Ada seseorang memiliki
sebidang tanah, sebagian tanah tersebut ada pepohonannya dan sebagian
yang lain masih kosong. Kemudian tanah tersebut di Waqofkan untuk Madrasah.
Pertanyaan
:
a. Apakah status pepohonan yang ada pada tanah
tersebut ?
b. Bolehkah menanami sebagian tanah yang masih kosong
untuk dijadikan sumber dana, mengingat dana untuk pembangunan Madrasah masih
belum ada ?
(PP. Sidogiri Kraton Pasuruan)
Jawaban a :
Status pepohonan tersebut
adalah termasuk barang waqofan
(Mauquf bih) *)
Referensi : 1.Hamisy I’anatut Tholibin Juz III Hal. 41.
1-وفى
هامش إعانة الطالبين للشيخ زين الدين عبد العزيز المليبارى ما نصه :
{يدخل فى بيع أرض} وهبتها ووقفها والوصية بها مطلقا لا
فى رهنها والإقرار بها {مافيها} من بناء وشجر رطب …. إلخ .اهـ
Jawaban b :
Tidak boleh ditanami, karena
hal tersebut termasuk merubah waqof, kecuali sudah tidak ada jalan lain untuk
menggali dana pembangunan Madrasah selain dengan cara menanami tanah kosong
yang di waqofkan untuk di jadikan madrasah tersebut.
Referensi :
1.
Jamal ‘Alal Manhaj Juz III Hal. 584.
2.
Asnal Matholib Juz II Hal. 477.
3.
Fatawa Ibnu Ziyad Hal.174 dan Hal.181.
1-وفى
سليمان الجمال على شرح المنهج للشيخ سليمان الجمل مانصه :
{ولو شرط الواقف اتبع شرطه}
{قوله اتبع شرطه} أي فى غير
حالة الضرورة كسائر شروطه التى لا تخالف الشرع وخرج بغير حالة الضرورة ما لولم
يوجد من يرغب فيه إلا علىوجه مخالف لذلك اى لما شرطه فإنه يجوز لأن الظاهر انه لا
يريد تعطيل وقفه وكذا لو انهدمت الدار المشروط عدم اجارتها الامقدار كذا ولم يمكن
عمارتها الابإجارتها اكثر من ذلك اجرت بقدرما يفى بالعمارة فقط مراعيا مصلحة
الواقف لا مصلحة المستحق. اهـ
2-وفى أسنى المطالب لشيخ الإسلام أبى زكريا الأنصارى مانصه :
{وتقلع الشجرة منه ان رآه} الامام {بل ان جعل البقعة مسجدا وفيها شجرة فللامام
قلعها وان ادخلها} الواقف {فى الوقف} بان جعل الارض مسجدا ووقف الشجرة ولاتدخل فيه
استتباعا لأنها لاتجعل مسجدا وما مر فى باب الاصول والثمار محله فى وقف الارض غير
مسجد فيلزم الواقف هنا تفريغ الأرض. اهـ
3-وفى فتاوى ابن زياد ما نصه :
{مسئلة}
دار وقفت على من ولي القضاء للسكنى والحكم خربت ورغب القضاة عن سكناها وعن اصلاحها
جاز للناظر الخاص او العام أن يؤجرها لمن يعمرها من ماله ويسكنها مائة سنة مثلا ان
لم يمكن تأجيرها أقل من ذلك وحينئذ لا تنفسخ بموت المؤجر ولا عزله ولا بموت
المستأجر .اهـ
{مسئلة} الأرض الموقوفة او
الموصى بها للدفن فيها لا يجوز لأحد ولو الواقف الإنتفاع بها بما لم يقبر فيها
ويلزم المنتفع بها أجرة المثل يصرفها الإمام فى مصالح المقبرة .اهـ
*) Catatan :
Bila hendak memulai membangun
madrasah, sedangkan tanah yang diperlukan untuk dibangun Madrasah masih ada
pepohonannya, maka pohon tersebut supaya di tebang , karena untuk melaksanakan
ketentuan Waqif (orang yang waqof) menjadikan tanah tersebut sebagai madrasah.
Referensi : 1. Asnal Matholib Juz. II Hal. 477
(Sebagaimana di atas)
4.
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik