Langsung ke konten utama

UNAS



   UNAS
Ujian Nasional merupakan aktifitas tahunan setiap sekolah , dari tingkat SD/MI, sampai SMA/MA. Penyelenggaraan UNAS dijaga ketat oleh pengawas yang penempatanya ditentukan oleh Diknas melalui Sub Rayon sekolah masing-masing .Realita yang terjadi , penempatan pengawas UNAS disilang (Guru MTS/MA ditempatkan di SMA dan sebaliknya ), selama beberapa periode bahkan sampai sekarang ,pengawas dari MTS/ MA ditempatkan pada sekolah yang beda agama.
Pertanyaan

a.      Dalam kaca mata fikih,bagaimanakah hukum penempatan pengawas MTS/ MA disekolah yang beda agama sesuai dengan diskripsi di atas ?
Jawaban
Boleh
Referensi :
& Tafsir muroghi juz 6 hal 137 – 138
تفسير المراغى ص 136-137 ج 6
قال ابن جرير فإن من تولى ونصرهم على المؤمنين  فهو من أهل دينهم فإنه لا يتولى متولى أحدا إلا وهو به وبدينه وما هو عليه راض واذا رضيه ورضي دينه فقد عادى من خالفه وسخطه وصار حكمه حكمه .
ومن هذا من تعلن انه اذا وقعت المتوالاة والمخالفة والناصرة بين المخلفين فى الدين  لمصالح دنوية لا تدخل فى النهي الذي فى الأية كما إذا حلف المسلمين أمة غير مسلمة على أمة مثلها للتفاق مصلحة مسلمين مع مصلحتها ومثل هذا لا يكون محذورا.
Pertanyaan
b.      Wajibkah para pengawas MTS/MA , mentaati aturan penempatan sebagaimana diatas ?
Jawaban
Kita wajib mentaati walau sebatas dzohiron saja
Referensi :
& Bugyatur murtasyidin  58-59
& Assyarwani juz 2 Hal 71-72
بغية المسترشدين 58-59
(مسئلة ك ) يجب امتثال امر الأمام فى كل ما له ولاية كدفع الزكاة المال الظاهرة فان لم تكن له  فيه ولاية وهو من الحقوق الواجبة او المندوبة جاز الدفع اليه والاستقلال بصرفه فى مصارفه وان كان المأمور به مباحا او مكروها او حراما ما لم يجب امتثال امره فيه كما قال م ر وتردد فيه فى التخفة  ثم مال الى الوجوب فى كل ما امر به الأمام ولو محراما لكن ظاهر ا فقط وما عداه ان كان فيه مصلحة عامة وجب ظاهرا وباطنا  والا فظاهرا فقط ايضا والعبرة فى المندوب والمباح بعقيدة المأمور ومعنى قولهم ظاهرا  انه لاياثم بعدم الامتثال  ومعنى باطنا انه يأثم . اهـ  قلت وقال ش ق والحاصل انه تجب طاعة الإمام فيما امر به ظاهرا وباطنا مما ليس بحرام او مكروه فالواجب يتأكد والمندوب يجب . وكذا المباح ان كان فيه مصلحة كترك شرب التنباك اذا قلنا بكراهته لأن فيه خسة بذوى الهيئات .

الشرونى . ج 2 ص 72-71
( قوله ما لم يخالف الخ ) هذا يفيد وجوب المباح اذا أمر به لانه لايخالف حكم الشرع ونقل س م على المنهاج عن م ر أخر اشتراط ان يكون فيه مصلحة عامة . وأنه اذا امر بالخروج الى الصحراء للاشتسقاء وجب انتهى . وفي حجر انه اذا امر بمباح اى ليس فيه مصلحة عامة وجب ظاهرا أو بمندوب أو بما فيه مصلحة عامة وجب ظاهرا وباطنا انتهى . وخرج بمباح المكروه كان امر بترك رواتب الفرض فلا تجب طاعته فى ذلك لا ظاهرا ولاباطنا ما لم يخشى الفتنة . ونقل بالدرس عن فتاوى الشارح م ر ما يوافق ع ش ( قوله وهذا يفيد المباح الخ ) لك منعه بان ايجاب مباح ليس فيه مصلحة عامة مخالف للشرع. قوله ( اى بان لم يأمر بمحرم ) قضيته انه يجب امتثال امر الامام بالمكروه وتقدم ع ش وشيخنا خلافه الا ان يريد بالمحرم المنهي بقرينة قوله الأتى نعم الذي يظهر الخ ( قوله كما هو الخ ) عطف على ( قوله تجب الخ ) ان جوزنا اي التسعير ( وقوله كما هو الخ ) اي تجوز التسعير ( قوله ان أمر به الخ ) اي من المباح , ويعلم من كلامه هذا انه لايجب امتثال امره بالمكروه الا ان خاف فتنة .                           







Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا