Langsung ke konten utama

RONDO YANG MENGAKU ZINA DAN HAMIL SEBELUM 4 TAHUN



 Rumusan Obrolan Santai Santri:

*RONDO YANG MENGAKU ZINA DAN HAMIL SEBELUM 4 TAHUN*
_____________

*rumusan grup WA-OSS*
*soal no .10*

📝 *_𝕕𝕖𝕤𝕜𝕣𝕚𝕡𝕤𝕚 :_*

Assalamualaikum...
Ada seorang janda dicerai sudah dua belas bulan, dan sekarang sedang hamil 1 bulan dan mau melakukan pernikahan lagi dengan orang lain (tidak dengan suami yang pertama). Menurut pengakuannya, dia telah berbuat zina dengan seorang lelaki.

*illustrasi kronologi* :

Tgl 1 Januari sijanda genit dicerai oleh suaminya,

lalu ia menjalani Iddah ٣ quru' sampai tgl 1 April.

Nah setelah itu ada tanda² kehamilan , hingga pada bulan ke 10 pasca cerai  ia melakukan kikuk kikuk dgn laki² entah berapa X ,,,,,,

Yang jelas setelah -+ 2 bulan berupluk upluk ia dinyatakan hamil oleh bidan Deket rumahnya ...🧖‍♀️😀😜🙏🏻

#investigasi
🕵🏼‍♂️🆔㊗️㊙️🚼😄

🎤 *_𝕡𝕖𝕣𝕥𝕒𝕟𝕪𝕒𝕒𝕟 :_*

1. . Apakah dengan kehamilannya, dia masih dianggap dalam masa iddah dari perceraian sebelumnya?

2.. Bolehkah dia menikah lagi saat hamil yang sesuai diskripsi dan sebelum melahirkan?

3. Dan jika tidak boleh, anak siapakah bayi yang lahir nanti, mengingat dia tidak menikah lagi setelah bercerai, hanya melakukan upluk-upluk dengan orang lain alias berzina?

✒️ *_𝕛𝕒𝕨𝕒𝕓𝕒𝕟 :_*

✅ *1.* :  iya, masih dianggap dalam masa iddah dari perceraian sebelumnya yaitu Iddahnya berdasarkan : Wad'il Hamli.

*catatan*;
✓ wanita yang sudah di wathi' dipisah dan ia merasa hamil, kemudian ia berdiam selama satu tahun tapi tidak melihat adanya darah haid, kemudian wanita itu nikah dengan lelaki lain lalu di wathi' sedang lelaki itu tidak tau bahwa  wanita itu hamil lalu lahir secara sempurna, maka pernikahan yang kedua  batal karena pernikahan itu masih dalam melakukan Iddah dari mantan suaminya,

✅*2.* *tidak boleh menikah sebelum melahirkan anak yang dikandungnya tersebut,*

*Catatan:* pengakuan istri bahwa dirinya hamil dari zina tidak bisa diterima dalam hal menafikan anak untuk nasab ke mantan suaminya, dan dalam hal terkait dengan berakhirnya masa iddah. Karena kepemilikan nasab anak adalah hak seorang anak, dan tidak bisa dinafikan hanya dengan sekedar pengakuan zina ibunya.

✅ *3* Setatus anak yang dilahirkan diperinci
1) Hanya bernasab pada   mantan suami, jika lahir di waktu kurang empat tahun dari akhir waktu yang mungkin berhubungan dengan mantan suami, dan tidak sampai enam bulan dari waktu yang mungkin berhubungan dengan suami kedua,

2.Hanya bernasab pada suami kedua, jika lahir di waktu lebih empat tahun dari akhir waktu yang mungkin berhubungan dengan mantan suami, dan lebih enam bulan dari waktu yang mungkin berhubungan dengan suami kedua,

3.Bernasab pada lelaki yang ditentukan dan dipertemukan dukun bayi yaitu jika anak itu lahir kurang dari empat tahun di suami pertama dan lebih dari enam bulan di suami kedua.

*Catatan*:

✓ Jika memang nanti wanita tersebut melahirkan kandungannya dalam durasi masa empat tahun terhitung dari kemungkinan berhubungan dengan  suaminya yang menceraikan atau meninggal dunia sebelum diceraikan ataupun meninggal dunia, maka anak ini tetap nasab kepada  suaminya yang menceritakan atau meninggal dunia tersebut Dan bila lebih dari durasi 4 tahun maka tidak. Dan mantan suami wajib menafikan anak mantan istrinya dengan sumpah li’an jika memang yakin bahwa anak tersebut bukan anaknya.

✓sumpah li’an wajib hanya dicukupkan menafikan nasab anak, tidak boleh dengan menuduh zina istri. Jika memang suami tidak tahu dan tidak ada dugaan kuat tentang perzinahan istri. Dan misalnya tahu sekalipun, tidak harus dengan menuduh zina, cukup mengatakan bahwa istrinya digauli orang lain.

📚 *_𝕣𝕖𝕗𝕖𝕣𝕖𝕟𝕤𝕚 :_*

1). [ابن حجر الهيتمي ,تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي ,8/243]

*(وَلَوْ أَبَانَهَا) أَيْ زَوْجَتَهُ بِخُلْعٍ أَوْ ثَلَاثٍ وَلَمْ يَنْفِ الْحَمْلَ (فَوَلَدَتْ لِأَرْبَعِ سِنِينَ) فَأَقَلَّ وَلَمْ تَتَزَوَّجْ بِغَيْرِهِ أَوْ تَزَوَّجَتْ بِغَيْرِهِ وَلَمْ يُمْكِنْ كَوْنُ الْوَلَدِ مِنْ الثَّانِي (لَحِقَهُ) وَبَانَ وُجُوبُ سُكْنَاهَا وَنَفَقَتِهَا وَإِنْ أَقَرَّتْ بِانْقِضَاءِ الْعِدَّةِ لِقِيَامِ الْإِمْكَانِ إذْ أَكْثَرُ مُدَّةِ الْحَمْلِ أَرْبَعُ سِنِينَ

بِالِاسْتِقْرَاءِ*
Seandainya suami menceraikan istrinya secara khulu' atau tiga kali, dan ia tidak mengingkari kehamilannya, lalu si istri melahirkan dalam rentang waktu empat tahun atau kurang, *dan belum kawin dengan orang lain, atau sudah kawin dengan orang lain, namun tidak memungkinkan adanya anak tersebut dari suami yang kedua,* maka anak tersebut harus diikutkan pada suami yang pertama dan ia berkewajiban memberikan
perumahan dan nafkah, meskipun istri tersebut berikrar bahwa 'iddahnya habis, sebab waktu kehamilan yang paling lama adalah empat tahun sesuai dengan penelitian (istiqro')

وَابْتِدَاؤُهَا مِنْ وَقْتِ إمْكَانِ الْوَطْءِ قَبْلَ الْفِرَاقِ فَإِطْلَاقُهُمْ أَنَّهُ مِنْ الطَّلَاقِ مَحْمُولٌ عَلَى مَا إذَا قَارَنَهُ الْوَطْءُ بِتَنْجِيزٍ أَوْ تَعْلِيقٍ وَالْحَاصِلُ أَنَّ الْأَرْبَعَ مَتَى حُسِبَ مِنْهَا لَحْظَةُ الْوَطْءِ أَوْ لَحْظَةُ الْوَضْعِ كَانَ لَهَا حُكْمُ مَا دُونَهَا وَمَتَى زَادَ عَلَيْهَا كَانَ لَهَا حُكْمُ مَا فَوْقَهَا وَلَمْ يَنْظُرُوا هُنَا لِغَلَبَةِ الْفَسَادِ عَلَى النِّسَاءِ؛ لِأَنَّ الْفِرَاشَ قَرِينَةٌ ظَاهِرَةٌ وَلَمْ يَتَحَقَّقْ انْقِطَاعُهُ مَعَ الِاحْتِيَاطِ لِلْأَنْسَابِ بِالِاكْتِفَاءِ فِيهَا بِالْإِمْكَانِ (أَوْ) وَلَدَتْ (لِأَكْثَرَ) مِنْ أَرْبَعِ سِنِينَ مِمَّا ذُكِرَ (فَلَا) يَلْحَقُهُ لِعَدَمِ الْإِمْكَانِ وَذُكِرَتْ تَتْمِيمًا لِلتَّقْسِيمِ فَلَا تَكْرَارَ فِي تَقَدُّمِهَا فِي اللِّعَانِ
*(وَلَوْ طَلَّقَ) هَا (رَجْعِيًّا) فَأَتَتْ بِوَلَدٍ لِأَرْبَعِ سِنِينَ لَحِقَهُ وَبَانَ وُجُوبُ نَفَقَتِهَا وَسُكْنَاهَا*
Jika suami tersebut mentalaqnya dengan talaq raj' i dan lalu si istri melahirkan anak dalam rentang waktu 4 tahun, maka anak tersebut harus diikutkan sebagai anaknya dan ia pun berkewajiban memberi papan dan pangan si istri.

أَوْ لِأَكْثَرَ فَلَا وَحُذِفَ هَذَا لِعِلْمِهِ مِمَّا قَبْلَهُ بِالْأَوْلَى؛ لِأَنَّهُ إذَا ثَبَتَ ذَلِكَ فِي الْبَائِنِ فَفِي الرَّجْعِيَّةِ الَّتِي هِيَ زَوْجَةٌ فِي أَكْثَرِ الْأَحْكَامِ أَوْلَى وَ (حُسِبَتْ الْمُدَّةُ مِنْ الطَّلَاقِ) إنْ قَارَنَهُ الْوَطْءُ وَإِلَّا فَمِنْ إمْكَانِ الْوَطْءِ قَبْلَهُ وَحُذِفَ هَذَا مِنْ الْبَائِنِ لِعِلْمِهِ مِمَّا هُنَا بِالْأَوْلَى لِأَنَّهُ إذَا حُسِبَ مِنْ الطَّلَاقِ مَعَ أَنَّهَا فِي حُكْمِ الزَّوْجَةِ فَالْبَائِنُ أَوْلَى وَمِنْ ثَمَّ وَقَعَ خِلَافٌ فِي الرَّجْعِيَّةِ فَقَطْ كَمَا قَالَ (وَفِي قَوْلٍ) ابْتِدَاؤُهَا (مِنْ انْصِرَامِ الْعِدَّةِ) ؛ لِأَنَّهَا كَالْمَنْكُوحَةِ وَبِمَا قَرَّرْته فِي عِبَارَتِهِ يُعْلَمُ زَيْفُ مَا اُعْتُرِضَ بِهِ عَلَيْهَا وَأَنَّهَا مِنْ مَحَاسِنِ عِبَارَاتِهِ الْبَلِيغَةِ لِمَا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ مِنْ الْحَذْفِ مِنْ الْأَوَّلِ لِدَلَالَةِ الثَّانِي عَلَيْهِ وَمِنْ الثَّانِي لِدَلَالَةِ الْأَوَّلِ عَلَيْهِ
ـــــــــــــــــــــــــــــQأَيْ بِأَنْ أَتَتْ بِهِ لِسِتَّةٍ أَشْهُرٍ فَأَكْثَرَ مِنْ الْوَطْءِ (قَوْلُهُ: مِمَّا مَرَّ) أَيْ: مِنْ إمْكَانِ الْعُلُوقِ بَعْدَ الْعَقْدِ (قَوْلُهُ: وَإِلَّا فَلَا) أَيْ: وَإِنْ لَمْ يُعْلَمْ مُقْتَضَى الْبُطْلَانِ بِأَنْ بَانَ عَدَمُ الْحَمْلِ أَوْ وَلَدَتْهُ لِسِتَّةِ أَشْهُرٍ فَأَكْثَرَ فَلَا نُبْطِلُهُ وَالْوَلَدُ لِلثَّانِي وَإِنْ أَمْكَنَ كَوْنُهُ مِنْ الْأَوَّلِ أَيْضًا عِبَارَةُ الْمُغْنِي وَإِنْ عُلِمَ انْتِفَاؤُهُ لَمْ نُبْطِلْهُ وَلَحِقَ الْوَلَدُ بِالثَّانِي اهـ وَعِبَارَةُ الْمَنْهَجِ مَعَ شَرْحِهِ أَوْ ارْتَابَتْ بَعْدَهَا أَيْ الْعِدَّةِ سُنَّ صَبْرٌ عَنْ النِّكَاحِ لِنُزُولِ الرِّيبَةِ فَإِنْ نُكِحَتْ قَبْلَ زَوَالِهَا أَوْ ارْتَابَتْ بَعْدَ نِكَاحِ الْآخَرِ لَمْ يَبْطُلْ أَيْ النِّكَاحُ لِانْقِضَاءِ الْعِدَّةِ ظَاهِرًا إلَّا أَنْ تَلِدَ لِدُونِ سِتَّةِ أَشْهُرٍ مِنْ إمْكَانِ عُلُوقٍ بَعْدَ عَقْدِهِ وَهُوَ أَوْلَى مِنْ عَقْدٍ فَيَتَبَيَّنُ بُطْلَانُهُ وَالْوَلَدُ لِلْأَوَّلِ إنْ أَمْكَنَ كَوْنُهُ مِنْهُ بِخِلَافِ إذَا وَلَدَتْ لِسِتَّةِ أَشْهُرٍ فَأَكْثَرَ فَالْوَلَدُ لِلثَّانِي وَإِنْ أَمْكَنَ كَوْنُهُ مِنْ الْأَوَّلِ اهـ.
(قَوْلُهُ: وَقَفَتْ الرَّجْعَةُ) أَيْ: فَيَحْرُمُ عَلَيْهِ قُرْبَانُهَا وَغَيْرُهُ اهـ ع ش
(قَوْلُهُ: بِخُلْعٍ أَوْ ثَلَاثٍ) أَيْ: أَوْ غَيْرِهِمَا اهـ مُغْنِي (قَوْلُهُ: وَلَمْ يُمْكِنْ كَوْنُ الْوَلَدِ مِنْ الثَّانِي) أَمَّا إذَا أَمْكَنَ ذَلِكَ فَإِنَّهُ لَا يَلْحَقُ الْأَوَّلَ كَمَا سَيَأْتِي مُغْنِي (قَوْلُهُ: وُجُوبُ سُكْنَاهَا إلَخْ) أَيْ: إلَى الْوِلَادَةِ. اهـ.

أَسْنَى (قَوْلُهُ: وَإِنْ أَقَرَّتْ إلَخْ) غَايَةٌ رَاجِعَةٌ لِلْمَتْنِ وَالشَّرْحِ مَعًا (قَوْلُهُ: بِالِاسْتِقْرَاءِ) وَحُكِيَ عَنْ مَالِكٍ أَنَّهُ قَالَ جَارَتُنَا امْرَأَةُ مُحَمَّدِ بْنِ عَجْلَانَ امْرَأَةُ صِدْقٍ وَزَوْجُهَا رَجُلُ صِدْقٍ حَمَلَتْ ثَلَاثَةَ أَبْطُنٍ فِي ثِنْتَيْ عَشْرَةَ سَنَةً كُلُّ بَطْنٍ فِي أَرْبَعِ سِنِينَ، وَقَدْ رُوِيَ هَذَا عَنْ غَيْرِ الْمَرْأَةِ الْمَذْكُورَةِ وَقِيلَ إنَّ أَبَا حَنِيفَةَ حَمَلَتْ بِهِ أُمُّهُ ثَلَاثَ سِنِينَ، وَفِي صِحَّتِهِ كَمَا قَالَ ابْنُ شُهْبَةَ نَظَرٌ؛ لِأَنَّ مَذْهَبَهُ أَكْثَرُ مُدَّةِ الْحَمْلِ سَنَتَانِ فَكَيْفَ يُخَالِفُ مَا وَقَعَ فِي نَفْسِهِ اهـ مُغْنِي (قَوْلُهُ: وَابْتِدَاؤُهَا) أَيْ: الْأَرْبَعِ سِنِينَ (قَوْلُهُ: قَبْلَ الْفِرَاقِ) أَيْ: قُبَيْلَهُ اهـ مُغْنِي (قَوْلُهُ: فَإِطْلَاقُهُمْ) أَيْ: أَكْثَرِ الْأَصْحَابِ اهـ مُغْنِي (قَوْلُهُ: إذَا قَارَنَهُ) أَيْ: الطَّلَاقُ (قَوْلُهُ: بِتَنْجِيزٍ أَوْ تَعْلِيقٍ) كَتَعَلُّقٍ بِالْفِرَاقِ اهـ سم أَقُولُ أَوْ بِقَارَنَهُ عِبَارَةُ الْمُغْنِي إذَا وَقَعَ أَيْ الطَّلَاقُ مَعَ الْإِنْزَالِ بِالتَّنْجِيزِ اتِّفَاقًا أَوْ بِالتَّعْلِيقِ اهـ.
(قَوْلُهُ: أَوْ لَحْظَةَ الْوَضْعِ) لِمَنْعِ الْخُلُوِّ فَقَطْ (قَوْلُهُ: مِمَّا ذُكِرَ) أَيْ مِنْ الطَّلَاقِ إنْ قَارَنَهُ الْوَطْءُ وَإِلَّا فَمِنْ وَقْتِ إمْكَانِ الْعُلُوقِ قُبَيْلَهُ اهـ مُغْنِي (قَوْلُهُ: وَذُكِرَتْ) أَيْ: مَسْأَلَةُ الْوِلَادَةِ لِأَكْثَرَ (قَوْلُهُ: فِي تَقَدُّمِهَا) أَيْ مَعَهُ
(قَوْلُهُ: فَأَتَتْ بِوَلَدٍ) إلَى قَوْلِهِ وَحُذِفَ هَذَا فِي الْمُغْنِي (قَوْلُهُ: لِأَرْبَعِ سِنِينَ) أَيْ: فَأَقَلَّ (قَوْلُهُ: وَبِأَنَّ وُجُوبَ نَفَقَتِهَا إلَخْ) أَيْ: *وَأَنَّ الْمَرْأَةَ مُعْتَدَّةٌ إلَى الْوَضْعِ حَتَّى يَثْبُتَ لِلزَّوْجِ رَجْعَتُهَااهـ*
Dan sesungguhnya wanita tersebut ber'iddah sampai melahirkan sehingga ada ketetapan bagi suami untuk merujuknya lagi.

2). *[الأنصاري، زكريا، أسنى المطالب في شرح روض الطالب، ٣٩٣/٣]*
. فَصْلٌ: أَكْثَرُ مُدَّةِ الْحَمْلِ أَرْبَعُ سِنِينَ) بِالِاسْتِقْرَاءِ؛ وَلِأَنَّ عُمَرَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ فِي امْرَأَةِ الْمَفْقُودِ تَتَرَبَّصُ أَرْبَعَ سِنِينَ ثُمَّ تَعْتَدُّ بَعْدَ ذَلِكَ قَالَ الرَّافِعِيُّ وَسَبَبُ التَّقْدِيرِ بِالْأَرْبَعِ أَنَّهَا نِهَايَةُ مُدَّةِ الْحَمْلِ *(فَإِنْ طَلَّقَهَا بَائِنًا، وَكَذَا رَجْعِيًّا أَوْ فَسَخَ) نِكَاحَهَا وَلَوْ بِلِعَانٍ (وَلَمْ يَنْفِ الْحَمْلَ فَوَلَدَتْ لِأَرْبَعِ سِنِينَ فَأَقَلَّ مِنْ) وَقْتِ (إمْكَانِ الْعُلُوقِ قُبَيْلَ الطَّلَاقِ) أَوْ الْفَسْخِ (لَحِقَهُ) وَبَانَ أَنَّ الْعِدَّةَ لَمْ تَنْقَضِ إنْ لَمْ تَنْكِحْ الْمَرْأَةُ آخَرَ أَوْ نَكَحَتْ وَلَمْ يُمْكِنْ كَوْنُ الْوَلَدِ مِنْ الثَّانِي لِقِيَامِ الْإِمْكَانِ سَوَاءٌ أَقَرَّتْ بِانْقِضَاءِ عِدَّتِهَا قَبْلَ وِلَادَتِهَا أَمْ لَا؛ لِأَنَّ النَّسَبَ حَقُّ الْوَلَدِ فَلَا يَنْقَطِعُ بِإِقْرَارِهَا،*
Apabila suami menceraikan istrinya, baik secara ba'in atau raj'i atau pernikahan batal meskipun karena li'an, dan si suarni tidak mengingkari kehamilan, kemudian si istri. melahirkan dalam rentang waktu empat tahun atau kurang yang terhitung dari kemungkinan bersetubuh beberapa saat
sebelum terjadinya perceraian ataupun pembatalan nikah, maka anak
tersebut nasabnya diikutkan suaminya itu, dan 'iddalmnya menjadi jelas belum
habis selama istri tersebut belum menikah dengan orang lain, atau sudah menikah lagi namun anak tersebut tidak mungkin berasal dari suami kedua, karena adanya kemungkinan anak tersebut dari suami pertama, baik si istri mengakui habisnya 'iddah sebelum Iahimya anak itu atau tidak mengakuinya Sebab, nasab merupakan hak anak dan tidak bisa putus oleh pengakuan ibu.
وَإِنْ أَتَتْهُ بِهِ لِسِتَّةِ أَشْهُرٍ مِنْ الْإِقْرَارِ وَيُفَارِقُ مَا لَوْ اسْتَبْرَأَ أَمَتَهُ بَعْدَ وَطْئِهِ لَهَا فَأَتَتْ بِوَلَدٍ بَعْدَ الِاسْتِبْرَاءِ لِسِتَّةِ أَشْهُرٍ فَأَكْثَرَ حَيْثُ لَا يَلْحَقُهُ بِأَنَّ فِرَاشَ النِّكَاحِ أَقْوَى، وَأَسْرَعُ ثُبُوتًا؛ لِأَنَّ النَّسَبَ يَثْبُتُ فِيهِ بِمُجَرَّدِ الْإِمْكَانِ بِخِلَافِهِ فِي الْأَمَةِ لَا يَثْبُتُ إلَّا بِالْإِقْرَارِ بِالْوَطْءِ.

walaupun lahir di enam bulan setelah pengakuannya, bedahalnya Istibra' buda'nya setelah di wathi' yang lahir setelah dapat enam bulan atau lebih ( anak yang lahir tidak dinisbatkan pada lelaki yang mewathi') disebabkan hubungan pernikahan itu lebih kuat dan lebih cepat ketetapan nasab, karena nasab itu terjadi  dalam akad nikah walaupun sekedar kemungkinan, bedahalnya nasab dalam nasab budak hal itu harus ada pengakuan di wathi'
....

Jika suami menceraikan istrinya dengan cerai ba'in ,Raj'i atau fasakh nikah ( merusak nikah) walaupun tanpa li'an dan tidak meniadakan kandungan, kemudian dapat empat tahun ( maksimal masa hamil) mulai waktu yang mungkin suami istri bersetubuh sebelum cerai, atau lebih sedikit dari empat tahun  wanita itu lahir maka anak itu dinisbatkan pada suaminya. Masa Iddahnya tidak selesai jika wanita itu tidak nikah dengan lelaki lain atau nikah dengan lelaki lain tapi tidak mungkin anak itu dari suami yang kedua baik wanita itu mengaku selesai Iddahnya sebelum lahir atau tidak mengakui, karena nasab haknya anak maka tidak putus dengan sekedar pengakuan wanita tadi,

walaupun lahir di enam bulan setelah pengakuannya, bedahalnya Istibra' buda'nya setelah di wathi' yang lahir setelah dapat enam bulan atau lebih ( anak yang lahir tidak dinisbatkan pada lelaki yang mewathi') disebabkan hubungan pernikahan itu lebih kuat dan lebih cepat ketetapan nasab, karena nasab itu terjadi  dalam akad nikah walaupun sekedar kemungkinan, bedahalnya nasab dalam nasab budak hal itu harus ada pengakuan di wathi'

3). *[البكري الدمياطي ,إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ,4/57]*

فرع: يلحق ذا العدة الولد إلى أربع سنين موقت طلاقه لا إن أتت به بعد نكاح لغير ذي العدة وإمكان لان يكون منه بأن أتت به لستة أشهر بعد نكاحه
Seorang anak di ilhakkan pada suami yang mencerai/meninggal ssmpai 4 thn
Kecuali anak lahir setelah si ibu di nikahi oleh orang lain dan di mungkinkan di ilhakkan pada yang kedua di karnakan lahirnya setelah 6 bulan dari pernikahan nya

4). *فتاوى الفقيه الشهيد بن حفيظ؛ ص ٢٣٤*

ما قولكم يا طلبة العلم أطال الله أعماركم وأدام النفع بكم آمين، في إمرأة مات زوجها وفي آخر السنة ظهر معها حمل بعد موت المذكور بقدر ستة أشهر، ووقت الموت ما ذكرت أنها معها حمل من الزوج، هل الحمل المذكور يلحق الزوج أم لا؟ أو نقول تفصيلا: إن أقرت بالزنا لم يلحق الزوج المذكور، وإن لم تقر يلحقه؟ أفتونا فالمسألة واقعة حال، لا زلتم ذخرا وتأييدا لشريعة سيد الأولين.

الحمد لله الجواب: والله الموفق للصواب: متى ولدت الزوجة المذكورة الحمل المذكور كاملا لأقل من أربع سنين من آخر إمكان الإجتماع بالزوج الذي مات، لحقه الولد، *وإن أقرت بالزنا* كما صرح به الحبيب عبد الرحمن المشهور في البغية. وذلك لقوله صلى الله عليه وسلم: "الولد للفراش وللعاهر الحجر"، ولا عبرة بعدم ذكر المرأة للحمل عقب وفاة الزوج، فقد يكون معها حمل لا تشعر به كما صرحوا بذلك أيضا. والله أعلم بالصواب. وكتبه الفقير إلى ربه تعالى محمد بن سالم بن حفيظ ابن الشيخ أبي بكر بن سالم عفا الله عنه.

5).   بغية المسترشدين – (ص237)
(مسألة) : فورقت موطوءة وأحست بالحمل فمكثت سنة ولم تر حيضاً ،ثم تزوّجت آخر فوطئها جاهلاً بالحمل فولدت كاملاً ،كان النكاح الثاني باطلاً لوقوعه في عدة الأوّل ،
wanita dipisah dalam posisi telah diwathi' dan ia merasa hamil, dia harus muktsu / berdiam selama satu tahun dan dia tidak melihat adanya haid  kemudian wanita itu melakukan pernikahan dengan pria lain lalu di wathi' dengan keadaan tidak tahu sehubungan dengan posisi kehamilan tersebut lalu melahirkan secara sempurna maka keberadaan pernikahan yang ke-dua adalah dianggap batal karena terjadinya kelahiran tersebut masih dalam Iddah mantan suaminya yang pertama.
وأما الولد فإن أمكن كونه من الأول فقط بأن ولدته لدون أربع سنين من آخر إمكان الاجتماع ،
adapun status anak tersebut itu diperinci sbb :
✓ berpotensi dari mantan suaminya *thok till* dengan gambaran jika dilahirkan anak tersebut, kurang dari 4 tahun dari durasi masa akhir imkannya upluk-upluk nya (dengan mantan suami-nya)

ودون ستة أشهر من إمكان اجتماع الثاني
✓ tidak sampai 6 bulan dari waktu yang mungkin berhubungan intim dengan suami kedua,

،فللأول أو من الثاني فقط بأن عكس ذلك ،
maka adapun anak tersebut adalah milik yang pertama (atau milik mantan suami)   atau  dianggap dari suami yang kedua thok till bisa dengan gambaran yang saling berkebalikan dari yang begitu itu
فللثاني أو منهما بأن ولد لدون الأربع في الأول ، وفوق الستة في الثاني عرض على القائف ،
✓oleh karena itu adapun anak tersebut dianggap milik suami yang kedua atau dianggap dari salah satu dari mereka, dengan gambaran jika dilahirkan kurang dari 4 tahun (dari akhir waktu yang mungkin berhubungan dengan mantan suami) adalah milik suami pertama ( atau mantan suami) dan lebih dari enam bulan (pent: dari waktu yang mungkin berhubungan dengan suami kedua) adalah milik suami ke-dua, hal ini dengan atas dasar indikasi  seorang qoif (dukun bayi)
وهو مكلف حر ذكر عدل مجرّب بعرض أصناف ،
qoif adalah orang mukalaf, merdeka, pria yang adil dan berpengalaman sehubungan dengan mampu mengindikasi mengklasifikasikan
فإن ألحقه بأحدهما لحقه ، ولا ينتفي عنه إلا باللعان ،
maka jika dia meng-ilhak-kannya dengan salah satu dari mereka, maka bisa diikutinya, dan tidak boleh menafikan dari hal ini kecuali dengan melakukan sumpah li'an
وإن ألحقه بهما أو نفاه عنهما أو تحير ، أو لم يوجد قائف ترك حتى يبلغ ، فينتسب إلى من يميل إليه طبعه ،
dan jika ia meng-ilhak-kannya dengan mereka berdua atau me-nafi-kannya dari mereka berdua atau ia ragu atau tidak ditemukan qoif, maka meninggalkannya sampai dia mencapai baligh, dia di nasabkan dengan orang yang sifatnya cenderung kepadanya.
ثم إن لحق بالأول انقضت عدتها بوضع ذلك ، واعتدت للثاني بثلاثة أقراء أو بالثاني فبالعكس ،
kemudian bila di-ilhak-kan dengan mantan suami maka ditetapkan iddahnya dengan Wad'il hamli tapi bila iddahnya ditetapkan pada suami kedua dengan Iddah Quru' atau sehubungan dengan peng-ilhaq-kan dengan suami kedua tersebut bisa dengan kebalikannya.
ولو مات زوجها فاعتدت بالأشهر ، ثم تزوجت فظهر بها حمل وولدته لدون ستة أشهر من نكاح الثاني لم يلحقه الولد ، ووطؤه شبهة يوجب المهر لا الحد ، ويلحق الأول بقيده  اﻟﻤﺬﻛﻮﺭ ﻭﺇﻥ ﺃﻗﺮﺕ ﺑﺎﻟﺰﻧﺎ،* ﻭﺗﻌﺘﺪ ﻟﻠﺜﺎﻧﻲ ﺑﻌﺪ اﻟﻮﺿﻊ.
dan jika meninggal dunia suaminya maka ia Iddah dengan bulan, kemudian ia menikah padahal jelas dengan nya hamil dan ia melahirkan kurang 6 bulan dari nikahnya kedua maka tidak boleh mengilhaq kan pada suami kedua anaknya tersebut dan adapun wathi'nya suami ke-dua adalah wathi' subhat wajib mahar tapi tidak kena had dan anak di ilhaqkan pada manta suami dengan qoyyid yang telah dijelaskan, jika si wanita mengaku dengan melakukan zina, ia melakukan Iddah untuk suaminya kedua setelah melakukan Iddah Wad'il hamli.
ﺗﻨﺒﻴﻪ : ﻳﻨﺒﻐﻲ ﺑﻞ ﻳﺘﻌﻴﻦ ﻓﻲ ﻫﺬا اﻟﺰﻣﺎﻥ اﻟﺬﻱ ﻋﻢ ﻓﻴﻪ اﻟﺘﺴﺎﻫﻞ ﻣﻊ اﻟﺠﻬﻞ ﻟﻠﻌﺎﻟﻢ ﻛﺎﻟﻘﺎﺿﻲ ، ﺇﺫا ﺣﻀﺮ ﻣﺠﻠﺲ ﻋﻘﺪ اﻟﻨﻜﺎﺡ ﺃﻥ ﻳﺒﺤﺚ ﻭﻳﻔﺘﺶ ﻋﻦ ﻣﻘﺘﻀﻴﺎﺕ اﻟﻨﻜﺎﺡ ، ﻛﺎﻟﻌﺪﺓ ﻭاﻟﺒﻠﻮﻍ ﻭﻛﻴﻔﻴﺔ ﻣﺠﻲء اﻟﺤﻴﺾ ﻭاﻹﺫﻥ ﻭاﻟﻮﻻﻳﺔ ﻭﻧﺤﻮﻫﺎ ﻣﻤﺎ ﻳﻐﻠﺐ ﺟﻬﻞ اﻟﻌﺎﻣﺔ ﺑﻪ ، ﻟﺌﻼ ﻳﻘﻌﻮا ﻓﻲ ﻣﺜﻞ ﻫﺬﻩ اﻟﻤﺨﺎﺯﻱ.

*makna inti* :

apabila seorang iistri maothu.ah ( yg tlah brhubungn badan ) di cerai dan dia merasa ada tanda kehamilan  trus dia berdiam diri dlm artian tidak melakukan sesuatu yg di larang.dlm waktu satu tahun kemudian tidak melihat adanya darah haid, lalu wanita itu nikah dengan lelaki lain kemudian di wathi' sedang lelaki itu tidak tau bahwa  wanita itu hamil lalu lahir secara sempurna, maka pernikahan yang kedua  batal karena karena dia menikah dalam masa iddah dari mantan suami yg prtama.

Setatus nak yang dilahirkan diperinci
1) Hanya bernasab pada   mantan suami, jika lahir di waktu kurang empat tahun dari akhir waktu yang mungkin berhubungan dengan mantan suami, dan tidak sampai enam bulan dari waktu yang mungkin berhubungan dengan suami kedua,

2.Hanya bernasab pada suami kedua, jika lahir di waktu lebih empat tahun dari akhir waktu yang mungkin berhubungan dengan mantan suami, dan lebih enam bulan dari waktu yang mungkin berhubungan dengan suami kedua,

3.Bernasab pada lelaki yang ditentukan dan dipertemukan dukun bayi yaitu jika anak itu lahir kurang dari empat tahun di suami pertama dan lebih dari enam bulan di suami kedua.

6).  نهاية الزين في إرشاد المبتدئين – (ص302)
( و ) من ( عدة ) من غيره فلا يصح نكاح المعتدة من غيره لتعلق حق الغير بها بخلاف المعتد من الناكح لأن الماء له سواء كانت العدة عن وفاة مطلقا أو عن طلاق بعد الدخول أو عن وطء شبهة كأن ظنها أمته ولا يصح نكاح المشكوكة في انقضاء العدة ونكاح المرتابة في وجود الحمل قبل انقضاء عدتها فلو نكحها رجل بعد انقضاء عدتها والريبة التي وجدت في العدة موجودة حالة العقد ثم بان أنه لا حمل فالنكاح باطل بخلاف ما لو نكحت بعد العدة وليس هناك ريبة ثم طرأت فالنكاح صحيح وكذا لو انقضت ولا ريبة ثم طرأت ثم نكحت فإنه صحيح أيضا فمتى وقعت الريبة بعد العدة فلا يضر سواء وقعت قبل النكاح أو بعده لكن يسن الصبر عن النكاح لتزول الريبة

____

*Susunan Team ahli*

*kontributor* :
1. Ach. Muhtar Bs, (Alumni PP. Sidogiri, pasuruan)
2. Ust. Arupinia Katsumadai, Spd, Pamekasan Madura
3. Ust. Zainal Abidin ( Bojonegoro Jatim)
4. Ust. Muhammad Shohibunni'am
(pon pes DARUNNAJA pare kediri, Jatim)
5. Ust. Miftakhuddinn (Alumni PP. Al Anwar Sarang)
6. Ust. Junaidi El qorik ( Alumni  PP. NAHDATUL ATHFAL kabupaten kubu raya, Kalimantan barat, Aktivis DHF)
7. Ust. Abdunnasir SPdi (alumni Al anwar paculgowang)
8. Ust. Taufik udin (PP asalafiyah darun naja kab tangerang banten)
9. Ust Muhammad ridwan (alumni PP riyadulaliyah cisempur bogor)
10. Ust. muhammad Muhsin (Aktivis Piss KTB, alumni lirboyo)
11. Ust. Muchsin Chafifi (Aktivis piss KTB dan  DHF)
12. Ust. Muhyiddin (Alumni MA Al Anwar Paculgowang)
13.Ust. Muhammad (Ust.madrosah miftahul ulum sungai asam kb paten kubu raya
Alumni pp almubarok lanbulan tambelangan sampang madura)
14.  Ust. Daud (alumni PP. Payaman sirojul Mukhlisin da'wah maksud hidup, Magelang)
15. Ust. Rohim (Pondok Pesantren AS-SALAFI AL-BAIHAQI,Bangkalan Madura)
16.Ust. Muh. Raffa Al-Ghifari (Ponpes Al Fattah pule, Tanjunganom Nganjuk, Jatim)
17. Ust  Danial (Alumni PP. Manbaul ulum pakis, Kudus)
18. Ust. Mulyanto (alumni pesantren Roudhotul Banin, Panjatan, Kulon progo - jogja)
19. Ust. Abdul Rokhim (Alumni Pon Pes  Salafiyyah Syafi'iyah, Gondang - TulungAgung)

*Notulen*:

1.Ustadz "Mas" Abdullah Amin nafi' (alumni PP. Tarbiyatun Nasyi'in, Paculgowang Jombang)

2. Ust. Habib Hasan Aljufri ( Wakil pengasuh ponpes Alkhoirot, Lumajang)

*Moderator*:

1.Kang  Rasjid (alumni PP. Alhamdulillah, Kemadu, Sulang - Rembang, Jawa Tengah)

2. Ust. Ahmad Shodiqin ( Alumni, PP. Hidayatut thullab Pondok tengah Kamulan durenan trenggalek).

3. Neng Martiffin R.(IPPNU,CB KPP PC.sragen ,Alumni PP AL HIKMAH SRAGEN

*Editor* :
1. Ust. Zainal Abidin, S.Pd. (Sekretaris LBM Taman Sidoarjo, Jatim, alumni pondok pesantren Al-Anwar sarang Rembang)

*Dewan Mushohih:*

1.  KH. Khotimi Bahri  (Anggota Komisi MUI Kota Bogor)
2. Ust. M HISMAN ABDURROHMAN pengasun ponpes NURUL HISAN sagaranten  sukabumi jabar.
3. KH Moh Salim S pd. (Alumni Al Falah Ploso Mojo Kediri)
4.  KH. Mahmud Abid ( ketua LBM MWC NU WARU. Sidoarjo Jatim, alumni Pon Pes Langitan)
5. Ust. Haris Abdul Khaliq (Sekjen PCNU Sragen)
6.Ust.  Masduqi  (mutahorij  ppmt mlangi sleman)
7. Ust. Lutfi Hakim . MA
PP. Futuhiyyah Mranggen - Demak
Anggota LDNU Kab. Bogor
8.  Ust. Fathurrohman,S.Pd.I (WAKIL ROIS SURIYAH MWC Gandrungmangu, Ketua LBM NU MWC Gandrungmangu, Ketua UPZIS di MWC Gandrungmangu, Katib Suriyah di Ranting NU Layansari, Anggota LBM di PC Cilacap,  Alumni PPHT Kamulan,Durenan,Trenggalek,Jawa Timur).
9.  KH. Ahamdi abd haliem (Pengasuh pondok pesantren Raudlatul Muttaqien
10. Ust. Abdul Rosid, M.Pd
Sekretaris LBM PCNU Kab. Malang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا