Langsung ke konten utama

Mencetakkan al-Qur`an/kitab salaf Kepada Orang Kafir



 Mencetakkan al-Qur`an/kitab salaf Kepada Orang Kafir
Pertanyaan:
Bagaimana hukumnya orang Islam mencetakkan al-Qur`an atau kitab-kitab salaf kepada orang kafir?
Jawaban:
Hukum mencetakkan al-Qur`an kepada orang kafir Tidak boleh (Haram). Demikian juga mencetakkan kitab-kitab salaf, apabila isinya memuat cerita-cerita ulama salaf, nama-nama nabi atau nama-nama Alloh swt.
Apabila kitab-kitab tersebut tidak memuat cerita-cerita atau nama-nama tersebut di atas, maka ulama berbeda pendapat menurut qoul mu’tamad Boleh.
Pengambilan ibarat:
1.       Nihayatul Muhtaj, juz III, hal. 389
2.       As-Syarwani, juz IV, hal. 230-231
3.       Asnal Matholib, juz II, hal. 6-7
4.       Al-Qolyubi, juz I, hal. 36
وفى نهاية المحتاج، ج 3 ص 389، مانصه:
ومثل القران الحديث ولو ضعيفا فيما يظهر اذ هو اولى من الاثار الاتية وكتب العلم التى بها اثر السلف بتعريضها للامتهان بخلاف ما اذا خلت عن الاثار وان تعلقت بالشرع ككتب نحو ولغة خلافا لبعضهم، ويمنع الكافر من وضع يده على المصحف لتجليده كما قاله ابن عبد السلام وان رجى اسلامه بخلاف تمكينه من القراءة لما فى تمكينه من الاستيلاء عليه من الاهانة. (قوله لتجليده) ظاهره وان احتيج للتجليد وانحصر فى الكافر وهو ظاهر لان غاية ما يترتب على عدم تمكينه منه نقصان ورقه او تلفه ولم ينظرواله فى غير هذه الصورة.
(قوله بخلاف تمكينه من القراءة) اى اذا رجى اسلامه بان فهم ذلك بحاله. اما اذا لم يرج سلامه فانه يمنع منها والمخاطب بالمنع الحاكم لا الآحد لما فيه من الفتنة. اهـ
وفى الشروانى، ج 4 ص 230-231، مانصه:
وبحث ان كل علم شرعى او الة له كذلك (قوله وبحث الخ) المعتمد خلافه م ر اهـ سم، عبارة النهاية بخلاف ما اذا خلت كتب العلم عن الاثار وان تعلقت بالشرع ككتب نحو ولغة خلافا لبعضهم. اهـ قال الرشيدى قوله م ر ككتب نحو الخ اى وفقه كما فى شرح الروض وقال ع ش قوله م ر ككتب نحو الخ اى اذا خلت عن بسم الله كما هو ظاهر -إلى أن قال- ولو نسخ الكافر مصحفا او شيئا مما ذكر من كتب حديث امر بازالة الملك عنه. اهـ (قوله اثر السلف) اى كالحكايات المأثورة عن الصالحين وفى سم على حج ولايبعد ان اسماء اللانبياء سيما نبينا كالاثار. اهـ-إلى أن قال- وينبغى ان مثل ذلك اسماء صلحاء المؤمنين حيث وجدما يعين المراد بها كأبى بكر بن ابى قحافة ويؤخذ من هذا بالاولى انه يحرم على المسلم اذ استفتاه ذمى ان يكتب له فى السؤال والجواب لفظ الجلالة فتنبه له فانه يقع كثيرا الخطاء فيه. اهـ
وفى أسنى المطالب، 2 ص 6-7، مانصه:
 قال بعضهم اى السبكى والصواب انه لا يجوز ايداع المصحف عنده اى الكافر، قلت وكذا كتب العلم لانه لايؤمن من افسادها والاعارة مثله وقد افتى الشيخ عز الدين بمنع دفع المصحف الى من يجلده وقال لا يدفع المصحف والتفاسير وكتب الحديث الى كافر لا يرجى اسلامه وينكر على فاعله. اهـ
وفى القليوبى، ج ا ص 360، مانصه:
ويحرم السفر بالمصحف الى بلاد الكفار ان خيف وقوعه فى أيديهم.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan