Langsung ke konten utama

bab muamalah Buruh Pada Non Muslim

  Buruh Pada Non Muslim  
Karena tuntutan ekonomi seseorang akan melakukan segala usaha yang bisa ia kerjakan, tidak perduli dengan siapa ia menjalin hubungan kerja yang penting bisa dibuat kebutuhan sehari-hari. Tidak jarang kita jumpai saudara muslim kita yang menjadi buruh kepada orang non muslim, konsekwensinya ia harus harus melakukan segala perintah majikannya, seperti mengantar ke gereja bahkan mengikuti perayaan natal atau lainnya yang semestinya ia inkari sesuai keyakinan agamanya.

²  Pertanyaan :
  1. Bagaimana hukum berburuh kepada non muslim?
  2. Bagaimana pula status hukum orang muslim yang demikian?

²  Jawaban a :
Makruh bila pekerjaannya bukan sesuatu yang diharamkan syara’ serta tidak mengandung unsur khidmah. Apabila pekerjaannya diharamkan syara’ atau mengandung unsur khidmah hukumnya khilaf:
-    Haram.
-    Jawaz ma’al karohah.

Menjadi Buruh Kepada Non Muslim
²  Hasyiyah Al-Bajuri : I/28
(قوله صحت إجارته) لكن تكره إجارة مسلم لكافر عينا أو ذمة ولا يمكن من استخدامه مطلقا لأنه لا يجوز خدمة المسلم للكافر أبدا ( الباجوري.  1 \ 28 )

                  ijarah (buruh) yang dilakukan orang islam kepada non muslim hukumnya makruh baik ijarah A'in atu ijarah dzimmah kalau tidak ada unsur Khidmah (melayani), sebab khidmah seorang muslim pada non muslim adalah haram (meski lewat jalur ijarah).

Dampak Positif Atau Negatif Transaksi
²  Bughyatul Mustarsyidin :126
كل معاملة كبيع وهبة ونذر وصدقة لشيء يستعمل في مباح وغيره فإن علم أو ظن أن آخذه يستعمله في مباح كأخذ الحرير لمن يحل له والعنب للأكل والعبد للخدمة والسلاح للجهاد الخ. --- إلى أن قال --- حلت هذه المعاملة وإن شك للبالغ --- إلى أن قال --- حرمت هذه المعاملة وإن شك ولا قرينة كرهت وتصح المعاملة في الثلاث الخ. اهـ. ( بغية المسترشدين . 126 )
               Setiap pekerjaan baik berupa jual beli, hibbah shadaqah atau nadzar untuk hal-hal yang diperbolehkan dan benar-benar tahu akan digunakan sebagaimana mestinya (untuk hal yang positif) maka boleh hukumnya, namun bila tahu akan digunakan untuk hal yang tidak benar maka tidak boleh, bila ragu (digunakan untuk hal positif atau negative) dan tidak terdapat tanda-tanda akan digunakan untuk kebaikan maka makruh hukumnya.

²  Jawaban b :
Berdosa, kemudian bila pekerjaan tersebut terdapat tanda-tanda yang bisa mengkafirkan seperti memakai pakaian yang mencerminkan kristenisasi maka hukumnya murtad.

Tendensi Mukaffir (Hal Yang Dapat Menjadikan Kufur)
²  Bughyatul Mustarsyidin : 297
ومنها أن المسلم إذا صدر منه مكفر لا يعرف معناه أو يعرفه ودلت القرائن على عدم إرادته أو شك لا يكفر. ( بعية المسترشدين . 297 )

               Bila ada sebab-sebab kufur yang keluar dari seorang muslim yang tidak ia mengerti tidak juga ada tanda-tanda bahwa itu memang kehendaknya atau masih diragukan adanya kehendak tadi maka ia tidak bisa digolongkan orang yang kufur.

Faktor-Faktor  Yang dapat mengkafirkan
²  I’anatut Tholibin : IV/136
والمكفر أيضا كمشى إلى الكنائس حالة كونه متلبسا بزيهم أي بهيئتهم التي يتلبسون بها كأن يشد على وسطه زنارا وهو خيط غليظ فيه ألوان يشد في الوسط فوق الثوب أو يخيط فوق الثياب بموضع لا يعتاد الخياطة عليه كالكتف ما يخالف لونها أو يضع البرنيطة فيكفر بذلك وأفهم قوله وكمشي إلى الكنائس بزيهم أنه لو فقد أحدهما كأن مشى إلى الكنائس لا بزيهم بل بزي المسلمين أو تزيا بزيهم مشي إليها لا يكفر وهو كذلك. اهـ.( إعانة الطالبين . 4 \ 136 )

               Perkara yang bisa mengkufurkan seseorang itu antara lain; berjalan menuju gereja dengan memakai pakaian ala orang-orang Kristen. Berbeda dengan orang yang berjalan menuju gereja namun tidak mengenakan pakaian ala yang dipakai mereka (maka tidak sampai kufur.)

27.    Jual Beli Jarak jauh
Sering kita jumpai dalam media televisi, koran, majalah-majalah dan sebagainya yang menawarkan produk bagi siapa saja yang berminat. Dalam hal ini terjadilah transaksi (aqad) jual beli jarak jauh. Bagi pembeli cukup mengirimkan surat dan uang harga pembelian produk lewat wesel. Untuk sang penjual cukup mengirimkan barang lewat paket.

²  Pertanyaan :
  1. Aqad (transaksi) jual beli apakah itu ?

²  Jawaban a :
Aqad tersebut termasuk aqad salam bilamana menggunakan lafadh salam dan dinamakan bai’ maushufah fidz dzimmah bilamana menggunakan lafadh bai’.

Aqad Salam (Pesan)
³  Bujairimi Wahhab : II/325
( كِتَابُ السَّلَمِ ) وَيُقَالُ لَهُ السَّلَفُ وَالْأَصْلُ فِيهِ قَبْلَ الْإِجْمَاعِ آيَةُ { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ }  فَسَّرَهَا ابْنُ عَبَّاسٍ رضي الله عنهما بِالسَّلَمِ وَخَبَرُ الصَّحِيحَيْنِ { مَنْ أَسْلَفَ فِي شَيْءٍ فَلْيُسْلِفْ فِي كَيْلٍ مَعْلُومٍ وَوَزْنٍ مَعْلُومٍ إلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ } ( هُوَ بَيْعُ ) شَيْءٍ ( مَوْصُوفٍ فِي ذِمَّةٍ بِلَفْظِ سَلَمٍ ) ; لِأَنَّهُ بِلَفْظِ الْبَيْعِ بَيْعٌ لَا سَلَمٌ عَلَى مَا صَحَّحَهُ الشَّيْخَانِ لَكِنْ نَقَلَ الْإِسْنَوِيُّ فِيهِ اضْطِرَابًا وَقَالَ الْفَتْوَى عَلَى تَرْجِيحِ أَنَّهُ سَلَمٌ وَعَزَاهُ لِلنَّصِّ وَغَيْرِهِ وَاخْتَارَهُ السُّبْكِيُّ وَغَيْرُهُ وَالتَّحْقِيقُ أَنَّهُ بَيْعٌ نَظَرًا لِلَفْظِ سَلَمٍ نَظَرًا لِلْمَعْنَى فَلَا مُنَافَاةَ بَيْنَ النَّصِّ وَغَيْرِهِ لَكِنَّ الْأَحْكَامَ تَابِعَةٌ لِلْمَعْنَى الْمُوَافِقِ لِلنَّصِّ حَتَّى يُمْتَنَعَ الِاسْتِبْدَالُ فِيهِ  كَمَا مَرَّ وِفَاقًا لِلْجُمْهُورِ خِلَافًا لِمَا فِي الرَّوْضَةِ كَأَصْلِهَا وَيَدُلُّ لِذَلِكَ مَا ذَكَرُوهُ فِي إجَارَةِ الذِّمَّةِ مِنْ أَنَّهَا إجَارَةٌ وَيَمْتَنِعُ فِيهَا الِاسْتِبْدَالُ نَظَرًا لِلْمَعْنَى ثُمَّ مَحَلُّ الْخِلَافِ إذَا لَمْ يُذْكَرْ بَعْدَهُ لَفْظُ السَّلَمِ وَإِلَّا وَقَعَ سَلَمًا كَمَا جَزَمَ بِهِ الشَّيْخَانِ فِي تَفْرِيقِ الصَّفْقَةِ ( فَلَوْ أَسْلَمَ فِي مُعَيَّنٍ ) كَأَنْ قَالَ أَسْلَمْت إلَيْك هَذَا الثَّوْبَ فِي هَذَا الْعَبْدِ فَقَبِلَ ( لَمْ يَنْعَقِدْ ) سَلَمًا لِانْتِفَاءِ الدَّيْنِيَّةِ وَلَا بَيْعًا لِاخْتِلَالِ اللَّفْظِ ; لِأَنَّ لَفْظَ السَّلَمِ يَقْتَضِي الدَّيْنِيَّةَ وَهَذَا جَرَى عَلَى الْقَاعِدَةِ مِنْ تَرْجِيحِ اعْتِبَارِ اللَّفْظِ وَقَدْ يُرَجِّحُونَ اعْتِبَارَ الْمَعْنَى إذَا قَوِيَ كَتَرْجِيحِهِمْ فِي الْهِبَةِ بِثَوْبٍ مَعْلُومٍ انْعِقَادَهَا بَيْعًا . (  البجيرمي على المنهج  2 \ 325 )

³  Uraian
Praktek diatas lebih pantas disebut aqad salam yaitu; jenis transaksi jual beli (tukar menukar barang) dengan memberikan kriteria barang yang diinginkan (oleh pihak pemesan) namun menggunakan lafadz Salam pesan (tidak lafadz ba'i).
Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas bahwasanya sewaktu Rasul Saw. berada di madinah orang-orang disana banyak yang memesan buah kurma (untuk dibeli) kemudian Beliau Bersabda yang artinya; "Barang siapa memesan sesuatu (buah kurma) maka harus menentukan berapa (ukuran) takarannya, berapa (berat) timbangannya, dan kapan bisa diambil (barang yang dipesan)" (HR. Bukhori & Muslim).
Berdasarkan riwayat Ibnu abbas diatas para ulama' menyimpulkan bahwasanya boleh membeli sesuatu dengan system Salam (memesan) asalkan memenuhi tiga unsur (1) jelas kuantitasnya (dalam Kg/ Lt), (2) Jelas sifat-sifatnya (kualitas), (3) jelas waktu pengambilannya (tempo).


28.    Kayu Peteng
Pada umumnya penduduk yang tinggal dekat kawasan hutan lindung milik Negara bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidupnya memperoleh penghasilan dengan menjual kayu yang didapat dari hutan tsb. Sementara pihak PERHUTANI sebagai pengelola tidak tahu menahu tentang sikap penduduk tsb.

²  Pertanyaan :
  1. Bagaimana hukumnya menjual kayu hasil dari hutan tersebut?
  2. Bagaimana pula hukum membelinya bila tahu bahwa kayu yang di beli adalah hasil dari hutan tersebut?
     
²  Jawaban :
  1. Tidak boleh (tidak sah), apabila terdiri dari tanaman yang ditaman oleh orang lain, kecuali kayu yang sudah tidak dihiraukan (مايعرض عنه) tetapi bila terdiri dari pohon liar (tidak ditanam manusia) maka hukum menjual kayu tersebut boleh.
  2. Hukum membelinya sama dengan hukum penjualan,bila sah manjualnya maka sah  membelinya dan bila menjualnya tidak sah maka membelinya tidak sah.

Harta Milik Umum/Tidak Bertuan
²  Tuhfatul Muhtaj : VI/224
وفي الأنوار ومن المشترك بين الناس الممتنع على الإمام إقطاعه الأيكة وثمارها وهي الأشجار الثابتة في الأراضي التي لا مالك لها وصيد البر والبحر وجواهره. انتهى.( تحفة المحتاج . 6  \   224 )

Diantara barang milik bersama (siapa saja boleh mengambilnya) adalah (1)hutan belantara (belum dimiliki dan dirawat oleh siapapun) beserta buah-buahan yang ada didalamnya (2) binatang (darat atau laut) hasil dari berburu (3) emas permata dari dalam laut.

Barang Yang Remeh Boleh Diambil
²  Ianatut Tholibin : III/27
ويجوز أخذ نحو سنابل الحصادين التي اعتيد الإعراض عنها ولو مما فيه زكاة خلافا للزركشي وكذا برادة الحدادين وكسرة خبز من رشيد ونحو ذلك مما يعرض عنه عادة فيملكه آخذه وينفذ تصرفه فيه أخذا بظاهر أحوال السلف. انتهى. (إعانة الطالبين . 327 )

Diperbolehkan mengambil ranting-ranting kayu yang sudah tidak dihiraukan meski darinya dikenakan wajib zakat (pendapat ini ditolak oleh imam Zarkasy). Juga diperbolehkan mengambil potong-potongan besi (yang sudah tidak dihiraukan) dan roti yang sudah hancur. Orang yang mengambil menjadi pemilik yang sah dan punya otoritas
(karena hal yang demikian adalah hal ihwal ulama' salaf)

Transasksi Yang Beresiko
²  Ianatut Tholibin : III/27
ويكره  بيع ما ذكر ممن توهم منه ذلك وبيع السلاح لنحو بغاة وقطاع طريق ومعاملة من بيده حلال وحرام وإن غلب والحرام الحلال. نعم إن علم تحريم ما عقد به حرم وبطل.)هامش  إعانة الطالبين . 327 (

Contoh hal-hal yang makruh (1) menjual anggur dengan asumsi akan dibuat anggur (2) menjual senjata yang diasumsi akan dibuat membrontak/kudeta kepada Negara atau dibuat merampok (3) transaski kepada orang yang berharta haram dan halal (meski banyak yang haram). Lain hal bila tahu kalau yang dibuat transasksi itu harata haram maka transasksinya haram dan tidak sah.

29.    Bisnis Kuburan
                Semakin menggejalanya ide kapitalisme dan matrealisme, uang dan system bisnis yang profesioanal dijadikan standart kemajuan seseorang dalam berekonomi, bahkan kematian seseorang pun dimanfaatkan sebagai lahan berbisnis. Misal pemodal (investor) menyediakan seluas tanah yang dijual untuk sarana penguburan dan dipetak-petak seluas 1x2 komplit dengan sertifikatnya dengan tanda hak milik pribadi, pengelola pun menyediakan perlakuan yang khusus, mulai dari perawatan, pembelian peti jenazah, penggalian kubur sampai acara penguburannya (talqin, tahlil, dsb.)

²  Pertanyaan :
  1. Termasuk aqad apakah perihal diatas ?
  2. Apakah predikat/status tanah tsb.? dapatkah dikatagorikan kuburan umum?

²  Jawaban :
  1. Termasuk aqad bai’ dan ijarah fasidah apabila syarat perawatan, pembelian peti jenazah dan penggalian kubur disebutkan dalam aqad (saat transaksi) penjualan tanah untuk sarana penguburan. Dan termasuk aqad bai’ dan ijarah shahihah apabila syarat tersebut tidak disebutkan dalam aqad jual tanah (diaqadi sendiri-sendiri).
  2. Apabila aqad jual belinya sah maka status tanah tersebut adalah tanah milik pembeli dan tidak menjadi kuburan umum.

³  Uraian
Yang perlu dicermati adalah bahwa praktek diatas sebenarnya mengandung dua amaliyah, pertama pembelian sibidang tanah, kedua perawatan tanah dsb.
Praktek semacam ini dalam literatur fiqh biasa disebut dengan Jual beli bersyarat, yaitu jual beli dengan mendapatkan fasilitas-fasilitas tertentu yang tidak semestinya didapat dalam jual beli. Kenapa demikian? Sebab yang namanya jual beli (tanah kuburan) adalah proses pemindahan kepemilikan tanah dari penjual kepada pembeli, untuk selebihnya (seperti perlakuan khusus) bukan merupakan esensi jual beli.

Solusi Aqad Bersyarat
²  Syarqowi : II/53
وبيع بشرط كبيع بشرط بيع أو قرض للنهي عنه في خبر أبي داود وغيره (كبيع بشرط) كبعتك ذا العبد بألف بشرط أن تبعني دارك بكذا أو تفرضني مائة من الدراهم. ثم إن أقفوا العقد الثاني بأن باعه الدار أو أقرضه الدراهم مع علمها بفساد الأول صح وإلا فلا. ومحل فساد الأول إن وقع الشرط في صلب العقد وإلا فلا يضر. ودخل تحت الكاف ما لو قال بعتك ذا البر بشرط أن تحصد أو الثوب بشرط أن تحيطه. انتهى.(  الشرقاوي . 2 \ 53 )

Jual beli bersyarat itu adakalanya dengan syarat menjual barang yang lain atau syarat memberikan piutang. Seperti ucapan penjual "aku jual budakku ini dengan harga seribu dengan syarat engkau mau menjual rumahmu dengan harga sekian atau dengan syarat engkau memberikan pinjaman (hutang) seratus dirham. Namun demikian bila ia hanya menginginkan salah satu dari dua pilihan (karena ia tahu akan ketidak absahannya), misalkan ia hanya ingin menjual rumah atau memberikan pinjaman maka sikap seperti ini diperbolehkan.

Contoh Jual Beli Bersyarat
²  Sulaiman Jamal : III/75
( وَكَبَيْعِهِ زَرْعًا أَوْ ثَوْبًا بِشَرْطِ أَنْ يَحْصُدَهُ ) بِضَمِّ الصَّادِ وَكَسْرِهَا ( أَوْ يُخَيِّطَهُ ) لِاشْتِمَالِ الْبَيْعِ عَلَى شَرْطِ عَمَلٍ فِيمَا لَمْ يَمْلِكْهُ الْمُشْتَرِي بَعْدُ وَذَلِكَ فَاسِدٌ  ( سليمان الجمل . 357 )

               Termasuk contoh jual beli dengan syarat/perjanjian (baik tertulis atau tidak) yang tidak diperbolehkan adalah penjualan hasil pertanian namun dengan syarat penjual sendiri yang memanennya. Atau membeli pakaian namun dengan syarat penjual sendiri yang menjahitnya.
               Syarat/ permintaan pembeli seperti ini adalah bentuk syarat fasid (cacat hukum), kenapa demikian? Karena saat transaksi pembeli tidak punya kuasa atas barang tersebut dan lagi permintaan pembeli seperti itu tidak ada kaitannya dengan pokok-pokok jual beli.
               Namun perlu diketahui bahwa syarat fasid (cacat dimata hukum) itu akan merusak aqad bila disertakan bersama saat transaksi, namun bila  disebut diluar aqad maka tidak berpengaruh, artinya jual belinya tetap sah.

30.    Penjualan Ruko System Arisan Geteway
Seiring dengan bergulirnya reformasi, arisanpun mengalami reformasi. Dari yang berformat biasa sampai yang luar biasa. Dan diantara yang berformat luar biasa adalah arisan dengan system Gateway (system gugur) sebagaimana yang dipraktekkan PT. Interland selaku pembangun perkantoran dan petokoan Gateway di jalan raya Waru Sidoarjo (dengan makro) dan menjual 50 ruko (rumah toko) eklusifnya yang tiap satu ruko berukuran 5x15 berlantai 3,5 seharga 500 juta. Arisan Gateway memakai system sebagai berikut :
  1. Semua peserta arisan harus menyetorkan uang muka sebesar 100 juta / 20 % dari harga jual ruko sebesar Rp. 500 juta.
  2. Semua 50 ruko yang akan dijual hanya 11 saja yang menggunakan system arisan Gateway.
  3. Untuk pemenang undian arisan nomor pertama akan dibebaskan dari beban angsuran secara keseluruhan.
  4. Untuk pemenang undian arisan nomor dua hanya akan diwajibkan membayar cicilan pertama saja sebesar Rp. 36.363.363,-
  5. Untuk pemenang undian arisan nomor tiga hanya akan diwajibkan membayar cicilan hingga dua kali angsuran sebesar Rp. 72.727.727,-.
  6. Untuk peserta yang gagal mendapat nomor undian tetap akan mendapat ruko, hanya saja dia harus membayar cicilan penuh sesuai dengan ketentuan.

³  Petanyaan :
Termasuk aqad apakah yang dilakukan oleh peserta nomor satu sampai sebelas ?

³  Jawaban :
Termasuk aqad bai’ bil ibro’. Akan tetapi apabila ada syarat (perjanjian), misalnya apabila pembeli ada yang tidak bisa membayar uang sisanya, maka uang yang sudah masuk akan hangus, maka aqad jual belinya cacat hukum (termasuk aqad bai’ fasidah)

Ibro'/Pembebasan Hutang
²  Hamisy I’anah At Tholibin : III/180

وهبة دين للمدين إبراء له عنه فلا يحتاج إلى قبول نظرا للمعنى ولغيره أي المدين هبة صحيحة إن علما قدره كما صححه جمع تبعا للنص خلافا لما صححه المنهاج (تنبيه) لا يصح الإبراء من المجهول للدائن أو المدين لكن فيما فيه معاوضة كأن أبرأتني فأنت طالق لا فيما عدا ذلك على المعتمد وفي القديم يصح من المجهول مطلقا. إهـ. (  هامش إعانة الطالبين .3 \ 180 )

Piutang yang dihibahkan oleh debitur atau selain debitur (pihak ketiga) kepada kreditur itu termasuk kategori Ibro' (pembebasan piutang). Karena Ibro' ini melalui jalur hibbah maka bagi kreditur tidak disyaratkan Qabul (ucapan penerimaan atas hibbah). Demikian tadi (menurut golongan ulama' selain Imam Nawawi dalam kitab Minhaj) bila kreditur dan debitur tahu persis jumlah hutang yang ditanggung oleh kreditur.


Perbedaan Judi Dan Undian
²  Al Maisir Wa Al Qimar : 172

فلو أخرج رجل 100 ريال فأعطاها لمن وقعت عليه القرعة لم يكن قمارا وليست محرما حرمة القمار نعم قد يكون مكروها لأنه قسمة بالحظ والقسمة يجب أن تتحرى معايير أكثر كفاءة وعدالة وإذا صير إلى القرعة فلا يصار إليها إلا أخر ملجأ. إهـ. (  الميسر والقمار . 172 )

Andaikan ada orang memberikan uang sebanyak seratus real dengan cara mengundi maka hal yang demikian ini tidak bisa disebut taruhan dan tidak pula haram hukumnya. Namun ditilik dari sudut pandang yang lain bisa makruh hukumnya, karena pembagian tadi diperoleh tidak sama rata dan resikonya untuk yang terakhir terpaksa mendapatkan giliran belakang.

31.    Jual Beli System Judi
        A (sebagai bai’) menjual benda yang berbentuk lingkaran (rotan misalnya) kepada B (sebagai musytari), yang tujuannya hanya agar benda tersebut dilingkarkan dengan cara melempar pada barang-barang berharga milik A. Bila benda-benda tersebut bisa melingkar maka barang-barang tersebut menjadi milik B. Dan bila tidak bisa maka B tidak mendapatkan apa-apa dan benda yang berbentuk lingkaran tersebut juga kembali pada A.

²  Pertanyaan :
Bagaimanakah hukum ‘aqad tersebut ?

²  Jawaban :
Hukumnya haram karena termasuk judi.

Pengertian Judi
²  Al Bajuri : I/310
وهو كل لعب تردد بين غنم وغرم كاللعب بالورق وغيره. إهـ. (الباجوري. 1\ 310 )
Yang dimaksud taruhan adalah segala bentuk permainan yang berpeluang untung atau rugi baik taruhannya dengan uang atau yang lainnya.

Perbedaan Taruhan Dan Permainan
²  Is’adur Rofiq : II/102
ومنها اللعب بنحو ذلك من كل ما فيه قمار وصورته المجمع عليها أن يخرج العوض في الجانبين مع تكافئهما وهو المراد من الميسر في الأية ووجه حرمته أن كل واحد متردد بين أن يغلب صاحبه فيغنم أو يغلب صاحبه فيغرم فإن عدلا عن ذلك إلى حكم السبق والرمي بأن ينفرد أحد اللاعبين بإخراج العوض ليأخذ منه إن كان مغلوبا وعكسه إن كان غالبا فالأصح حرمته أيضا والفرق هنا وبين جوازه في المسابقة أن العوض فيها الحذق في الفيروسية والرماية بخلافه في نحو الشطرنج إذ ليس فيه كبير الغرض. إهـ. ( إسعاد الرفيق الجزء الثاني صحيفة 102 )

               Bentuk permainan yang dilarang oleh agama adalah segala permainan yang terdapat unsur taruhan. Gambaran umumnya adalah bila ada dua belah pihak sama-sama mengeluarkan Iwadl (alat tukar seperti uang atau lainnya). Permainan seperti ini diharamkan karena masing-masing dari kedua belah pihak melakukan spekulasi antara menang dan kalah, bagi yang yang menang akan meraup keuntungan. Walaupun mereka menggunakan cara lain sebagaimana Musabaqoh (balapan) atau Romyu (menembak) yaitu dengan pola permainan hanya salah satu saja (yang kalah) dan yang mengeluarkan Iwadl (alat tukar/ uang dan sejenisnya) maka hukumnya tetap haram.
               Lalu apa perbedaannya? Padahal musabaqoh itu boleh hukumnya! Perbedaannya adalah kalau musabaqoh ada nilai keahlian, namun taruhan adalah bentuk permainan yang tidak ada siasat sama sekali.

32.    Menjual Langganan
Pak joko punya langganan 50 orang, dilaian pihak pak bejo tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, ia menjual produknya kepada langganan pak joko, pak joko sendiri menyetujuinya, namun dengan syarat pak bejo sejalihus mau membeli langganan pak joko, dan untuk selanjutnya pak joko tidak memasok dagangannya kepada konsumen yang sudah dibeli.

² Pertanyaan
²  Termasuk transaksi apa yang dilakukan pak joko dan pak bejo, bagaimana hukumnya?

Jawaban
²  Termasuk Bai Fudhuly, hukumnya tidak sah

Penjual Harus Punya Kuasa
² Fatawy Ibnu Hajar Alhaytami Vol: 3 Hal: 149
شروط البيع ان يكون للعاقد سلطانا عليه بولاية او ملك فيصح بيع المالك لمال نفسه وشرائه به لان الشرع جعل له سلطانا علي ماله وكذلك يصح بيع الولي او الصبي لمال من تحت ولايته – الى ان قال - وهو يسمى فى عرف الفقهاء الفضولي كان تصرفه باطلا ( قتاوى لابن حجر الهيتمى.3/149 )

Dalam jual beli, pihak penjual harus punya kuasa atas barang yang di jual, baik karena perwalian (keluarga, pemerintahan) atau karena hak kepemilikan. Jual-beli barang yang dimiliki hukumnya sah. Karena dalam hal ini agama memberi otoritas penuh atas barang yang di miliki.
Begitu juga seorang wali (anak yatim) atau anak kecil yang menjual harta miliknya itu sah hukumnya. Jadi bila penjual statusnya tidak sebagai pemilik atau wali seseorang  maka hukum jual belinya tidak sah, Dan jual beli semacam ini di sebut "bai' fudluly".

Syarat Harga Dan Barang Yang Dijual
² I'anatuttholibin Vol:3 Hal:12
وشرط في معقود عليه مثمنا كان أو ثمنا ملك له أي للعاقد فلا يصح بيع فضولي. قوله فلا يصح بيع فضولي: هو من ليس مالكل ولا وكيلا ولا وليا وانما لم يصح بيعه لحديث: لابيع الا فيما يملك، (عانة الطالبين،3/122)

Barang yang transaksikan (barang jual atau harga jual) itu harus milik pelakunya, baik sebagai wakil atau wali. Oleh karena itu, tidak sah jual beli "fudluly", (pelaku transaksi bukan pemilik barang). Hal ini berdasarkan sebuah hadits Nabi  Saw. "Jual beli itu tidak sah  kecuali pada barang-barang yang telah dimiliki".

Catatan:
Pelanggan bukanlah barang yang bisa di miliki, jadi tidak bisa di perdagangkan
     
33.    GURU MEWAJIBKAN MURID BELI BUKU
Disebuah lembaga pendidikan ada suatu kebijakan terhadap anak didiknya bahwa, “Semua murid harus membeli kitab/ buku” dengan harga yang sudah ditentukan. Namun sebagian dari mereka merasa keberatan, karena selain harganya yang mahal, uang saku mereka juga pas-pasan. Namun bagaimana lagi, hal ini sudah harga mati dari lembaga, dan  akhirnya mereka pun membelinya.

² Pertanyaan
²  Apakah dibenarkan tindakan pengurus lembaga berkenaan hal diatas, dan apa tidak masuk kategori jual beli secara paksa yang hukumnya haram?

² Jawaban
²  Bisa dibenarkan, sebab para murid/santri wajib mentaati aturan suatu lembaga, sehingga tidak memandang unsur pemaksaan jual beli.

Peraturan/ Perjanjian
a.       Sirojul Munir Vol: 3 Hal: 406-407
 ( المسلمون على شروطهم ) اى الجاهزة شرعا اى ثابتون عليها واقفون عندها قال العلقمى قال الممنذرى وهذا فى شروط الجائزة دون الفاسدة وهو من باب ما امر فيه بالعقود –الى ان قال .......ويشترط الوفاء من مصالحة ومواعدة وتمليك وعقد وتدبير وبيع واجارة ومناكحة وطلاق وزاد الترمذى بعد قوله على شروطهم الا شرطا حرم حلالا او حلل حراما يعنى فانه لا يجب الوفاء به لا يجوز . (سراج المنير .3/406-407)

Orang muslim itu harus memenuhi perjanjian yang telah di sepakati. Imam Al-alqomi berkata, almundzir menegaskan; keharusan ini  hanya berlaku pada syarat-syarat yang di perbolehkan syara', tidak mencakup syarat yang tidak di legalkan agama, hal  ini termasuk dalam perintah menepati janji………dan di antara janji yang harus di penuhi antara lain, kesepakatan perdamaian, perjanjian(memberi sesuatu), pelangsungan 'akad, pembebasan budak, penjualan, penyewaan, pernikahan dan perceraian,  dan dalam riwayatnya atturmudzi memberi tambahan "kecuali persyaratan yang sampai mengaharamkan perkara halal, atau menghalalkan perkara yang di haramkan.

Catatan:
Murid yang sudah bersedia masuk di lembaga, berarti juga bahwa ia bersedia menerima syarat mengikuti aturan yang di berlakukan.

34.    KREDIT HARGA RP. 8 JUTA, KONTAN RP. 7 JUTA ?
 Satu hal yang sering dipublikasikan dan mengundang pertanyaan: jual beli dengan memilih system kredit dan kontan. Prakteknya sebagai berikut, bila si fulan membeli dengan membayar kontan harganya Rp 7.000.000, dan bila membeli dengan membayar secara berangsur beberapa bulan harganya Rp 8.000.000. Sebagian masyarakat memandang bahwa praktek semacam ini tidak sah, karena ada dua aqad dalam satu barang, namun sebagian memandang sah, karena ujung-ujung  praktek diatas adalah membeli dengan cara   kontan atau hutang

² Pertanyaan
a.       Bagaimana fiqh memandang keabsahan transaksi diatas

² Jawaban a
Praktek diatas itu sudah sah, karena perlu diketahui bahwa, jual beli dua aqad dalam satu barang itu tidak sah manakala dua harga tadi tidak ada kejelasan mana yang di pilih, sedangkan praktek jual beli diatas sudah ada kejelasan secara pasti harga masing-masing aqad kredit dan kontan, juga dari awal sudah ada kejelasan mana yang di pilih.

Satu Aqad Dua Transaksi
1.       Hasyiyah jamal vol: 3 Hal: 73
وعن بيعتين في يبعة رواه الترمذى وغيره وقال حسن صحيح كبعتك هذا بالف نقدا او بالفين لسنة فخذه بايهما شئت أو أشاء وعدم الصحة فيه للجهل بالعوض ( وقوله وعن بيعتين) فيه تسمح لانها بيعة واحدة وانما سمها ببيعتين باعتبار الترتيد فى الثمن . انتهى شيخما (قوله بالف فى سنة ) وهذا بخلاف ما لو قال بالف نقدا و الفين الى سنة فانه يصح ويكون الثمن ثلاثة الاف  الف حالة وألفان مؤجلان الى سنة انتهى شرح م روقوله ألفين الى سنة  لو زاد على ذلك فخذ بايهما شئت  الخ..ففى الشرح العباب ان الذى يتجه البطلان وان يردد فيه الزركشى لان قوله فخذه الخ مبطل لايجابه فبطل العقود المترتب عليه .انتهى فاليتامل . انتهى سم على حج . ( حاشية الجمل .3/73 )

Dan (nabi juga melarang) melakukan dua (model) transaksi dalam satu akad. HR: Atturmudzi. Menurutnya hadits ini adalah hadits hasan serta shahih.   Adapun prakteknya, seperti ucapan penjual; "Aku menjual barang ini padamu dengan harga Rp 1000-kontan- atau Rp 2000 dalam jangka waktu satu tahun, jadi belilah dengan harga yang mana saja yang kamu sukai, atau yang di kehendaki si fulan",
ketidak absahan jual beli semacam ini di sebabkan ketidak jelasan harga. Penamaan dua aqad dalam satu barang ini karena melihat ada dua kemungkinan harga pada saat penjual mengucapkan ijab. Ucapan penjual (ijab) ini tidak sama pada saat ia tidak menyebut kata "belilah dengan harga yang mana saja" serta kata sambung yang di gunakan adalah "dan" bukan "atau". Kalau tidak menyusuli kata belilah atau memakai kata sambung-dan- maka di hukumi sah, harga yang di sepakati berarti tiga ribu, seribu kontan dan dua ribu berjangka satu tahun.
Dalam kitab syarhul 'ubab di jelaskan; bila penjual menambahkan kata "belilah dengan harga yang mana saja", menurut pendapat yang kuat hukumnya batal (tidak sah), maskipun azzarkasyi masih mengkaji ulang kebatalan ini, mengingat sejak awal ijabnya penjual sudah di hukumi tidak benar jadi jawabannya pun di hukumi batal, cobalah anda tela'ah lagi!
     
35.    JUAL BELI BAYI
Zaman semakin modern dan semakin edan, dekadensi moral manusia semakin bertambah, bagaimana tidak, saat ini  banyak TKW (Tenaga Kerja Wanita) yang tega menjual bayinya, entah apa alasan mereka melakukan hal yang biadab itu, namun disinyalir mereka terjepit ekonomi dan tergiur harta benda yang melimpah ruah.

² Pertanyaan
Bagaimana hukum seorang ibu menjual anak kandungnya sendiri, apakah bisa dinamakan budak bayi yang telah dijual tersebut?

² Jawaban
Perlu diketahui bahwa salah satu syarat jual beli adalah barang yang diperjual belikan haruslah dimiliki secara absolut (Milkuttam), sehingga manakala status si- bayi adalah merdeka maka jual beli seperti ini hukumnya haram dan tidak sah, karena seorang yang merdeka (bukan budak) tidak bisa dimiliki oleh siapapun, baik dengan jual beli atau dengan cara yang lain. Maka dengan sendirinya bayi tadi tidak dihukumi budak (yang lazimnya diperjual belikan), sebab anak adam yang merdeka tidaklah bisa dijadikan budak

Menjual Barang Yang Bukan Miliknya
²  Isadurrofiq Vol: 1 Hal: 136,
ويحرم ولا يصح شراء ما لا يدخل تحت الملك كالحر والارض الموات( اسعاد الرفيق .1/136 )
     Haram sekaligus tidak sah membeli sesuatu yang tidak bisa di miliki, seperti menjual orang merdeka atau tanah tak bertuan.

Orang Merdeka Tidak Boleh Ditawan
²  Bughyatul Mutarsyidin Hal: 396.
اجمعوا ان الحر لا يسبى ولا يسترق (بغية المسترشدين .536)
     Para ulama telah sepakat bahwa orang merdeka tidak bisa  ditawan atau di jadikan budak.

Status Kelahiran Anak
²  Hasyiyah Syarqowy Vol:2 Hal: 536,
باب حكم الاولاد من الادميين وغيرهم ولد الحرة حرور وولد امملوكة مملوك غالبا تبعا لهما ( حاشية الشرقامى )
        Anak yang di lahirkan dari orang merdeka itu di hukumi merdeka (bukan budak) sedangkan anak yang status orang tuanya budak kebanyakan juga di hukumi budak karena status anak adalah ikut orang tua.

72.    GEREJA YG BERADA DIATAS TANAH ORANG ISLAM
Berbagai proyek menghiasi pembangunan berbagai sarana sarana social sarana ibadah dsb, karyawan yang bekerja untuk pembangunan sarana tadi juga beraneka ragam latar belakang suku agama dan kepercayaannya. satu contoh pembangunan gereja, sebagian pekerjanya adalah muslim, begitu juga pemilik matrial bangunan (pasir, koral, semen dsb) serta tanah yang akan didirikan gereja adalah bekas milik orang islam.

² Pertanyaan
apa hukum menjual tanah dan material untuk pembangunan gereja, dan bagaimana hukum seorang muslim bekerja untuk proyek diatas.

² Jawaban
Haram dan tidak sah, karena membantu kepentingan orang kafir

Berpatisipasi dalam kemaksiatan orang kafir
³  Hamisy Ianatuttholibin Vol: 3 Hal: 30
وكذا اى يحرم بيع نحو المسك لكافر لتطيب الصنم والحيوان لكافر علم أنه بأكله بغير ذبح – الى ان قال........فلا يجوز الإعانة عليهما ونحو ذلك من كل تصرف يفضي الى معصية يقينا او ظنا ومع ذلك يصح البيع. ( هامش اعانة الطالبين.3/30)

Sebagaimana haram menjual minyak wangi kepada orang kafir karena akan di gunakan mengharumi berhala, haram pula menjual hewan karena di ketahui akan dimakan tanpa di sembelih. Oleh karenanya, tidak boleh ikut andil perbuatan diatas. Tidak sah dan tergolong maksiat lagi adalah, membantu terwujudnya segala bentuk aktifitas yang mengarah kepada kemaksiatan, baik masih dalam taraf dugaan atau sudah diyakini.

Usaha Yang Dilarang Syara'
³  Mughni Muhtaj Vol: 2 HAL: 337
(ولا) اى لا يصح استئجار لتعليم التورة والإنجيل والسحر والفحش والنجوم والرمل –الى ان قال.......ولا للزمل والنياحة وحمل الخمر غير المحترمة لا للإراقة ولا لتصوير الحيوانات وسائر المحرما، وجعل فى التنببيه من المحرمات الغناء وفيه كلام لا يجوز أخذ العوض على شئ من ذلك.( مغني المحتاج. 2/337 )

Tidak sah persewaan untuk mengajar isi kitab taurat, injil, sihir, perbuatan/perkataan kotor, ilmu perbintangan (untuk meramal)………… juga  tidak sah rental untuk mendesis, menangisi mayit, mengangkat khamr yang tidak di mulyakan, tetapi sah persewaan untuk menumpahkan khamr. Juga tidak sah adalah, memburuhkan lukisan gambar binatang dan semua perkara perkara yang di haramkan lainnya. Pengarang kitab "at-tambih " menyatakan: dan diantara perkara yang di haramkan itu adalah pelantunan lagu-lagu namun dalam hal ini masih ada perbincangan di kalangan ulama', tidaklah di perbolehkan mengambil upah dari pekerjaan-pekerjaan di atas.

Catatan:
pembangunan gereja termasuk perbuatan haram, oleh karenya berpartisipasi dalam bentuk apapun (baik membantu pengadaan material bangunan maupun menjadi pekerjanya) itu sama dengan al-i'anah 'alal ma'siat (membantu terlaksananya kemaksiatan)          



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan