Langsung ke konten utama

Permasalahan Tanah Waqaf


Seseorang  mewaqofkan tanahnya untuk siapa saja yang menjadi Imam Rowatib Masjid “Baiturrohman” (umpama). Bakar yang kebetulan menjadi Imam Rowatib tersebut akhirnya tidak menyia-nyiakan tanah itu dengan menanaminya pohon kelapa. Kemudian setelah Bakar wafat dan seiring perkembangan zaman serta bergesernya nilai-nilai pada masa itu, Masjid Baiturrohman sekarang tidak lagi dipegang oleh Imam Rowatib.

Pertanyaan:
a.       Setelah tidak ada Imam Rowatib, siapakah yang berhak memiliki tanah tersebut dan kemanakah tashorruf hasil tanah tersebut?
b.      Siapakah yang berhak memiliki kelapa yang ditanam oleh Bakar  tadi ?.
c.       Bagaimanakah hukumnya Bakar menanam kelapa pada tanah tersebut ?
(PP. MIS Sarang Rembang)

Catatan :
Yang dimaksud penanya Imam rowatib di sini adalah Imam rotib sholat fardlu.

Jawaban a :
Di tasarrufkan ke Imam masjid lain atau Nadhir masjid tesebut menyewa orang untuk menjadi Imam rotib

Catatan :
Kalau ada imam rotib lagi maka di tasarrufkan kembali kepadanya.

Referensi : 1. Fatawa Kubro  Juz III  Hal. 226
                          2. Fathu Al-Ilahi Al-Mannan  Hal. 165 – 167

1-وفى الفتاوى الكبرى للشيخ ابن حجر الهيتمى ما نصه :
{وسئل} عما اذا أشغرت وظيفة نحو التدريس أو الإمامة فهل تصرف غلتها لنظيره فى أقرب مكان {فأجاب} بقوله سئل الأصبحى عن أرض وقفت على أن تصرف غلتها لمعلم القرآن بمحل كذا فلم يوجد من يتعلم فأجاب بأنه لايستحق شيئا الا بالتعليم ولايجوز نقله لقرية أخرى على رأى المتقدمين ورأي النتأخرين جواز ذلك إهـ قال غيره والفتوى والعمل على الثانى وظاهره أنه لافرق بين الأقرب والأبعد لكن الأقرب أولى كما ذكروه .

2-وفى فتح الإله المنان للشيخ السيد سعيد بن سالم باغيسان ما نصه :
سئل {نفع الله به} : عمن وقف أرضا أو نخلا على قراءة يس وتبارك الملك فى كل اثنين وجمعة ويهدى له ثواب ذلك ولمن يقرأ ما يتحصل من ثمرة ذلك الموقوف ولم يزل العمل جاريا على ذلك مع وجود الراغبين فى تلك القراءة ثم انه فى الزمن الحاضر استنكف الناس عن ذلك ولم يوجد راغب فيه وصارت القراءة معطلة فهل يجوز للناظر على ذلك او الحاكم تقرير فيما يتحصل من الثمر للقائم الراغب فى القراءة بأجرة المثل ، ويقرر لكل قراءة فى الأسبوع بأجرة معينة بقدر الحاصل من الثمر ، ولو أشهر من السنة أم كيف يكون الحكم شرعا بينوا لنا ؟  
{فأجاب بقوله} : الحمد لله ، الجواب ومنه نستمد الهداية والتوفيق للصواب ، اذا لم يرغب أحد فى القراءة المقررة بحسب شرط الواقف بالثمرة الحاصلة من المال الموقوف لذلك ، اما لقلتها او لرغبة عنها ، جاز للناظر على ذلك تقرير الأجرة دراهم ، وبيع الثمرة من ثمنها ما يفيء بالقراءة المعينة ، ولو بعض أشهر فى السنة مراعة لفرض الواقف ما أمكن فقد صرحوا بأنه لايجوز الخروج عن شرط الواقف الا لضرورة وهذا منها لأن الواقف لايريد تعطيل وقفه وحرمانه من ثوابه ومتى وجد راغب فى القراءة بالثمرة المذكورة طول السنة على حسب شرط الواقف ردت له تلك الثمرة ، لأن الضرورة تقدر بقدرها .      

Jawaban b :
Yang memilikinya adalah orang yang memiliki biji kelapa tersebut dan bila pohon kelapa tersebut tidak dipotong maka orang setelahnya harus menyerahkan ongkos  tanah tersebut.
  
Referensi : 1. Majmu’  Juz X  Hal. 345

1-وفى المجموع للإمام زكريا محى الدين بن شرف النووى ما نصه :
وذكر القاضى فى فتاواه أنه لو مات الموقوف عليه وقد برزت ثمرة النخل فهي ملكه أو وقد حملت الموقوفة فالحمل له أو قد زرعت الأرض فالزرع لذى البذر فإن كان البذر له فهو لورثته ولمن بعده أجرة بقائه فى الأرض

Jawaban c :
Penanaman tersebut boleh, bila:
-     Tanah tersebut di Waqofkan untuk diambil hasinya (Istighlal).
-     Nadlirnya Bakar sendiri
-     Penanaman tersebut ada maslahah 
kalau tidak bertujuan Istighlal maka penanaman tersebut tidak boleh,  kecuali Waqif memperbolehkan di tanami atau memperbolehkan untuk di manfaatkan apa saja .
    
Referensi : 1. Ghoyatu Talkhisil Murod  Hal. 191
                   2. Fathul Ilahil Mannan  Hal. 156
                   3. Hamisy Syarwani Juz VI  Hal. 274

1-وفى غاية تلخيص المراد لابن زياد ما نصه :
وان كان الوقف للسكنى لم يجز تأجيره الا للعمارة وان كان لينتفع به الموقوف عليه مطلقا أو كيف شاء فلكل من الموقوف عليهم تأجير حصته وان كان للإستغلال بأن نص الواقف على أنه يؤجر وتقسم الأجرة على الموقوف عليهم فهذا التأجير لايجوز الا من الناظر على وفق الحظ والمصلحة .

2-وفى فتح الإله المنان للشيخ السيد سعيد بن سالم باغيسان ما نصه :
سئل {رحمه الله} عن بستان موقوف على خمسة أشخاص فأراد أحدهم عمارته بالغراسة لبعض أنواع الأشجار كالقرنفل والنارجيل برضا الآخرين على أن لهم نصف الأشجار وله النصف فهل يصح هذا أم لا ؟ {فأجاب} بقوله الحمد لله الجواب والله الموفق للصواب اذا كان النظر لهم ورأوا المصلحة فى ذلك صح ذلك والا فلا فإن الذى يتولى إمارة الوقف وتأجيره هو الناظر لا الموقوف عليه الا ان كان النظر له كما نصوا عليه .  

3-وفى هامش الشروانى  للشيخ عبد الحميد الشرونى والإمام المحقق الشيخ احمد بن
قاسم العبادى ما نصه :
ولو وقف أرضا غير مغروسة على معين لم يجز له غرسها الا ان نص الواقف عليه او شرط له جميع الإنتفاعات كما رجحه السبكى وكذا البناء ولا يبنى ما كان مغروسا وعكسه والضابط أن كل ما غير الوقف بالكليات عن اسمه الذى كان عليه حال الوقف امتنع والا فلا .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا