Langsung ke konten utama

Tentang Ruthubatul Farji



Tentang Ruthubatul Farji
Pada saat ini banyak perempuan yang mengidap penyakit keputihan (pada farjinya selalu mengeluarkan lendir yang terkadang berbau busuk).
Pertanyaan:
a.       Najis atau sucikah keputihan tersebut?
b.      Jelaskan tanda-tandanya ?
Jawaban:
a.       Terdapat Tafsil tentang hukum keputihan,
Bila pengertian keputihan adalah lendir yang ditimbulkan dari infeksi luka atau yang ditimbulkan oleh jamur, yang dalam ilmu Kedokteran disebut jamur candida maka hukumnya najis muthlak.
&   حاشية إعانة الطالبين ج 1ص 84 فوستاكا السلام
(قوله: وقَيْحٍ) بالجرِّ، عطْفٌ عَلى رَوْثٍ، فَهُوَ نَجِسٌ.(قوله: لانَّهُ دَمٌ مُسْتحيلٌ) لك أن تقول: كونُه كذلك لاَ يَقْتَضِي نَجاستُهُ، بدَليلِ الْمَنِي وَاللَّبَنِ.إلاَّ أنْ يُجابَ بأنَّ المرادَ مُسْتَحيلٌ إلى فَسادٍ لاَ إلى صَلاحٍ.فتَأمَّلْ. سم بجيرمي.(قوله: وَصَدِيْدٍ) بالجر، عطفٌ على قيح أوْ على روث، فَهُوَ نَجِسٌ. (قوله: وَهُوَ) أي الصديدُ: مَاءٌ رَقيْقٌ، أيْ لَيْسَ بِثَخِيْنٍ. (قوله: وَكَذاَ مَاءٌ إلخ) أيْ وَمثلُ الصديدِ مَاءُ جَرْحٍ، وماءُ جُدَرِيٍّ، وماءُ نَفْطٍ. وقوله: إنْ تَغَيَّرَ أيْ هُوَ نَجِسٌ إنْ تَغيَّرَ
b.      Bila pengertian keputihan adalah lendir normal pada tiap perempuan dan dapat pula karena infeksi, maka bila normal ditafsil.
Lendir/kelembaban yang keluar dari organ farji yang wajib dibasuh ketika Istinja' (organ farji yang tampak ketika wanita duduk) maka hukumnya suci. Bila keluar dari balik farji (organ farji yang tidak tersentuh dzakar saat senggema ) maka hukumnya najis karena tergolong keluar dari dalam (jauf), Bila keluar dari organ farji yang tidak wajib dibasuh namun dapat terjangkau dzakar mujami' maka hukumnya suci menurut qaul Ashah
&   حاشية إعانة الطالبين ج 1 ص 86 فوستاكا السلام
(قوله: وَرُطُوْبَةُ فَرْجٍ) معطوفٌ عَلى بُلْغَمٍ.أيْ فَهِيَ طَاهِرةٌ أيْضًا، سَواءٌ خَرَجَتْ مِنْ آدَمِي أوْ مِنْ حَيوانٍ طاهِرٍ غَيْرِهِ (قوله: على الاَصَحِّ) مُقَابِلُهُ أنَّهَا نَجِسَةٌ. (قوله: وهِيَ) أيْ رُطُوْبَةُ الْفَرْجِ الطاهِرَةُ عَلى الاَصَحِّ.(قوله: مترَدِّدٌ بين المذِي والْعَرَقِ) أي لَيْسَ مَذِياً محْضًا ولاَ عَرَقًا كذلك. (قوله: الذي لا يجب غَسلُه) خَالَفَ في ذلك الجمال الرملي، وقال: إنَّهَا إنْ خَرَجَتْ مِن مَحَلٍّ لاَ يجبُ غسلُه فَهِيَ نَجِسَةٌ، لانَّهَا حينئذٍ رُطُوْبَةٌ جَوْفِيةٌ. وحاصِلُ مَا ذَكرهُ الشارِحُ فِيهَا أنَّهَا ثَلاثَةُ أقْسامٍ: طاهِرَةٌ قَطْعًا، وهِيَ مَا تَخْرُجُ مما يَجِبُ غَسْلُهُ فيِ الاِسْتِنْجَاءِ ، وَهُوَ مَا يظهَرُ عندَ جُلُوسِهَا. ونَجسَةٌ قطْعًا، وهِيَ مَا تخْرُجُ مِنْ وَراءِ باطِنِ الفَرْجِ، وَهُوَ مَا لاَ يَصِلُهُ ذَكَرُ الْمُجَامِعِ. وطاهرةٌ على الاَصَحِّ، وهِيَ مَا تخرُجُ مِمَّا لاَ يَجبُ غسْلُهُ وَيَصِلُهُ ذَكَرُ الْمُجَامِعِ. وهَذا التفْصِيْلُ هُوَ مُلَخَّصُ مَا في التُّحْفَةِ
               




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا