Langsung ke konten utama

Infus Bagi Orang Yang Berpuasa


Infus Bagi Orang Yang Berpuasa
Menurut ilmu kedokteran, INFUS adalah memasukkan cairan ke dalam tubuh dengan jarum infuse melalui pembuluh darah balik (vena) kemudian ke jantung dan dipompa sehingga menyebar ke seluruh jaringan / sel-sel tubuh.
 Dalam anatomi tubuh, di dalam usus besar terdapat banyak jaringan pembuluh
darah yang menyerap sari-sari makanan, kemudian dikirim ke jantung untuk disebarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri.Kemudian darah yang sudah tidak membawa sari makanan kembali lagi ke jantung melalui pembuluh darah balik (vena). Melihat keadaan tersebut, berarti ada hubungan langsung antara usus besar dengan pembuluh darah. Di dalam Kitab al-Bajuri I / 291 dijelaskan bahwa, yang membatalkan puasa bukan hanya masuknya sesuatu melalui lubang tubuh yang terbuka permanen (
المنفتح اصالة), tapi juga yang melalui lubang tubuh yang terbuka insidentil ( المنفتح عرضا), seperti kantong otak yang terluka. Di dalam kitab tersebut juga disebutkan bahwa, istilah جوف bukan hanya untuk rongga tubuh yang mempunyai kekuatan merubah makanan (قوةإحالة الغذاء والدواء), tapi jalan yang menuju ke rongga tersebut (طريقا للذي يحيل الغذاء) juga termasuk جوف , seperti kantong kencing (مثانة), kantong otak (خريطة الدماغ). Benda apapun yang masuk ke rongga tersebut melalui luka / tusukan yang disengaja dapat membatalkan puasa.
Pertanyaan
1.       Dapatkah pembuluh darah yang dimasuki jarum infus dimasukkan dalam kriteria جوف , mengingat berhubungan erat dengan usus besar, sehingga apakah bisa dikatakan طريقا للذي يحيل الغذاء dan apabila ditusuk dengan jarum apakah juga termasuk  المنفتح عرضا ? sebagai perbandingan, saluran kencing atau susu saja dimasukkan kriteria jauf .
2.       Apabila tidak, mohon dijelaskan ! apabila ya, berarti orang puasa yang diinfus puasanya batal. Kenyataannya melalui jarum infus orang menghabiskan beberapa liter cairan. Jadi apabila pembuluh darah sekedar disamakan dengan pori-pori (  الْمسام ) mungkin kurang bisa diterima ?
Jawaban :
1.       Tidak dapat dimasukkan dalam kriteria jauf ?
2.       Pembuluh darah tidak dapat dikategorikan lubang tembus ( منفذ ) yang menuju jauf karena masuknya sesuatu ke dalam tubuh yang dapat membatalkan puasa apabila masuk melalui lubang tembus baik melalui lubang tubuh yang terbuka permanen ataupun yang terbuka insidentil. Oleh karena itu masuknya cairan melalui pembuluh darah dapat disamakan dengan masuk melalui pori-pori tubuh karena keduanya bukan merupakan manfadz sehingga tidak membatalkan puasa.
Referensi
Hasyiah al-Bajuri juz 1 hal 291
 Fathu al-Wahhab juz 1 hal 208
Yasalunak fi al-Din wa al-Hayah juz 1 hal 140
Syarwani juz 3 hal 403
 Hawasyi al-Madinah juz 2 hal 176
حاشية الباجوري جزء ١ صحيفة 291 دار إحياء العربية
وثَانِيهَا مَا وَصَلَ عَمْدًا اِلى الْجَوْفِ الْمُنْفَتِحِ أوْ غَيْرِ المنفْتِحِ كَالْوُصُولِ مِنْ مَأْمُوْمَةٍ اِلىَ الرَّأْسِ. (قوله الى الجوف المنفتح) أيْ اَصَالَةً انْفِتَاحًا ظَاهِرًا مَحْسُوْسًا فَلاَ يَضُرُّ وُصُولُ الْكَحْلِ مِنَ الْعَيْنِ أوِ الدَّهْنِ أوْ مَاءِ الاِغْتِسَالِ وَاِنْ وُجِدَ لَهُ اَثَرًا بِبَاطِنِهِ بِتَشَرُّبِ الْمَسَامِّ وهِيَ ثَقْبُ الْجَسَدِ جَمْعَ سَمٍّ بِتَثْلِيْثِ السِّيْنِ وَالْفَتْحُ اَفْصَحُ لاَنَّ ذَلكَ لَيْسَ مِنْ مَنْفَذٍ مَفْتوحٍ انْفِتَاحًا ظَاهِرًا مَحْسُوسًا لانَّ انْفِتَاحَ الْمَسَامَّ لاَ يَحَسُّ َوقَوْلُهُ غير المنفتح أيْ اَصَالَةٌ فَلاَ يُنَافِى أنَّهُ مُنْفَتِحٌ عَرْضًا بِوَاسِطَةِ جَرْحٍ وَلِذَلِكَ جَعَلُوْا الْمُنْفتحَ قَيِّدًا لِيَخْرُجَ مَا وَصَلَ مِنَ الْمَسَامِّ وَيَدُلُّ عَلَى كَوْنِ اْلمُرَادِ ذَلكَ قَوْلُهُ كَالْوُصُوْلِ مِنْ مَأمُوْمَةٍ اِلى الرَّأسِ فاِنَّ المأمُوْمَةَ بِالْهَمْزِ جَرْحٌ يَصِلُ اِلىَ خَرِيْطَةِ الدِّمَاغِ فَقَدْ صَدَقَ عَلىَ ذَلِكَ أنَّهُ مُنْفَتِحٌ عَرْضًا -الى ان قال-(قوله الى ما يسمى جوفا) أي وانْ لَمْ يَكُنْ فِيهِ قُوَّةُ اِحَالَةِ الْغِدَاءِ والدَّوَاءِ كَحَلْقٍ وَدِمَاغٍ وَبَاطِنِ اُذُنٍ وَبطْنٍ وَاِحْلِيْلٍ وَمَثَانَةٍ بِمُثَلَّثَةٍ وَهِيَ مَجْمَعُ الْبَوْلِ لَكِنْ لاَ بُدَّ انْ يَكُوْنَ شَأنُهُ أنْ يُحِيْلَ ذَلكَ أوْ طَرِيقًا لِلَّذِي يحيلُهُ بِخِلاَفِ نَحْوِ دَاخِلِ وَرَكٍ وَفَخْذٍ

فتح الوهاب (1/  208) مكتبة الشاملة
( وَ ) تَرْكُ ( وُصُولِ عَيْنٍ ) لاَ رِيْحَ وَلاَ طَعْمَ مِنْ ظاَهِرٍ ( وَمِنْ مَنْفَذٍ مَفْتوْحِ جَوْفِ مَنْ مَرَّ ) أيْ غَيْرِ جَاهِلٍ مَعْذُوْرٍ ذَاكِرًا مُخْتَارًا وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فيِ الْجَوْفِ قُوَّةٌ تُحِيلُ الْغِداءَ أوِ الدَّوَاءَ كَحَلْقٍ وَدِِمَاغٍ بَاطِنِ أُذُنٍ وَإحْلِيْلٍ وَبطْنٍ وَمَثَانَةٍ بِمُثَلَّثَةٍ وَهِيَ مَجْمَعُ البَوْلِ وَقَوْلِي مَنْ مَرَّ مِنْ زِيَادَتِي عَلى الأصْلِ ( فَلاَ يَضُرُّ وُصُوْلُ دَهْنٍ أوْ كَحْلٍ بِتَشَرُّبِ مَسَامٍّ ) جَوْفَهُ كَمَا لاَ يَضُرُّ اغْتِساَلُهُ بِالْمَاءِ وَإنْ وُجِدَ لَهُ أثَرًا بِبَاطِنِهِ بِجَامِعِ أنَّ الْوَاصِلَ إلَيْهِ لَيْسَ مِنْ مَنْفَذٍ وَإِنَّمَا هُوَ مِنَ الْمَسَامِّ جَمْعُ سَمٍّ بِتَثْلِيْثِ السِّيْنِ وَالْفَتْحُ أفْصَحُ
  يسألونك في الدين والحياة 1 ص 140
السؤل: هَلْ يَجُوْزُ حَقْنُ الْمَرِيْضِ الصَّائِمِ ؟
وَهَلْ يَجوزُ الاِعْتِمَادُ عَلىَ التَّقْوِيْمِ فِى تَجْدِيْدِ مَوَاعِيْدِ الصِّيَامِ مِثْل اوَّلِ رَمَضَانَ وَعِيدِ الْفِطْرِ لأنَّنَا نَعْتَمِدُ فِى حَيَاتِنَا الْيَوْمِيَّةِ عَلى هَذا التَّقويمِ ؟
. الجواب: يُبَاحُ لِلصَّائِمِ أخْذُ الْحَقْنِ أثْنَاءَ صَوْمِهِ لاَ يُفْسِدُ الصَّوْمَ بِذَلِكَ سَوَاءٌ أكَانَتِ الْحَقْنَةُ تَحْتَ الْجِلْدِ أوْ فِى الْوَصَلاَتِ أوْ فِى سَائِرِ الْجِسْمِ وَسَوَاءٌ أَكَانَتْ لِلتَّدَاوِي أوْ لِلتَّخْذيرِ وَفِى أيِّ مَوْضِعٍ مِنَ الْبَدَنِ فَالْحَقْنُ بِجَمِيْعِ اَنْوَاعِهِ لاَ تُفْطِرُ وَقَدْ نَصَّ فُقَهَاءُ الْحَنَفِيةِ عَلىَ انَّ مَا يَدْخُلُ الْجِسْمَ اذاَ لَمْ يَصِلْ الىَ الْجِسْمِ أوِ الدِّمَاغِ أوْ وَصَلَ الىَ اَحَدِهِمَا عَنْ طَرِيْقِ الْمَسَامِّ لاَ يُفْطِرُ الصَّائِمَ وَقَدْ أَفْتَتْ بِذلكَ لَجْنَةُ الْفَتْوَى فِى الأزْهَرِ الشَّرِيفِ سَنَةً 1948. وَقَالَ فِى فَتْواَهَا اِنَّ مَا وَصَلَ اِلىَ الْجَوْفِ مِنْ غَيْرِ الْمَنَافِذِ الطَّبِيْعِيَّةِ لاَ يُفْطِرُ لأنَّهُ أرْفَقُ بالنَّاسِ وَعَلَيْهِ لاَ يُفْطِرُ الصَّائِمَ بِالْحَقْنِ الْمَعْرُوفَةِ اْلآنَ بِجَمِيْعِ اَنْوَاعِهَا سَوَاءٌ أَكَانَتْ لِلدَّوَاءِ أوِ الْفِدَاءِ يَصِلُ بِهَا اِلىَ الْجَوْفِ امْ لاَ، اِمَّا اذَا لَمْ يَصِلْ فَاْلأَمْرُ ظَاهِرٌ وَاِنْ وَصَلَ فَاِنَّمَا يَصِلُ مِنْ مَنْفَذٍ عَارِضٍ خَلْقِيٍّ

  شرواني 3 ص 403
وَشَرْطُهُ الْوَاصِلُ كَوْنهُ فِى مَنْفَدٍ مَفتُوحٍ فَلاَ يَضُرُّ وُصُولُ الدَّهْنِ بتَشَرُّبِ الْمَسَامِّ وَهِيَ ثَقْبٌ لَطِيْفَةٌ جِدًّا لاَ تُدْرَكُ كَمَا لَوْطُلِيَ رَأْسُهُ اوْ بَطْنُهُ بِهِ وَاِنْ وُجِدَ أَثَرُهُ بِبَاطِنِهِ كَمَا لَوْ وُجِدَ أثَرُ مَا اغْتَسَلَ بِهِ وَلاَ اْلاِكْتِحَالُ وَاِنْ وُجِدَ لَوْنُهُ فِى نَحْوِ نُحَامَةٍ وَطَعْمُهُ بِحَلْقِهِ اِذْ لاَ مَنْفَذَ مِنْ عَيْنِهِ لِحَلْقِهِ فَهُوَ كَالْوَاصِلِ مِنَ الْمَسَامِّ

  حواشى المدانية، 2، ص 176
وَلاَ يَضُرُّ بِتَشَرُّبِ الْمَسَامِّ بِالدَّهْنِ وَالْكَحْلِ وَالاِغْتِسَالِ فَلاَ يَفْطُرُ بِذلِكَ وَاِنْ وَصَلَ جَوْفَهُ لأَنَّهُ لَمَّا لَمْ يَصِلْ مِنْ مَنْفَذٍ مَفتُوحٍ كَانَ فِى حِيزِ الْعَفْوِ


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا