PASPORT
HIJAU
Diskripsi
Masalah
Pada
musim haji 1428 H./2007 M. kemarin terjadi sejumlah mudus pelanggaran imigrasi
oleh ratuan WNI di Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji secara murah
(menggunakan pasport hijau) di antaranya mereka berumroh menjelang musim haji
kemudian tetap bermukim/tinggal di tanah suci walaupun masa ijin berkunjung
(visa)nya sudah habis, akibatnya mereka dideportasi oleh pemerintah
Saudi.
Pertanyaan:
a.
Bagaimana
hukum ibadah haji yang dilakukan dengan cara melanggar undang-undang
ke-imigrasian?
b.
Bagaimana
tindakan selanjutnya bagi jamaah haji yang sudah berniat ihram maupun belum
sempat berwukuf di Arafah, atau sudah berwukuf namun belum sempat thawaf ifadloh sudah
dideportasi dan dipulangkan secara paksa oleh pemerintah Arab Saudi ke tanah
air? (PCNU Bojonegoro)
Jawaban:
2.a.
Hukum hajinya tetap sah menurut jumhur, tetapi haram karena melanggar aturan
yang telah ditentukan. Sedangkan menurut Imam Ahmad hukum hajinya tidak sah dan
tidak mencukupi untuk pelaksanaan rukun Islam.
الميزان الكبرى ج 2 ص 32
ومن ذلك قول الأئمة الثلاثة أنه لو غصب دابة فحج عليها أو مالا فحج به
أنه يصح حجه وإن كان عاصيا بذلك مع قول أحمد انه لا يصح حجه ولا يجزيه فالأول فيه
تخفيف والثانى مشدد.
المجموع ج 7 ص 62
(فرع) إذا حج بمال حرام أو راكبا دابة مغصوبة أثم وصح حجه واجزأه عندنا
وبه قال أبو حنيفة ومالك والعبد رى وبه قال أكثر الفقهاء * وقال احمد لا يجزئه *
ودليلنا أن الحج افعال مخصوصة والتحريم لمعنى خارج عنها
Jawaban:
2.b. Solusinya adalah wajib melakukan tahalul dan menyembelih hewan
sebagai dam ihsor dengan seketika
atau memanfaatkan peluang hukum yang lain.
Dasar
Pengambilan Hukum
وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ فَإِنْ أُحْصِرْتُمْ فَمَا
اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِ وَلَا تَحْلِقُوا رُءُوسَكُمْ حَتَّى يَبْلُغَ
الْهَدْيُ مَحِلَّهُ (البقرة 196)
روضة الطالبين للإمام أبو زكريا يحي ص 451
لا فرق في جواز التحلل بالإحصار بين أن يتفق قبل الوقوف بعده ولا بين الإحصار عن البيت فقط أو عن
الموقف فقط أو عنهما ثم إن كان قبل الوقوف وأقام على إحرامه إلى أن فاته الحج
فإن أمكنه التحلل بالطواف والسعي لزمه وعليه القضاء والهدي للفوات وإن لم يزل الحصر
تحلل بالهدي وعليه مع القضاء هديان أحدهما للفوات والآخر للتحلل وإن كان
الإحصار بعد الوقوف فإن تحلل فذاك . اهـ
أسنى المطالب شرح روض الطالب للشيخ أبو يحيى زكريا الأنصاري 3/302 (دار
الكتب العلمية)
المانع (الثاني الحصر الخاص فإذا حبس ظلما أو بدين , وهو معسر) به
(تحلل) جوازا كما في الحصر العام ; لأن مشقة كل أحد لا تختلف بين أن يتحمل غيره
مثلها وأن لا يتحمل (وإلا) بأن حبس بحق كأن حبس بدين يتمكن من أدائه (فلا) يجوز
له التحلل بل عليه أن يؤدي ويمضي في نسكه , فلو تحلل لم يصح تحلله (فإن فاته) الحج
في الحبس (لم يتحلل إلا بالعمرة) أي بعملها بعد إتيانه مكة كمن فاته الحج بلا
إحصار
بجيرمي على شرح المنهج، ج 2، ص 212
واسباب الحصر ستة العدو والمرض والسيادة والزوجية وذكرها المصنف
والاهلية والدينية اهـ
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik