Infus Bagi Orang Yang Berpuasa
Menurut ilmu kedokteran, INFUS adalah
memasukkan cairan ke dalam tubuh dengan jarum infuse melalui pembuluh darah
balik (vena) kemudian ke jantung dan dipompa sehingga menyebar ke
seluruh jaringan / sel-sel tubuh.
Dalam anatomi tubuh, di dalam usus besar
terdapat banyak jaringan pembuluh
darah yang menyerap sari-sari makanan, kemudian dikirim ke jantung untuk disebarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri.Kemudian darah yang sudah tidak membawa sari makanan kembali lagi ke jantung melalui pembuluh darah balik (vena). Melihat keadaan tersebut, berarti ada hubungan langsung antara usus besar dengan pembuluh darah. Di dalam Kitab al-Bajuri I / 291 dijelaskan bahwa, yang membatalkan puasa bukan hanya masuknya sesuatu melalui lubang tubuh yang terbuka permanen (المنفتح اصالة), tapi juga yang melalui lubang tubuh yang terbuka insidentil ( المنفتح عرضا), seperti kantong otak yang terluka. Di dalam kitab tersebut juga disebutkan bahwa, istilah جوف bukan hanya untuk rongga tubuh yang mempunyai kekuatan merubah makanan (قوةإحالة الغذاء والدواء), tapi jalan yang menuju ke rongga tersebut (طريقا للذي يحيل الغذاء) juga termasuk جوف , seperti kantong kencing (مثانة), kantong otak (خريطة الدماغ). Benda apapun yang masuk ke rongga tersebut melalui luka / tusukan yang disengaja dapat membatalkan puasa.
darah yang menyerap sari-sari makanan, kemudian dikirim ke jantung untuk disebarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri.Kemudian darah yang sudah tidak membawa sari makanan kembali lagi ke jantung melalui pembuluh darah balik (vena). Melihat keadaan tersebut, berarti ada hubungan langsung antara usus besar dengan pembuluh darah. Di dalam Kitab al-Bajuri I / 291 dijelaskan bahwa, yang membatalkan puasa bukan hanya masuknya sesuatu melalui lubang tubuh yang terbuka permanen (المنفتح اصالة), tapi juga yang melalui lubang tubuh yang terbuka insidentil ( المنفتح عرضا), seperti kantong otak yang terluka. Di dalam kitab tersebut juga disebutkan bahwa, istilah جوف bukan hanya untuk rongga tubuh yang mempunyai kekuatan merubah makanan (قوةإحالة الغذاء والدواء), tapi jalan yang menuju ke rongga tersebut (طريقا للذي يحيل الغذاء) juga termasuk جوف , seperti kantong kencing (مثانة), kantong otak (خريطة الدماغ). Benda apapun yang masuk ke rongga tersebut melalui luka / tusukan yang disengaja dapat membatalkan puasa.
Pertanyaan
1. Dapatkah pembuluh darah yang dimasuki jarum infus dimasukkan
dalam kriteria جوف , mengingat berhubungan erat dengan usus
besar, sehingga apakah bisa dikatakan طريقا للذي يحيل الغذاء dan apabila ditusuk dengan jarum apakah juga termasuk المنفتح عرضا ?
sebagai perbandingan, saluran kencing atau susu saja dimasukkan kriteria jauf .
2. Apabila tidak, mohon dijelaskan ! apabila ya, berarti orang
puasa yang diinfus puasanya batal. Kenyataannya melalui jarum infus orang
menghabiskan beberapa liter cairan. Jadi apabila pembuluh darah sekedar
disamakan dengan pori-pori ( الْمسام ) mungkin kurang bisa diterima ?
Jawaban :
1. Tidak dapat dimasukkan dalam kriteria jauf ?
2. Pembuluh darah tidak dapat dikategorikan lubang tembus ( منفذ ) yang
menuju jauf karena masuknya sesuatu ke dalam tubuh yang dapat membatalkan puasa
apabila masuk melalui lubang tembus baik melalui lubang tubuh yang terbuka
permanen ataupun yang terbuka insidentil. Oleh karena itu masuknya cairan
melalui pembuluh darah dapat disamakan dengan masuk melalui pori-pori tubuh
karena keduanya bukan merupakan manfadz sehingga tidak membatalkan puasa.
Referensi
Hasyiah al-Bajuri juz 1 hal 291
Fathu al-Wahhab juz 1 hal 208
Yasalunak fi al-Din wa al-Hayah juz 1 hal 140
Syarwani juz 3 hal 403
Hawasyi al-Madinah juz 2 hal 176
حاشية الباجوري جزء ١ صحيفة 291 دار إحياء العربية
وثَانِيهَا مَا وَصَلَ
عَمْدًا اِلى الْجَوْفِ الْمُنْفَتِحِ أوْ غَيْرِ المنفْتِحِ كَالْوُصُولِ مِنْ مَأْمُوْمَةٍ
اِلىَ الرَّأْسِ. (قوله الى الجوف المنفتح) أيْ اَصَالَةً انْفِتَاحًا ظَاهِرًا مَحْسُوْسًا
فَلاَ يَضُرُّ وُصُولُ الْكَحْلِ مِنَ الْعَيْنِ أوِ الدَّهْنِ أوْ مَاءِ الاِغْتِسَالِ
وَاِنْ وُجِدَ لَهُ اَثَرًا بِبَاطِنِهِ بِتَشَرُّبِ الْمَسَامِّ وهِيَ ثَقْبُ الْجَسَدِ
جَمْعَ سَمٍّ بِتَثْلِيْثِ السِّيْنِ وَالْفَتْحُ اَفْصَحُ لاَنَّ ذَلكَ لَيْسَ مِنْ
مَنْفَذٍ مَفْتوحٍ انْفِتَاحًا ظَاهِرًا مَحْسُوسًا لانَّ انْفِتَاحَ الْمَسَامَّ
لاَ يَحَسُّ َوقَوْلُهُ غير المنفتح أيْ اَصَالَةٌ فَلاَ يُنَافِى أنَّهُ مُنْفَتِحٌ
عَرْضًا بِوَاسِطَةِ جَرْحٍ وَلِذَلِكَ جَعَلُوْا الْمُنْفتحَ قَيِّدًا لِيَخْرُجَ
مَا وَصَلَ مِنَ الْمَسَامِّ وَيَدُلُّ عَلَى كَوْنِ اْلمُرَادِ ذَلكَ قَوْلُهُ كَالْوُصُوْلِ
مِنْ مَأمُوْمَةٍ اِلى الرَّأسِ فاِنَّ المأمُوْمَةَ بِالْهَمْزِ جَرْحٌ يَصِلُ اِلىَ
خَرِيْطَةِ الدِّمَاغِ فَقَدْ صَدَقَ عَلىَ ذَلِكَ أنَّهُ مُنْفَتِحٌ عَرْضًا -الى
ان قال-(قوله الى ما يسمى جوفا) أي وانْ لَمْ يَكُنْ فِيهِ قُوَّةُ اِحَالَةِ
الْغِدَاءِ والدَّوَاءِ كَحَلْقٍ وَدِمَاغٍ وَبَاطِنِ اُذُنٍ وَبطْنٍ وَاِحْلِيْلٍ
وَمَثَانَةٍ بِمُثَلَّثَةٍ وَهِيَ مَجْمَعُ الْبَوْلِ لَكِنْ لاَ بُدَّ انْ
يَكُوْنَ شَأنُهُ أنْ يُحِيْلَ ذَلكَ أوْ طَرِيقًا لِلَّذِي يحيلُهُ بِخِلاَفِ
نَحْوِ دَاخِلِ وَرَكٍ وَفَخْذٍ
فتح الوهاب (1/ 208) مكتبة الشاملة
( وَ ) تَرْكُ ( وُصُولِ عَيْنٍ ) لاَ رِيْحَ وَلاَ طَعْمَ مِنْ ظاَهِرٍ
( وَمِنْ مَنْفَذٍ مَفْتوْحِ جَوْفِ مَنْ مَرَّ ) أيْ غَيْرِ جَاهِلٍ مَعْذُوْرٍ ذَاكِرًا
مُخْتَارًا وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فيِ الْجَوْفِ قُوَّةٌ تُحِيلُ الْغِداءَ أوِ الدَّوَاءَ
كَحَلْقٍ وَدِِمَاغٍ بَاطِنِ أُذُنٍ وَإحْلِيْلٍ وَبطْنٍ وَمَثَانَةٍ بِمُثَلَّثَةٍ
وَهِيَ مَجْمَعُ البَوْلِ وَقَوْلِي مَنْ مَرَّ مِنْ زِيَادَتِي عَلى الأصْلِ ( فَلاَ
يَضُرُّ وُصُوْلُ دَهْنٍ أوْ كَحْلٍ بِتَشَرُّبِ مَسَامٍّ ) جَوْفَهُ كَمَا لاَ يَضُرُّ
اغْتِساَلُهُ بِالْمَاءِ وَإنْ وُجِدَ لَهُ أثَرًا بِبَاطِنِهِ بِجَامِعِ أنَّ الْوَاصِلَ
إلَيْهِ لَيْسَ مِنْ مَنْفَذٍ وَإِنَّمَا هُوَ مِنَ الْمَسَامِّ جَمْعُ سَمٍّ بِتَثْلِيْثِ
السِّيْنِ وَالْفَتْحُ أفْصَحُ
يسألونك في الدين والحياة 1 ص 140
السؤل: هَلْ يَجُوْزُ
حَقْنُ الْمَرِيْضِ الصَّائِمِ ؟
وَهَلْ يَجوزُ
الاِعْتِمَادُ عَلىَ التَّقْوِيْمِ فِى تَجْدِيْدِ مَوَاعِيْدِ الصِّيَامِ مِثْل
اوَّلِ رَمَضَانَ وَعِيدِ الْفِطْرِ لأنَّنَا نَعْتَمِدُ فِى حَيَاتِنَا الْيَوْمِيَّةِ
عَلى هَذا التَّقويمِ ؟
. الجواب:
يُبَاحُ لِلصَّائِمِ أخْذُ الْحَقْنِ أثْنَاءَ صَوْمِهِ لاَ يُفْسِدُ الصَّوْمَ بِذَلِكَ
سَوَاءٌ أكَانَتِ الْحَقْنَةُ تَحْتَ الْجِلْدِ أوْ فِى الْوَصَلاَتِ أوْ فِى سَائِرِ
الْجِسْمِ وَسَوَاءٌ أَكَانَتْ لِلتَّدَاوِي أوْ لِلتَّخْذيرِ وَفِى أيِّ مَوْضِعٍ
مِنَ الْبَدَنِ فَالْحَقْنُ بِجَمِيْعِ اَنْوَاعِهِ لاَ تُفْطِرُ وَقَدْ نَصَّ فُقَهَاءُ
الْحَنَفِيةِ عَلىَ انَّ مَا يَدْخُلُ الْجِسْمَ اذاَ لَمْ يَصِلْ الىَ الْجِسْمِ
أوِ الدِّمَاغِ أوْ وَصَلَ الىَ اَحَدِهِمَا عَنْ طَرِيْقِ الْمَسَامِّ لاَ يُفْطِرُ
الصَّائِمَ وَقَدْ أَفْتَتْ بِذلكَ لَجْنَةُ الْفَتْوَى فِى الأزْهَرِ الشَّرِيفِ
سَنَةً 1948. وَقَالَ فِى فَتْواَهَا اِنَّ مَا وَصَلَ اِلىَ الْجَوْفِ مِنْ غَيْرِ
الْمَنَافِذِ الطَّبِيْعِيَّةِ لاَ يُفْطِرُ لأنَّهُ أرْفَقُ بالنَّاسِ وَعَلَيْهِ
لاَ يُفْطِرُ الصَّائِمَ بِالْحَقْنِ الْمَعْرُوفَةِ اْلآنَ بِجَمِيْعِ اَنْوَاعِهَا
سَوَاءٌ أَكَانَتْ لِلدَّوَاءِ أوِ الْفِدَاءِ يَصِلُ بِهَا اِلىَ الْجَوْفِ امْ
لاَ، اِمَّا اذَا لَمْ يَصِلْ فَاْلأَمْرُ ظَاهِرٌ وَاِنْ وَصَلَ فَاِنَّمَا يَصِلُ
مِنْ مَنْفَذٍ عَارِضٍ خَلْقِيٍّ
شرواني 3 ص 403
وَشَرْطُهُ الْوَاصِلُ
كَوْنهُ فِى مَنْفَدٍ مَفتُوحٍ فَلاَ يَضُرُّ وُصُولُ الدَّهْنِ بتَشَرُّبِ الْمَسَامِّ
وَهِيَ ثَقْبٌ لَطِيْفَةٌ جِدًّا لاَ تُدْرَكُ كَمَا لَوْطُلِيَ رَأْسُهُ اوْ بَطْنُهُ
بِهِ وَاِنْ وُجِدَ أَثَرُهُ بِبَاطِنِهِ كَمَا لَوْ وُجِدَ أثَرُ مَا اغْتَسَلَ بِهِ
وَلاَ اْلاِكْتِحَالُ وَاِنْ وُجِدَ لَوْنُهُ فِى نَحْوِ نُحَامَةٍ وَطَعْمُهُ بِحَلْقِهِ
اِذْ لاَ مَنْفَذَ مِنْ عَيْنِهِ لِحَلْقِهِ فَهُوَ كَالْوَاصِلِ مِنَ الْمَسَامِّ
حواشى المدانية، 2، ص 176
وَلاَ يَضُرُّ بِتَشَرُّبِ
الْمَسَامِّ بِالدَّهْنِ وَالْكَحْلِ وَالاِغْتِسَالِ فَلاَ يَفْطُرُ بِذلِكَ وَاِنْ
وَصَلَ جَوْفَهُ لأَنَّهُ لَمَّا لَمْ يَصِلْ مِنْ مَنْفَذٍ مَفتُوحٍ كَانَ فِى حِيزِ
الْعَفْوِ
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik