻤﻤﻠﻮﻛﺔ ﺇﺫا ﻛﺎﻥ اﻟﺴﻘﻲ ﻻ ﻳﻀﺮ ﺑﻤﺎﻟﻜﻬﺎ ﺟﺎﺋﺰ ﺇﻗﺎﻣﺔ ﻟﻹﺫﻥ اﻟﻌﺮﻓﻲ ﻣﻘﺎﻡ اﻟﻠﻔﻈﻲ، ﻗﺎﻟﻪ اﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﺴﻼﻡ. ﺛﻢ ﻗﺎﻝ: ﻧﻌﻢ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ اﻟﻨﻬﺮ ﻟﻤﻦ ﻻ ﻳﻌﺘﺒﺮ ﺇﺫﻧﻪ ﻛﺎﻟﻴﺘﻴﻢ ﻭاﻷﻭﻗﺎﻑ اﻟﻌﺎﻣﺔ ﻓﻌﻨﺪﻱ ﻓﻴﻪ ﻭﻗﻔﺔ ﻭاﻟﻈﺎﻫﺮ اﻟﺠﻮاﺯ.


7). [وهبة الزحيلي ,الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي ,10/7638]
ما حكم استخدام الماء أو استجراره للبيوت من بئر المسجد وحكم شحن الجوالات والأجهزة الكهربائية في المسجد مع العلم أن الناس يعتذرون بأن الكهرباء مقطوعة منذ شهر ونصف.
أجاب عنه: الدكتور محمد توفيق رمضان
موضوع استجرار الماء من المسجد يعود إلى طبيعة وقف هذا الماء فما وقف لشرب المصلين لا يجوز استعماله للوضوء وما وقف لوضوء المصلين لا يجوز استعماله لحاجات خارج المسجد
وما وقف للشرب مطلقاً كما هو في مسجدنا يجوز أن يأخ منه الناس لحاجاتهم لأنه شرط الواقف
ولا يصح وقف ما لا يدوم الانتفاع به كالطعام والشراب غيرالماء، والشمع والريحان؛ لأن منفعة المطعوم في استهلاكه، ولأن الشمع يتلف بالانتفاع به، فهو كالمأكول والمشروب، ولأن المشمومات والرياحين وأشباهها تتلف على قرب من الزمان، فأشبهت المطعوم. ولا يصح وقف ما كان الانتفاع به غير مباح كوقف آلات الملاهي؛ لأن المنفعة القائمة منه غير مباحة، ولاوقف الدراهم والدنانير، للتزيين، فإنه لا يصح على الأصح المنصوص، لأنه انتفاع غير مقصود. أما الماء فيصح وقفه، ويصح وقف دهن على مسجد ليوقد فيه؛ لأن تنوير المسجد مندوب إليه.


8). تفسير الرازي ج ٢ ص ٣٠٣

وثالثها : قوله تعالى : { مَا كَانَ لِلْمُشْرِكِينَ أَن يَعْمُرُواْ مَسَاجِدَ الله شاهدين على أَنفُسِهِم بِالْكُفْرِ } (التوبة : ١٧ )
Tidaklah pantas orang-orang musyrik itu memakmurkan mesjid-mesjid Allah, sedang mereka mengakui bahwa mereka sendiri kafir. Itulah orang-orang yang sia-sia pekerjaannya, dan mereka kekal di dalam neraka. Surah At-Taubah (9:17).
وعمارتها تكون بوجهين .

Memakmurkan masjid itu bisa dengan dua cara :
أحدهما : بناؤها وإصلاحها .
1. Membangunnya dan memperbaikinya
والثاني : حضورها ولزومها ،
2. Menghadirinya dan melaziminya (berdiam diri di masjid)
كما تقول : فلان يعمر مسجد فلان
Sebagaimana perkataan : Si fulan memakmurkan masjid (bernama) Fulan.
أي يحضره ويلزمه
artinya dia selalu hadir di masjid dan berdiam diri di masjid tersebut.
وقال النبي صلى الله عليه وسلم : إذا رأيتم الرجل يعتاد المساجد فاشهدوا له بالإيمان .

sebagaimana sabda rasulullah: Apabila kalian melihat seseorang yang sering berada di masjid maka saksikanlah akan keimanannya.
وذلك لقوله تعالى :
dan demikian itu karena ada firman Allah SWT sbb:
{ إِنَّمَا يَعْمُرُ مساجد الله مَنْ ءامَنَ بالله واليوم الأخر }. ( التوبة : ١٨ )

sungguh yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. Surah At-Taubah (9:18)
فجعل حضور المساجد عمارة لها .
maka mendatanginya masjid-masjid itu menjadi  termasuk memakmurkan terhadap masjid-masjid tersebut itu.

_____

*Susunan Team ahli*

*kontributor* :
1. Ach. Muhtar Bs, (Alumni PP. Sidogiri, pasuruan)
2. Ust. Arupinia Katsumadai, Spd, Pamekasan Madura
3. Ust. Zainal Abidin ( Bojonegoro Jatim)
4. Ust. Farid fauzi (PP Hidayatul Mubtadi'ien Ngunut Tulungagung)
5. Ust. Miftakhuddinn (Alumni PP. Al Anwar Sarang)
6. Ust. Junaidi El qorik ( Alumni  PP. NAHDATUL ATHFAL kabupaten kubu raya, Kalimantan barat, Aktivis DHF)
7. Ust. Abdunnasir SPdi (alumni Al anwar paculgowang)
8. Ust. taufik udin (PP asalafiyah darun naja kab tangerang banten)
9. Ust Muhammad ridwan (alumni PP riyadulaliyah cisempur bogor)
10. Ust. muhammad Muhsin (Aktivis Piss KTB, alumni lirboyo)
11. Ust. Muchsin Chafifi (Aktivis piss KTB dan  DHF)
12. Ust. Muhyiddin (Alumni MA Al Anwar Paculgowang)
13.Ust. Muhammad (Ust.madrosah miftahul ulum sungai asam kb paten kubu raya
Alumni pp almubarok lanbulan tambelangan sampang madura)
14.  Ust. Daud (alumni PP. Payaman sirojul Mukhlisin da'wah maksud hidup, Magelang)
15. Ust. Rohim (Pondok Pesantren AS-SALAFI AL-BAIHAQI,Bangkalan Madura)
16. Ust.Khoirul ( Madrasah Aliyah Mathlabul Huda Gresik, Jatim)
17. Ust  Danial (Alumni PP. Manbaul ulum pakis, Kudus)

*Notulen*:

Ustadz "Mas" Abdullah Amin nafi' (alumni PP. Tarbiyatun Nasyi'in, Paculgowang Jombang)

*Moderator*:

1.Kang  Rasjid (alumni PP. Alhamdulillah, Kemadu, Sulang - Rembang, Jawa Tengah)

2. Ust. Ahmad Shodiqin ( Alumni, PP. Hidayatut thullab Pondok tengah Kamulan durenan trenggalek).

3. Neng Martiffin R.(IPPNU,CB KPP PC.sragen ,Alumni PP AL HIKMAH SRAGEN

*Dewan Mushohih:*

1.  KH. Khotimi Bahri  (Anggota Komisi MUI Kota Bogor)
2. Ust. M HISMAN ABDURROHMAN pengasun ponpes NURUL HISAN sagaranten  sukabumi jabar.
3. KH Moh Salim S pd. (Alumni Al Falah Ploso Mojo Kediri)
4.  KH. Mahmud Abid ( ketua LBM MWC NU WARU. Sidoarjo Jatim, alumni Pon Pes Langitan)
5. Ust. Haris Abdul Khaliq (Sekjen PCNU Sragen)
6.Ust.  Masduqi  (mutahorij  ppmt mlangi sleman)
7. Ust. Lutfi Hakim . MA
PP. Futuhiyyah Mranggen - Demak
Anggota LDNU Kab. Bogor
8.  Ust. Fathurrohman,S.Pd.I (WAKIL ROIS SURIYAH MWC Gandrungmangu, Ketua LBM NU MWC Gandrungmangu, Ketua UPZIS di MWC Gandrungmangu, Katib Suriyah di Ranting NU Layansari, Anggota LBM di PC Cilacap,  Alumni PPHT Kamulan,Durenan,Trenggalek,Jawa Timur).
9.  KH. Ahamdi abd haliem (Pengasuh pondok pesantren Raudlatul Muttaqien

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا