Langsung ke konten utama

Memborong Pembuatan Sumur Bor



Memborong Pembuatan Sumur Bor
Diskripsi masalah:
Sudah lazim di masyarakat, membuat sumur bor dengan aqad sebagai berikut: Apabila berhasil biayanya Rp. 1.000.000,- dan bila tidak berhasil, maka biaya disesuaikan dengan upah kerja harian.

Pertanyaan:
a.       Bolehkah aqad semacam itu? Dan termasuk aqad apa?
b.      Kalau tidak boleh, bagaimana jalan keluarnya?
Jawaban:
a.       Akad semacam itu Tidak boleh (Tidak sah), karena digolongkan aqad ijaroh atau ju’alah yang fasidah, lantaran pada waktu aqad iwadl (ongkos) nya belum dianggap maklum.
b.      Jalan keluarnya adalah: syarat atau ta’liq tersebut tidak diucapkan di dalam aqad.
Pengambilan ibarat:
1.         Asnal Matholib, juz V, hal. 441
2.         As-Syarqowi, juz II, hal. 86
3.         Jamal alal-Manhaj, juz III, hal. 74
4.         At-Tuhfah, juz IV, hal. 296
5.         Al-Iqna’, juz II, hal. 71
وفى أسنى المطالب، ج 5 ص 472، مانصه:
(الرابع الجعل يشترط) وفى نسخة ويشترط (كونه معلوما كالاجرة) فى الاجارة (فلو كان مجهولا) كثوب (اوخمرا او مغصوبا فاجرة المثل) تجب لفساد العقد بجهل الجعل او بنجاسة عينه او بعدم القدرة على تسليمه كما فى الاجارة ووجه فساده بالجهل انه لاحاجة الى احتماله فيه كالاجارة بخلافه فى العمل والعامل ولانه لا يكاد احد يرغب فى العمل مع جهله بالجعل فلا يحصل مقصود العقد. اهـ (قوله كالاجرة) ولانه عقد جوز للحاجة ولا حاجة لجهالة العوض بخلاف العمل. اهـ
وفى الشرقاوى، ج 2 ص 86، مانصه:
(وشرط صحتها) اى الاجارة (العلم) اى علم العاقدين (بالمدة و الاجرة) فلا تصح مع الجهل بشيئ منهما للغرر (وان لا تشترط بعقد اخر) كما فى البيع اهـ (قوله وان لاتشترط بعقد) فى العبارة قلب والاصل وان يشترط بها اى فيها عقد اخر او المعنى وان تتعلق بعقد اخر على طريق كونه شرطا فيها كقوله اجرتك دارا سنة على ان تبيعنى كذا او تقرضنى كذا ولو قال وان لايشترط فيها عقد لكان اوضح وبعضهم حمله على ظاهره والمعنى وان لايشترط فى عقد اخر كبعتك كذا بشرط ان تؤجرنى كذا فيكون كل من البيع والاجارة باطلا.
وفى الجمل على المنهج، ج 3 ص 74، مانصه:
والثالث وهو الفاسد المفسد كالامور التى تنافى مقتضاه نحو عدم القبض والتصرف وما أشبه ذلك قال بعضهم الحاصل ان المفسد كل شرط مقصود لا يجيبه العقد وليس من مصالحه.
وفى التحفة، ج 4 ص 296، مانصه:
والحاصل ان كل شرط مناف لمقتضى العقد انما يبطل ان وقع فى صلب العقد او بعده وقبل لزومه لا ان تقدم عليه ولو فى مجلسه كما يأتى. اهـ
وفى الاقناع، ج 2 ص 71، مانصه:
وشرط فى الاجرة وهى الركن الرابع ما مر فى الثمن فيشترط كونها معلومة جنسا وقدرا وصفة الا ان تكون معينة فيكفى رؤيتها فلا تصح اجارة دار او دابة بعمارة او علف للجهل فى ذلك فان ذكر معلوما واذن له خارج العقد فى صرفه فى العمارة او العلف صحت ولا لسلخ الشاة بجلدها ولا لطحن البر مثلا ببعض دقيقه كثلثه للجهل بثخانة الجلد وبقدر الدقيق ولعدم القدرة على الاجرة حالا لارضاع باقيه للعلم بالاجرة والعمل المكترى له انما وقع فى ملك غير المكترى تبعا. اهـ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا