Langsung ke konten utama

Hasil Infaq Bangunan Masjid untuk Membuat WC/Pagar


 Hasil Infaq Bangunan Masjid untuk Membuat WC/Pagar
Diskripsi masalah:
Banyak sekali terjadi, surat yang diedarkan oleh panitia pembangunan masjid, dan atau kata-kata tersebut juga diucapkan oleh sang penarik infaq. Setelah terkumpul beberapa hasil infaq, baik berupa material maupun berupa uang, ternyata bukan hanya ditasharrufkan untuk pembangunan masjid saja, namun dipergunakan juga untuk memperbaiki/membuat pagar, WC dan lain sebagainya sebagai pelengkap masjid dimaksud.
Pertanyaan:
a.       Bisakah hasil infaq tersebut dianggap waqof masjid?
b.      Bolehkah penasharrufan tersebut?
c.       Bila tidak boleh, apakah yang harus dilakukan oleh panitia?
Jawaban:
a.       Hasil infaq tersebut bisa menjadi waqof masjid, dengan ketentuan sebagai berikut:
1.      Ada shighot waqof yang sah (mu’tabar)
2.      Berupa material
3.      Sudah ada bangunan masjid
Atau hasil infaq tersebut sudah diwujudkan berupa bangunan masjid, menurut pendapatnya syaikh Abu Muhammad.
b.      Penasharrufan tersebut diperbolehkan, asal tidak ada ketentuan dari munfiq (orang yang memberi infaq) atau qorinah (perkara yang menunjukkan) bahwa hasil infaq tersebut hanya untuk masjid.
Adapun jika ada keterlanjuran tasharruf (penggunaan) yang tidak sesuai dengan ketentuan dari munfiq atau qorinah di atas maka panitia wajib dloman (mengganti).
Pengambilan ibarat:
1.      Bughyatul Mustarsyidin, hal. 65, 175, 174 & 169
2.      Al-Qolyubi, juz III, hal. 108
3.      As-Syarqowi, juz II, hal. 115
4.      Nihayatuz Zain, hal. 268
5.      Al-Mizanul Kubro, juz II, hal. 98
6.      I’anatut Tholibin, juz III, hal. 162 & 161
7.      Sulaiman al-Jamal, juz III, hal. 590
وفى بغية المسترشدين، ص 65، مانصه:
(مسئلة ى) ليس للناظر العام وهو القاضى او الوالى النظر فى امر الاوقاف واموال المساجد مع وجود الناظر الخاص المتأهل فحينئذ فما يجمعه الناس ويبذلونه لعمارتها بنحو نذر اوهبة وصدقة مقبوضين بيد الناظر او وكيله كالساعى فى العمارة بإذن الناظر يملكه المسجد ويتولى الناظر العمارة بالهدم والبناء وشراء الالة والاستئجار -إلى أن قال- وعلى الناظر العمارة هذا إن جرت العادة او القرينة او الاذن بالصرف كذلك أيضا. اهـ
وفى القليوبى، ج 3 ص 108، مانصه:
عمارة المسجد هى البناء والترميم والتجصيص للاحكام والسلالم والسوارى والمكانس والبوارى للتظليل او لمنع صب الماء فيه لتدفعه لنحو شارع والمساحى واجرة القيم ومصالحه تشمل ذلك وماء لمؤذن وامام ودهن للسراج وقناديل لذلك والوقف مطلقا يحمل على المصالح ولا يجوز صرف شيء من الوقف ولو مطلقا فى تزويق ونقش ونحوهما بل الوقف على ذلك باطل -إلى أن قال- ولا يجوز صرف ما وقف لشيء من ذلك على غيره منه. اهـ
وفى الشرقاوى، ج 2 ص 115، مانصه:
ولو اعطاه دراهم وقال اشترلك بها عمامة او ادخل بها الحمام او نحو ذلك تعينت لذلك مراعة لغرض الدافع هذا ان أطلق او قصد ستر رأسه بالعمامة وتنظيفه بدخول الحمام لما رأى به من كشف الرأس وشعث بدنه ووسخه -إلى أن قال- فان لم يقصد ذلك بأن قال له على سبيل التبسط المعتاد فلا تتعين لذلك بل يملكها ويتصرف فيها كيف شاء. اهـ
وفى بغية المسترشدين، ص 175، مانصه:
اتلف العين الموقوفة شخص ضمنها واشترى الحاكم لا الناظر على المعتمد بدلها وانشاء وقفها بأحد الفاظه المعتبرة واما ما اشتراه الناظر من ريع الوقف او امره منها أو اخذه لجهة الوقف من الجدران الموقوفة يصير وقفا لجهته فلا يحتاج حينئذ الى اللفظ. اهـ
وفى بغية المسترشدين، ص 174، مانصه:
(مسئلة ب) وظيفة الولى فيما تولى فيه حفظه وتعهده والتصرف فيه بالغبطة والمصلحة وصرفها فى مصارفه. اهـ
وفى نهاية الزين، ص 268، مانصه:
(وهى) اى العين (باقية) لان الوقف شرع ليكون صدقة جارية -إلى أن قال- بخلاف المطعوم والمشموم والاثمان فلا يصح وقفها لان المطعوم انما ينتفع بأكله وسرعة المشموم المحصود بخلاف المزروع فيصح وقفه للشم لبقاء مدته وان لم يطل زمنه ولان الاثمان انما ينتفع بإخراجها. اهـ
وفى الميزان الكبرى، ج 2 ص 98، مانصه:
اتفق الائمة ان الوقف قربة جائزة وعلى ان مالا يصح الانتفاع به الا بإتلاف عينه كالذهب والفضة والمأكول لايصح وقفه. اهـ

وفى إعانة الطالبين، ج 3 ص 162، مانصه:
(وامكان تمليك) للموقوف عليه العين الموقوفة ان وقف على معين واحد او جمع بان يوجد خارجا متأهلا للملك فلا يصح الوقف على معدوم كعلى مسجد سيبنى. (قوله بأن يوجد الخ) تصوير لامكان التمليك اى انه مصور بوجود المووقوف عليه حال الوقف خارجا متأهلا للملك (قوله فلا يصح الوقف على معدوم) أى لعدم وجوده خارجا حال الوقف فهو لايمكن تمليكه (قوله كعلى مسجد سيبنى) اى كأن يقول وقفت هذا على مسجد وهو معدوم.
وفى بغية المسترشدين، ص 169، مانصه:
ولو قال تصدقت بكذا على مسجد كذا ولم يكن بعده صدقة محبوسة او مسبلة او موقوفة ولاتباع او محرمة ونحوها كان كناية فى الوقف فان علمت نيته اى فذاك والا فتمليك محض للمسجد فيجوز بيعه والمبادلة بشرطه بل قد يجب نحو البيع ان خيف إستيلاء ظالم عليه ويصرف ما اشتراه او استبدله مصرف الاول. اهـ
وفى سليمان الجمل، ج 3 ص 590، مانصه:
(ولا يباع موقوف وان خرب) كشجرة جفت ومسجد انهدم وتعذرت اعادته وحصره الموقوفة البالية وجذوعه المنكسرة ادامة للوقف (قوله وحصره الموقوفة) اى بان صرح بوقفها لفظا ولا يكفى الشراء لجهته وحينئذ فالموجود الان بالمساجد يباع عند الحاجة لانهم لايصرحون فيه بوقفية. اهـ
وفى إعانة الطالبين، ج 3 ص 161، مانصه:
قال الشيخ أبو محمد: وكذا لو أخذ من الناس شيئا ليبنى به زاوية او رباطا فيصير كذلك بمجرد بنائه وضعفه بعضهم ما قاله الشيخ.
(قوله فيصير كذلك) اى وقفا بمجرد بنائه (قوله وضعفه بعضهم) اى ضعف ماقاله الشيخ وفى التحفة واعترض ما قاله الشيخ بانه فرعه على طريقة ضعيفة. اهـ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا