MEMBACA
TALBIYAH DILUAR IHRAM
Deskripsi
Masalah:
Bacaan
“TALBIYAH”, yang lazimnya dikenal dalam aneka pembacaan dzikir yang
disyariatkan dalam rangkaian ibadah haji atau umroh, rasanya tidak asing bagi
kita bahwasanya pembacaan Talbiyah tersebut sering dikumandangkan dalam
beberapa acara tertentu disebagian kalangan masyarakat kita, semisal acara yang
berkaitan dengan pelaksanaan keberangkatan haji (walimah tasyakur
pemberangkatan dan kumpulan haji) atau acara pertemuan rutin eks-kelompok
jamaah haji (pertemuan /atisan jamaah haji kloter tertentu), baik talbiyah
terrsebut dibaca dalam bentuk wurud aslinya secara natsar (sebagaimana yang
dibaca dalam keadaan ihram) atau yang
sudah diubah dan dilagukan dalam bentuk nazham.
Pertanyaan:
a.
Masyru’kah pembacaaan Talbiyah sebagaimana praktek yang terjadi seperti diatas
(selain acara manasik/bimbingan haji) ? Dan bagaimanakah hukumnya ?
b.
Jika tidak masyru’, haruskah diupayakan untuk meniadakanya dalam
acara-acara seperti diatas agar tidak terjadi kesalah fahaman hukum dikalangan
masyarakat awam ? (PCNU Kab. Sidoarjo)
KEPUTUSAN
a.
Membaca talbiyah di luar ihram hukumnya boleh asalkan tidak dikesankan
bahwa talbiyah tersebut disyariatkan. Karena jika untuk tujuan ibadah tidak
diperbolehkan, tetapi jika untuk tujuan ta’lim tidak apa-apa. Sedangkan menurut
imam Malik hukumnya makruh.
هداية السالك الى المذاهب الاربعة من
المناسك ج 2 ص 512
وكره
مالك ان يلبى الرجل وهو لا يريد حجا ولا عمرة ورأه خرقا لمن فعله واستدل لما قاله
مالك بأن التلبية من شعائر الاحرام وليست بعبادة مستقلة بنفسها فمن اتى لا يريد
احراما اتى بها على غير مشروعها كالاذان والاقامة. وعن ابراهيم قال اقبل عبد الله
بن مسعود من ضيعته التى دون القادسية فلقى قوما يلبون عند النجد فقال عبد الله
لبيك عدد التراب لبيك. زقال ابن المنذر لا بأس بأن يلبى الحلال لانه ذكر من ذكر
الله تعالى
الحاوي الكبير ج 5 ص 108
وحكي
عن مالك انه مره التلبية للاحلال لانه من شعائر الا حرام كرمي الجمار ولم يكره الشا
فعى ذلك لانها تشتمل على حمد الله تعالى والثناء عليه فلم يضق على احد ان يقوله
روى ان اين مسعود لقى ركبانا بساحل محرمين فلبوا فلبى ابن مسعود وهو داخل الكوفة
b.
Tidak perlu ditiadakan jika tidak timbul kesan
disyariatkan.
بغية المسترشدين ص 67
(مسئلة ب ك) تباح الجماعة فى نحو الوتر
والتسبيح فلا كراهة فى ذلك ولا ثواب نعم إن قصد تعليم المصلين وتحريضهم كان له
ثواب وأى ثواب بالنية الحسنة فكما يباح الجهر فى موضع الإسرار التى هو مكروه
للتعليم فأولى ما أصله الإباحة وكما يثاب فى المباحات إذا قصد بها كالتقوى بالأكل
على الطاعة هذا إذا لم يقترن بذلك مظهور كنحو إذاء أو اعتقاد الجماعة وإلا فلا بل
يحرم ويمنع منها
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik