Langsung ke konten utama

Penentuan Nasab Anak Kedua Orang Tuanya



Penentuan Nasab Anak Kedua Orang Tuanya
Diskripsi masalah:
Sudah kita maklumi, bahwa penentuan nasab itu disandarkan sedikitnya 6 bulan lebih terhitung dari pernikahan. Namun kadang-kadang timbul keraguan akibat terpengaruh oleh dokter. Misalnya: seseorang menikahi pelacur, baru berjalan 7 bulan dari pernikahan sudah melahirkan. Dan menurut dokter dia sudah hamil sbelum nikah. Atau baru berjalan 5 bulan dari pernikahan, sudah melahirkan. Namun menurut dokter umur bayi tersebut memang baru 5 bulan.
Pertanyaan:
Intisab kemanakah bayi tersebut dalam contoh di atas?
Jawaban:
Dalam contoh pertama, bayi tersebut intisab kepada suami dhohiron, apabila:
a.       Bayi tersebut lahir setelah 6 bulan lebih, terhitung dari waktu yang memungkinkan suami-istri tersebut bersetubuh setelah aqad pernikahan.
b.      Sang suami tidak li’an *)
Dalam contoh yang kedua ditafsil juga:
a.       Apabila bayi itu lahir dengan sempurna (tidak keguguran) maka tidak dapat intisab kepada suami, kecuali bila suami mengaku bahwa bayi itu anaknya dan sebelumnya suami pernah mengawini atau mungkin pernah mewathi syubhat pelacur tersebut.
b.      Apabila bayi itu lahir naqis (keguguran) maka bayi itu intisab kepada suami.
Pengambilan ibarat:
1.       Bughyatul Mustarsyidin, hal. 236
2.       Anwarul Masalik, hal. 245
3.       Al-Fiqhul Islami, juz VII, hal. 682
4.       Hamisy as-Syarwani, juz VIII, hal. 214
وفى بغية المسترشدين، ص 236، مانصه:
(مسئلة ى س) نكح حاملا من الزنا فولدت كاملا كان له أربعة أحوال امّا منتف عن الزوج ظاهرا وباطنا من غير ملاعنة وهو المولود لدون ستة اشهر من امكان الاجتماع بعد العقد او لاكثر من اربع سنين من آخر امكان الاجتماع واما لاحق به وتثبت له الاحكام ارثا وغيره ظاهرا ويلزمه نفيه بان ولدته لاكثر من الستة واقل من الاربع السنين وعلم الزوج او غلب على ظنه انه ليس منه بان لم يطأ بعد العقد ولم تستدخل ماؤه او ولدت لدون ستة اشهر او لاكثر من اربع سنين منه او لاكثر من ستة اشهر بعد استبرائه لها بحيضة وثم قرينة بزناها ويأثم حينئذ بترك النفى بل هو كبيرة وورد ان تركه كفر. وأما لاحق له ظاهرا ايضا لكن لايلزمه نفيه اذا ظن انه ليس منه بلا غلبة بان استبرأها بعد الوطئ وولدت به لآكثر من ستة اشهر بعده وثم ريبة بزناها اذ الاستبراء امارة ظاهرة على انه ليس منه لكن يندب تركه لان الحامل قد تحيض. هـ
وفى أنوار المسالك، ص 245، مانصه:
(ومن اتت زوجته بولد لحقه نسبه ان امكن ان يكون منه بأن تأتى به بعد ستة اشهر ولحظة من حين العقد ودون أربع سنين) اى اقل منها و تحسب المدة (من حين امكان الاجتماع معها اذا أمكن وطؤها ولو على بعد وان لم يعلم انه وطئ) باقراره مثلا (بخلاف ما سبق فى امته) حيث اشترطنا فيها الاقرار بالوطء واللحوق مقيد (بشرط ان يكون للزوج تسع سنين ونصف ولحظة تسع الوطء) -إلى أن قال- وتحقق الزوج ان الولد الذى الحقه الشرع به) نظرا الى الامكان وهو قاطع انه (ليس منه بان علم انه لم يطأها ابدا لزمه نفيه باللعان) ثم ان علم زناها او ظنه ظنا مؤكدا قذفها ولاعن لنفيه وجوبا فيهما والا اقتصر على النفى باللعان لجواز كونه من شبهة (وان لم يتحقق انه من غيره حرم عليه نفيه وقذفها) لانه لاحق بفراشه ولا عبرة بما يجده فى نفسه. اهـ
وفى الفقه الاسلامى، ج 7 ص 682، مانصه:
اتفق الفقهاء على ان الولد تأتى به المرأة المتزوجة زواجا صحيحا ينسب الى زوجها للحديث المتقدم الولد للفراش. والمراد بالفراش المرأة التى يستفرشها الرجل ويستمتع بها وذلك بالشروط الاتية -إلى أن قال- الشرط الثانى ان يلد بعد ستة اشهر من وقت الزواج فى رأى الحنيفية ومن امكان الوطء فى رأى الجمهور فان ولد لاقل من الحد الادنى لمدة الحمل وهى ستة اشهر لايثبت نسبه من الزواج إتفاقا وكان دليلا على ان الحمل به حدث قبل الزواج الا إذا ادعاه الزوج ويحمل ادعاؤه على ان المراد حملت به قبل العقد عليها اما بناء على عقد اخر واما بناء على عقد فاسد او وطئ بشبهة مراعاة لمصلحة الولد وسترا للاعراض بقدر الامكان. اهـ
وفى حواش الشروانى، ج 8 ص 214، مانصه:
(ولو اتت) او حملت (بولد علم انه ليس منه) او ظنه ظنا مؤكدا او امكن كونه منه ظاهرا لما سيذكره (لزمه نفيه) -إلى أن قال- (وانما يعلم) انه ليس منه (اذا لم يطأ) فى القبل ولا استدخلت ماؤه المحترم ولكن ولدته لدون ستة اشهر) من الوطء ولو لاكثر منها من العقد (او فوق اربع سنين) من الوطء للعلم حينئذ بانه من ماء غيره (قوله ولكن ولدته لدون ستة اشهر) لعل هذا فىالولد التام كما يعلم مما تقدم من الطلاق والرجعة. اهـ
*) Catatan Mushohhih:
Apabila suami yakin atau menyangka dengan kuat, bahwa bayi tersebut tidak dari dirinya, maka dia wajib li’an. Sebagaimana yang diterangkan dalam Anwarul Masalik di atas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا