Langsung ke konten utama

Hukum orang laki – laki yang berlagak perempuan



    DESKRIPSI MASALAH

Nuansa persaingan sudah sangat mempengaruhi berbagai sisi kehidupan termasuk dalam dunia hiburan, khususnya yang sering tampil dilayar kaca adalah hiburan lawak ,akhirnya  persaingan pun terjadi diantara grup pelawak tersebut . oleh karena itu untuk menarik simpati sebanyak – banyaknya dari pemirsa maka tak  jarang pelawak laki - laki berpakaian, berlagak sebagai seorang wanita bahkan terkadang dalam kehidupan sehari – hari pun mereka selalu menonjolkan karakter yang sering ia tampilkan pada layar kaca.
Pertanyaan :
a.      Bagaimana Hukum orang laki – laki yang berlagak, berpakaian ala perempuan ?
Jawaban
Haram baik di sengaja atau tidak
Referensi
& Faidul Makdir Hal:271 Jus: 7
& Majmuk  Hal: 478 Jus: 4
& Is`adur Rofik Hal: 120 Jus: 1
فيض المقدير ص . 271  الجزء  7
:افاد ايظا ان التشبه معناه تعاطى الشخص ما صيره مشتبها قصد التشبه او لم يقصد
مجمع  الجزء 4 ص . 478
 : ( العشرون) المشهور في المذهب انه يحرم علي الرجل ان يتشبه با المرؤة في اللباس
 وغيره ويحرم علي المرؤة ان تشبه با الرجل في ذلك
وفي اسعاد الرفيق . الجزء:1  ص120 
وعبارته  ومنها تشبه الرجال با لتساء فيما يختص بهن في العرف غالبا من لباس وكلام
 وحركة ونحوها
Pertanyaan :
b.     Bagaimana hukum pemirsa merasa senang  akan aksi - aksi pelawak tersebut ?
Jawaban
Harom
Referensi
& Mirfatu su`udit Tasdik Fi Syarhi Sulam Taufik  Hal:68
& Is`adur Rofik Hal: 50 Jus: 2
& Syarhi Sulam Taufik  
& Bajuri Hal: 35 Jus: 2
مرفاة صعود التصديق في شرح سلم التوفيق  . 68
  ( فصل ) ومن معاص العين الي قوله  ويحرم ( مشاهدة المنكر اذا لم ينكر )
لقوله صلي الله عليه وسلم
اسعاد الرفيق الجزء 2 ص 50
 ومنها الفرح بالمعصية والرضا بها سواء صدرت من غيره من خلق الله لان الرضا بالمعصية معصية بل هو من الكبائر كما في الزواجر
 شرح سلم التوفيق
 ومن المعاص القلب الرياء  الي ان قال ........ والفرح بالمعصية مته او من غيره وقوله الفرح اي سرور والرضا ولذة القلب
باجورى الجزء 2 ص 35
:ومن ذلك حكايات مضحكة بين الناس بحيث يصير ذلك عادة له ( وقوله  اكثار حكايتة ) اي وكانت صدق وقصدا ضاحكهم 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا