Bersin Batuk Saat Baca Fatihah, Apa Mengulangi Dari Awal?
Faidah ngaji Fathul Mu'in tadi malam
1- Hukum dasar : Fatihah wajib dibaca muwalah, dalam artian berkesinambungan dan tidak boleh ada jeda melebihi kadar satu nafas.
2- Ada beberapa pengecualian dari hukum dasar ini :
1). Gabisa nahan batuk atau bersin, walaupun lama. Maka setelah berhenti batuk atau bersin, langsung lanjut nerusin Fatihah gapapa.
2). Mengingat² ayat Fatihah karena lupa. Setelah ingat, lanjut saja.
3). Baca amin. Misal kita baca Fatihah baru sampai wa iyyaka nasta'in terus imam baca wa lad-dhollin, maka kita sunah baca amin. Setelah baca amin, kita lanjut baca ayat Fatihah lagi nerusin tadi.
4). Imam sujud karena ayat sajdah. Maka kita ikut sujud. Terus setelah sujud, lanjut baca Fatihah lagi.
5). Imam baca suatu ayat yang kita disunahkan untuk berdoa atau mengucapkan sesuatu, misal pada ayat,
أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ
Maka kita jawab,
بلى وأنا على ذلك من الشاهدين
Kita mengucapkan ini tidak dinilai memutus muwalah Fatihah, maka setelah ngucap ini langsung lanjut saja Fatihahnya.
3- Dari ketentuan nomor satu, ada dua penggambaran bisa dinilai memutus muwalah :
1). Diam lama tanpa udzur, sekiranya melebihi kadar duduk istirahah dalam shalat. Dan kadar duduk istirahah sendiri adalah sekadar tumakninah (Fiqhul Islami Dr. Wahbah). Dan kadar tumakninah sendiri adalah sekadar ucapan subhanallah (Hasyiyah Jamal).
Jadi, diam lama sampai kadar Subhanallah dinilai memutus muwalah.
2). Saat Fatihah malah zikir, atau baca ayat selain Fatihah, tanpa udzur. Habis baca wa iyyaka nasta'in misal, terus dzikir Subhanallah 100 kali. Atau habis iyyaka nasta'in malah baca Yasin. Maka dinilai memutus muwalah.
Begitu juga misal bersin saat baca Fatihah malah terus ngucap Alhamdulillah. Ini juga memutus muwalah Fatihah.
Bersin dalam shalat itu tetep disunahkan ngucap Alhamdulillah, tapi kalau saat baca Fatihah ko ngucap gitu, maka dinilai mutus muwalah Fatihah.
Maksud dari udzur adalah kelupaan atau karena ketidaktahuan.
Wallahu ta'ala a'lam.
https://shope.ee/6KVCvLFver
Referensi:
Fathul Mu'in syarh Qurrotul 'Ain, tidak saya ringkas semua.
(و) مع رعاية (موالاة) فيها بأن يأتي بكلماتها على الولاء بأن لا يفصل بين شئ منها وما بعده بأكثر من سكتة التنفس أو العي، (فيعيد) قراءة الفاتحة، (بتخلل ذكر أجنبي) لا يتعلق بالصلاة فيها، وإن قل، كبعض آية من غيرها، وكحمد عاطس - وإن سن فيها كخارجها - لاشعاره بالاعراض.
(لا) يعيد الفاتحة (ب) - تخلل ما له تعلق بالصلاة، ك (- تأمين وسجود) لتلاوة إمامه معه، (ودعاء) من سؤال رحمة، واستعاذة من عذاب، وقول: بلى وأنا على ذلك من الشاهدين (لقراءة إمامه) الفاتحة أو آية السجدة، أو الآية التي يسن فيها ما ذكر لكل من القارئ والسامع، مأموما أو غيره، في صلاة وخارجها.
فلو قرأ المصلي - آية - أو سمع آية - فيها اسم محمد (ص) لم تندب الصلاة عليه، كما أفتى به النووي.
(و) لا (بفتح عليه) أي الامام إذا توقف فيها بقصد القراءة، ولو مع الفتح، ومحله - كما قال شيخنا - إن سكت، وإلا قطع الموالاة.
وتقديم نحو سبحان الله قبل الفتح يقطعها على الاوجه، لانه حينئذ بمعنى تنبه.
(و) يعيد الفاتحة بتخلل (سكوت طال) فيها
بحيث زاد على سكتة الاستراحة (بلا عذر فيهما)، من جهل وسهو.
فلو كان تخلل الذكر الاجنبي، أو السكوت الطويل، سهوا أو جهلا، أو كان السكوت لتذكر آية، لم يضر، كما لو كرر آية منها في محلها ولو لغير عذر، أو عاد إلى ما قرأه قبل واستمر، على الاوجه.
I'anatut Thalibin
(قوله: بأكثر من سكتة التنفس أو العي) أما إذا كان بقuدرهما فلا يضر، ومثلهما غلبة سعال وعطاس وإن طال.
Fiqhul Islami Wa Adillatuhu Dr. Wahbah Zuhaily
جلوس استراحة: بعد سجدة ثانية يقوم عنها مفترشاً، وذلك بقدر الطمأنينة، ولا يضر زيادتها على قدر الجلوس بين السجدتين على المعتمد. ويأتي بها المأموم وإن تركها الإمام.
Hasyiyah Jamal Syaikh Sulaiman Al-Jamal
وَقَوْلُهُ الْيَسِيرُ أَيْ: بِقَدْرِ الطُّمَأْنِينَةِ عَلَى الْمُعْتَمَدِ وَقَدْرُهَا بِقَدْرِ سُبْحَانَ اللَّهِ اهـ مِنْ ع ش عَلَى م ر اهـ شَيْخُنَا.
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik