Langsung ke konten utama

jasa shalat jenazah gha’ib

jasa shalat jenazah gha’ib
Di suatu kawasan, ada sebuah instansi yang melayani jasa shalat jenazah Ghoib, Pada biasanya salah satu dari keluarga orang yang meninggal dunia atau yang mewakilinya mendatangi instansi tersebut dengan menyetorkan nama mayit yang akan dishalati serta menyerahkan sejumlah uang  Rp 10.000 sampai Rp 100.000. Kemudian pihak instansi mengumumkan nama orang-orang yang akan dishalati, walaupun ada yang kadang tidak disebut namanya hanya dikarenakan apa yang diberikan itu sedikit (kurang dari Rp 10.000. Shalat janazah tersebut pada biasanya dilaksanakan di masjid secara ber jamaah dan langsung dipimpin oleh imam namun imam tidak menyebutkan ataupun melihat tulisan nama-nama yang sudah dibaca, padahal mayit yang dishalati itu sampai sepuluh orang lebih
Pertanyaan
  1. Termasuk akad apakah transaksi di atas?
  2. Siapakah yang bertanggung jawab untuk melaksanakan shalat janazah ?
  3. Siapakah yang berhak pada uang tersebut ?
  4. Sahkah shalat janazah dengan niat seperti diatas ?
PP. Sidogiri Pasuruan

Jawaban
a.       Termasuk akad ijarah fasidah
& حاشيتا قليوبي-وعميرة (ج 9 ص 347)
( وتصح ) الإجارة ( لتجهيز ميت ودفنه وتعليم القرآن ) وإن كان كل منها فرض كفاية ؛ لأنه لم يتعين على الأجير وهو عبادة لا تجب لها نية وذكر التعليم ، من حيث إنه عبادة مع ذكره السابق من حيث التقدير لا تكرار فيه ، وإن استلزم ذكره السابق صحة الاستئجار له. قوله : ( لتجهيز ميت ) وإن تعين نعم لا تجوز في الصلاة عليه ؛ لأنها مقصودة وتصح في الصوم عنه من قريبه . قوله : ( ودفنه ) عطف خاص ؛ لأنه قد يجب وحده كما في حربي يؤذي ريحه . قوله : ( وتعليم القرآن ) وإن تعين على المعلم فقوله لم يتعين أي أصالة ، وفي الشرح الجواب عن تكرار تعليم القرآن هنا مع ما سبق وإذا علم ولو جنبا استحق الأجرة بخلاف قراءة الأجير ، كما مر ولو ترك الأجير بعض آيات مما استؤجر له لزمه إعادتها لا الاستئناف ، ودخل في القرآن منسوخ الحكم . قال شيخنا م ر وكذا منسوخ التلاوة أو هما معا وفيه نظر فراجعه .
b.      Tidak ada yang bertanggung jawab
& اعانة الطالبين (ج 3 ص 111-112)
وبمعلومة، استئجار المجهول، فأجرتك إحدى الدارين باطل، وبواقعة للمكتري، ما يقع نفعها للاجير، فلا يصح الاستئجار لعبادة تجب فيها نية غير نسك، كالصلاة، لان المنعة في ذلك للاجير لا المستأجر والامامة، ولو نقل كالتراويح، لان الامام مصل لنفسه، فمن أراد، اقتدي به، وإن لم ينو الامامة (قوله: فلا يصح الاستئجار لعبادة الخ) وذلك لان القصد امتحان المكلف بها بكسر نفسه بالامتثال وغيره لا يقوم مقامه فيه، ولا يستحق الاجير شيئا، وإن عمل طامعا، كما يدل عليه قولهم كل ما لا يصحالاستئجار له، لا أجرة لفاعله، وإن عمل طامعا.اه.نهاية.
& نهاية المحتاج (ج 5 ص 290)
( لا تصح إجارة مسلم لجهاد ) –الى ان قال- ( ولا ) لفعل ( عبادة يجب لها ) أي فيها ( نية ) لها أو لمتعلقها بحيث يتوقف أصل حصولها عليها ، فمراده بالوجوب ما لا بد منه لأن القصد امتحان المكلف بها بكسر نفسه بالامتثال وغيره لا يقوم مقامه فيه ولا يستحق الأجير شيئا وإن عمل طامعا كما يدل عليه قولهم كل ما لا يصح الاستئجار له لا أجرة لفاعله وإن عمل طامعا
& حاشيتا قليوبي-وعميرة )ج 9 ص 347(
( وتصح ) الإجارة ( لتجهيز ميت ودفنه وتعليم القرآن ) وإن كان كل منها فرض كفاية ؛ لأنه لم يتعين على الأجير وهو عبادة لا تجب لها نية وذكر التعليم ، من حيث إنه عبادة مع ذكره السابق من حيث التقدير لا تكرار فيه ، وإن استلزم ذكره السابق صحة الاستئجار له. قوله : ( لتجهيز ميت ) وإن تعين نعم لا تجوز في الصلاة عليه ؛ لأنها مقصودة وتصح في الصوم عنه من قريبه . قوله : ( ودفنه ) عطف خاص ؛ لأنه قد يجب وحده كما في حربي يؤذي ريحه . قوله : ( وتعليم القرآن ) وإن تعين على المعلم فقوله لم يتعين أي أصالة ، وفي الشرح الجواب عن تكرار تعليم القرآن هنا مع ما سبق وإذا علم ولو جنبا استحق الأجرة بخلاف قراءة الأجير ، كما مر ولو ترك الأجير بعض آيات مما استؤجر له لزمه إعادتها لا الاستئناف ، ودخل في القرآن منسوخ الحكم . قال شيخنا م ر وكذا منسوخ التلاوة أو هما معا وفيه نظر فراجعه
c.       Gugur
d.      Syah jika ada تعيين
& حاشية الجمل على شرح منهاج الطلاب (ج 2 ص 169)
قوله ولا يجب في الحاضر تعيينه ) أما الغائب ففيه تفصيل ، فإن كان مخصوصا أي بأن صلى على غائب بخصوصه فلا بد من تعيينه بقلبه وأما إذا كان غير مخصوص بأن صلى على من مات وغسل وكفن في أقطار الأرض فتصح من غير تعيين ا هـ .
من شرح م ر والرشيدي عليه

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا