۞HASIL KAJIAN OBROLAN SEPUTAR PERNIKAHAN ۞:
Sajian isi kitab kitab ahli Sunnah wal jama'ah:┏🌸★★━━━━━━━━━━━━━━━━━━━┓
*🍃Pesantren Virtual Santri Ahgaff🍃*
┗━━━━━━━━━━━━━━━━━━━★★🌸┛
*PERMASALAHAN PERNIKAHAN DAN RANJANG*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
*Hukum mandi telanjang bersama antara suami istri*
*Pertanyaan :*
_Assalamualaikum.. Mandi telanjang dengan istri boleh nggak ?_
*Jawaban :*
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh
Mandi bersama antara sepasang suami istri itu hukumnya boleh. Imam Nawawi, Imam Thohawi dan Imam Qurthubi menyatakan bahwa hukum ini telah disepakati oleh semua ulama' (ijma'). Diantara dalilnya adalah sebagai berikut :
1. Hadits Aisyah radiyallahu 'anha, beliau berkata:
كُنْتُ أَغْتَسِلُ أَنَا وَرَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ إِنَاءٍ وَاحِدٍ
_"Aku mandi bersama Rosululloh shollallohu 'alaihoi wasallam dari satu bejana."_
(Shohih Bukhori, no.250 dan Shohih Muslim, no.321)
2. Hadits Ummu Salamah radiyallahu 'anha:
كَانَتْ هِيَ وَرَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَغْتَسِلَانِ فِي الْإِنَاءِ الْوَاحِدِ
_"Bahwasanya ia (Ummu Salamah) dan Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam mandi bersama pada satu bejana."_
(Shohih Muslim, no.324)
Begitu juga apabila mandinya dilakukan dengan telanjang sehingga satu sama lainnya bisa melihat seluruh badannya, KECUALI KEMALUAN, sebab sudah tidak ada lagi batasan aurot antara laki-laki dan wanita yang sudah menikah dan menjadi sepasang suami istri. Alloh berfirman :
وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ (29) إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ (30
_"Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya (29) , kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak-budak yang mereka miliki, Maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela (30)."_ (Al-Ma'arij : 29-30)
Kesimpulannya mandi telanjang dengan istri hukumnya boleh.
*TAMBAHAN:*
adapun suami istri melihat kemaluan masing-masing hukumnya makruh. Walaupun diperbolehkan mandi bersama namun hendaknya dihindari melihat kelamin masing-masing, Tetapi jika ada satu kebutuhan, melihatnya tidak makruh.
Sayyidah 'Aisyah RA berkata:
_"Aku tak pernah melihat punyanya Rasul dan ia juga tak pernah melihat punyaku,’ (farji)."_
*REFERENSI:*
*matan dari Hasyiyah Al-Bujairimi Alal Khatib, Darul Fikr, juz IV, halaman 103*
وَ) الضَّرْبُ (الثَّانِي نَظَرُهُ) أَيْ الرَّجُلِ (إلَى) بَدَنِ (زَوْجَتِهِ وَ) إلَى بَدَنِ (أَمَتِهِ) الَّتِي يَحِلُّ لَهُ الِاسْتِمْتَاعُ بِهَا (فَيَجُوزُ) حِينَئِذٍ (أَنْ يَنْظُرَ إلَى) كُلِّ بَدَنِهِمَا حَالَ حَيَاتِهِمَا؛ لِأَنَّهُ مَحَلُّ اسْتِمْتَاعِهِ (مَا عَدَا الْفَرْجَ) الْمُبَاحَ مِنْهُمَا، فَلَا يَجُوزُ جَوَازًا مُسْتَوِيَ الطَّرَفَيْنِ فَيُكْرَهُ النَّظَرُ إلَيْهِ بِلَا حَاجَةٍ، وَإِلَى بَاطِنِهِ أَشَدُّ كَرَاهَةٍ {قَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهَا مَا رَأَيْت مِنْهُ وَلَا رَأَى مِنِّي} أَيْ الْفَرْجَ
_“Bagian kedua yaitu melihatnya seorang suami pada tubuh istrinya dan tubuh budak perempuannya yang halal baginya untuk ia buat senang-senang, hukumnya boleh melihat kepada tubuh kedua orang tersebut saat mereka masih hidup, karena itulah tempat untuk bersenang-senang, selain farji (vagina) yang diperbolehkan bagi mereka. Jika melihat vagina hukumnya tidak boleh dengan prosentase 50-50. Melihat vagina itu hukumnya makruh jika tanpa ada keperluan. Sedangkan melihat bagian dalam vagina sangat dimakruhkan."_
_"Sayyidah 'Aisyah RA berkata, ‘Aku tak pernah melihat punyanya Rasul dan ia juga tak pernah melihat punyaku,’ (farji)"_.
*Syarah Nawawi Ala Muslim, Juz : 4 Hal : 2*
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْلَمَةَ بْنِ قَعْنَبٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَفْلَحُ بْنُ حُمَيْدٍ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: «كُنْتُ أَغْتَسِلُ أَنَا وَرَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ إِنَاءٍ وَاحِدٍ، تَخْتَلِفُ أَيْدِينَا فِيهِ مِنَ الْجَنَابَةِ
.......................................
وأما تطهير الرجل والمرأة من إناء واحد فهو جائز بإجماع المسلمين لهذه الأحاديث التي في الباب
*Subulus Salam, Juz : 1 Hal : 135*
[اغتسال الرجل والمرأة من ماء واحد في إناء واحد]
وعنها أي «عائشة قالت: كنت أغتسل أنا ورسول الله - صلى الله عليه وسلم - من إناء
واحد تختلف أيدينا فيه» أي في الاغتراف منه [من
الجنابة] بيان لنغتسل، متفق عليه زاد ابن حبان [وتلتقي] أي تلتقي [أيدينا] فيه، وهو دليل على جواز اغتسال الرجل والمرأة من ماء واحد في إناء واحد، والجواز هو الأصل
*Nailul Author, Juz : 1 Hal : 43*
فأما غسل الرجل والمرأة ووضوءهما جميعا فلا اختلاف فيه. قالت أم سلمة: «كنت أغتسل أنا ورسول الله - صلى الله عليه وسلم - من إناء واحد من الجنابة» متفق عليه. وعن «عائشة قالت: كنت أغتسل أنا ورسول الله - صلى الله عليه وسلم - من إناء واحد تختلف أيدينا فيه من الجنابة» متفق عليه. وفي لفظ للبخاري: «من إناء واحد نغترف منه جميعا» . ولمسلم: «من إناء بيني وبينه واحد فيبادرني حتى أقول: دع لي، دع لي» . وفي لفظ النسائي «من إناء واحد يبادرني وأبادره حتى يقول: دعي لي وأنا أقول: دع لي» اهـ. وقد وافق المصنف في نقل الاتفاق على جواز اغتسال الرجل والمرأة من الإناء الواحد جميعا الطحاوي والقرطبي والنووي
*Fathul Bari, Juz : 1 Hal : 364*
حدثنا آدم بن أبي إياس، قال: حدثنا ابن أبي ذئب، عن الزهري، عن عروة، عن عائشة قالت: كنت أغتسل أنا والنبي صلى الله عليه وسلم من إناء واحد، من قدح يقال له الفرق
........................................
واستدل به الداودي على جواز نظر الرجل إلى عورة امرأته وعكسه ويؤيده ما رواه بن حبان من طريق سليمان بن موسى أنه سئل عن الرجل ينظر إلى فرج امرأته فقال سألت عطاء فقال سألت عائشة فذكرت هذا الحديث بمعناه وهو نص في المسألة
*Tafsir Ath-Thobari, Juz : 23 Hal : 217*
وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ (29) إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ (30
...........................................
يقول تعالى ذكره: (وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ) يعني: أقبالهم حافظون عن كلّ ما حرم الله عليهم وضعها فيه، (إِلا) أنهم غير ملومين في ترك حفظها، (عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ) من إمائهم
*At Taqrirot Asy-Syadidah, Hal : 204-205*
عورات الرجل أربعة : -إلى أن قال- 4- عند حليلته (الزوجة أو الأمة) : لا عورة
عورات الحرة خمسة : -إلى أن قال : 5- عند حليلها (الزوج) : لا عورة
Dengan guru pemateri : YANG MULIA GURU ABBAS
۩ GRUB OBROLAN SEPUTAR PERNIKAHAN ۩
https://t.me/Minhajzaujain1
۞HASIL KAJIAN OBROLAN SEPUTAR PERNIKAHAN ۞
https://t.me/HSOP1
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik