Langsung ke konten utama

MEMBACA TALBIYAH DILUAR IHRAM



MEMBACA TALBIYAH DILUAR IHRAM
Deskripsi Masalah:
Bacaan “TALBIYAH”, yang lazimnya dikenal dalam aneka pembacaan dzikir yang disyariatkan dalam rangkaian ibadah haji atau umroh, rasanya tidak asing bagi kita bahwasanya pembacaan Talbiyah tersebut sering dikumandangkan dalam beberapa acara tertentu disebagian kalangan masyarakat kita, semisal acara yang berkaitan dengan pelaksanaan keberangkatan haji (walimah tasyakur pemberangkatan dan kumpulan haji) atau acara pertemuan rutin eks-kelompok jamaah haji (pertemuan /atisan jamaah haji kloter tertentu), baik talbiyah terrsebut dibaca dalam bentuk wurud aslinya secara natsar (sebagaimana yang dibaca dalam keadaan ihram) atau  yang sudah diubah dan dilagukan dalam bentuk nazham.
Pertanyaan:
a.        Masyru’kah pembacaaan Talbiyah sebagaimana praktek yang terjadi seperti diatas (selain acara manasik/bimbingan haji) ? Dan bagaimanakah hukumnya ?
b.        Jika tidak masyru’, haruskah diupayakan untuk meniadakanya dalam acara-acara seperti diatas agar tidak terjadi kesalah fahaman hukum dikalangan masyarakat awam ? (PCNU Kab. Sidoarjo)        

KEPUTUSAN
a.        Membaca talbiyah di luar ihram hukumnya boleh asalkan tidak dikesankan bahwa talbiyah tersebut disyariatkan. Karena jika untuk tujuan ibadah tidak diperbolehkan, tetapi jika untuk tujuan ta’lim tidak apa-apa. Sedangkan menurut imam Malik hukumnya makruh.



هداية السالك الى المذاهب الاربعة من المناسك ج 2 ص 512
وكره مالك ان يلبى الرجل وهو لا يريد حجا ولا عمرة ورأه خرقا لمن فعله واستدل لما قاله مالك بأن التلبية من شعائر الاحرام وليست بعبادة مستقلة بنفسها فمن اتى لا يريد احراما اتى بها على غير مشروعها كالاذان والاقامة. وعن ابراهيم قال اقبل عبد الله بن مسعود من ضيعته التى دون القادسية فلقى قوما يلبون عند النجد فقال عبد الله لبيك عدد التراب لبيك. زقال ابن المنذر لا بأس بأن يلبى الحلال لانه ذكر من ذكر الله تعالى
الحاوي الكبير ج 5 ص 108
وحكي عن مالك انه مره التلبية للاحلال لانه من شعائر الا حرام كرمي الجمار ولم يكره الشا فعى ذلك لانها تشتمل على حمد الله تعالى والثناء عليه فلم يضق على احد ان يقوله روى ان اين مسعود لقى ركبانا بساحل محرمين فلبوا فلبى ابن مسعود وهو داخل الكوفة

b.         Tidak perlu ditiadakan jika tidak timbul kesan disyariatkan.

بغية المسترشدين ص 67
  (مسئلة ب ك) تباح الجماعة فى نحو الوتر والتسبيح فلا كراهة فى ذلك ولا ثواب نعم إن قصد تعليم المصلين وتحريضهم كان له ثواب وأى ثواب بالنية الحسنة فكما يباح الجهر فى موضع الإسرار التى هو مكروه للتعليم فأولى ما أصله الإباحة وكما يثاب فى المباحات إذا قصد بها كالتقوى بالأكل على الطاعة هذا إذا لم يقترن بذلك مظهور كنحو إذاء أو اعتقاد الجماعة وإلا فلا بل يحرم ويمنع منها


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا