Langsung ke konten utama

minta sumbangan dengan imbalan tahlil

  Di daerah kami ada masjid yang dibangun, karena sulitnya mencari dana untuk pembangunan masjid tersebut, maka Ta’mir masjid mengadakan kiriman arwah / tahlil, dengan adanya catatan ada yang menyumbang. Misalnya Bakar menyumbang Rp. 10.000,- / Rp. 20.000,- dengan adanya penyumbang seperti itu, maka akan dibacakan tahlil. Sedangkan peletakan tahlil tersebut tiap hari jum’at beserta Jum’atannya sekaligus, dan pembacaan tahlil itu sesudah Adzan pertama dan menggunakan pengumuman-pengumuman, dengan demikian membuat jalannya Jum’atan menjadi lama mengingat banyaknya jama’ah yang mempunyai beberapa kesibukan-kesibukan. Dan dampak negatifnya ada sebagian para jama’ah itu akhir-akhiran karena dia menyangka masih dalam pembacaan tahlil.
Pertanyaan :
a.  Bagaimana hukumnya minta sumbangan dengan imbalan tahlil?
b. Bagaimana hukumnya tahlil yang dampak negatifnya seperti itu ?
c.  Adakah cara yang lebih Afdlol untuk peletakan tahlil tersebut ?
(PP. As-Sunniyyah Kencong Jember)
Jawaban a :
Hukum minta sumbangan dengan imbalan tahlil tersebut boleh karena termasuk Ta’awun Alal Birri (menolong tehadap kebajikan).

Referensi : 1. Ihya’ Ulumuddin Juz. I Hal. 303

1-وفى احياء علوم الدين للإمام الغزالى ما نصه :
قال تعالى " وتعاونوا على البر والتقوى ولا تعاونوا على الإثم والعدوان " ومعنى التعاون الحث عليه وتسهيل طرق الخير وسد سبل الشر والعدوان بحسب الإمكان .

Jawaban b :
Hukum melakukan tahlil tersebut adalah Makruh dan Bid’ah.

Referensi : 1. Syarwany Juz. II Hal. 479-480
                   2. Hamisy Bughyatul Mustarsyidin Hal. 102

1-وفى الشروانى  للشيخ عبد الحميد الشرونى والإمام المحقق الشيخ احمد بن قاسم العبادى ما نصه :
{ويحرم على ذى الجمعة التشاغل} عن السعى اليها {بالبيع وغيره} من كل العقود والصنائع وغيرهما من كل ما فيه شغل عن السعى اليها وان كان عبادة {بعد الشروع فى الأذان بين يدى الخطيب} – الى أن قال – وخرج بالتشاغل فعل ذلك فى الطريق اليها وهو ماش أو المسجد وإن كره فيه – الى أن قال – وبالأذان المذكور الأذان الأول لأنه حادث كما مر فلا يشمله النص {قوله وإن كان عبادة} أى ككتابة القرآن والعلم الشرعى وتحرم خارج المسجد وتكره فيه ع ش . {قوله وإن كره فيه} أى فى المسجد مطلقا فلا تتقيد الكراهة بهذا الوقت ع ش عبارة المغنى لأن المسجد ينـزه عن ذلك .اهـ
2-وفى إثمد العينين للفاضل الشيخ على باصبرين ما نصه :
{مسئلة} مؤذن الجمعة ابتدع بدعة يوم الجمعة عند دخول الوقت وإن دخل الناس فيتقدم أمام المنبر قبل دخول الخطيب ويطلب من الحاضرين الفاتحة لجمع من الناس بعددهم وكان ذلك يفوّت فضيلة أول الوقت زجر عن فعله ذلك ومنع من بدعته .
Jawaban c :
Yang lebih Afdlol dilakukan setelah Sholat Jum’at.

Referensi : 1. Al Fatawy Kubro Juz. I Hal. 236

1-وفى الفتاوى الكبرى للشيخ ابن حجر الهيتمى ما نصه :
{وسئل} رضي الله عنه هل للمعلمين فى ترك التعليم يوم الجمعة أثر .
{فأجاب} أطال الله فى مدته حكمة ترك التعليم وغيره من الإشغال يوم الجمعة أنه يوم عيد المؤمنين كما ورد و يوم العيد لا يناسب أن يفعل فيه الإشغال وأيضا فالناس مأمورون فيه بالتبكير الى المسجد مع التهيء قبله بالغسل والتنظيف بإزالة الأوساخ – الى أن قال – ولا أشك أن من خوطب بفعل هذه الأشياء كلها مع التبكير بعدها لا يناسبه شغل فكان ذلك هو حكمة ترك سائر الإشغال يوم الجمعة هذا فيما قبل صلاة الجمعة وأما بعدها فالناس مخاطبون بدوام الجلوس فى المساجد الى صلاة العصر لما ورد فى ذلك من الفضل العظيم وبعد صلاة العصر لم يبق مجال للشغل على أن الناس مأمورون بالإجتهاد فى الدعاء فى ذلك اليوم الى غروب شمسه لعل أن يصادفوا ساعة الإجابة فاتضح وجه ترك الشغل فى ذلك اليوم جميعه .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan