Langsung ke konten utama

DISCOUNT DALAM PERSPEKTIF FIKIH

DISCOUNT DALAM PERSPEKTIF FIKIH
Deskripsi Masalah
Diskon dalam arti umum adalah potongan harga. Diskon harga adalah pengurangan harga berdasarkan volume barang yang dibeli. Pada perusahaan tertentu, diskon biasa dilakukan dengan alasan telah banyak penumpukan barang yang ada di gudang dikarenakan tidak laku atau tidak layak jual, selain itu diskon juga dilakukan untuk menarik konsumen untuk membeli sebuah produk. Diskon biasa diberikan berkisar antara 10 - 50%, bahkan ada juga yang mencapai 70%. Ada berbagai macam diskon yang biasa berlaku di pasaran, di antaranya :
Ä Diskon persenan, merupakan tipe diskon yang sangat populer di pasaran. Seperti namanya, diskon ini dalam berbentuk persen dan biasanya dibatasi oleh waktu. Contohnya seperti diskon 50 persen pada produk sepatu dari tanggal 1 sampai dengan 15 bulan ini, dan sebagainya.
Ä Diskon persenan minimum, merupakan tipe diskon seperti diskon persenan di nomor 1 tetapi dengan syarat jumlah produk yang dibeli. Contohnya jika membeli minimum 2 produk, pembeli akan mendapatkan diskon sebesar 25%.
Ä Diskon beli dan dapat 1, merupakan tipe diskon dengan hadiah gratis 1 dengan syarat minimum jumlah produk yang dibeli. Sama seperti di tipe diskon nomor 2, tetapi di tipe ini yang ditawarkan bukanlah diskon melainkan satu produk gratis. Contohnya jika membeli minimum 3 baju maka pembeli mendapatkan 1 baju gratis.
Ä Diskon berpasangan, tipe diskon yang menawarkan diskon persenan pada produk maupun jasa yang berhubungan. Contohnya jika membeli 1 baju akan mendapatkan diskon sebesar 50% untuk celananya.
Ä Diskon pembelian, tipe diskon yang cukup populer di pasaran. Yaitu tipe diskon yang menawarkan bonus dengan syarat minimum jumlah total pembelian. Contohnya jika pembeli belanja dengan total lebih dari Rp 250.000,- akan mendapatkan diskon persenan sebesar 10 persen.
Sebagai catatan, sebenarnya diskon merupakan langkah perusahaan memberikan potongan harga terhadap produk-produk yang dijual. Namun, perhitungan dalam pengertian discount atau potongan harga ini biasanya diambilkan dari laba kotor yang diperoleh, bukan dari laba bersih. Sehingga berapapun besarnya persentase potongan harga yang diberikan, tidak akan mengurangi harga dasar atau besarnya biaya produksi yang telah dikeluarkan untuk membuat produk yang dijual. (Dari berbagai sumber)
Pertanyaan :
a.     Apa status diskon dalam literatur fikih, terkait dengan klasifikasi di atas dan bagaimana hukumnya?
Sa’il: LP. Al-Khoziny Buduran
Jawaban:
a.     Jual beli dengan system diskon hukumnya diperbolehkan. Dalam istilah fiqh dikatakan بيع المحاباة. sedangkan diskon sendiri masuk kategori عطية(pemberian).


&  دستور العلماء او جامع العلوم (3ص 158(
المحاباة : مأخوذة من الحباء وهو العطية فهي من حبا يحبو حبوة بفتح الحاء أي أعطاه والحباء العطاء كذا في القاموس . ويعلم من جامع الرموز في باب الوصية بالثلث أن المحاباة هي النقصان عن قيمة المثل في الوصية والزيادة على القيمة في الشراء فلا تقتصر على أنها هي البيع بأقل من القيمة وتأجيل المعجل أيضا محاباة فهي كما يقع في المقدار يقع في التأخير والتأجيل .
&  قواعد الفقه 1(ص469)
المحاباة  هي المسامحة والمساهلة في البيع والزيادة على القيمة في الشراء قال النسفي المحاباة في البيع حط بعض الثمن وهي مفاعلة من الحباء وهو العطاء
&  أسنى المطالب في شرح روض الطالب (3/ 61)
 ولو اشتراه وحوبي بثمنه كأن اشتراه بخمسين وقيمته مائة فقدرها أي المحاباة هبة فحينئذ يعتق قدرها من رأس المال ولا يتعلق به الغرماء وعلى ما رجحه المنهاج يعتق من الثلث
&  إعانة الطالبين - (ج 3 / ص 144)

( والحاصل ) أنه إن ملك لأجل الاحتياج أو لقصد الثواب مع صيغة كان هبة وصدقة وإن ملك بقصد الإكرام مع صيغة كان هبة وهدية وإن ملك لا لأجل الثواب ولا الإكرام بصيغة كان هبة فقط

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan