Langsung ke konten utama

Data Bahtsul_Masaail HASIL LBMNU PWNU/BM PCNU Probolinggo



/Data/Bahtsul_Masaail/HASIL LBMNU PWNU/BM PCNU Probolinggo.htm (3 hits)


  Infus Bagi Orang yang Berpuasa

Deskripsi Masalah
Menurut ilmu kedokteran, INFUS adalah memasukkan cairan ke dalam tubuh dengan jarum infuse melalui pembuluh darah balik (vena) kemudian ke jantung dan dipompa sehingga menyebar ke seluruh jaringan/sel-sel tubuh. Dalam anatomi tubuh, di dalam usus besar terdapat banyak jaringan pembuluh
darah yang menyerap sari-sari makanan, kemudian dikirim ke jantung untuk disebarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri.Kemudian darah yang sudah tidak membawa sari makanan kembali lagi ke jantung melalui pembuluh darah balik (vena). Melihat keadaan tersebut, berarti ada hubungan langsung antara usus besar dengan pembuluh darah.
Di dalam Kitab al-Bajuri I/291 dijelaskan bahwa, yang membatalkan puasa bukan hanya masuknya sesuatu melalui lubang tubuh yang terbuka permanen (
المنفتح اصالة), tapi juga yang melalui lubang tubuh yang terbuka insidentil (المنفتح عرضا), seperti kantong otak yang terluka. Di dalam kitab tersebut juga disebutkan bahwa, istilah جوف bukan hanya untuk rongga tubuh yang mempunyai kekuatan merubah makanan (قوةإحالة الغذاء والدواء), tapi jalan yang menuju ke rongga tersebut (طريقا للذي يحيل الغذاء) juga termasuk جوف , seperti kantong kencing (مثانة), kantong otak (خريطة الدماغ). Benda apapun yang masuk ke rongga tersebut melalui luka/tusukan yang disengaja dapat membatalkan puasa.
Pertanyaan:
a. Dapatkah pembuluh darah yang dimasuki jarum infus dimasukkan dalam kriteria
جوف , mengingat berhubungan erat dengan usus besar, sehingga apakah bisa dikatakan (طريقا للذي يحيل الغذاء) dan apabila ditusuk dengan jarum apakah juga termasuk (المنفتح عرضا)? Sebagai perbandingan, saluran kencing/susu احليل)) saja dimasukkan kriteria جوف.
b. Apabila tidak, mohon dijelaskan!. Apabila ya, berarti orang puasa yang diinfus, puasanya batal. Kenyataannya melalui jarum infus orang menghabiskan beberapa liter cairan. Jadi apabila pembuluh darah sekedar disamakan dengan pori-pori kulit (
المسام) mungkin kurang bisa diterima.
Jawaban :
a. Tidak dapat dimasukkan dalam kriteria
جوف.
b. Pembuluh darah tidak dapat dikategorikan lubang tembus (
منفذ) yang menuju جوف karena masuknya sesuatu ke dalam tubuh yang dapat membatalkan puasa apabila masuk melalui منفذ baik melalui lubang tubuh yang terbuka permanen (المنفتح اصالة) ataupun yang terbuka insidentil (المنفتح عرضا). Oleh karena itu masuknya cairan melalui pembuluh darah dapat disamakan dengan masuk melalui pori-pori tubuh karena keduanya bukan merupakan منفذ sehingga tidak membatalkan puasa.
Referensi :
1. al-Bajuri, Juz I, Hal. 290-291
2. Fathu al-Wahhab, Juz I, Hal. 120
3. Syarwani, Juz III, Hal. 403
4. Yas’alu_nak fi al-Dien wa al-Hayah, Juz IV, Hal. 140-141
5. Hawasyi al-Madaniyah, Juz II, Hal. 176

وعبارته :
1.
وثانيها ما وصل عمدا الى الجوف المنفتح أو غير المنفتح كالوصول من مأمومة الى الرأس. قوله الى الجوف المنفتح أي اصالة انفتاحا ظاهرا محسوسا فلا يضر وصول الكحل من العين أو الدهن أو ماء الاغتسال وان وجد له اثرا بباطنه بتشرب المسام وهي ثقب الجسد جمع سم بتثليث السين والفتح افصح لان ذلك ليس من منفذ مفتوح انفتاحا ظاهرا محسوسا لان انفتاح المسام لا يحس وقوله غير المنفتح أي اصالة فلا ينافى أنه منفتح عرضا بواسطة جرح ولذلك جعلوا المنفتح قيدا ليخرج ما وصل من المسام ويدل على كون المراد ذلك قوله كلوصول من مأمومة الى الرأس فان المأمومة بالهمز جرح يصل الى خريطة الدماغ قفد صدق على ذلك أنه منفتح عرضا -الى ان قال- قوله الى ما يسمى جوفا أي وان لم يكن فيه قوة احالة الغداء والدواء كحلق ودماغ وباطن اذن وبطن واحليل ومثانة بمثلثه وهي مجمع البول لكن لا بد ان يكون شأنه أن يحيل ذلك أو طريقا للذي يحيله بخلاف نحو داخل ورك وفخد اهـ (الباجوري، جـ1، صـ 290-291)
2.
وترك وصول عين لا ريح ولا طعم من ظاهر من منفذ مفتوح جوف من مر اي غير جاهل معذور ذاكرا مختارا وإن لم يكن فى الجوف قوة تحيل الغذاء أو الدواء كحلق ودماغ وباطن أذن وإحليل وبطن ومثانة بمثلثة وهي مجمع البول وقولي من من زيادتي على الأصل فلا يضر وصول دهن أو كحل بتشرب مسام جوفه كما لا يضر اغتساله بالماء وإن وجد له اثرا بباطنه بجامع أن الواصل اليه ليس من منفذ وإنما هو من المسام جمع سم بتثليث السين والفتح افصح اهـ (فتح الوهاب، جـ 1، صـ 120)
3.
وشرطه الواصل كونه فى منفد مفتوح فلا يضر وصول الدهن بتشرب المسام وهي ثقب لطيفة جدا لا تدرك كما لوطلي رأسه او بطنه به وان وجد أثره بباطنه كما لو وجد أثر ما اغتسل به ولا الاكتحال وان وجد لونه فى نحو نحامة وطعمه بحلقه اذ لا منفذ من عينه لحلقه فهو كالواصل من المسام. (شروانى، جـ 3، صـ 403)
4.
السؤل: هل يجوز حقن المريض الصائم؟ وهل يجوز الاعتماد على التقويم فى تجديد مواعيد الصيام مثل اول رمضان وعيد الفطر لأننا نعتمد فى حياتنا اليومية على هذا التقويم؟
5.
الجواب: يباح للصائم أخذ الحقن أثناء صومه لا يفسد الصوم بذلك سواء أكانت الحقنة تحت الجلد أو فى الوصلات أو فى سائر الجسم وسواء أكانت للتداوي أو للتخدير وفى أي موضع من البدن فالحقن بجميع انواعه لا تفطر وقد نص فقهاء الحنفية على ان ما يدخل الجسم اذا لم يصل الى الجسم أو الدماغ أو وصل الى احدهما عن طريق المسام لا يفطر الصائم وقد أفتت بذلك لحتة الفتوى فى الأزهر الشريف سنة 1948. وقال فى فتواها ان ما وصل الى الجوف من غير المنافذ الطبيعية لا يفطر لأنه أرفق بالناس وعليه لا يفطر الصائم بالحقن المعروفة الأن بجميع انواعها سواء أكانت للدواء أو الفداء يصل بها الى الجوف ام لا، اما اذا لم يصل فالأمر ظاهر وان وصل فانما يصل من منفذ عارض خلقي. (يسئلونك فى الدين والحياة، جـ 1، صـ 140-141)
6.
ولا يضر بتشرب المسام بالدهن والكحل والاغتسال فلا يفطر بذلك وان وصل جوفه لأنه لما لم يصل من منفذ مفتوح كان فى حيز العفو. (حواشى المدانية، جـ2، صـ 176)

Membawa Mushaf Bagi Siswi Yang Haidl
Diskripsi masalah
Membaca dan membawa mushaf haram hukumnya atas wanita yang sedang haid. Membaca dan menulis merupakan bagian utama dari kegiatan proses belajar dan mengajar (ta’lim wat-ta’allum) di madrasah berlaku umum untuk semua murid (siswa dan sisiwi) tak terkecuali siswi yang sedang haid. materi pelajaran agama Islam yang pada umumnya memuat ayat Al-Quran menimbulkan masalah tersendiri bagi siswi yang sedang haid di saat ia membaca dan menulis karena mendapat tugas dari guru atau sedang ujian.
Pertanyaan:
a. Ketika siswi sedang haid bolehkah ia membawa buku/kitab yang sebagian isinya adalah ayat Al-Quran?
b. Wajibkah dia menolak tugas dari guru untuk membaca ayat Al-Quran?
c. Apa yang harus dia perbuat di saat dia harus menulis ayat Al-Quran karena sedang mengikuti ujian?
d. Wajibkah guru/sekolah membuat kebijakan khusus untuk siswi-siswi yang sedang haid terkait pelajaran yang melibatkan aktifitas membaca dan menulis Al-Quran?
Jawaban 3 a:
Siswi yang sedang haid membawa atau menyentuh buku pelajaran yang berisi Al-Quran diperbolehkan menurut pendapat ashoh (lebih Shahih). Adapun membawa atau menyentuh mushaf yang dijilid menjadi satu dengan selain mushaf ditafsil :
1. Boleh jika mushafnya lebih sedikit dari pada yang lain (bukan mushaf).
2. Tidak boleh jika mushafnya lebih banyak atau sama dengan yang lain.
المجموع ج 2 ص 86
(تنبيه) يحل للمحدث حدثا أكبر أن يذكر القرآن وغيرها كمواعظه واخباره واحكامه لابقصد القران كقوله عند الركوب (سبحان الذي سخرلنا …. الخ) أي مطيقين, وعند المصيبة ( انا لله وانا اليه راجعون ) وما جرى به لسانه بلا قصد فان قصد القران وحده اومع الذكر حرم وان اطلق فلا …. الى ان قال ..اما اذا قرأ شيئا لاعلى قصد القران فيجوز
“(peringatan): halal bagi orang yang berhadats besar menyebutkan ayat Al-Quran dan selainnya, seperti memberi nasehat, mengabarkan, dan menghukumi bukan dengan tujuan membaca Al-Quran. Sebagaimana ucapannya ketika naik kendaraan: (سبحان الذي سخرلنا …الخ ) dan ketika tertimpa musibah (نا لله وانا اليه راجعون ) dan apa saja yang di ucapkan lisannya tanpa bertujuan membaca Al-Quran. Apabila bertujuan membaca Al-Quran saja, atau disertai dengan tujuan berdzikir maka haram hukumnya. Bila muthlaq (tidak bertujuan apa-apa) maka tidak haram”.
Jawaban 3 c:
Siswi yang sedang haid ketika harus menulis Al-Quran harus menghindari jangan sampai menyentuh tulisannya.
فتاوى الامام النووي 21
(مسألة) هل يجوز تمكين المميز من كتابة القران فى اللوح وحمله وحمل المصحف وهو محدث اوجنب وكيف تتصور الجنابة فى حقه؟ وهل للبالغ كتابة القران وهو محدث او جنب وكذالك المرأة؟ (الجواب) يجوز تمكين الصبي المميز من ذالك وتتصور جنابته بالوطء سواء أولج او أولج فيه غيره واما البالغ من الرجال او النساء فلايجوز له كتابة القران الا ان يكتبه بحيث لايمس المكتوب فيه ولا يحمله بان يضع بين يديه في حال الكتابة.
  
Kepercayaan dan Cara Menguburkan Ari-Ari
Bagi masyarakat Nusantara, Islam tidak lagi dipandang sebagai ajaran asing yang harus difahami sebagaimana mula asalnya. Islam telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan keseharian, mulai dari cara berpikir, bertindak dan juga bereaksi. Sehingga Islam di Nusantara ini memiliki karakternya tersendiri. Sebuah karakteristik yang kokoh dengan akar tradisi yang mendalam. Yang dibangun secara perlahan bersamaan dengan niat memperkenalkan Islam kepada masyarakat Nusantara oleh para pendakwah Islam di zamannya.Diantara tradisi yang hingga kini masih berlaku dalam masyarakat Islam Nusantara, khususnya di tanah Jawa adalah menanam ari-ari setelah seorang bayi dilahirkan dengan taburan bunga di atasnya. Atau dengan menyalakan lilin di malam hari. Apakah Islam pernah mengajarkan hal yang demikian?
Menanam ari-ari (masyimah) itu hukumnya sunah. Adapun menyalakan lilin dan menaburkan bunga-bunga di atasnya itu hukumnya haram karena dianggap sebagai tindakan membuang-buang harta (tabdzir) yang tak ada manfaatnya.
Mengenai anjuran penguburan ari-ari, Syamsudin Ar-Ramli dalam Nihayatul Muhtaj menerangkan
وَيُسَنُّ دَفْنُ مَا انْفَصَلَ مِنْ حَيٍّ لَمْ يَمُتْ حَالاًّ أَوْ مِمَّنْ شَكَّ فِي مَوْتِهِ كَيَدِ سَارِقٍ وَظُفْرٍ وَشَعْرٍ وَعَلَقَةٍ ، وَدَمِ نَحْوِ فَصْدٍ إكْرَامًا لِصَاحِبِهَا.
“Dan disunnahkan mengubur anggota badan yang terpisah dari orang yang masih hidup dan tidak akan segera mati, atau dari orang yang masih diragukan kematiannya, seperti tangan pencuri, kuku, rambut, ‘alaqah (gumpalan darah), dan darah akibat goresan, demi menghormati orangnya”.
Sedangakn pelarangan bertindak boros (tabdzir) Al-bajuri dalam Hasyiyatul Bajuri berkata:
(المُبَذِّرُ لِمَالِهِ) أَيْ بِصَرْفِهِ فِيْ غَيْرِ مَصَارِفِهِ (قَوْلُهُ فِيْ غَيْرِ مَصَارِفِهِ) وَهُوَ كُلُّ مَا لاَ يَعُوْدُ نَفْعُهُ إِلَيْهِ لاَ عَاجِلاً وَلاَ آجِلاً فَيَشْمَلُ الوُجُوْهَ المُحَرَّمَةَ وَالمَكْرُوْهَةَ.
“(Orang yang berbuat tabdzir kepada hartanya) ialah yang menggunakannya di luar kewajarannya. (Yang dimaksud: di luar kewajarannya) ialah segala sesuatu yang tidak berguna baginya, baik sekarang (di dunia) maupun kelak (di akhirat), meliputi segala hal yang haram dan yang makruh”.
Namun seringkali penyalaan lilin ataupun alat penerang lainnya di sekitar kuburan ari-ari dilakukan dengan tujuan menghindarkannya dari serbuan binatang malam (seperti tikus dkk). Maka jika demikian hukumnya boleh saja.
KEPUTUSAN HASIL BAHTSUL MASAIL MUSYKER PWNU JATIM. KOMISI A
1. Penggabungan Panen Dalam Zakat
Deskripsi Masalah:
Zaid menanam padi tanggal 1 Muharram 1432, panen bulan Jumadal Ula 1432 dengan penghasilan total beras tiga (3) kwintal. Pada bulan Rajab 1432 menanam lagi, bulan Dzulqa’dah 1432 panen dengan penghasilan tiga (3) kwintal (panen 1 dan 2 belum satu nishab). Kemudian Dzulhijjah 1432 menanam lagi, panen jatuh pada Rabi’uts Tsani 1433 dengan penghasilan beras 6 kwintal. Jika panen terakhir ini dijumlahkan dengan panen kedua sudah mencapai satu (1) nishab, namun sudah di tahun yang lain. Pada bulan Jumadal Ula 1433 menanam lagi, panen pada bulan Syawwal 1433 dengan penghasilan empat (4) kwintal.
Pertanyaan:
a.Berapakah zakat yang harus dikeluarkan?
b.Penggabungan panen dalam satu tahun (haul), apakah dihitung antara tanggal menanam, panen atau buduww al-shalah (layak panen)?
Jawaban:
a.Menurut Pendapat yang kuat (ashoh) bahwa panen satu tahun digabungkan jadi satu, maka yang wajib di keluarkan zakatnya menurut pendapat yang benar adalah hasil panen satu, dua, tiga dan empat, sebagaimana fatwa Syekh Abbdulah bin Ahmad Bamakhromah, Syekh Baqusyair dan Syekh Ali Bayazid.
b.Khilaf, menurut pendapat Ashoh dihitung dari hari panennya, pendapat kedua di hitung dari hari tanam.
Referensi:
1. Hasyiah Qulyubi II hal 23
( وزرعا العام يضمان ) وذلك كالذرة تزرع في الخريف والربيع والصيف .( والأظهر ) في الضم ( اعتبار وقوع حصاديهما في سنة ) وإن كان الزرع الأول : خارجا عنها ، فإن وقع حصاد الثاني بعدها فلا ضم لأن الحصاد هو المقصود ، وعنده يستقر الوجوب والثاني : الاعتبار بوقوع الزرعين في سنة وإن كان حصاد الثاني خارجا عنها لأن الزرع هو الأصل والحصاد فرعه وثمرته ، والثالث : الاعتبار بوقوع الزرعين والحصادين في سنة لأنهما حينئذ يعدان زرع سنة واحدة بخلاف ما إذا كان الزرع الأول أو حصاد الثاني خارجا عنها وهي اثنا عشر شهرا عربية .والرابع : الاعتبار بوقوع أحد الطرفين الزرعين أو الحصادين في سنة وفي قول : إن ما زرع بعد حصاد الأول في العام لا يضم إليه ، ومنهم من قطعبالضم فيما لو وقع الزرع الثاني بعد اشتداد حب الأول .والأصح أنه على الخلاف ولو وقع الزرعان معا أو على التواصل المعتاد ثم أدرك أحدهما والآخر بقل لم يشتد حبه فالأصح القطع فيه بالضم ، وقيل على الخلاف .
قوله : ( وقوع حصاديهما ) هو المعتمد والمراد دخول وقت الحصاد لا وجوده بالفعل . والمعتمد في الثمار اعتبار وقت الاطلاع لا الجداد . قال بعضهم : والحكمة في ذلك أن كلا من الحصاد والاطلاع ليس باختيار المالك , ولذلك لم يعتبر كون الزرع واقعا من المالك ولا بقصده

2. Al Majmu’ Sharh al Muhadzdzab V halaman 515
قال المصنف رحمه الله تعالى (فإن اختلفت أوقات الزرع ففي ضم بعضها إلى بعض أربعة أقوال (أحدها) أن الاعتبار بوقت الزراعة فكل زرعين زرعا في فصل واحد من صيف أو شتاء أو ربيع أو خريف ضم بعضه إلى بعض لأن الزراعة هي الأصل والحصاد فرع فكان اعتبار الأصل أولى (والثاني) أن الاعتبار بوقت الحصاد فإذا اتفق حصادهما في فصل ضم أحدهما إلى الآخر لأنه حالة الوجوب فكان اعتباره أولى (والثالث) يعتبر أن تكون زراعتهما في فصل واحد وحصادهما في فصل واحد لأن في زكاة المواشي والأثمان يعتبر الطرفان فكذلك ههنا (والرابع) يعتبر أن يكون من زراعة عام واحد كما قلنا في الثمار).
(
الشرح) : هذه الأقوال مشهورة وقد اختصر المصنف المسألة جدا وهي مبسوطة في كتب الأصحاب وقد جمعها الرافعي رحمه الله تعالى ولخص متفرق كلام الأصحاب فيها فقال لا يضم زرع عام إلى زرع عام آخر في إكمال النصاب بلا خلاف واختلاف أوقات الزراعة لضرورة التدريج كمن يبتدئ الزراعة ويستمر فيها شهرا أو شهرين لا يقدح بل كله زرع واحد ويضم بعضه إلى بعض بلا خلاف ثم الشيء قد يزرع في السنة مرارا كالذرة تزرع في الخريف والربيع والصيف ففي ضم بعضها إلى بعض عشرة أقوال أكثرها منصوصة أصحها عند الأكثرين إن وقع الحصادان في سنة واحدة ضم وإلا فلا وممن صححه البندنيجي (والثاني) إن وقع الزرعان والحصادان في سنة ضم وإلا فلا واجتماعهما في سنة أن يكون بين زرع الأول وحصد الثاني أقل من اثني عشر شهرا عربية كذا قاله إمام الحرمين والبغوي (والرابع) إن وقع الزرعان والحصادان في سنة أو زرع الثاني وحصد الأول في سنة ضم وإلا فلا وهذا ضعيف عند الأصحاب (والخامس) الاعتبار بجميع السنة أحد الطرفين إما الزرعين أو الحصادين (والسادس) إن وقع الحصادان في فصل واحد ضم وإلا فلا (والسابع) إن وقع الزرعان في فصل واحد ضم وإلا فلا (والثامن) إن وقع الزرعان والحصادان في فصل واحد ضم وإلا فلا والمراد بالفصل أربعة أشهر (التاسع) أن المزروع بعد حصد الأول لا يضم كحملي شجرة (والعاشر) خرجه أبو إسحاق أن ما بعد زرع سنة يضم ولا أثر لاختلاف الزرع والحصاد قال ولا أعني بالسنة اثني عشر شهرا فإن الزرع لا يبقى هذه المدة وإنما أعنى بها ستة أشهر إلى ثمانية هذا كله إذا كان زرع الثاني بعد حصد الأول فلو كان زرع الثاني بعد اشتداد حب الأول ففيه طريقان (أصحهما) أنه على هذا الخلاف (والثاني) القطع بالضم لاجتماعهما في الحصول في الأرض.

3.Bughyat al Musytarsyidin dan Hasyiyah Ahmad Ibn Umar Assyathiri III hal 29
فائدة : حاصل كلامهم في انضمام الزروع بعضها إلى بعض أنه إذا زرع صيفاً ثم شتاء وكمل الأول بالثاني وكان حصادهما في عام واحد زكاهما بالاتفاق ، فلو زرع صيفاً آخر وكان حصاده مع الثاني في عام ومجموعهما نصاباً لم يضم الثالث إلى الثاني عند عبد الله بلحاج وابنه أحمد وعبد الله بن عمر مخرمة ، ويضم إليه عند عبد الله بن أحمد مخرمة وصاحب القلائد وعلي بايزيد وهو الصواب ومقتضى كلام الأصحاب ، اهـ منتخب اهـ من خط بعضهم. واشترط في التحفة والفتح في التمر كون القطع في عام واحد أيضاً كالزرع ، وخالفه في الإمداد والنهاية والمغني والإرشاد ، فاشترطوا كون الإطلاع في عام لا القطع.
(
قوله : وكان حصادهما في عام واحد ) ولو تواصل بذر الزرع عادة بأن امتد شهرا أو شهرين متلاحقا عادة فذلك زرع واحد ، وإن لم يقع حصاده في سنة واحدة فيضم بعضه إلى بعض ، وأما إن تفاصل البذر بأن اختلف أوقاته عادة فإنه يضم أيضا بعضه إلى بعض لكن بشرط وقوع الحصادين في عام واحد أي : في اثني عشر شهرا عربية سواء أوقع الزرعان في سنة واحدة أم لا اهـ عبد الحميد عن الكردي والنهاية والمغني وباعشن

4.Qalaid al Kharaid Lil Faqieh Abdullah Muhammad Ba Qushair al Hadrami al Syafii I hal 213
أفتى أبو مخرمة بأن من زرع ذرة في صيف ثم أخرى في الشتاء وتم مجموعهما نصابا ثم في أول الصيف الآخر ذرة لم تبلغه أنها إن بلغته مع ذرة الشتاء قبلها وكان حصادهما يجمعه سنة عددية وجبت زكاتها وإلا فلا أي فلا يعتبر للأخيرة ضم الأولى معها وإن إعتبرنا ضمها الى الثانية لكونهما في سنة ويشبه هذا ما سبق في النخل ومثله يؤخذ من هنا ضم الثاني الى الثالث لتكملة النصاب في الثالث فيه إن تم به


2. Madrasah Di atas Tanah Masjid
Deskripsi Masalah :
Ketika tanah di halaman masjid masih luas, sementara kegiatan belajar membutuhkan lahan guna pendirian gedung madrasah. Atas kesepakatan takmir masjid, maka dibangunlah madrasah di atas lahan masjid yang masih tersisa. Setelah madrasah menjadi maju dan mempunyai penghasilan yang melimpah, tidak sadar kalau berdiri di atas tanah masjid. Selama ini, tidak pernah memberi kontribusi pada masjid, sehingga takmir masjid merasa dirugikan, karena para tenaga pendidik dan murid selalu menggunakan fasilitas masjid, seperti WC, kamar mandi, dan lain sebagainya. Akan lebih terasa lagi, ketika madrasah di negerikan.
(PCNU Kota Malang)

Pertanyaan :
a.Bagaimana hukum membangun gedung madrasah di atas tanah masjid ?
Jawaban:
Hukum membangun madrasaah di atas tanah milik masjid atau wakaf untuk masjid, tidak boleh kecuali jika sesuai dengan syarat waqif atau uruf yang berlaku.

بغية المسترشدين ص 65 دار الفكر
لا يجوز فعل نحو حوض فيه مما يغير هيئة المسجد، إلا إن شرطه الواقف في صلب الوقف متصلاً به كأن يقول: وقفت هذه الأرض مسجداً بشرط أن يفعل فيها حوض للماء مثلاً، أو اطردت عادة موجودة في زمن الواقف علم بها بفعل نحو الحوض.

بغية المسترشدين ص : 174 (دار الفكر)
(
مسألة ب) وظيفة الولى فيما تولى فيه حفظه وتعهده والتصرف فيه بالغبطة والمصلحة وصرفه فى مصارفه هذا من حيث الإجمال وأما من حيث التفصيل فقد يختلف الحكم فى بعض فروع مسائل الأولياء -إلى أن قال- وتجوز بل تجب عليه المعاوضة فى ملك المسجد إن رأى المصلحة كأن كانت أرض المسجد لا تحرث أو تحرث نادرا فرغب فيها شخص بأرض تحرث دائما ويكون بصيغة المعاوضة أولى فيكتب فى الصيغة أما بعد فقد صار الزبر الفلانى المحدد بكذا لمسجد كذا من فلان بالمعاوضة الشرعية المستكملة للشروط والأركان فصار الزبر المذكور ملكا من أملاك المسجد قطعا قلاطا وتعوض فلان المذكور فى مقابلة ذلك ما هو ملك المسجد المذكور وهو الزبر الفلانى بحدوده الأربعة على لسان القيم والولى شرعا على المسجد المذكور فلان بن فلان وذلك بعد ظهور الغبطة والمصلحة وله أن يقاسم عن المسجد كسائر التصرفات

اعانة الطالبين. ج . 3. ص: 171 دار الفكر.
تنبيه حَيْثُ أَجْمَلَ الواقِفُ شَرْطَهُ، اتُّبِعَ فيه العُرْفَ المطَّرَد في زَمَنِهِ ــــ لأنه بمنزلة شَرْطِهِ ــــ ثمَّ ما كان أقْرَبُ إلى مقاصِد الواقفِين ــــ كما يَدلُّ عليه كلامُهم ومن ثم امْتنَعَ في السِّقايات المسْبَلَة على الطُّرُقِ غيرَ الشُّرْبِ ونَقْلِ الماءِ مِنْهَا ولو للشُّرب. وبحث بعضهم حُرْمَةَ نحو بُصاقٍ وعَسْلَ وَسَخ في ماء مُطَهّرة المَسْجدِ، وإن كثر.
(
قوله: حيث أجمل الواقف شرطه) أي جعله مجملاً، أي غير واضح الدلالة، كما إذا قال وقفت هذا على من يقرأ على قبر أبي الميت، وأطلق القراءة ولم يعينها بقدر معلوم ولا بسورة معينة، فيعمل بالعرف المطرد في زمنه، كما تقدم(قوله: اتبع فيه) أي في شرطه المجمل أو في الوقف، فالضمير يصح رجوعه للأول وللثاني، وقوله في زمنه، أي الواقف. وفي التحفة، وظاهر كلام بعضهم اعتبار العرف المطرد الآن في شيء فيعمل به، لأن الظاهر وجوده في زمن الواقف، وإنما يقرب العمل به، حيث انتفى كل من الأوّلين. اهــــ. والمراد بالأولين، العرف المطرد في زمنه، وما كان أقرب إلى مقاصد الواقفين (قوله: لأنه) أي العرف المطرد في زمنه، (وقوله: بمنزلة شرطه) أي الواقف (قوله: ثم ما كان أقرب الخ) أي ثم إذا فقد العرف المطرد، اتبع ما كان أقرب إلى مقاصد الواقفين. (قوله: ومن ثم امتنع الخ) أي من أجل أنه يتبع ما كان أقرب إلى مقاصد الواقفين إذا فقد العرف المطرد: امتنع في السقايات، أي التي لم يعلم فيها قصد الواقف غير الشرب، وامتنع نقل الماء منها، ولو للشرب، وذلك لأن الأقرب إلى قصد الواقفين، الشرب فيها فقط.


b.Perjanjian bentuk apa yang seharusnya dilakukan antara pihak masjid dan madrasah, sekira tidak melanggar hukum syar’i ?

Jawaban
Belum ditemukan solusi yang tepat dalam madzhab Syafi’i yang memungkinkan untuk membiarkan keberadaan madrasah tersebut. Akan tetapi, menurut sebagian ulama madzhab Hanbali, jika sebagian besar masyarakat sekitar masjid menyetujui bagian dari masjid di alih fungsikan sebagai madrasah, maka hukumnya boleh. Dengan demikian, jika masarakat sekitar masjid dalam diskripsi masalah, sepakat untuk membiarkan keberadaan madrasah karena dipandang membawa maslahat bagi masyarakat sekitar, maka hukumnya boleh bagi pengurus masjid untuk melanjutkan keberadaan madrasah tersebut.

Referensi
مطالب أولي النهى شرح غاية المنتهى. ج. 4. ص 375
(وَيَجُوزُ رَفْعُ مَسْجِدٍ) إذَا (أَرَادَ أَكْثَرُ أَهْلِ مَحَلَّتِهِ) أَيْ: جِيرَانِهِ (ذَلِكَ) ; أَيْ: رَفْعَهُ (وَجُعِلَ) تَحْتَ (سُفْلِهِ سِقَايَةٌ وَحَوَانِيتُ) يُنْتَفَعُ بِهَا نُصَّ عَلَيْهِ فِي رِوَايَةِ أَبِي دَاوُد ; لِمَا فِيهِ مِنْ الْمَصْلَحَةِ, وَظَاهِرُهُ أَنَّهُ يَجُوزُ لِجُنُبٍ وَنَحْوِهِ جُلُوسٌ بِتِلْكَ الْحَوَانِيتِ ; لِزَوَالِ اسْمِ الْمَسْجِدِيَّةِ

HUKUM MENGKONSUMSI KEONG SAWAH/TUTUT/KO’OL (b. madura)

Di Sebagian daerah yang penduduknya berpenghasilan minus, telah terbiasa mengkonsumsi hewan sawah yang bentuknya mirip keong, penduduk sekitar memberinya nama Ko’ol (Madura)
Pertanyaan:
Bolehkah mengkonsusi Keong Sawah/ Ko’ol (Madura) tersebut?
Jawaban:
Keong sawah (Pila ampullacea) adalah sejenis siput air yang mudah dijumpai di perairan tawar Asia tropis, seperti di sawah, aliran parit, serta danau. Hewan bercangkang ini dikenal pula sebagai keong gondang, siput sawah, siput air, atau tutut. Bentuknya agak menyerupai siput murbai, masih berkerabat, tetapi keong sawah memiliki warna cangkang hijau pekat sampai hitam. Sebagaimana anggota Ampullariidae lainnya, ia memiliki operculum, semacam penutup/pelindung tubuhnya yang lunak ketika menyembunyikan diri di dalam cangkangnya. Hewan ini dikonsumsi secara luas di berbagai wilayah Asia Tenggara dan memiliki nilai gizi yang baik karena mengandung protein yang cukup tinggi.
Adapun hukum mengkonsumsinya adalah halal (sesuai keputusan Bahtsul Masail PCNU Kab. Probolinggo) sesuai keterangan dari kitab Al-Madzahibul Arba’ah Juz II Halaman 3
فلا يجوز اكل الحشرات الضارة… اما إذا اعتاد قوم اكلها ولم تضرهم وقبلتها انفسهم, فالمشهور عندهم انها لاتحرم ( المذاهب الاربعة, الجزء ٢ ص ٣ )

PC LBM NU Kab. Probolinggo

Hukum Membeli Jatah Arisan
Deskripsi Masalah:
Hamid dan Hamdan keduanya menjadi anggota arisan. Pada suatau giliran jatuh di tangan Hamid, lalu giliran tersebut oleh Hamdan dibeli, kemudian setiap undian Hamid ikut lagi.
Pertanyaan:
Bagaimana membeli giliran arisan seperti contoh di atas?
Jawaban:
Boleh dengan aqad jual beli yang jelas, seperti Hamdan membayar sejumlah uang untuk membeli hak giliran Hamid dan giliran Hamid diterima seluruhnya oleh Hamdan karena termasuk transaksi بيع الإستحقاق. Haram/tidak boleh apabila dengan aqad/cara hutang piutang untuk mendapatkan selisih keuntungan karena termasuk dalam كل قرض جر نفعا
Dasar Pengambilan Hukum:
1. Bughyatu al-Mustarsyidin, Hlm. 135
إِذِ الْقَرْضُ الْفَاسِدُ الْمُحَرَّمُ هُوَ الْقَرْضُ الْمَشْرُوْطُ فِيْهِ النَّفْعُ لِلْمُقْرِضِ. هَذَا إِنْ وَقَعَ فِى صُلْبِ الْعَقْدِ وَإِنْ تَوَاطَأَ عَلَيْهِ قَبْلَهُ وَلَمْ يَذْكُرْ فِى صُلْبِهِ أَوْ لَمْ يَكُنْ عَقْدٌ جَازَ مَعَ الْكَرَاهَةِ كَسَائِرِ حِيَلِ الرِّبَا اْلوَاقِعَةِ لِغَرَضٍ شَرْعِيٍّ.
“Karena hutang piutang yang rusak (tidak sah) dan diharamkan, ialah hutang menghutangi yang ada syarat menarik keuntungan bagi yang menghutangi. (letak keharaman ini) apabila persyaratan tadi masuk/terjadi bersamaan di dalam satu aqad (transaksi) namun jika hanya kebetulan saja dengan aqad sebelumnya. Dan persyaratan tadi tidak disebutkan dalam aqad atau memang bukan aqad, maka diperbolehkan dengan hukum makruh. Seperti halnya merekayasa barang riba dilakukan bukan untuk tujuan syara’”.
2. Al-Bajuri, Juz I, Hlm. 340
وَالْبُيُوْعُ جَمْعُ بَيْعٍ وَاْلبَيْعُ لُغَةً مُقَابَلَةُ شَيْءٍ بِشَيْءٍ فَدَخَلَ مَا لَيْسَ بِمَالٍ كَخَمْرٍ وَأَمَّا شَرْعًا فَاَحْسَنُ مَا قِيْلَ فِى تَعْرِيْفِهِ أَنَّهُ تَمَلُّكُ عَيْنٍ مَالِيَةٍ بِمُعَاوَضَةٍ بِإِذْنٍ شَرْعِيٍّ أَوْ تَمَلُّكُ مَنْفَعَةٍ مُبَاحَةٍ عَلَى التَّأْبِيْدِ بِثَمَنٍ مَالِيٍّ فَخَرَجَ بِمُعَاوَضَةٍ اْلقَرْضُ وَبِإِذْنٍ شَرْعِيٍّ الرِّبَا وَدَخَلَ فِى مَنْفَعَةٍ تَمَلُّكُ حَقِّ الْبِنَاءِ (قَوْلُهُ وَدَخَلَ فِى مَنْفَعَةٍ الخ) … ِلأَنَّ الْمَنْفَعَةَ تَشْمُلُ حَقَّ الْمَمَرِّ وَوَضْعَ اْلاَخْشَابِ عَلَى الْجِدَارِ… إِلَى اَنْ قَالَ قَوْلُهُ تَمَلُّكُ حَقِّ الْبِنَاءِ وَصُوْرَةُ ذَلِكَ أَنْ يَقُوْلَ لَهُ بِعْتُكَ حَقَّ الْبِنَاءِ عَلَى هَذَا السُّطْحِ مَثَلاً بِكَذَا وَالْمُرَادُ بِالْحَقِّ اْلاِسْتِحْقَاقُ.
ومثله ما فى إعانة الطالبين الجزء الثالث صحيفة ۳۰ والفتاوى الكبرى لابن حجر الجزء الثالث صحيفة ۲٣.
“Buyu’ itu menjadi jama’ dari mufrod bai-in. Bai’ menurut bahasa adalah bandingan (pengganti) sesuatu dengan sesuatu yang lain, maka termasuk di dalamnya adalah sesuatu, meskipun bukan termasuk harta benda, seperti khomer (minuman keras). Adapun menurut syara’ (bai’) adalah (dengan definisi yang lebih baik dikatakan) memberikan milik atas benda yang bernilai dengan saling menukar, dengan ijin yang dianggap boleh syara’. Atau memberikan milik atas kemanfaatan yang mubah (boleh) untuk selama-lamanya dengan tsaman (harga) yang bernilai harta. Kata-kata mu’awadhoh (saling menukar) itu mengecualikan Qordlu (menghutangi). Kata-kata ijin secara syara’, itu mengecualikan riba dan termasuk di dalam kemanfaatan adalah memberikan milik atas hak guna bangunan”.
3. I’anatu al-Thalibin, Juz III, Hlm. 30
4. Fatawi al-Kubra li Ibni Hajar, Juz III, Hlm. 23
(Hasil Bahts Masail PWNU Jatim 1986 di PP.Asembagus Situbondo)

Hukum Alat Bantu Seksual
Akhir – akhir banyak sekali dijumpai di toko-toko alat kelamin buatan sebagai pelampiasan nafsu seksual seperti : Penis elektrik, boneka elektrik dan alat bantu lainnya.
1. Bagaimana hukum menggunakan alat-alat tersebut?
2. Apakah termasuk zina kalau alat digunakan ?
Jawab
1. hukum menggunakan alat-alat tersebut HARAM
2. Jika alat-alat tersebut digunakan tidak termasuk zina, (pelakunya tidak wajib Di HAD tapi wajib di TA’ZIR yang ditentukan Hakim ). Karena yang disebut Zina ialah memasukkan hasyafah yang asli dan masih melekat, atau kira-kiranya bagi yang tidak mempunyai hasyafah, kedalam farji orang yang masih hidup yang diharamkan dan tidak ada syubhat.
Dasar Pengambilan :
1. Kitab Syarah Sullam Taufiq Halaman 76-77
ومن معاصى الفرج الزناواللواط الى ان قال…….والاستمناع بيد غيرالحليلة ( شرح سلم التوفيق ص ۷۶- ۷۷ )
2. Kitab I’anatu Tholbin Juz 4 hal. 142
(قوله زنى بايلاج حشفة ) اي ادخال حشفة ولابد ان تكون فيها اصلية ومتصلة فخرج ايلاج غيرالحشفة كاصبعه اوالحشفة الزائدة ولو احتمالا كما لو اشتبه الاصلي بالزائد او المنفصلة فلا حد فى جميع ما دكر لانه لا يسمى زنا ( اعانة الطالبين الجزء الرابع ص ۴۲ ۱)
* Oleh: Sulaiman

Presiden Soekarno Menurut Nahdlatul Ulama
Rabu, 25 Januari 2012 | 02:53 WIB
Pasca kemerdekaan Indonesia pada 1945, Pemerintah menghadapi persoalan yang kompleks, termasuk semangat sebagian kelompok untuk membentuk negara di luang bingkai Republik Indonesia. Salah satu kelompok tersebut adalah Darul Islam atau Tentara Islam Indonesia (DI/TII) di bawah pimpinan SM. Kartosuwiryo.DI/TII berusaha merealisasikan cita-cita Negara Islam Indonesia.
Persoalan pemerintahan lainnya adalah Presiden Soekarno yang harus mengangkat pegawai yang menangani urusan yang langsung berkaitan dengan masalah keagamaan seperti wakaf, waris, pernikahan dan lain-lain. para kiai di Indonesia berpandangan bahwa urusan itu harus ditangani oleh pejabat berwenang yang diangkat oleh kekuasaan yang sah perspektif hukum Islam.
Atas berbagai problem tersebut muncul kesimpangsiuran penguasa negeri di mata masyarakat. Pertanyaan mendasar muncul, apakah Presiden RI, Ir. Soekarno adalah sah? Muktamar NU pada 1947 di Madiun memutuskan bahwa Ir. Soekarno adalah Kepala Negara Republik Indonesia sebagai waliyyu al-amri ad-dharuri bi as-syaukah (pemegang pemerintahan yang bersifat darurat dengan kekuatan dan kekuasaan).  Salah satu landasan fiqh yang digunakan adalah:
قال الغزالى / واجتماع هذه الشروط متعذر في عصرنا / لخلو العصر عن المجتهد المستقل / فالوجه / تنفيذ قضاء كل من ولاه سلطان ذو شوكة / وان كان جاهلا او فاسقا لئلا تتعطل مصالح المسلمين.  // قال الرافعي وهذا احسن (كفاية الاخيار جز ٢ ص١١٠)
Memilih lokasi Muktamar di Madiun sungguh menarik, mengingat saat itu Partai Komunis Indonesia (PKI) tengah menuai simpati besar dari sebagaian rakyat Indonesia.
(sumber: ahkamul fuqaha Nahdlatul Ulama, 1926–2010)

Kiai Arwani: Masjidil Haram Tetap Paling Utama
Rabu, 14 Desember 2011 | 20:14 WIB
Pernyataan Grand Mufti Syaikh Abdul Aziz al-Asheikh yang menganggap masjid-masjid di Kota Mekkah memiliki keutamaan sama dengan Masjidil Haram, ditentang oleh Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Arwani Faishal. Gus Ar, demikian Kiai Arwani biasa disapa dengan tegas menyatakan Masjidil Haram tetap yang paling utama.
“Di Masjidil Haram terdapat Ka’bah yang itu adalah kiblat salat dan tawaf,” tegas Gus Ar di Jakarta, Jum’at, 4 Nopember 2011.
Gus Ar menambahkan, beberapa nash menunjukkan bahwa Masjidil Haram adalah yang paling utama. Sebaliknya, tidak ditemukan nash yang bisa dijadikan untuk mensejajarkan masjid-masjid lain di Kota Mekkah dengan Masjidil Haram.
Terkait fenomena berdesak-desakan sesama jamaah haji karena ingin beribadah di Masjidil Haram, Gus Ar menyarankan adanya solusi lain. Salah satunya dia meminta agar Pemerintah Arab Saudi melibatkan seluruh negara Islam dalam perumusan mekanisme ibadah haji.
“Operator pelaksanaan  ibadah haji tetap Arab Saudi, tapi regulasinya yang seharusnya dibicarakan bersama-sama,” pungkas santri KH. Sahal Mahfudz.
Sebelumnya, Grand Mufti Syaikh Abdul Aziz al-Asheikh mengeluarkan pernyataan yang menganggap masjid-masjid di Kota Mekkah memiliki keutamaan yang sama dengan Masjidil Haram. Ini disampaikan untuk menghindari fenomena berdesak-desakan antar jemaah haji, yang dianggap sangat membahayakan.
Redaktur        : Emha Nabil Haroen
Kontributor    : Samsul Hadi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan