Langsung ke konten utama

RUMUSAN HASIL KEPUTUSAN BAHTSUL MASAIL MWC NU

RUMUSAN HASIL KEPUTUSAN BAHTSUL MASAIL MWC NU KEPUNG

Di Pon. Pes. FATHUL ULUM Kwagean Krenceng Kepung Kediri
Malam Ahad, 13 Juli 2002
 


1.      a. Apabila si wali mujbir pergi dengan tidak sepengetahuan keluarga yang ada (minggat) siapakah yang berhak menjadi wali dalam pernikahan gadisnya ? ( Ranting Kepung )
JAWAB :
Yang berhak menjadi wali adalah hakim jika wali mujbir tidak mewakilkan pada orang lain dan hakim tidak menghukumi atas kematian wali mujbir tersebut.
TA’BIR :
I’anatuttholibin juz 3 hal. 316 ; Nihayatul Muhtaj juz 6 hal. 241 ; Bughyatul Mustarsyidin hal. 206-207 ; As Syarqowi juz 2 hal. 230.
¨   أو فقد الولى بأن لم يعرف مكانه ولا موته ولا حياته بعد غيبة أو حضور قتال أو انكسار سفينة أو أسر عدو هذا إن لم يحكم بموته وإلا زوجها الأبعد . { قوله هذا } أى ما ذكر من تزويج القاضى عند فقد الولى إن لم يحكم بموته حاكم فإن حكم به انتقلت الولاية للأبعد ولا يزوجها القاضى . اهـ
إعانة الطالبين 3 صحـ 316
¨   ولو غاب الولى الأقرب نسبا وولاء إلى مرحلتين أو أكثر ولم يحكم بموته وليس له وكيل خاص فى تزويج موليته زوج السلطان لا الأبعد وإن طالت غيبته وجهل محله وحياته لبقاء أهلية الغائب والأصل بقاؤه . اهـ نهاية المحتاج 6 صحـ 241
¨   { مسألة ي } يصح تزويج الحاكم من غاب وليها بعد البحث عنه هل هو بمسافة القصر أم لا ، فلو شك وتعذر الإذن لعدم العلم بمحله صح أيضا ما لم يبن قريبا . اهـ بغية المسترشدين صحـ 206-207
¨   وإنما يزوج السلطان إذا لم يكن للغائب وكيل خاص ولم يحكم بموته فإن كان له وكيل خاص قدم على السلطان على المعتمد أو حكم بموته زوج الأبعد . اهـ أفاده م ر . اهـ حاشية الشرقاوى 2 صحـ 230
b.  Dan bagaimana pula hukum pernikahan dan menikahkan perempuan yang tekun beribadah dengan lelaki yang tidak pernah sholat ? ( Ranting Kepung )
JAWAB :
Karena calon suami perempuan tersebut tidak kufu ( sepadan ), maka hukumnya tafshil :
-          Sah ( karohah syadidah ) bila si perempuan ridlo dan yang menikahkan adalah wali khos.
-          Tidak sah bila si perempuan tidak ridlo.
TA’BIR :
Mughnil Muhtaj juz 3 hal. 164 ; Bughyatul Mustarsyidin hal. 209.
¨   { فصل } فى الكفاءة المعتبرة فى النكاح دفعا للعار وليست شرطا فى صحة النكاح بل هى حق للمرأة والولى فلهما إسقاطها وحينئذ فإذا { زوجها الولى }المنفرد كأب وعم { غير كفء برضاها أو } زوجها بعض الأولياء المستوين كإخوة وأعمام { برضا الباقين } ممن فى درجته غير كفء { صح } التزويج لأن الكفاءة حقها وحق الأولياء كما مر . اهـ مغنى المحتاج 3 صحـ 164
¨   { مسألة ش } زوج المجبر موليته إجبارا من فاسق بترك الصلاة أو الزكاة لم يصح على الأظهر لعدم الغبطة اهـ بغية المسترشدين صحـ 209
¨      ويكره كراهة شديدة تزويجها من فاسق إلا لريبة . اهـ بغية المسترشدين صحـ 209




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا