Langsung ke konten utama

Jihad mengusir Israel

. Sudah  kita ketahui    bersama , bahwa negara Palestina yang dipangkuannya ada Masjidil Aqsho adalah termasuk Darul Islam, yang sampai saat ini masih di duduki oleh Tentara Kafir (Israel). Sudah banyak ragam bentuk perlawanan Muslim Palestina terhadap Israel, tapi sampai saat ini masih tetap di duduki atau dikuasai tentara Israel, karena tidak adanya usaha yang kuat dari seluruh umat Islam untuk membebaskannya.

Pertanyaan  :
a.       Bagaimana  hukumnya Jihad mengusir Israel dari Palestina tanpa adanya Imam yang mengomando dan senjata modern yang mumpuni ?
b.      Kalau dikatakan fardlu ‘ain, siapakah yang terkena hukum fardlu ‘ain? Dan apakah muslim Indonesia bisa terkena hukum fardlu ‘ain,  apabila negara-negara tetangga Palestina belum membantu secukupnya atau diam seperti sekarang ini ?
(F. Mu’in PP MUS Sarang)

Jawaban a :
o  Hukumnya fardlu ‘ain bagi penduduk setempat dan sekitarnya yang berjarak kurang dari 2 (dua) marhalah (80,64 km).
o  Dan hukumnya fardlu kifayah bagi penduduk yang berjarak 2  (dua) marhalah atau lebih.

Referensi : 1. Al Bajuri Juz II Hal. 262.
                   2. Qulyubi Juz IV Hal. 217.
                   3. Mughnil Muhtaj Juz IV Hal. 219.
                   4. Tanwirul Qulub Hal. 172.
                   5. Al Hawi Al Kabir Juz XIV Hal. 144.

1-وفى حاشية الباجورى للشيخ ابرهيم الباجورى ما نصه:
{ قوله الثانى} اى من الحالين السابقين وقوله أن يدخل الكفار بلدة من بلاد المسلمين اى مثلا فمثل البلد القرية وغيرها ومثل البلدة من بلاد المسلمين البلدة من بلاد أهل الذمة وقوله او ينـزلوا قريبا منها اى بأن يكونوا دون مسافة القصر منها كما قاله الشمس الرملى{قوله فالجهاد حينئذ} اى حين اذ دخلوا بلدة من بلاد المسلمين او نزلوا قريبا منها وقوله فرض عين عليهم اى على أهل تلك البلدة وعلى من كان دون مسافة قصر منها وان كان فى أهلها كفاية لأنه كالحاضر معهم وعلى من كان بمسافة القصر إن احتاجوا اليهم بقدر الكفاية لانقاذهم  من الهلكة فيصير فرض عين في حق من قرب وفرض كفاية فى حق من بعد (قوله فيلزم أهل ذلك اليلد) حتى الصبيان والنساء والعبيد .اهـ

2-وفى قليوبي وعميرة للشيخ شهاب الدين  ما نصه :
{ومن هو دون مسافة القصر من البلدة كأهلها} فيجب عليه أن يجيئ اليهم ان لم يكن فيهم كفاية وكذا ان كان فى الأصح مساعدة لهم {ومن } هم {على المسافة} يلزمهم الموافقة بقدر الكفاية ان لم يكف أهلها ومن يليهم {وان كفوا} يلزمهم الموافقة مساعدة لهم { قوله بقدر الكفاية } فهو فرض كفاية فى حقهم وفيمن بلغه الخبر بما علمت .اهـ

3-وفى المغنى المحتاج للشيخ العلامة محمد الخطيب الشربينى   ما نصه:
{قوله ومن هو دون مسافة قصر من البلدة } التى دخلها الكفار حكمه {كاصلها} فيجب عليهم المضى اليهم ان وجدوا زادا ولا يعتبر المركوب لقادر على المشى على الأصح هذا ان لم يكن فى أهل البلد التى دخلواها كفاية وكذا ان كان فى الأصح لأنهم كالحاضرين معهم .اهـ

4-وفى تنوير القلوب للعلام للشيخ محمد أمين الكردى الإربلى الشافعى ما نصه:
وشروط جواز القصر تسعة {الأول} أن تكون مسافته مرحلتين فأكثر بسير الأثقال وهما ستة عشر فرسخا وهى ثمانية واربعون ميلا –الى ان قال – وعلى هذا تكون مسافة القصر ثمانين الف متر وستمائة واربعين مترا. اهـ

5-وفى الحاوى الكبير  للشيخ أبى الحسن على بن محمد بن حبيب الماوردى البصرى           ما نصه :
والقسم الثالث: أن يدخل العدو بلاد الاسلام ويطؤها فيتعين فرض قتاله على أهل البلاد التى وطئها ودخلها فان لم يكن بأهلها قدرة على دفعه تعين فرض القتال على كافة المسلمين حتي ينكشف العدو عنهم الى بلاده .اهـ

Jawaban b :
Hukumnya Fardlu Kifayah, tapi menurut  Imam Rofi’i hukumnya Fardlu ‘ain.

Referensi : Sama dengan jawaban A.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan