Langsung ke konten utama

PEMESANAN TIKET MELALUI PPOB


 ☀️PPOB - KARCIS ☀️


💦 Deskripsi
PPOB  _(Payment Point Online Banking)_ merupakan suatu mekanisme tagihan pembayaran yang bekerja sama dengan perbankkan yang terkoneksi secara online real time sehingga rekonsiliasi data terjadi sangat cepat dengan akurasi data yang sangat akurat.

Ada banyak sekali jenis pembayaran yang dapat dilayani oleh PPOB, antara lain:
-Pembelian tiket kereta atau pesawat.
-Tahihan listrik pasca bayar
-Pembelian token listrik prabayar
-Pulsa untuk ponsel
-Tagihan kartu kredit
dll.

Untuk menjadi PPOB awal mula harus mempersiapkan saldo di rekening terlebih dahulu, untuk pembayaran² secara online.
jika ada konsumen yang  akan melakukan pembayaran tagihan atau pemesanan tiket, maka pihak PPOB melakukan pembayaran tersebut via transfer ke instansi² terkait dan mendapat uang tunai dari konsumen.

Untuk pelayanan tiket KA atau pesawat terkadang PPOB mentarif harga yang lebih mahal  dari pada jika langsung ke stasiun atau bandara.

Untuk pembayaran tagihan listrik, biasanya terdapat nominal yang tidak genap yang tertera distruk pembayaran, contohnya yang dialami gus mar sebagai berikut:

Tagihan listrik selama sebulan Rp. 161.834
biyaya admin Rp. 4.000
dan pelanggan membayar biyaya admin + penggenapan senilai Rp.166 yang totalnya adalah Rp.166.000

(161.834 + 4000 + 166 =166.000).

✳️Pertanyaan
a .  Bagaimana hukum pemesanan tiket secara online melalui PPOB ?

🌨️Jawaban 🌨️
pemesanan tiket secara online melalui agen PPOB termasuk akad ijaroh maushufah fi dzimmah. Dan status agen PPOB adalah wakil dari perusahaannya.

Catatan :
1. Karcis di sini adalah sebagai bukti hak menggunakan manfaat sebagaimana kunci dalam masalah sewa rumah.

Referensi:

مجموع ج ١٥ ص ٣٦
ﻭﻣﺎ ﻋﻘﺪ ﻣﻦ اﻻﺟﺎﺭﺓ ﻋﻠﻰ ﻣﻨﻔﻌﺔ ﻣﻮﺻﻮفة ﻓﻲ اﻟﺬﻣﺔ ﻳﺠﻮﺯ ﺣﺎﻻ ﻭﻣﺆﺟﻼ ﻓﻲ اﻟﺬﻣﺔ ﻛﺎﻟﺴﻠﻢ، ﻭاﻟﺴﻠﻢ ﻳﺠﻮﺯ ﺣﺎﻻ ﻭﻣﺆﺟﻼ، ﻓﻜﺬﻟﻚ اﻻﺟﺎﺭﺓ ﻓﻲ اﻟﺬﻣﺔ

روضة الطالبين ج ٥ ص ٢١١
ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﻜﺮﻱ ﺗﺴﻠﻴﻢ ﻣﻔﺘﺎﺡ اﻟﺪاﺭ، ﻟﻠﺘﻤﻜﻦ ﻣﻦ اﻻﻧﺘﻔﺎﻉ

السراج الوهاج ج ١ ص ٢٩٦
ﻭﻣﺘﻰ ﻗﺒﺾ اﻟﻤﻜﺘﺮﻱ اﻟﺪاﺑﺔ ﺃﻭ اﻟﺪاﺭ ﻭﺃﻣﺴﻜﻬﺎ ﺣﺘﻰ ﻣﻀﺖ ﻣﺪﺓ اﻻﺟﺎﺭﺓ اﺳﺘﻘﺮﺕ اﻷﺟﺮﺓﻋﻠﻴﻪ ﻭاﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﻟﺘﻠﻒ اﻟﻤﻨﺎﻓﻊ ﺗﺤﺖ ﻳﺪﻩ ﻭﻛﺬا ﻟﻮ اﻛﺘﺮﻯ ﺩاﺑﺔ ﻟﺮﻛﻮﺏ اﻟﻰ ﻣﻮﺿﻊ ﻣﻌﻴﻦ ﻭﻗﺒﺾﻫﺎ ﻭﻣﻀﺖ ﻣﺪﺓ ﺇﻣﻜﺎﻥ اﻟﺴﻴﺮ ﺇﻟﻴﻪ ﺗﺴﺘﻘﺮ ﻋﻠﻴﻪ اﻷﺟﺮﺓ ﻭﺳﻮاء ﻓﻴﻪ ﺇﺟﺎﺭﺓ اﻟﻌﻴﻦ ﻭاﻟﺬﻣﺔ ﺇﺫا ﺳﻠﻢ اﻟﻤﺆﺟﺮاﻟﺪاﺑﺔ اﻟﻤﻮﺻﻮﻓﺔ ﻟﻠﻤﺴﺘﺄﺟﺮ ﻭﻫﻮ ﻗﻴﺪ ﻓﻲ اﺟﺎﺭﺓ اﻟﺬﻣﺔ ﻓﺎﻥ ﻟﻢ ﻳﺴﻠﻤﻬﺎ ﻟﻢ ﻳﺴﺘﺤﻖ اﻷﺟﺮﺓ ﻭﺗﺴﺘﻘﺮ ﻓﻲ اﻻﺟﺎﺭﺓ اﻟﻔﺎﺳﺪﺓ ﺃﺟﺮﺓ اﻟﻤﺜﻞ

b .  Apa status harga selisih antara harga riel tiket dengan harga tiket PPOB ? 

🌨️Jawaban 🌨️
Akad antara agen PPOB dan PPOB adalah wakalah. Sehingga wakil yaitu agen PPOB tidak boleh mengambil keuntungan sepihak kecuali terdapat izin secara lisan atau secara urf dari muwakil ( PPOB )

Referensi:

الشيرازي، أبو إسحاق ,المهذب في فقة الإمام الشافعي للشيرازي ,2/165
فصل: ولا يملك الوكيل من التصرف إلا ما يقتضيه إذن الموكل من جهة النطق أومن جهة العرف ﻷﻥ ﺗﺼﺮﻓﻪ ﺑﺎﻹﺫﻥ ﻓﻻ ﻳﻤﻠﻚ ﺇﻻ ﻣﺎ ﻳﻘﺘﻀﻴﻪ اﻹﺫﻥ ﻭاﻹﺫﻥ ﻳﻌﺮﻑ ﺑﺎﻟﻨﻄﻖ ﻭﺑﺎﻟﻌﺮﻑ

قرة العين بفتاوى اسماعيل الزين ص 147
سؤال  :
لو وكل شخص اخر في بيع البقرة او غيرها ولم يقل له شيا فباعها الوكيل بنحو عشرة الاف ربية فاعطاه خمس الاف ربية بانقص منها فهل له اخذ الزائد منها او لا
الجواب :
والله اعلم للصواب : ان الوكيل امين فيجب عليه دفع الثمن كاملا للموكل وليس له ان يأخذ منه شيأ الا برضا المالك فان اخذ شيأ بغير رضاه سواء كان زائدا عن ثمن المثل اولا فهو حينئذ خائن فيجب عليه ان يتوب ويرد المال الي صاحبه .

الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي ج ٧ ص ١٨٥
ﺗﻮﻛﻴﻞ اﻟﻮﻛﻴﻞ:
ﺇﺫا ﻛﺎﻥ اﻟﻮﻛﻴﻞ ﻳﻤﻜﻨﻪ اﻟﻘﻴﺎﻡ ﺑﻤﺎ ﻭﻛﻞ ﻓﻴﻪ، ﻭﻛﺎﻥ ﻣﻤﺎ ﻳﻠﻴﻖ ﺑﺄﻣﺜﺎﻟﻪ اﻟﻘﻴﺎﻡ ﺑﻪ، ﻓﻠﻴﺲ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﻮﻛﻞ ﻏﻴﺮﻩ ﺑﺪﻭﻥ ﺇﺫﻥ اﻟﻤﻮﻛﻞ، ﻷﻥ اﻟﻤﻮﻛﻞ ﺭﺿﻰ ﺑﺘﺼﺮﻓﻪ ﻭﻟﻢ ﻳﺮﺽ ﺑﺘﺼﺮﻑ ﻏﻴﺮﻩ، ﻭﻻ ﺿﺮﻭﺭﺓ ﻟﺬﻟﻚ.
ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻻ ﻳﺘﺄﺗﻰ ﻣﻨﻪ اﻟﻘﻴﺎﻡ ﺑﻤﺎ ﻭﻛﻞ ﻓﻴﻪ، ﺇﻣﺎ ﻷﻧﻪ ﻻ ﻳﺤﺴﻨﻪ ﻭﺇﻣﺎ ﻷﻧﻪ ﻻ ﻳﻠﻴﻖ ﺑﻪ، ﻓﻠﻪ ﻋﻨﺪﺋﺬ ﺃﻥ ﻳﻮﻛﻞ ﻏﻴﺮﻩ ﺑﺎﻟﻘﻴﺎﻡ ﺑﺬﻟﻚ، ﻷﻥ ﺗﻔﻮﻳﺾ ﻣﺜﻞ ﺫﻟﻚ ﺇﻟﻴﻪ ﻣﻦ اﻟﻤﻮﻛﻞ ﺑﻘﺼﺪ ﻣﻨﻪ ﺇﻧﺎﺑﺘﻪ ﻋﻨﻪ ﻓﻲ ﺗﻮﻛﻴﻞ ﻣﻦ ﻳﻘﻮﻡ ﺑﻤﺎ ﺃﺳﻨﺪﻩ ﺇﻟﻴﻪ.

ﻭﺇﺫا ﻛﺎﻥ اﻟﻤﻮﻛﻞ ﻓﻴﻪ ﻣﻤﺎ ﻳﺤﺴﻨﻪ ﻭﻳﻠﻴﻖ ﺑﻪ، ﻭﻟﻜﻨﻪ ﻛﺜﺮ ﺣﺘﻰ ﻋﺠﺰ اﻟﻮﻛﻴﻞ ﻋﻦ اﻹﺗﻴﺎﻥ ﺑﻜﻠﻪ، ﺟﺎﺯ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﻮﻛﻞ ﻓﻴﻤﺎ ﺯاﺩ ﻣﻦ ﻗﺪﺭﺗﻪ ﻋﻠﻰ اﻷﺻﺢ، ﻷﻥ اﻟﻀﺮﻭﺭﺓ ﺩﻋﺖ ﺇﻟﻴﻪ.
ﻭﺣﻴﺚ ﺟﻮﺯﻧﺎ ﻟﻠﻮﻛﻴﻞ ﺃﻥ ﻳﻮﻛﻞ - ﻋﻦ ﻧﻔﺴﻪ ﺃﻭ ﻋﻦ اﻟﻤﻮﻛﻞ - اﺷﺘﺮﻁ ﺃﻥ ﻳﻮﻛﻞ اﻣﻴﻨﺎ ﺭﻋﺎﻳﺔ ﻟﻤﺼﻠﺤﺔ اﻟﻤﻮﻛﻞ، ﺇﻻ ﺇﻥ ﻋﻴﻦ اﻟﻤﻮﻛﻞ ﺃﺣﺪا ﻏﻴﺮ ﺃﻣﻴﻦ، ﻓﻠﻪ ﺗﻮﻛﻴﻠﻪ اﺗﺒﺎﻋﺎ ﻟﺘﻌﻴﻴﻦ اﻟﻤﻮﻛﻞ.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا