DESKRIPSI MAS'ALAH
Ayat-ayat cinta, atau yang biasa kita dengar dengan sebutan AAC, itulah judul sebuah filmyang
diangkat dari novel best seller (terlaris) karya Habiburrohman el-Syirozi, pro
dan kontra terjadi ketika film ini diputar di Indonesia. Kalangan pro mengatakan
inilah film Islami diantara maraknya film-film nasional yang hanya
mempertontonkan tema-tema perselingkuhan dsb, maka dari itu kalangan
inimengharuskan pemuda-pemudi menonton film ini karena didalamnya terkandung
pesan-pesan moral, dan sebagai sarana da'wah karena menurut mereka da'wah
melalui film lebih efektif dari pada cara-cara da'wah yang lain, dan diantara
argument mereka yang tidak kalah pentingnya kita (umat Muslim) hanya memberikan
fatwa haram tanpa disertai dengan solusi membentuk stasiun televise tandingan
selera mereka. Sedangkan dalih dari kalangan kontra dan tifi (anti
film)mengatakan film ini bukan film Islami dikarenakan adanya campur baurnya
laki - laki dan perempuan dan juga seabrak kemaksiatan lainya.
Pertanyaan
a.
Menurut perspektif fiqh adakah
film yang dikatakan Islami ? Dan apa kriterianya ?
b.
Siapakah yang mempunyai
kewajiban membentuk stasiun televise Islami ?
c.
Manakah yang lebih baik da'wah
melalui film, atau dengan metode da'wah yang lain ?
d.
Adakah qoul yang
memperbolehkan adanya campur baur laki - laki dan perempuan dalm film ?
( LP. Al
Khozini Buduran Sidoarjo )
Jawaban
a. Ada, yaitu film
yang di dalamnya tidak ada unsure munkarot/ma`shiyat dan tidak berdampak
ma`shiyat.
Referensi :
> Yas`alunaka fi
Al Din wa Al Hayat Juz 1 Hal. 645
وأما عن رأي علماء الأزهر الشريف في السينما فالذي أفهمه هو أنهم يعدون
السينما سلاحا ذا حدين يحسن أحد الناس استخدامه فينفعون فيه الأمة والوطن ويخدمون
به الدين والأخلاق الفاضلة فيكون في هذه الحالة خيرا وبركة – إلى أن قال – ونحن في
أشد الحاجة إلى الإنتفاع بسلاح السينما في خدمة الدين والقيم الأخلاقية والمبادئ
الروحية وفي خدمة الروح الوطنية وفي خدمة الأمة بتعليمها وإرشادها إلى طرق العزة
والكرامة ويتمنى علماء الأزهر الشريف لو استجاب المسؤلون عن السينما في شرق الأرض وغربها
لصوت الدين والأخلاق الوطنية.
يسألونك في الدين والحياة 1/645
b. Yang bekuwajiban
adalah seluruh umat islam yang mampu dengan fardlu kifayah.
Referensi :
1
Al Qodir Juz 6 Hal 169
2
Ihya` Ulum Al Din Juz 2 Hal. 177
3
Al Ahkam Al Sulthoniyyah Hal. 240
الباب الرابع
في أمر الأمراء والسلاطين ونهيهم عن المنكر
قد ذكرنا درجات الأمر بالمعروف وأن أوله التعريف، وثانيه الوعظ، وثالثه
التخشين في القول، ورابعه المنع بالقهر في الحمل على الحق بالضرب والعقوبة.
والجائز من جملة ذلك مع السلاطين الرتبتان الأوليان وهما: التعريف والوعظ. وأما
المنع بالقهر فليس ذلك لآحاد الرعية مع السلطان، فإن ذلك يحرك الفتنة ويهيج الشر،
ويكون ما يتولد منه من المحذور أكثر.
إحياء علوم الدين 2/177
(من رأى) يعني علم (منكم) معشر المسلمين المكلفين القادرين ، فالخطاب لجميع
الأمة حاضرها بالمشافهة وغائبها بطريق التبع أو لأن حكمه على الواحد حكمه على
الجماعة (منكرا) أي شيئا قبحه الشرع فعلا أو قولا ولو صغيرة (فليغيره) أي فليزله
وجوبا شرعا وقال المعتزلة : عقلا ، ثم إن علم أكثر من واحد فكفاية وإلا فعين لقوله
تعالى * (ولتكن منكم أمة يدعون إلى الخير) [ آل عمران : 104 ] والواجب أن يزيله
(بيده) حيث كان مما يزال بها ككسر آلة لهو وآنية خمر (فإن لم يستطيع) الإنكار بيده
بأن ظن لحوق ضرر به لكون فاعله أقوى منه (ف) الواجب تغييره (بلسانه) أي بالقول
كاستغاثة أو توبيخ أو تذكير بالله أو إغلاظ بشرط أن لا يغلب ظن أن النهي يزيد عبادا
أو أن لا يعلم عادة أنه لا يؤثر على ما عليه الأكثر لكن في الروضة خلافه ، ثم إن
كان المأمور ظاهرا كصلاة وصوم لم يختص بالعلماء وإلا اختص بهم أو بمن علمه منهم
وأن يكون المنكر مجمعا عليه أو يعتقد فاعله تحريمه أو حله وضعفت شبهته جدا كنكاح
متعة ولا يناقض الخبر
فيض القدير 6/169
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik