Langsung ke konten utama

Bahsul masail






789BAHTSUL MASA-IL
AKomisiDALAM RANGKA MEMPERINGATI
HAUL. IBU. NY. Hj. ZUHRIYYAH KE - 30
PONDOK PESANTREN ASSUNNIYYAH
 

Jalsah UlaJam : 21.00 – 00.30
Moderator             : Bpk. Misbah
Perumus : Ky. Moh. Irsyad                                                 Muharrir                : KH. Agus Dillah
                                  Ust. H. Mizan Rosyadi                                                        KH. Bahrul Ulum
  KH. Ali Mahrus


1.       Dikripsi Masalah

"Mau kemana kamu ?" Tanya Bakar "Sholat tarawih dengan Ust. Karim " jawab  Andi "jangan ,dia itu musyrik karena belum lama ini ikut Salafi [Wahabi ]"cegah Bakar . Dialog diatas adalah ilustrasi dari sebagian sikap orang yang benci dengan Wahabi yang memang dalam sebagian ajaranya menetapkan tajsim bagi Allah .Kebanyakan dari mereka juga senang memusyrikan orang orang yang tidak sepaham. Namun tidak dipungkiri juga bahwa tidak sedikit orang yang mengaku dirinya Wahabi karena ikut-ikutan, meraka tidak / belum mengenal tajsim atau belum terdengar dari mulut meraka kata-kata pengkafiran terhadap orang yang tidak sepaham.
Fathul Qorib

*       Pertanyaan:

a.            Kafirkah orang mengangap kafir / musyrik kepada orang Salafi/Wahabi yang belum diketahui apakah ia mngakui tajsim, ridho dengan pimpinan yang senang mngkafirkan orang lain atau tidak ?

Þ      Jawab : Tidak Kafir, tetapi mukhti (Malakukan kealpaan) dengan menuduh kafir pada wahabi, ketidak kafiran disebabkan adanya Qorinah / Prasangka menurut sudut pandang penuduh, mereka (Wahabi) sering melakukan bidah kefasikan dan kesalahan-kesalahan pemahaman (seperti menuduh mengkafirkan dan cenderung pada tajsim).

Refrensi                 :

ü       Mausuah Al-Fiqhiyyah Juz. 13 Hal. 229
ü       Bugyatul Murtasyidin Hal. 106
ü       Mafahim Yazibu an-tashih Hal. 72
ü       Syawahid al-haq fi Istighosah bisayidil kholiq Hal. 50-51 darul Fikr

الموسوعة الفقهية ج13 ص229
الأحكام المتعلقة بالتكفير : ( أولا ) تكفير المسلم 4 - الأصل بقاء المسلم على إسلامه حتى يقوم الدليل على خلاف ذلك , لما ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : { من صلى صلاتنا , واستقبل قبلتنا , وأكل ذبيحتنا فهو المسلم , له ما لنا وعليه ما علينا } . ويجب قبل تكفير أي مسلم النظر والتفحص فيما صدر منه من قول أو فعل , فليس كل قول أو فعل فاسد يعتبر مكفرا . ويجب كذلك على الناس اجتناب هذا الأمر والفرار منه وتركه لعلمائهم لخطره العظيم , فعن ابن عمر رضي الله عنه قال : { قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إذا قال الرجل لأخيه يا كافر فقد باء به أحدهما , فإن كان كما قال , وإلا رجعت عليه } . وعن أبي ذر رضي الله عنه أنه سمع رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول { : من دعا رجلا بالكفر , أو قال : عدو الله , وليس كذلك إلا حار عليه } . التحرز من التكفير : 5 - لا ينبغي أن يكفر مسلم أمكن حمل كلامه  على محمل حسن , أو كان في كفره خلاف ولو كان رواية ضعيفة . ما يشك في أنه كفر لا يحكم به , فإن المسلم لا يخرجه من الإيمان إلا جحود ما أدخله فيه , إذ الإسلام الثابت لا يزول بالشك مع أن الإسلام يعلو , فإن كان في المسألة وجوه توجب التكفير ووجه واحد يمنعه فعلى المفتي أن يميل إلى الوجه الذي يمنع التكفير , لعظم خطره وتحسينا للظن بالمسلم , ولأن الكفر نهاية في العقوبة فيستدعي نهاية في الجناية , ومع الشك والاحتمال لا نهاية .

بغية المسترشدين ص 106
ومنها من حكم بإيمانه لا يكفر إلا إذا تكلم أو اعتقد أو فعل ما فيه تكذيب للنبي في شيء مجمع عليه ضرورة , وقدر على تعقله , أو نفي الإستسلام لله ورسوله , وكالاستخفاف به أو بالقرآن ,  ومنها أن الجاهل والمخطئ من هذه الأمة لا يكفر بعد دخوله في الإسلام بما صدر منه من المكفرات حتى تتبين له الحجة التي يكفر جاحدها وهي التي لا تبقى له شبهة يعذر بها . ومنها أن مسلم إذا صدر منه مكفر لا يعرف معناه أو يعرفه , ودلت القرائن على عدم إرادته أو شك لا يكفر.

مفاهيم يجب أن تصحح ص 72
قال العلامة السيد أحمد مشهور الحداد:وقد انعقد الإجماع على منع تكفيرأحد من أهل القبلة إلا بما فيه نفي الصانع القادر جل وعلا , أو شرك  جلـي لا يحتمل التأويل , أو إنكار النبوة أو إنكار ما علم من الدين بالضرورة أو إنكار متواتر أو مجمع عليه ضرورة من الدين.

شواهد الحق فى الإشتغاشة بسيد الخالق  ص 50-51 دارالفكر
اعلم أنى لا أعتقد ولا أقول بتكفر أحد من أهل القبلة لا الوهابيية ولا غيرهم, وكلهم مسلمون تجمعهم مع سا ئر المسلمين كلمة التوحيد والإيمان بسيدنا محمد عليه الصلاة والسلام وما جاء به من دين الإسلام وقال الإمام الشعر اني في (اليوقيت والجواهر) قال شيخ الإسلام المخزومي : قد نص الإمام الشافعي على عدم تكفير أهل الأهواء في رسالته فقال لا أكفر أهل الأهواء بذنب , وفي رواية عنه : ولا أكفر أحدا من أهل القبلة بذنب وفي رواية أخرى عنه ولا أكفر أهل التأويل المخالف للظاهر بذنب قال المخزومي رحمه الله : أراد الإمام الشافعى رحمه الله بأهل الأهواءأصحاب التأويل المحتمل كالمعتزلة والمرجنة, وأرادبـأهل القبلة أهل التوحيداهـ قال الإمام الشعر اني بعد ماذكر : فقد علمت ياأخي مما قررناه فى هذاالبحث أن جميع العلماء المتدينين امسكوا عن القول بالكفر لأ حد من أهل القبلة بذنب فبهداهم اقتده  اهـ - إلى أن قال – قال الإمام الغزالي فى كتابه ( فيصل التفرقة بين الإسلام والزندقة ) وكيفما كان فلا ينبغى أن يكفر كل فريق خصمه بأن يراه غالطا فى البرهان.

b.           Murtadkah  orang yang sengaja membuang majalah berisi ayat Al-qur"an ditempat sampah sedangkan  ia tidak tahu bahwa perbuatanya itu menyebabkan murtad ?

Þ      Jawab : Tidak Murtad.

Refrensi                 :

ü       Asybah Wannadloir Hal. 125 Darul Fikr
ü       Bugyatul Murtasyidin Hal. 106

أشباه والنظائر ص 125 دار الفكر
(اعلم) أن قاعدة الفقة أن النسيان والجهل مسقط للإثم مطلقا وأما الحكم فإن وقعا فى ترك مأمور لم يسقط بل يجب تداركه.

بغية المسترشدين ص 106
ومنها من حكم بإيمانه لا يكفر إلا إذا تكلم أو اعتقد أو فعل ما فيه تكذيب للنبي في شيء مجمع عليه ضرورة , وقدر على تعقله , أو نفي الإستسلام لله ورسوله , وكالاستخفاف به أو بالقرآن ,  ومنها أن الجاهل والمخطئ من هذه الأمة لا يكفر بعد دخوله في الإسلام بما صدر منه من المكفرات حتى تتبين له الحجة التي يكفر جاحدها وهي التي لا تبقى له شبهة يعذر بها . ومنها أن مسلم إذا صدر منه مكفر لا يعرف معناه أو يعرفه , ودلت القرائن على عدم إرادته أو شك لا يكفر.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا