Langsung ke konten utama

Jual Beli Kredit



  DESKRIPSI MASALAH
Pada zaman sekarang banyak kita jumpai berbagai macam jual beli dan salah satunya adalah dengan cara  kredit ( Jual beli barang dengan mengangsur  pembayaran dalam batas waktu yang di tentukan ). yang tentunya harga barang tersebut lebih tinggi di banding jual beli secara kontan, kemudian bila orang yang mengkredit tidak bisa melunasi angsuran sesuai dengan waktu yang telah  di tentukan maka barang akan di tarik kembali.
Pertanyaan
a.         Bagaimana hukum kredit sesuai dengan ketentuan di atas ?
Jawaban
Tafsil :
Ø   Sah apabila persyaratan itu tidak masuk dalam akad
Ø   Tidak sah bila persyaratan itu masuk dalam akad
Referensi
& Al-Majmuk Syarah Al-Mhhaddzab  Hal:335 Jus: 7
& Nihayatul Muhtaj  Hal: 476-477 Jus: 4
االمجوع شرح المهذب الجز 7 ص. 335
( فرع ) في مذهاب العلماء في بيع العربون قد ذكرنا مذهبنا ان مذهبنا بطلانه  اان كان الشرط في نفس العقد وحكاه ابن المنذر عن ابن العباس والحسن وملك وابي حنيفة قال وهو يشبه قول الشافعي الي قوله ومال اليه احمد بن حنبل والله سبحانه و تعالي اعلم
نهاية المحتاج الجز 4 ص 477 – 476
 ولا يصح بيع العربون ) الي قوله ............ با يشترى سلعة ويعطيهدراهم مثلا وقد وقع الشرط ) في الصلب العقد علي انه انما اعطاها لتكون مت الثمن ان رضي السلعة والا فهي هبة بالنصب وتجز رفعه المنهي  عنه لكن استاده ليس بمتصل ولما فيه من شرطين منفدين شرط الهبة وشرط رد المبيع بتقد يران ان لا برضي   
Pertanyaan
b.     Bagaimana hukum menarik barang tersebut ?
Jawaban
·       Boleh bila transaksi itu sah
·      Wajib mengembalikan baik pembeli atau penjual bila transaksi  itu      tidak sah
Referensi
& Bujairomi Alal Khotib  Hal:120 Jus: 3
& Madzahibul Arba`ah  Hal: 226 Jus: 2
بجيرمي علي الخطيب  الجز 3 ص 120
ويرد كل ما اخذه اي وجوبا بلا طلب من الاخر فاان لم يرد ه فلا عقاب في االاخرة ان كان عن رضا كما قاله النواوى لطيب النفس بها  واختلاف العلماء فيها نقله في المجموع روض وشرحه  والمعاطة  من الصفائر علي الراجح لجريان الخلاف فيها وكذا كل بيع فاسد  قاله ع س
مذاهب الاربعة الجز 2 ص 226
الحقيقة انما يفسد البيع بالسرط اذا كان الشرط مقارنا االعقد المالة الدابعة 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan