Langsung ke konten utama

tabel zakat

TABEL PROSENTASE  ZAKAT MAAL
NO
NAMA
MAL
NISHOB
ZAKAT
PROSEN
KETERANGAN
1
Beras
817.758 Kg
1/10 =
81,5758 Kg
10 %
Tanpa biaya pengairan.
817.758 Kg
1/20 =
40,7879 Kg
5 %
Dengan biaya pengairan
2
Gabah
1323,132  Kg
1/10 =
132,3132 Kg
10 %
Tanpa biaya pengairan.
1323,132  Kg
1/20 =
66,1566 Kg
5 %
Dengan biaya pengairan
3
Padi Gagang
1631,516 Kg
1/10 =
163,1516 Kg
10 %
Tanpa biaya pengairan.
1631,516 Kg
1/20 =
81,5758 Kg
5 %
Dengan biaya pengairan
4
Gandum
558,654 Kg
1/10 =
55,8654 Kg
10 %
Tanpa biaya pengairan.
558,654 Kg
1/20 =
27,9327 Kg
5 %
Dengan biaya pengairan
5
Harta Dagangan
77,58 Grm
1/40 =
1,9395 Grm
2,5 %
Di ukur dengan emas dan di hitung setelah 1 tahun
6
Emas
77,58 Grm
1/40 =
1,9395 Grm
2,5 %
Di keluarkan
setelah 1 tahun
7
Tambang Emas
77,58 Grm
1/40 =
1,9395 Grm
2,5 %
Di keluarkan
seketika
8
Rikaz Emas
77,58 Grm
1/5 =
15,516 Grm
20 %
Dikeluarkan
seketika
TABEL PROSENTASE  ZAKAT MAAL
NO
NAMA
MAL
NISHOB
ZAKAT
PROSEN
KETERANGAN
9
Perak
543,35 Grm
1/40 =
13,584 Grm
2,5 %
Di keluarkan setelah 1 tahun
10
Harta Dagangan
543,35 Grm
1/40 =
13,584 Grm
2,5 %
Dikeluarkan dengan perak dan di hitung setelah 1 tahun
11
Tambang Perak
543,35 Grm
1/40 =
13,584 Grm
2,5 %
Di keluarkan seketika
12
Rikaz Perak
543,35 Grm
1/5 =
108,67 Grm
2,5 %
Di keluarkan seketika
13
Kacang Hijau
780,036 Grm
1/10 =
78,0036 Kg
10 %
Tanpa biaya pengairan.
780,036 Grm
1/20 =
39,0036 Kg
5 %
Dengan biaya pengairan
14
Kacang Tunggak
759,691 Grm
1/10 =
75,6691 Kg
10 %
Tanpa biaya pengairan.
759,691 Grm
1/20 =
37.8345 Kg
5 %
Dengan biaya pengairan
Keterangan :




NISHAB DAN ZAKAT HEWAN TERNAK
1.    Nisab dan zakat nya  unta
NISAB
ZAKATNYA
JUMLAH ZAKAT
UMUR
5  -  9
1 ekor
Domba betina genap umur 1 tahun atau lebih. Atau kambing kacang betina genap umur 2 tahun atau lebih.
10  -  14
2 ekor
15 – 19
3 ekor
20 – 24
4 ekor
25  -  35
1 ekor
Unta betina genap umur 1 tahun
 masuk 2 tahun ( Bintu Makhodl )
36  -  45
1 ekor
Unta betina genap umur 2 tahun
 masuk 3 tahun ( Bintu Labun )
46  -  60
1 ekor
Unta betina genap umur 3 tahun
 masuk 4 tahun ( Onta Hiqqoh)
61 – 75
1 ekor
Unta betina genap umur 4 tahun
 masuk 5 tahun ( Onta Jadza’ah )
76 – 90
2 ekor
Onta bintu labun
91 – 120
2 ekor
Onta hiqqoh
121
3 ekor
Onta bintu labun

2.    Nisah sapi  dan  zakatnya
NISAB
JUMLAH DAN KETERANGAN ZAKAT
30 - 39
1 ekor sapi jantan  umur 1 tahun masuk 2 tahun ( Tabi’ )
40 - 59
1 ekor sapi betina umur 2 tahun masuk 3 tahun ( Musinnah)
60 - 69
2 ekor sapi jenis Tabi’
70 - 79
2 ekor sapi ( 1 tabi’ & 1 Musinnah )
80 - 89
2 ekor sapi jenis musinnah
90 - 99
3 ekor sapi jenis tabi’
100 - 109
3 ekor sapi ( 2 tabi’ & 1 musinnah)
    Dan seterusnya...............................
Keterangan:
      Selanjutnya bisa di kiyaskan sendiri dengan metode setiap  30 ekor sapi (hasil pembagian 30) zakatnya 1 ekor sapi jenis tabi’. Dan setiap 40 ekor sapi ( hasil pembagian 40) zakatnya adalah 1 ekor sapi jenis musinnah.
3.    Nisab dan zakatnya kambing
Nisab kambing itu paling sedikit adalah 40 ekor. Kurang dari 40 ekor tidak wajib di zakati. Kadar zakat yang harus di keluarkan adalah sebagaimana label berikut:
NISAB
JUMLAH ZAKAT
KETERANGAN
40 - 120
1 ekor
Apabila menggunakan jenis domba, maka domba umur 1 tahun masuk 2 tahun. bila menggunakan jenis kacang maka kambing berumur 2 tahun masuk umur 3 tahun.
121 - 200
2 ekor
201 - 399
3 ekor
400 – 500
4 ekor
500.......
5 ekor
ISTILAH JARAK DALAM FIQIH
NO
ISTILAH
UKURAN
1
JARAK QHOSHOR SHOLAT :

ü  Versi Kitab Tanwirul Al- Qulub
80,640 Km
ü  Versi Mayoritas Ulama’
119,99988 Km
ü  Hanafiyyah
96 Km
ü  Kitab Fiqh Al -Islamy
88,74 Km
ü  Versi Imam Makmun
89,999992 Km
ü  Versi Imam Ahmad Husein Al Mishry
94,5 Km
2
1 MIL AL - HASYIMY :

ü  Versi Imam Makmun
1,666665 Km
ü  Versi Imam Ahmad Husein Al Mishry
1,76041 Km
ü  Versi Mayoritas Ulama’
2,4999975 Km
3
1 Farsakh :

ü  Versi Imam Makmun
4,99995 Km
ü  Versi Imam Ahmad Husein Al Mishry
5,28125 Km
ü  Versi Mayoritas Ulama’
7, 4999925 Km

ISTILAH UKURAN DALAM FIQIH
NO
UKURAN FIQH
KETERANGAN
1
1  Sha’ Gandum  (Hintah ) Munurut  An-Nawawi
1862,18 GRM
2
1  Mud’ Gandum  (Hintah ) Munurut  An-Nawawi
465,54 grm
3
1  Sha’ Beras Putih Ukuran Zakat Fithrah
2719,19 gr
4
1  Mud Beras Putih
679,79 grm
5
1  Qirath Syar’i ;
Ø  Versi Imam Abu Hanifah
0,263 gr
Ø  Versi Imam Tsalasah
0,215 gr
6
1  Dirham Syar’iy ;
Ø  Versi Imam Abu Hanifah
3,770 gr
Ø  Versi Imam Tsalasah
2,715 gr
7
1   Mitsqhal ;
Ø  Versi Imam Abu Hanifah
5,388 gr
Ø  Versi Imam Tsalasah
3,879 gr
8
1        Danik
0,430 gr
9
1  Dziro’ Al-Mu’tadil;
Ø  Versi Mayoritas Ulama’
48 cm
Ø  Versi Imam Nawawy
44,720 cm
Ø  Versi Imam Rafi’i
44,820 cm
Ø  Ahmad Hasan Al-Mishry
44,0125 cm
10
1 DZIRA’ Al – Hasyimy;
Ø  Versi Al- Makmun
41,666625 cm
Ø  Versi Kitab Fiqh Al-Islamy
61,6 cm
11
Rithl Baghdady;
Ø  Versi Abu Hanifah
490,65 gr
Ø  Versi Imam Maliki
347,55 gr
Ø  Versi Imam Ahmad
349,16 gr
Ø  Versi An-Nawawi
349,16 gr
Ø  Versi Ar-Rofi’i
353,49 gr
12
Air Dua Qulah;
Ø  Versi An- Nawawi
174,580 lt ( kubus ukuran ± 55,9 cm )
Ø  Versi Ahli ‘Iraq
255,325 Lt ( kubus ukuran ± 63,4 Cm )
Ø  Mayoritas Ulama’
216 Lt ( kubus ukuran ± 60 cm )
Ø  Versi Ar-Rofi;I
176,245 lt ( kubus ukuran ukuran ± 56,1 )
13
1 Mud Air Tawar
786 gr
14
1 Uqiyah ‘Urfy
41,376 gr
15
1 Thasuh
0,107 gr
16
1 Qinthar
49651,2 gr
17
1 Atsar
Ø  Versi Abu Hanifah
26,46 gr

Ø  Versi  Imamsyafi’i, Ahmad Dan Maliki
17,455 gr
18
1 Mud Dalam Volume:
0,766 lt ( kubus ukuran ± 9,2 cm)
Ø  Versi Imam Syafi’i, Hanbali Dan Maliki
19
1 Sho’  Dalam Volume:
3,145  lt ( kubus ukuran ± 14,65 cm)
Ø  Versi Imam Syafi’i ,Ahmad Dan Maliki
20
1 Wasaq Dalam Volume:
188,712 lt ( kubus ukuran ±  57,32 cm)
Ø  Versi Imam Syafi’i ,Ahmad Dan Maliki





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan