Langsung ke konten utama

Ijazah Paket



Diskripsi Masalah
Formalitas ( Ijazah ), merupakan prioritas utama dalam komunitas masyarakat di negara kita,  yang mana saat ini untuk mendapatkannya sangatlah mudah, cukup dengan persamaan atau program paket, tanpa harus sekolah sebagaimana siswa pada umumnya. Sehingga siswa yang mengikuti persamaan atau program paket sangat minim kemampuannya, seakan – akan terjadi penipuan public di dunia pendidikan.
Pertanyaan :
a.      Bagaimana hukum mendapatkan ijazah dengan cara -cara di atas menurut perspektif fiqih,?
Jawaban :
Diperbolehkan bila telah memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku.

1.   kejar paket ( Legal ) diperbolehkan selagi dalam proses tidak ada talbis .    
2.   Persamaan( ilegal )  itu tidak di perbolehkan karena ada : 1. Mukholafah imam dan unsur talbis atau penipuan.
Referensi
& Tuhfatul muhtaj Hal 71 Juz 3
& Azzawaajir Hal 196 Juz 2
تحفة المحتاج ج 3 ص 71
يؤيد ما بحثه قولهم تجب الطاعة الإمام فى امره ونهيه ما لم يخالف الشرع اي بان لم يأمر بحرم وهو هنا لم يخالفه لأنه انما امر بما ندب اليه الشرع وقولهم يجب امتثال امره فى التشعير ان جوزناه اي كما هو راي ضعيف نعم الذى يظهر ان ما امربه مما ليس فيه مصلحة عامة لايجب إمتثاله إلا ظاهرا فقط بخلاف ما فيه ذلك يجب باطنا ايضا . قوله ( ليس فيما فيه مصلحة ) اقول وكذا مما فيه مصلحة ايضا فيما يظهر اذا كانت تحصل مع امتثال ظاهرا فقط وظاهر ان المنهى كالمأمور فيجرى فيه جميع ما قاله الشارح فى المأمور فيمتنع ارتكابه وان كان مباحا على ظاهر كلامهم كما تقدم ويكفى الإنكفاف ظاهرا اذا لم تكن مصحة عامة او حصلت مع الإنكفاف ظاهرا فقط وقضية ذلك انه لو منع من شرب القهوة لمصلحة عامة تحصل مع الإمتثال ظاهرا فقط وجب الإمتثال فقط وهو متجه فليتأمل سم
(  الزواجر الجزء الثاني 196 )
واعلم ان الكذب فقد يباح  وقد يجب والضابط كمافى  احياء ان كل مقصود محمود يمكن التوال اليه با الصرف والكذب جميعا فا الكذب فسه حرام وان امكن التواصل با الكذب وحده فمباح ان ابيح تحصيل ذالك المقصود وواجب  ان وجب تحصيل ذالك  

b.     Bolehkah mencari Ijazah dengan cara tersebut, dengan dalih memperjuangkan agama ?
JAWABAN
Di perbolehkan , bila benar – benar untuk memperjuangkan agama
Referensi
& Al Mushtasfa Min Ilmil Ushul Juz 1 Hal 378
& Anwarul Buroq I Anwail Farq Juz 3 hal 47
المستصفى من علم الأصول - (1 / 378)
أما المصلحة فهي عبارة في الأصل عن جلب منفعة أو دفع مضرة ولسنا نعني به ذلك فإن جلب المنفعة ودفع المضرة مقاصد الخلق وصلاح الخلق في تحصيل مقاصدهم لكنا نعني بالمصلحة المحافظة على مقصود الشرع ومقصود الشرع من الخلق خمسة وهو أن يحفظ عليهم دينهم ونفسهم وعقلهم ونسلهم ومالهم فكل ما يتضمن حفظ هذه الأصول الخمسة فهو مصلحة وكل ما يفوت هذه الأصول فهو مفسدة ودفعها مصلحة
 انوار البرق فى انواع الفرق ج 3 ص 47
تنبه : قد تكون وسيلة المحرم غير محرمة اذا افضت الى مصلحة راجحة كا لتوسل  الخ .....................
 الاشباه و النطائر ج 1 ص 322
اللهم     الا اذا طلب    هذا استثناء من قوله والكرمة عند السلطان وغيره ( الجاه ) الخ ......................من اشراف العبادات

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا