PANDUAN
PRAKTIS MENGHADAPI PROPAGANDA KAUM WAHABI & SALAFI
Sudah bukan rahasia lagi, bahwa sebagian kalangan yang berpaham Wahabi
& Salafi memiliki mulut usil karena sering mempermasalahkan kebiasaan
masyarakat Islam di mana saja, menyangkut: Peringatan Maulid Nabi Muhammad
Saw., ziarah kubur, qunut shubuh, tahlilan, ratiban, menghadiahkan pahala
kepada orang yang sudah meninggal, do'a berjama'ah, zikir keras berjama'ah,
bersalaman sesudah shalat, tawassul, dan lain sebagainya. Hal itu mereka
lakukan dalam rangka menyebarkan pengaruh dan paham di masyarakat yang mereka
sering anggap "tersesat" atau "musyrik" dengan sebab
melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut.
Dalam hal ini, mereka bersikap seperti seorang da'i yang ingin
mengembalikan masyarakat yang tersesat kepada jalan agama yang benar (menurut
mereka), walaupun anehnya, yang sering mereka dakwahi adalah orang-orang awam
yang tidak mengerti. Padahal, mereka seharusnya memprioritaskan kalangan orang
alim yang lebih patut "dikasihani" dan didakwahi karena sudah
terjerumus sangat jauh dalam "keyakinan sesat". Ternyata, itu tidak
berani mereka lakukan, tentunya karena mempengaruhi orang awam jauh lebih mudah
daripada orang alim. Berarti dakwah mereka tidak bisa disebut
"mengembalikan orang sesat kepada jalan yang benar", tetapi lebih
tepat disebut "merekrut pengikut dengan memanfaatkan keawaman dan
ketidakmengertian orang."
Ya, Serigala hanya menyerang kambing gembala yang terpisah dari rombongan!
Ia tidak akan mendekati kambing-kambing yang sedang diawasi oleh
penggembalanya, apalagi menyerang penggembala yang sedang memegang senapan.
Karena itu, bila keusilan ini terjadi, maka lakukanlah langkah-langkah berikut
ini secara berurutan:
1. Hindari Pembahasan Agama Dengan Orang Wahabi & Salafi
Langkah ini ditujukan untuk menghindari perdebatan yang dapat memancing
emosi yang bisa berakibat percekcokan dan rusaknya silaturrahmi. Sebab, tidak
jarang mereka yang usil ini masih memiliki hubungan keluarga, nasab, atau
kekerabatan dengan anda. Menjaga hubungan baik jauh lebih utama dari pada
mendengarkan penjelasan atau dakwah yang berpotensi merusak hubungan baik itu.
Misalnya, ketika ia mulai berkata, "Dalam beragama, kita harus
sesuai dengan al-Qur'an dan hadis-hadis yang shahih", atau "Tahlilan
dan Maulid tidak diperintahkan di dalam agama dan tidak ada dasar atau
dalilnya", atau "Semua amalan di dalam agama harus ada
dasar/dalilnya dari al-Qur'an atau hadis", atau "Agama Islam
sudah sempurna, tidak boleh ditambah-tambah", atau "Kalau ada
waktu, saya harap anda hadir di pengajian rutin di tempat saya", dan
lain sebagainya.
Maka jawablah dengan kalimat penghindaran atau pengalihan topik pembicaraan
seperti:
- "Maaf, saya tidak begitu tahu soal dalil atau dasar. Saya Cuma mengikuti apa yang diajarkan oleh para orang tua, para guru, dan para ulama. Dan saya yakin mereka punya alasan atau dalil yang kuat."
- "Maaf, saya sedang tidak ingin membahas masalah agama. Jadi kita bahas masalah lain saja."
- "Sudahlah, tentang pengamalan agama, masing-masing kita punya alasan. Lebih baik kita bicarakan peluang bisnis apa yang bisa kita garap."
- "Sayang sekali, saya tidak bisa menyempatkan diri untuk hadir di pengajian anda. Lagipula, pengajian kan bukan di tempat anda saja."
- "Maaf, saya sudah punya jadwal pengajian sendiri."
- "Maaf, saya harus pergi karena ada urusan." (ini apabila dia terus memaksa anda untuk membahas agama).
2.Pinjamkan Buku-Buku yang Ditulis Ulama yang Membahas Persoalan Tersebut
Biasanya, sikap seseorang membenci suatu perkara adalah akibat dari
ketidaktahuannya tentang alasan-alasan yang ada di balik perkara tersebut.
Jadi, bila mereka tidak berhenti mengajak anda untuk membahas masalah Maulid,
tahlilan, atau yang lainnya, maka pinjamkanlah kepadanya buku-buku yang anda
punya yang membahas tentang hal-hal tersebut secara detail (tentunya anda harus
punya, dan pernah membacanya). Suruhlah ia membacanya dengan pikiran terbuka,
bukan dengan pandangan sinis. Dengan begitu anda telah memberinya jawaban tanpa
harus berdebat dengannya. (Di antara buku yang sangat gamblang membahas hal-hal
tersebut yang harus anda miliki adalah "I'tiqad Ahlus-Sunnah
wal-Jama'ah"dan "40 Masalah Agama" yang
ditulis oleh KH. Siradjuddin Abbas, juga buku "Kupas Tuntas
Ibadah-ibadah Diperselisihkan" yang ditulis oleh Syekh Ali
Jum'ah seorang Mufti di Mesir). Dan ingat, jangan baca buku-buku Wahabi
& Salafi tanpa didampingi oleh orang alim.
3. Ajak Orang Wahabi & Salafi Itu Kepada Guru, Ustadz, Kiyai, atau
Habib
Bila keusilan itu berlanjut di berbagai kesempatan atau pertemuan di
kemudian hari, dan orang usil itu terus-menerus berupaya mempengaruhi atau
membuka peluang perdebatan tentang urusan agama, maka ajaklah dia untuk
membahasnya bersama guru atau ustadz anda, atau orang alim yang anda kenal. Dan
jangan biarkan dia yang membawa anda kepada gurunya, sebab dengan begitu anda
dikhawatirkan terkena pengaruh buruknya.
Misalnya, dalam kesempatan-kesempatan lain orang usil ini mengajak anda
untuk kembali membahas urusan agama, maka katakanlah:
- "Untuk lebih jelas, mari kita bahas masalah ini bersama guru/ustadz saya."
- "Sebaiknya kita bahas masalah itu di rumah atau di majlis pengajian guru saya."
- "Ustadz saya lebih mengerti tentang itu, kalau anda mau, saya antar anda untuk menemuinya."
Dalil sikap ini adalah firman Allah dalam surat An-Nahl : 43:
"… maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu
tidak mengetahui."
4. Tunjukkan Penolakan yang Tegas
Bila ternyata, langkah 1-3 tidak berhasil, maka tunjukkan penolakan yang
tegas kepada orang usil itu dengan mengatakan:
- "Kalau anda ingin hubungan kita tetap baik, tolong berhenti membahas agama dengan saya."
- "Saya tidak suka anda membahas keyakinan saya. Cukuplah sampai di sini, jangan anda lanjutkan."
- "Saya berhak melakukan apa yang saya yakini, tolong jangan permasalahkan lagi."
- "Bila anda tidak berhenti membahas, berarti anda sudah tidak menghargai saya. Dan saya tidak perlu mendengarkan anda lagi."
5. Ancaman Perlawanan Secara Kasar
Bila langkah tersebut juga belum berhasil, maka tunjukkan ancaman
perlawanan terlebih dahulu, mengingat orang usil ini sudah sampai pada tingkat
memaksakan kehendak, dan itu melanggar undang-undang agama sekaligus
undang-undang negara. Maka nyatakan perlawanan anda dengan agak keras, dengan
mengatakan:
- "Diam, atau anda akan saya laporkan kepada yang berwajib!"
- "Cukup, atau anda akan saya tindak tegas!"
- "Kesabaran saya sudah habis, lebih baik anda pergi sebelum emosi saya tidak terkendali!"
- "Jangan paksa saya, atau saya akan perangi anda!"
Dalil sikap ini adalah Sabda Rasulullah Saw.:
سَيَخْرُجُ قَوْمٌ فِي آخِرِ الزَّمَانِ أَحْدَاثُ
اْلأَسْنَانِ سُفَهَاءُ اْلأَحْلاَمِ يَقُولُونَ مِنْ خَيْرِ قَوْلِ الْبَرِيَّةِ
لاَ يُجَاوِزُ إِيمَانُهُمْ حَنَاجِرَهُمْ يَمْرُقُونَ مِنْ الدِّينِ كَمَا
يَمْرُقُ السَّهْمُ مِنْ الرَّمِيَّةِ فَأَيْنَمَا لَقِيتُمُوهُمْ فَاقْتُلُوهُمْ
فَإِنَّ فِي قَتْلِهِمْ أَجْرًا لِمَنْ قَتَلَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ (رواه
البخاري)
"Akan keluar suatu kaum di akhir zaman, orang-orang muda usia, pendek
akal, mereka berkata-kata dengan sebaik-baik perkataan manusia (al-Qur'an. atau
hadis, atau perkataan baik yang bertolak belakang pengertiannya) yang
tidak melampaui kerongkongan mereka (tidak masuk ke dalam hati mereka). Mereka
keluar dari agama seperti keluarnya anak panah dari busurnya. Maka, di mana
saja kamu menjumpai mereka, perangilah, karena di dalam memerangi mereka
terdapat pahala di hari Kiamat bagi yang melakukannya." (HR. Bukhari)
Ulama menafsirkan, "orang-orang muda usia yang pendek akal"
itu adalah kaum Khawarij, yaitu golongan orang-orang yang sakit hati kepada Ali
bin Abi Thalib Ra. dan Mu'awiyah bin Abi Sufyan Ra. beserta para pendukung
keduanya. Ciri mereka kemudian dikenal dengan sikap bermudah-mudah menganggap
sesat orang lain. Dan seorang ulama besar bernama Syekh Ibnu Abidin menyatakan,
bahwa Khawarij di zaman kita ini adalah golongan Wahabi (lihat al-Maqaalaat
as-Sunniyyah, hal. 51).
Penulis berharap, semoga langkah terakhir ini tidak perlu terlaksana,
apalagi implementasinya, dan semoga mereka mengerti dengan langkah yang pertama
saja sehingga tidak melanjutkan keusilan mereka terhadap orang-orang yang gemar
Maulid, qunut shubuh, ziarah ke makam wali, atau tahlilan.
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik