aplikasi Qur'an, apakah dihukumi sama seperti mushaf al qur'an?
Apakah Software dan aplikasi qur'an yang ada dikomputer, laptop atau hape
dihukumi seperti al-qur'an sehingga kalau memegangnya harus suci dari hadats?
Jawaban :
Berdasarkan hasil keputusan kajian bahtsul masa'il dan fatwa ulama'
kontemporer, Software dan aplikasi Al Qur'an yang ada didalam komputer atau
hape tidak dikategorikan mushaf, karena tulisan yang berupa ayat-ayat al qur'an
yang nampak pada layar adalah pancaran sinar yang sifatnya tidak tetap, bisa
nampak dan hilang, sementara kriteria sesuatu benda dihukumi mushaf apabila
tulisan yang ada disitu tujuannya untuk dirasah (belajar) dan berbentuk tulisan
yang sifatnya tetap, selain itu pada umumnya komputer, laptop atau hape berisi
bermacam-macam file, sedangkan software atau aplikasi qur'an filenya tidak
terlalu besar, jadi software atau aplikasi tersebut hanyalah bagian kecil dari
file-file, software-software dan aplikasi yang ada pada komputer, laptop atau
hape.
Pendapat berbeda dikemukakan oleh Syekh Ahmad Asy-Syatiri dalam kitab
beliau "Syarah Al-Yaqutun Nafis", dalam pembahasan hukum membawa
kaset yang berisi rekaman bacaan al qur'an beliau menyatakan bahwa kaset
tersebut dihukumi seperti mushaf al qur'an, alasannya meskipun itu hanya berisi
suara yang tujuannya untuk didengar, bukan untuk dibaca tapi intinya sama
dengan al qur'an, dan menurut beliau pendapat ini adalah pendapat yang ahwath
(lebih berhgati-hati) Pemahaman yang diambil dari keterangan beliau, jika kaset
yang hanya berisi bacaan al qur'an saja dihukumi mushaf apalagi software atau
aplikasi yang ada tulisannya dan memang ditujukan untuk dibaca.
Kesimpulannya, berdasarkan keputusan bahtsul masa'il
software dan aplikasi qur'an tidak dihukumi mushaf, sedangkan menurut Syekh
Ahmad Syathiri dihukumi mushaf. Jadi apabila kita mengikuti pendapat yang
menyatakan bahwa software dan aplikasi tersebut tidak
dihukumi mushaf maka bagi orang yang sedang berhadats diperbolehkan memegang
dan membawa laptop atau hape yang sudah diinstal software atau aplikasi
qur'an didalamnya tanpa diharuskan wudhu atau mandi besar terlebih dahulu. Wallohu
a'lam.
حاشية الباجوري جزء ١
صحيفة 114 دار
إحياء العربية
إنَّمَا الْمُرَادُ بِهِ هُنَا كُلُّ مَا كُتِبَ
عَلَيْهِ الْقرأنُ لِدِرَاسَتِهِ وَلَوْ عَمُوْدًا أوْ لَوْحًا أو نَحْوَهُمَا
&
البجيرمي على الخطيب 3
ص 498 دار
الفكر
وَقوْلُهُ
" كِتَابَةً " وَضَابِطُ الْمَكْتُوبِ عَلَيْهِ كُلُّ مَا ثَبَتَ عَلَيْهِ
الْخَطُّ كَرَقٍّ وَثَوْبٍ سَوَاءٌ كَتَبَ بِحِبْرٍ أَوْ نَحْوِهِ وَنَقَرَ صُوَرَ
الْأَحْرُفِ فِي حَجَرٍ أَوْ خَشَبٍ أَوْ خَطَّهَا عَلَى الْأَرْضِ ، فَلَوْ رَسَمَ
صُورَتَهَا فِي هَوَاءٍ أَوْ مَاءٍ فَلَيْسَ كِتَابَةً فِي الْمَذْهَبِ كَمَا قَالَهُ
الزِّيَادِيُّ
نهاية المحتاج إلى شرح
المنهاج (1ص 382) مكتبة الشاملة
وَلَيْسَ مِنْ الْكِتَابَةِ مَا يُقَصُّ بِالْمِقَصِّ
عَلَى صُورَةِ حَرْفِ الْقُرْآنِ مِنْ وَرِقٍ أَوْ قُمَاشٍ فَلَا يَحْرُمُ مَسُّهُ
، وَيَنْبَغِي أَنْ يَكُونَ بِحَيْثُ يُعَدُّ لَوْحًا لِلْقُرْآنِ عُرْفًا ،
فَلَوْ كَبُرَ جِدًّا كَبَابٍ عَظِيمٍ فَالْوَجْهُ عَدَمُ حُرْمَةِ مَسِّ
الْخَالِي مِنْهُ عَنْ الْقُرْآنِ ، وَيَحْتَمِلُ أَنَّ حَمْلَهُ كَحَمْلِ
الْمُصْحَفِ فِي أَمْتِعَةٍ
السؤال و الجواب رقم الفتوى 106961
قِراءَةُ القرآنِ مِنَ الْجَوَّالِ هَلْ يُشْتَرَطُ لَهَا
الطَّهَارَةُ؟
السُّؤَالُ
يُوْجَدُ في بَعْضِ الجَوَّالاَتِ بَرَامِجُ لِلقُرآنِ تَسْتَطِيْعُ
أنْ تَتَصَفَّحَ مِنْهَا القُرآنَ في أيِّ وَقْتٍ عَلى شَاشَةِ الجوَّالِ، فهَلْ
يَلْزَمُ قَبْلَ القِراءةِ مِن الجوالِ الطَّهَارَةُ ؟
الْجَوَابُ
الحمْدُ للهِ هَذهِ الجوالاتُ التي وُضِعَ فِيهَا القُرْآنُ
كِتابَةً أوْ تَسْجيْلاً، لاَ تأْخُذُ حُكْمُ المصحفِ، فيَجُوْزُ لَمْسُهَا
مِنْ غَيْرِ طَهَارَةٍ، وَيجوْزُ دُخُوْلُ الْخَلاَءِ بِهَا، وَذلك لأنَّ كِتابَةَ
القُرآنِ في الجَوَّالِ لَيْسَ كَكِتَابَتِهِ في المصاحِفِ، فَهِيَ
ذَبْذَبَاتٌ تَعْرِضُ ثُمَّ تَزُوْلُ وَلَيْسَتْ حُرُوْفًا ثابتَةً، والجوَّالُ مُشْتَمِلٌ
عَلى القُرْآنِ وغيرِهِ
شرح الياقوت النفيس ص
82-83 دار
الفكر
حُكْمُ حَمْلِ المصحفِ المسجَّل على الأشرطة : ظَهر
حديثا فى الأسواق أشرطة تسجيل مسجل فيها القرآن الكريم بأكملة يكون المصحف من عشرين شريطا تقريبا
فهل حكم هذا المصحف كحكم المصحف المكتوب ؟ الذي أرَى أنَّ التسجيْلَ على الشريط
يحصلُ بأحْرُفٍ مَنْقُوْشَةٍ تَثْبُتُ على الشريط وعَلَى هَذا فَيكونُ لَهُ حُكْمُ المصحفِ وقَدْ قَامَتْ بَعْضُ
الجمعياتِ فى مصر بتسجيل هذا المصحف بقرآات مجودة وأصوات جميلة علي أسطوانات خاصة وعلى
أشرطة كاسيت وتسمى مصحفا وأعتقد أن له حكم المصحف والأحوط للمسلم أن يحتاط فإن
قيل إن التسجيل هذا إنما هو الصدى وقد سجل للسماع لا للقراءة ؟ إنه فعلا صدى ولكنا لو
نظرنا الى القصد من الأذان حقيقة أليس هو الإعلام ؟ وقد حصل به ؟ ولبعض الفقهاء
أقوال تعبروا عن أرائهم ومفاهيمهم وليس من الضرورى قبولها كقولهم لو نظر إنسان
الى صورة امرأة فى مرآة فيجوز له النظر اليها إنما ينظر الى الصورة فى المرآة حتى
ولو كانت عارية فمثل هذا الكلام نظر ومن الصعب على النفس تقلبه
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik