Langsung ke konten utama

𝙅𝙄𝙆𝘼 𝙎𝙀𝙎𝙐𝘼𝙏𝙐 𝙔𝘼𝙉𝙂 𝙃𝘼𝙅𝘼𝙔 𝙔𝘼𝙉𝙂 𝘿𝙄 𝙉𝘼𝙕𝘼𝙍 𝙏𝙄𝘿𝘼𝙆 𝙏𝙀𝙍𝙆𝘼𝘽𝙐𝙇𝙆𝘼𝙉, 𝘼𝙋𝘼𝙆𝘼𝙃 𝙒𝘼𝙅𝙄𝘽 𝘿𝙄𝙏𝙐𝙉𝘼𝙄𝙆𝘼𝙉 𝘿𝘼𝙍𝙄 𝘼𝙋𝘼 𝙔𝘼𝙉𝙂 𝘿𝙄𝙉𝘼𝙕𝘼𝙍𝙆𝘼𝙉



◦•●◉✿ 𝙅𝙄𝙆𝘼 𝙎𝙀𝙎𝙐𝘼𝙏𝙐 𝙔𝘼𝙉𝙂 𝙃𝘼𝙅𝘼𝙔 𝙔𝘼𝙉𝙂 𝘿𝙄 𝙉𝘼𝙕𝘼𝙍 𝙏𝙄𝘿𝘼𝙆 𝙏𝙀𝙍𝙆𝘼𝘽𝙐𝙇𝙆𝘼𝙉, 𝘼𝙋𝘼𝙆𝘼𝙃 𝙒𝘼𝙅𝙄𝘽 𝘿𝙄𝙏𝙐𝙉𝘼𝙄𝙆𝘼𝙉 𝘿𝘼𝙍𝙄 𝘼𝙋𝘼 𝙔𝘼𝙉𝙂 𝘿𝙄𝙉𝘼𝙕𝘼𝙍𝙆𝘼𝙉 ✿◉●•◦


📋𝙥𝙚𝙧𝙩𝙖𝙣𝙮𝙖𝙖𝙣


𝘼𝙨𝙨𝙖𝙡𝙖𝙢𝙪'𝙖𝙡𝙖𝙞𝙠𝙪𝙢 𝙩𝙜𝙠, 

𝘼𝙙𝙖 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙗𝙚𝙧𝙩𝙖𝙣𝙮𝙖, 𝙙𝙞𝙖 𝙗𝙚𝙧𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙩𝙖𝙥𝙞 𝙝𝙖𝙟𝙖𝙩𝙣𝙮𝙖 𝙞𝙩𝙪 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙩𝙚𝙧𝙥𝙚𝙣𝙪𝙝𝙞. 𝘼𝙥𝙖𝙠𝙖𝙝 𝙮𝙜 𝙞𝙖 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙠𝙖𝙣 𝙞𝙩𝙪 𝙝𝙖𝙧𝙪𝙨 𝙠𝙞𝙩𝙖 𝙗𝙖𝙮𝙖𝙧 𝙡𝙖𝙜𝙞 𝙖𝙩𝙖𝙪 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠?


📖𝙟𝙖𝙬𝙖𝙗𝙖𝙣𝙣𝙮𝙖


𝙋𝙚𝙧𝙡𝙪 𝙙𝙞𝙠𝙚𝙩𝙖𝙝𝙪𝙞...!!! 


𝘽𝙖𝙝𝙬𝙖𝙨𝙖𝙣𝙮𝙖, 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙠𝙚𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙙𝙪𝙖 𝙗𝙖𝙜𝙞𝙖𝙣 : 


1. 𝙉𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙡𝙪𝙟𝙖𝙟 


2. 𝙉𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙩𝙖𝙗𝙖𝙧𝙧𝙪𝙧 ( 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙢𝙪𝙟𝙖𝙯𝙖𝙝 ) 


𝘼. 𝙉𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙡𝙪𝙟𝙖𝙟 


هو التمادي في المخصومة 


𝙉𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙡𝙪𝙟𝙖𝙟 𝙖𝙙𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙢𝙚𝙢𝙥𝙚𝙧𝙥𝙖𝙣𝙟𝙖𝙣𝙜 𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙠𝙚𝙢𝙖𝙧𝙖𝙝𝙖𝙣 ( 𝙥𝙚𝙨𝙚𝙩𝙚𝙧𝙪𝙖𝙣) . 


𝘽𝙚𝙧𝙙𝙖𝙨𝙖𝙧𝙠𝙖𝙣 𝙙𝙚𝙛𝙞𝙣𝙞𝙨𝙞 𝙣𝙮𝙖, 𝙢𝙖𝙠𝙖 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙞𝙣𝙞 𝙙𝙞𝙡𝙖𝙠𝙪𝙠𝙖𝙣 𝙙𝙖𝙡𝙖𝙢 𝙠𝙚𝙖𝙙𝙖𝙖𝙣 𝙚𝙢𝙤𝙨𝙞 𝙖𝙩𝙖𝙪 𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙗𝙚𝙧𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙨𝙚𝙙𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙞𝙝𝙖𝙙𝙖𝙥𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙤𝙡𝙚𝙝 𝙨𝙪𝙖𝙩𝙪 𝙢𝙖𝙨𝙖𝙡𝙖𝙝 . 


𝘾𝙤𝙣𝙩𝙤𝙝𝙣𝙮𝙖 : 


𝙎𝙚𝙨𝙚𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙗𝙚𝙧𝙠𝙖𝙩𝙖 : 𝙠𝙖𝙡𝙖𝙪 𝙖𝙠𝙪 𝙠𝙚𝙡𝙪𝙖𝙧 𝙙𝙖𝙧𝙞 𝙠𝙤𝙩𝙖 𝙞𝙣𝙞 𝙢𝙖𝙠𝙖 𝙝𝙖𝙠 𝙖𝙡𝙡𝙖𝙝 𝙖𝙩𝙖𝙨𝙠𝙪 𝙗𝙚𝙧𝙥𝙪𝙖𝙨𝙖 𝙨𝙖𝙩𝙪 𝙢𝙞𝙣𝙜𝙜𝙪. 𝙈𝙖𝙠𝙖 𝙨𝙚𝙖𝙣𝙙𝙖𝙞𝙣𝙮𝙖 𝙞𝙖 𝙠𝙚𝙡𝙪𝙖𝙧, 𝙬𝙖𝙟𝙞𝙗 𝙩𝙚𝙧𝙝𝙖𝙙𝙖𝙥 𝙣𝙮𝙖 𝙢𝙚𝙢𝙗𝙖𝙮𝙖𝙧 𝙠𝙖𝙛𝙖𝙧𝙖𝙝 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧𝙣𝙮𝙖. 𝘽𝙞𝙡𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙞𝙖 𝙡𝙖𝙣𝙜𝙜𝙖𝙧 𝙢𝙖𝙠𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙥𝙚𝙧𝙡𝙪 𝙙𝙞 𝙗𝙖𝙮𝙖𝙧. 


𝘽. 𝙉𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙩𝙖𝙗𝙖𝙧𝙧𝙪𝙧 


𝙉𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙩𝙖𝙗𝙖𝙧𝙧𝙪𝙧 𝙖𝙩𝙖𝙪 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙢𝙪𝙟𝙖𝙯𝙖𝙝 𝙩𝙚𝙧𝙗𝙖𝙜𝙞 𝙠𝙚𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙙𝙪𝙖 : 


1. 𝙉𝙖𝙯𝙖𝙧𝙣𝙮𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙩𝙚𝙧𝙞𝙠𝙖𝙩 𝙙𝙚𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙨𝙪𝙖𝙩𝙪 𝙥𝙚𝙧𝙠𝙖𝙧𝙖. 


𝘾𝙤𝙣𝙩𝙤𝙝 : 


𝙝𝙖𝙠 𝘼𝙡𝙡𝙖𝙝 𝙖𝙩𝙖𝙨𝙠𝙪 𝙥𝙪𝙖𝙨𝙖 𝙨𝙖𝙩𝙪 𝙢𝙞𝙣𝙜𝙜𝙪. 


2. 𝙉𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙩𝙚𝙧𝙞𝙠𝙖𝙩 𝙙𝙚𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙨𝙚𝙨𝙪𝙖𝙩𝙪


𝘾𝙤𝙣𝙩𝙤𝙝 : 


𝙅𝙞𝙠𝙖 𝘼𝙡𝙡𝙖𝙝 𝙢𝙚𝙢𝙗𝙚𝙧𝙞𝙠𝙖𝙣 𝙖𝙠𝙪 𝙖𝙠𝙪 𝙠𝙚𝙨𝙚𝙢𝙗𝙪𝙝𝙖𝙣, 𝙝𝙖𝙠 𝙖𝙡𝙡𝙖𝙝 𝙖𝙩𝙖𝙨𝙠𝙪 𝙗𝙚𝙧𝙥𝙪𝙖𝙨𝙖 𝙨𝙖𝙩𝙪 𝙗𝙪𝙡𝙖𝙣. 


☝🏻𝙆𝙚𝙢𝙗𝙖𝙡𝙞 𝙠𝙚𝙥𝙚𝙧𝙩𝙖𝙣𝙮𝙖𝙖𝙣 𝙙𝙞𝙖𝙩𝙖𝙨


𝘽𝙞𝙡𝙖 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙞𝙢𝙖𝙠𝙨𝙪𝙙 𝙙𝙖𝙧𝙞 𝙥𝙚𝙧𝙩𝙖𝙣𝙮𝙖𝙖𝙣 𝙙𝙞𝙖𝙩𝙖𝙨 𝙖𝙙𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙩𝙚𝙧𝙞𝙠𝙖𝙩 𝙙𝙚𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙨𝙚𝙨𝙪𝙖𝙩𝙪 𝙥𝙚𝙧𝙠𝙖𝙧𝙖 ( 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙩𝙖𝙗𝙖𝙧𝙧𝙪𝙧 ) 𝙢𝙖𝙠𝙖 𝙙𝙞𝙨𝙖𝙖𝙩 𝙝𝙖𝙟𝙖𝙩𝙣𝙮𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙩𝙚𝙧𝙥𝙚𝙣𝙪𝙝𝙞, 𝙢𝙖𝙠𝙖 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧𝙣𝙮𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙬𝙖𝙟𝙞𝙗 𝙙𝙞𝙩𝙪𝙣𝙖𝙞𝙠𝙖𝙣. 𝘿𝙞𝙠𝙖𝙧𝙚𝙣𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙞𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧𝙠𝙖𝙣 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙩𝙚𝙧𝙠𝙖𝙗𝙪𝙡𝙠𝙖𝙣. 


𝙆𝙚𝙢𝙪𝙙𝙞𝙖𝙣, 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙟𝙪𝙜𝙖 𝙢𝙚𝙣𝙟𝙖𝙙𝙞 𝙗𝙖𝙩𝙖𝙡 𝙖𝙥𝙖𝙗𝙞𝙡𝙖 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙞𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧𝙠𝙖𝙣 𝙢𝙚𝙧𝙪𝙥𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙨𝙚𝙗𝙪𝙖𝙝 𝙠𝙚𝙢𝙖𝙠𝙨𝙞𝙖𝙩𝙖𝙣. 


𝘾𝙤𝙣𝙩𝙤𝙝𝙣𝙮𝙖 : 


𝘽𝙞𝙡𝙖 𝙠𝙡𝙪𝙗 𝙧𝙚𝙖𝙡 𝙢𝙖𝙙𝙧𝙞𝙙 𝙢𝙚𝙣𝙖𝙣𝙜, 𝙢𝙖𝙠𝙖 𝙝𝙖𝙠 𝙖𝙡𝙡𝙖𝙝 𝙖𝙩𝙖𝙨𝙠𝙪, 𝙖𝙠𝙪 𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙟𝙖𝙡𝙖𝙣 𝙟𝙖𝙡𝙖𝙣 𝙙𝙞 𝙟𝙖𝙡𝙖𝙣 𝙩𝙖𝙣𝙥𝙖 𝙗𝙖𝙟𝙪 


𝙈𝙖𝙠𝙖 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧𝙣𝙮𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙨𝙖𝙝 𝙢𝙚𝙨𝙠𝙞𝙥𝙪𝙣 𝙩𝙚𝙧𝙠𝙖𝙗𝙪𝙡𝙠𝙖𝙣. 𝙆𝙖𝙧𝙣𝙖 𝙩𝙪𝙟𝙪𝙖𝙣 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙖𝙙𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙢𝙚𝙡𝙖𝙠𝙪𝙠𝙖𝙣 𝙨𝙚𝙨𝙪𝙖𝙩𝙪 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙗𝙚𝙧𝙩𝙪𝙟𝙪𝙖𝙣 𝙪𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙗𝙚𝙧- 𝙪𝙗𝙪𝙙𝙞𝙮𝙖𝙝 ( 𝙗𝙚𝙧𝙞𝙗𝙖𝙙𝙖𝙝 ) 𝙠𝙚𝙥𝙖𝙙𝙖 𝘼𝙡𝙡𝙖𝙝 

 

𝘽𝙚𝙜𝙞𝙩𝙪𝙥𝙪𝙡𝙖𝙝 𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙢𝙪𝙗𝙖𝙝, 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧𝙣𝙮𝙖 𝙟𝙪𝙜𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙩𝙚𝙧𝙖𝙦𝙖𝙩 ( 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙨𝙖𝙝 ) 𝙣𝙖𝙢𝙪𝙣 𝙞𝙖 𝙬𝙖𝙟𝙞𝙗 𝙢𝙚𝙢𝙗𝙖𝙮𝙖𝙧 𝙠𝙖𝙛𝙖𝙧𝙖𝙝 𝙖𝙩𝙖𝙨 𝙣𝙖𝙢𝙖 𝙨𝙪𝙢𝙥𝙖𝙝  𝙗𝙞𝙡𝙖 𝙢𝙖𝙣𝙖 𝙞𝙖 𝙢𝙚𝙡𝙖𝙣𝙜𝙜𝙖𝙧 𝙨𝙪𝙢𝙥𝙖𝙝 𝙣𝙮𝙖 𝙩𝙚𝙧𝙨𝙚𝙗𝙪𝙩. 


𝘾𝙤𝙣𝙩𝙤𝙝 :


𝙃𝙖𝙠 𝘼𝙡𝙡𝙖𝙝 𝙖𝙩𝙖𝙨 𝙠𝙪, 𝙖𝙠𝙪 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙢𝙖𝙠𝙖𝙣  𝙙𝙖𝙜𝙞𝙣𝙜. 


𝙄𝙣𝙞 𝙣𝙖𝙢𝙖𝙣𝙮𝙖 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙢𝙪𝙗𝙖𝙝, 𝙢𝙖𝙠𝙖 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧𝙣𝙮𝙖 𝙛𝙖𝙨𝙞𝙙 𝙖𝙩𝙖𝙪 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙨𝙖𝙝. 𝘿𝙖𝙣 𝙟𝙞𝙠𝙖 𝙞𝙖 𝙢𝙚𝙢𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙙𝙖𝙜𝙞𝙣𝙜. 𝙈𝙖𝙠𝙖 𝙞𝙖 𝙬𝙖𝙟𝙞𝙗 𝙢𝙚𝙢𝙗𝙖𝙮𝙖𝙧 𝙠𝙖𝙛𝙖𝙧𝙖𝙝 𝙨𝙪𝙢𝙥𝙖𝙝 𝙣𝙮𝙖. 


🗃𝙠𝙚𝙨𝙞𝙢𝙥𝙪𝙡𝙖𝙣𝙣𝙮𝙖


𝙒𝙖𝙟𝙞𝙗 𝙙𝙞 𝙩𝙪𝙣𝙖𝙞 𝙖𝙩𝙖𝙪 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙞𝙩𝙪 𝙩𝙚𝙧𝙜𝙖𝙣𝙩𝙪𝙣𝙜 𝙩𝙚𝙧𝙠𝙖𝙗𝙪𝙡𝙠𝙖𝙣 𝙖𝙩𝙖𝙪 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙣𝙮𝙖 𝙝𝙖𝙟𝙖𝙩 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙞𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧𝙠𝙖𝙣. 


𝙍𝙚𝙛𝙚𝙧𝙚𝙣𝙨𝙞 :


📖𝙠𝙞𝙩𝙖𝙗 𝙝𝙖𝙨𝙮𝙞𝙮𝙖𝙝 𝙖𝙡 𝙗𝙖𝙖𝙟𝙪𝙧𝙞, 𝙟 : 1, 𝙝 ;  319 - 324 𝙘𝙚𝙩𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙞𝙢𝙖𝙧𝙖𝙩𝙞𝙡𝙡𝙖𝙝 


وشرعًا التزام قربة لازمة بأصل الشرع


𝙈𝙖𝙠𝙣𝙖 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙨𝙮𝙖𝙧𝙖' 𝙖𝙙𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙢𝙚𝙣𝙮𝙖𝙣𝙜𝙜𝙪𝙥𝙞 𝙥𝙚𝙧𝙗𝙪𝙖𝙩𝙖𝙣 𝙞𝙗𝙖𝙙𝙖𝙝 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙩𝙞𝙖𝙙𝙖 𝙬𝙖𝙟𝙞𝙗 𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙖𝙨𝙖𝙡 𝙨𝙮𝙖𝙧𝙞𝙖𝙩 


والنذر ضربان : أحدهما نذر اللَّجَّاج بفتح أوله، وهو التمادى في الخصومة. والمراد بهذا النذر أن يخرج مخرج اليمين بأن يقصد الناذر منع نفسه من شيء، ولا يقصد القربة، وفيه كفارة يمين أو ما التزمه بالنذر. والثاني نذر المجازاة وهو نوعان: أحدهما أن لا يعلقه الناذر على شيء، كقوله ابتداء: «للهِ عليَّ صومٌ أو عتقٌ». والثاني أن يعلقه على شيء. وأشار له المصنف بقوله: (والنذر يلزم في المجازاة على) نذر (مباح وطاعة، كقوله) أي الناذر: («إن شفى الله مريضي) وفي بعض النسخ «مرضي» أو كفيت شر عدوي (فلِلّهِ أن أصلي أو أصوم أو أتصدق»، ويلزمه) أي الناذر (من ذلك) أي مما نذره من صلاة أو صوم أو صدقة (ما يقع عليه الاسم) من صلاة. وأقلها ركعتان، أو صوم وأقله يوم، أو الصدقة وهي أقل شيء مما يتمول. وكذا لو نذر التصدق بمال عظيم - كما قال القاضي أبو الطيب. ثم صرح المصنف بمفهوم قوله سابقا على مباح في قوله: (ولا نذر في معصية) أي لا ينعقد نذرها، (كقوله: «إن قتلتُ فلانا) بغير حق (فلله علي كذا»). وخرج بالمعصية نذر المكروه كنذر شخص صوم الدهر، فينعقد نذره، ويلزمه الوفاء به. ولا يصح أيضا نذر واجب على العين كالصلوات الخمس. أما الواجب على الكفاية فيلزمه كما يقتضيه كلام الروضة وأصلها. (ولا يلزم النذر) أي لا ينعقد (على ترك مباح) أو فعله؛ فالأول (كقوله: «لا آكل لحما ولا أشرب لبنا» وما أشبه ذلك) من المباح كقوله: لا ألبس كذا، والثاني نحو آكل كذا وأشرب كذا، وألبس كذا. وإذا خالف النذر المباح لزمه كفارة يمين على الراجح عند البغوي، وتبعه المحرر والمنهاج، لكن قضية كلام الروضة وأصلها عدم اللزوم


📖𝙠𝙞𝙩𝙖𝙗 𝙝𝙖𝙨𝙮𝙞𝙮𝙖𝙝 𝙖𝙡 𝙗𝙖𝙖𝙟𝙪𝙧𝙞, 𝙟 : 2, 𝙝 ;  320 𝙘𝙚𝙩𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙞𝙢𝙖𝙧𝙖𝙩𝙞𝙡𝙡𝙖𝙝


ولو قال ان فعلت كذا فعلى كفارة يمين او كفارة نذر لزمته الكفارة عند وجود الصفة 


𝙅𝙞𝙠𝙖𝙡𝙖𝙪 𝙨𝙚𝙨𝙚𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙗𝙚𝙧𝙠𝙖𝙩𝙖 : 𝙟𝙞𝙠𝙖 𝙖𝙠𝙪 𝙢𝙚𝙡𝙖𝙠𝙪𝙠𝙖𝙣 𝙨𝙚𝙙𝙚𝙢𝙞𝙠𝙞𝙖𝙣 𝙞𝙩𝙪 𝙢𝙖𝙠𝙖 𝙬𝙖𝙟𝙞𝙗 𝙖𝙩𝙖𝙨𝙠𝙪 𝙠𝙖𝙛𝙖𝙧𝙖𝙝 𝙨𝙪𝙢𝙥𝙖𝙝 𝙖𝙩𝙖𝙪 𝙠𝙖𝙛𝙖𝙧𝙖𝙝 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧. 𝙈𝙖𝙠𝙖 𝙬𝙖𝙟𝙞𝙗 𝙠𝙖𝙛𝙖𝙧𝙖𝙝 𝙖𝙩𝙖𝙨𝙣𝙮𝙖 𝙙𝙞𝙠𝙚𝙩𝙞𝙠𝙖 𝙬𝙪𝙟𝙪𝙙 𝙨𝙞𝙛𝙖𝙩 ( 𝙩𝙚𝙧𝙠𝙖𝙗𝙪𝙡𝙠𝙖𝙣 𝙖𝙥𝙖 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙞𝙖 𝙨𝙪𝙢𝙥𝙖𝙝𝙠𝙖𝙣/ 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧𝙠𝙖𝙣) 


📖𝙠𝙞𝙩𝙖𝙗 𝙝𝙖𝙨𝙮𝙞𝙮𝙖𝙝 𝙖𝙡 𝙗𝙖𝙖𝙟𝙪𝙧𝙞, 𝙟 : 2, 𝙝 ;  321 𝙘𝙚𝙩𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙞𝙢𝙖𝙧𝙖𝙩𝙞𝙡𝙡𝙖𝙝


( قوله والنذر يلزم )  اي يجب الوفاء به عند وجود المعلق عليه على التراخي لا على الفور 


( 𝙋𝙚𝙧𝙠𝙖𝙩𝙖𝙖𝙣 𝙢𝙪𝙨𝙖𝙣𝙣𝙞𝙛 : 𝙙𝙖𝙣 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧 𝙖𝙙𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙢𝙚𝙡𝙖𝙯𝙞𝙢𝙞 ) 𝙖𝙧𝙩𝙞𝙣𝙮𝙖 𝙬𝙖𝙟𝙞𝙗 𝙢𝙚𝙣𝙪𝙣𝙖𝙞𝙠𝙖𝙣 𝙙𝙚𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙣𝙖𝙯𝙖𝙧𝙣𝙮𝙖 𝙙𝙞𝙠𝙚𝙩𝙞𝙠𝙖 𝙬𝙪𝙟𝙪𝙙 ( 𝙝𝙖𝙙𝙞𝙧 ) 𝙢𝙪𝙖𝙡𝙡𝙖𝙦 𝙖𝙡𝙖𝙞𝙝 ( 𝙨𝙚𝙨𝙪𝙖𝙩𝙪 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙞 𝙠𝙖𝙞𝙩𝙖𝙠𝙖𝙣 / 𝙙𝙞𝙞𝙠𝙖𝙩𝙠𝙖𝙣 ), 𝙥𝙚𝙣𝙪𝙣𝙖𝙞𝙖𝙣 𝙩𝙚𝙧𝙨𝙚𝙗𝙪𝙩 𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙩𝙚𝙧 𝙩𝙖𝙠𝙠𝙝𝙞𝙧 𝙗𝙪𝙠𝙖𝙣 𝙨𝙚𝙜𝙚𝙧𝙖 ( 𝙗𝙤𝙡𝙚𝙝 𝙙𝙞𝙩𝙪𝙣𝙖𝙞𝙠𝙖𝙣 𝙠𝙖𝙥𝙖𝙣 𝙖𝙙𝙖𝙣𝙮𝙖 𝙠𝙚𝙢𝙖𝙢𝙥𝙪𝙣 𝙪𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙢𝙚𝙣𝙪𝙣𝙖𝙞𝙠𝙖𝙣) 


📖𝙠𝙞𝙩𝙖𝙗 𝙝𝙖𝙨𝙮𝙞𝙮𝙖𝙩𝙖𝙣𝙞 𝙦𝙪𝙡𝙮𝙪𝙗𝙞 𝙬𝙖 𝙪𝙢𝙖𝙞𝙧𝙖𝙝, 𝙟 : 4, 𝙝 : 289-290, 𝙘𝙚𝙩𝙖𝙠𝙖𝙣 : 𝙝𝙖𝙧𝙖𝙢𝙖𝙞𝙣 


وَنَذْرُ تَبَرُّرٍ بِأَنْ يَلْتَزِمَ قُرْبَةً إنْ حَدَثَتْ نِعْمَةٌ أَوْ ذَهَبَتْ نِقْمَةٌ كَإِنْ شُفِيَ مَرِيضِي) او ذهب عني كذا ( فلله علي او فعلي كذا) من صوم او غيره (فَيَلْزَمُهُ ذَلِكَ إذَا حَصَلَ الْمُعَلَّقُ عَلَيْهِ) قَالَ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - «مَنْ نَذَرَ أَنْ يُطِيعَ اللَّهَ فَلْيُطِعْهُ» رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ.  ( وَإِنْ لَمْ يُعَلِّقْهُ بِشَيْءٍ كَلِلَّهِ عَلَيَّ صَوْمٌ لَزِمَهُ ) ذَلِكَ (فِي الْأَظْهَرِ) وَالثَّانِي لَا لِعَدَمِ الْعِوَضِ.( وَلَا يَصِحُّ نَذَرَ مَعْصِيَةٍ) ، كَشُرْبِ الْخَمْرِ أَوْ الزِّنَا لِحَدِيثِ مُسْلِمٍ «لَا نَذْرَ فِي مَعْصِيَةِ اللَّهِ» (وَلَا وَاجِبٍ) كَالصُّبْحِ أَوْ صَوْمِ أَوَّلِ رَمَضَانَ إذْ لَا مَعْنَى لِإِيجَابِهِ بِالنَّذْرِ. ( وَلَوْ نَذَرَ فِعْلَ مُبَاحٍ أَوْ تَرْكَهُ) كَقِيَامٍ أَوْ قُعُودٍ (لَمْ يَلْزَمْهُ الْفِعْلُ أَوْ التَّرْكُ) رَوَى أَبُو دَاوُد حَدِيثَ «لَا نَذْرَ إلَّا فِيمَا اُبْتُغِيَ بِهِ وَجْهُ اللَّهِ» (لَكِنْ إنْ خَالَفَ لَزِمَهُ كَفَّارَةُ يَمِينٍ عَلَى الْمُرَجَّحِ) فِي الْمَذْهَبِ كَمَا فِي الْمُحَرَّرِ وَفِي قَوْلٍ أَوْ وَجْهٍ لَا كَفَّارَةَ وَيُؤْخَذُ تَرْجِيحُهُ مِنْ الرَّوْضَةِ كَأَصْلِهَا حَيْثُ حَكَى الْخِلَافَ فِي نَذْرِ الْمَعْصِيَةِ إنْ خُولِفَ، وَرَجَّحَ فِيهِ عَدَمَ الْكَفَّارَةِ ثُمَّ أُحِيلَ عَلَيْهِ نَذْرُ الْوَاجِبِ وَنَذْرُ الْمُبَاحِ الْمَذْكُورِ وَفِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ الصَّوَابُ أَنَّهُ لَا كَفَّارَةَ فِي الثَّلَاثَةِ.


والله اعلم بالصواب


𝘼𝙙𝙢𝙞𝙣 @𝙩𝙜𝙠_𝙢𝙚𝙪𝙧𝙖𝙝


𝙨𝙞𝙡𝙖𝙝𝙠𝙖𝙣 𝙙𝙞𝙗𝙖𝙜𝙞𝙠𝙖𝙣 𝙠𝙚𝙩𝙚𝙢𝙖𝙣 𝙖𝙩𝙖𝙪 𝙜𝙧𝙪𝙗 𝙡𝙖𝙞𝙣.  𝘿𝙖𝙣 𝙙𝙞𝙡𝙖𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙣𝙜𝙚-𝙨𝙝𝙖𝙧𝙚 𝙞𝙠𝙡𝙖𝙣

𝙆𝙖𝙡𝙖𝙪 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙡𝙖𝙣𝙜𝙨𝙪𝙣𝙜 𝙙𝙞𝙠𝙚𝙡𝙪𝙖𝙧𝙠𝙖𝙣


𝘿𝙖𝙣 𝙢𝙤𝙝𝙤𝙣 𝙪𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙢𝙚𝙣𝙜𝙪𝙗𝙖𝙝 𝙝𝙖𝙠 𝙘𝙞𝙥𝙩𝙖𝙣𝙮𝙖

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا