SANTRI CURIGA
Deskripsi masalah
Zaid seorang santri yang kirimannya pas-pasan, namun dalam kesehariannya
dia selalu berfoya-foya bahkan melebihi santri lain yang kirimannya lebih
banyak darinya, pantas saja mayoritas penghuni kamar mencurigainya saat terjadi
kehilangan uang di kamarnya,
karena tidak ada bukti yang cukup, mereka hanya bisa curiga, namun karena sudah
terlalu sering terjadi sang ketua kamar pun mengintrogasi semua penghuni kamar
dan memberikan sebuah minuman dari seorang paranormal yang berefek negatif bagi
pelaku yang tidak mengakuinya.
Sail : PP. Al Falah Lebak Winongan Pasuruan
Pertanyaan :
a. Apa status dan hukumnya kecurigaan terhadap Zaid ?
Jawaban
:
Perubahan gaya hidup Zaid
sebagaimana dalam diskripsi dapat dipastikan memunculkan kecurigaan kepada
siapapun yang mengetahui masalah pencurian sebagaimana dalam diskripsi, oleh
karena kecurigaan yang ditimbulkan dari perubahan gaya hidup Zaid adalah
sesuatu yang tidak dapat dihindari. Dengan demikian, hal ini bukan tergolong
sesuatu yang terkena taklif (hukum) sebab diluar kemampuan. Akan tetapi,
perasaan yang demikian tidak boleh diteruskan menjadi perasangka buruk
b(su’udhon) bahkan wajib berusaha untuk dihilangkan semampunya.
Referensi
:
1.
تحفة الأحوذي شرح سنن الترمذي
6/94
قال تعالى: {يا أيها الذين امنوا اجتنبوا
كثيراً من الظن} وهو ما يستقر عليه صاحبه دون ما يخطر بقلبه (إن بعض الظن) وهو أن
يظن ويتكلم (إثم) فلا تجسسوا أو احذروا اتباع الظن في أمر الدين الذي مبناه على اليقين.
قال تعالى: {وما يتبع أكثرهم إلا ظناً إن الظن لا يغني من الحق شيئاً} قال القاضي
هو تحذير عن الظن فيما يجب فيه القطع أو التحدث به عند الاستغناء عنه أو عما يظن
كذبه انتهى. أو اجتنبوا الظن في التحديث والإخبار، ويؤيده قوله: فإن الظن أكذب
الحديث. ويقويه حديث: كفى بالمرء كذباً أن يحدث بكل ما سمع، والظاهر أن المراد
التحذير عن الظن بسوء في المسلمين وفيما يجب فيه القطع من الاعتقاديات (فإن الظن) أقام
المظهر مقام المضمر حثاً على تجنبه (أكذب الحديث) أي حديث النفس لأنه بإلقاء
الشيطان في نفس الانسان، قال في المجمع: معنى كون الظن أكذب الحديث مع أن الكذب
خلاف الواقع فلا يقبل النقص وضده أن الظن أكثر كذباً. أو أن إثم هذا الكذب أزيد من
إثم الحديث الكاذب، أو أن المظنونات يقع الكذب فيها أكثر من المجزومات انتهى. قال
الحافظ: وقد استشكلت تسمية الظن حديثاً، وأجيب بأن المراد عدم مطابقة الواقع سواء
كان قولاً أو فعلاً، ويحتمل أن يكون المراد ما ينشأ عن الظن فوصف الظن به مجازاً
انتهى ما في الفتح.
2.
المنتظم في تاريخ الأمم والملوك
للشيخ أبو الفرج
ابن الجوزي 1/5
وقوله: إياكم والظَّنّ، فإنه أراد تحقيقَ
ظَنِّ السَّوْءِ وتصديقه دون ما يَهْجِس بالقلب من خواطِر الظُّنون، فإنها لا
تُملَك. وقال تَعالى: إنَّ بعضَ الظَّنِّ إثْمٌ} فلم يجعل كُلَّه إثْماً.
b. Bagaimanakah hukum ketua kamar mengintrogasi serta memberikan
minuman tersebut pada teman-temannya ?
Jawaban
:
c. Siapakah yang bertanggung jawab bila salah satu dari mereka ada
yang sakit ?
Jawaban
:
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik