Terdorong oleh keinginan melanjutkan study yang menggebu-gebu dan
anjuran pemerintah agar orang kaya bersedia menjadi orang tua asuh bagi anak
sekolah yang tidak mampu. Maka Bambang yang mempunyai otak brillian mengajukan
proposal kepada orang kaya agar bersedia menjadi orang tua asuhnya, dengan
perjanjian di depan Notaris bahwa kalau orang kaya tersebut bersedia menanggung
semua kebutuhan sekolahnya, maka dia berhak mendapat 10 % dari penghasilan
Bambang jika sudah tamat dan bekerja.
Pertanyaan :
a.
Termasuk akad apakah perjanjian tersebut ?
b.
Apakah masing-masing orang tua dan anak asuh tersebut
boleh menuntut haknya dengan dasar Akte dari Notaris ?
c.
Kalau tidak boleh bagaimana jalan keluarnya ?
(PP. Al-Falah Ploso Kediri)
Jawaban a :
Termasuk Mu’amalah Fasidah(Qordlu Fasid).
Referensi :
1.
Al- Jamal Juz III Hal. 254.
2.
Ghoyatu Talkhisil Murod Hal.129.
1-وفى الجمل على المنهج للشيخ سليمان
الجمل مانصه :
{الإقراض} وهو تمليك الشيء على أن يرد مثله
{سنة} لأن فيه اعانة على كشف كربة وأركانه أركان البيع كما يعلم مما يأتى {قوله
واركانه أركان البيع} ومنه يعلم أنه لابد أن يكون المقرض معلوم القدر أى ولو مآلا
بدليل صحة إقراضه كف طعام ليرد مثله إهـ.
2-وفى غاية تلخيص المراد من فتاوى ابن زياد مانصه :
{مسئلة} اقرضه
عشرة دنانير بشرط أن يحمله فى جلبته الى مكان كذا ودفعها اليه فحمله الى المكان
كان القرض فاسدا لا يجوز له التصرف فيه بل هو مضمون عليه كالغصب وعليه رد الدنانير
وله أجرة مثل لجلبته إهـ.
Jawaban b :
Masing-masing pihak tidak bisa
menuntut haknya (hak sebagai mana yang tercantum dalam Akte Notaris). Cuma anak
asuh wajib mengembalikan biaya yang telah di keluarkan oleh Bapak asuh. Dan
seumpama orang tua asuh sudah menerima bagian 10 % juga harus mengembalikan
kepada anak asuh.
Referensi :
1.
Hamisy Asy-Syarqowi Juz II Hal. 510
2.
Al-Jamal Juz III Hal. 255
3.
Bughyatul Mustarsyidin Hal.125.
1-وفى هامش الشرقاوى لشيخ الإسلام أبى زكريا الأنصارى مانصه :
لا تسمع دعوى محال كمثل جبل أحد ذهبا أو فضة ولا دعوى ما
أبطله الشرع كثمن خمر أو حر للنهي عنه إهـ.
2-وفى الجمل للشيخ سليمان الجمل
مانضه :
{قوله وقبول} فلو لم يقبل لفظا أو لم يحصل
ايجاب معتبر من المقرض لم يصح ويحرم على الآخد التصرف فيه لعدم ملكه لكن اذا تصرف
فيه ضمن بدله بالمثل أو القيمة إهـ
3-وفى بغية المسترشدين للسيد
عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمر مانصه :
{مسئلة ش} اشترى أثوابا وأجل ثمنها الى جزير
الحوير ثم خلطها بما لا يتميز فإن جرى ذكر الأجل فى صلب العقد أبطله وحينئذ يلزم
المشتري أقصى قيم الأثواب من القبض الى الخلط اذ المقبوض ببيع فاسد كمغصوب إهـ.
Jawaban c :
Kalau hal tersebut sudah terjadi maka tidak ada jalan
keluarnya. Jika belum terjadi, maka jalan keluarnya adalah dengan akad hutang
yang diperbolehkan (Qordlu Shohih). (*)
Kemudian jika anak asuh ingin memberi jasa kepada Bapak
asuh maka bisa dengan jalan Hibah atau Nadzar.
Referensi :
1.
Asnal Matholib Juz II Hal. 142.
2.
Nihayatuz Zain Hal. 221- 222.
3.
Bughyatul Mustarsyidin Hal. 268.
1-وفى
أسنى المطالب لشيخ الإسلام أبى زكريا
الأنصارى مانصه :
{فإن فعله} أى الرد لشيء من ذلك {بلا شرط} فى
العبد {استحب} ولو فى الربوي {ولم يكره
أخذه} لخبر مسلم أنه صلى الله عليه وسلم استقرض بكرا ورد رباعيا وقال ان خياركم
أحسنكم قضاء .
{قوله فإن فعله بلا شرط ..الخ } ولا يجوز رجوعه فى الزائد لأنه هبة مقبوضة ولا
يحتاج فيه الى ايجاب وقبول إهـ.
2-وفى نهاية الزين للشيخ محمد نووى بن عمر التنارى مانصه :
{فرع} النذر التزام مكلف قربة لم تتعين بلفظ منجز
كلله علي كذا أو علي كذا أو نذرت كذا أو
معلق كإن شفاني الله أو سلمنى فعلي كذا فيلزم ما التزمه حالا فى منجز وعند وجود
صفة فى معلق إهـ.
3-وفى بغيةالمسترشدين للسيد عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمر مانصه :
{مسئلة} يصح النذر بالمجهول والمعلوم والغائب
إهـ.
(*) Keterangan:
Jalan keluar
dengan Qordlu Shohih yaitu : hendaknya di dalam akad Bapak asuh mencantumkan
kadar yang di hutangkan (Muqrodl), dan anak asuh menentukan kadar uang
pengembaliannya (‘Iwadl) yang sesuai dengan kadar Muqrodl (uang yang dia hutang).
Referensi: Mafhum dari Ibarat-ibarat di atas.
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik