Langsung ke konten utama

lewat dibawah keranda

Sering terjadi di pedasaan, bila orang tuanya meninggal dunia, maka semua anak-anaknya dilewatkan dibawah keranda (Jawa – Pendoso) sebelum jenazah diberangkatkan kekuburan.

Pertanyaan :
a.       Apakah ada dalil syar’I dari hal tersebut diatas ?.
b.      Kalau tidak ada, bagaimana hukumnya yang sedemikian itu ?
(PP. Sidogiri Pasuruan)
Jawaban  a:
Musyawirin (Peserta Musyawaroh) belum menemukan dalil Syar’i mengenai hal tersebut diatas.

Jawaban  b:   
Hukumnya adalah BID’AH MAKRUHAH.

Referensi :
1.      Sulaiman Al Jamal Alal Manhaj Juz II  Hal. 165
2.      Fatawi Kubro Juz II  Hal. 07
3.      Fatawa Syar’iyyah Juz II Hal.48-50.     
       
1-وفى سليمان الجمل على شرح المنهاج للشيخ سليمان الجمل ما نصه :
قال فى المطالع والتزاحم على النعش والميت بدعة مكروهة وكان الحسن إذا رآهم يزدحمون عليه يقول إخوان الشياطين .

2-وفى الفتاوى الكبرى للشيخ ابن حجر الهيتمى ما نصه :
للشيخ العلامة جلال الدين عبد الرحمن السيوطىوسئل للشيخ عبد الحميد الشرونى والإمام المحقق الشيخ احمد بن قاسم العبادى  أعاذ الله علينا من بركاته عما يذبح من النعم ويحمل مع ملح خلف الميت الى المقبرة ويتصدق به على الحفارين فقط وعما يعمل يوم ثالث موته من تهيئة أكل واطعامه للفقراء وغيرهم وعما يعمل يوم السابع كذلك وعما يعمل يوم تمام الشهر من الكعك ويدار به على بيوت النساء اللاتى حضرن الجنازة ولم يقصد بذلك إلا مقتضى عادة أهل البلد حتى أن من لم يفعل ذلك صار ممقوتا عندهم خسيسا لا يعبؤون به وهل اذا قصدوا بذلك العادة والتصدق فى غير الآخرة أو مجرد العادة ماذا يكون الحكم
جوازا وغيره وهل يوزع ما صرف على أنصباء الورثة عند قسمة التركة وان لم يرض به بعضهم وعن المبيت عند أهل الميت الى مضي شهر من موته لأن ذلك عندهم كالفرض ما حكمه ؟
{فأجاب} بقوله جميع ما يفعل مما ذكر فى السؤال من البدع المذمومة لكن لا حرمة فيه الا ان فعل شيء منه لنحو نائحة أو رثاء .

3-وفى فتاوى شرعية للشيخ حسنين محمد مخلوف ما نصه :
{السؤال} سار الناس بجنازة فى البلدة وأمامها الطبول والبنود، وإذا بالنعش يدور بالناس ويرجع بهم الى الوراء ثم يندفع الى الأمام بسرعة، فاعتقد الناس أن ذلك من فعل الميت تعلقا منه ببعض الأماكن، فتقدم آخرون لحمل النعش فحصل معهم ما حصل مع السابقين فهل هذا من فعل الميت حقيقة ؟
{الجواب} كثر ادعاء الناس حدوث هذه الحالة من الموتى فى بلادنا وخاصة القرى إذا كانوا من المنتسبين الى بعض الطرق الصوفية . فيزعمون أن المتوفى دفع الجنازة الى جهة كرها عن حامليها، ثم جذبها الى أخرى كذلك، وكلما أكثر المشيعون من الأذكار ازداد الدفع والجذب، وهكذا الى أن ينتهي بهم المطاف الى القبر بعد جهد وعناء .
وليس لهذا أصل فى الدين، فلم يرد فى الكتاب ولا فى السنة ما يشير الى وقوع مثل ذلك لنبي أو وليّ لا فى الأمم السابقة ولا فى هذه الأمة . وما أثر شيء من ذلك فى الصدر الأول وهو خير القرون وأفضلها عن أصحابيّ أو تابعيّ ولا عن إمام من أئمة المسلمين ولا صالح من أتقيائهم المرضيين، ولو وقع " وهو مما تتوافر الدواعى على نقله بلا ريب " لنقله الينا الثقات كما نقلوا الينا صحيح الأخبار والآثار . وقد أفاض المؤرخون فى وصف جنازة إمام أهل الحديث وأتقى الأمة فى عصره الإمام أحمد بن حنبل رضي الله عنه وصفا دقيقا لم يقل أحد إنه فعل مثل ذلك .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan