Bab
Istinjak Dan Najis
1. Beristinja’ dengan batu saat diare
Bolehkah
istinjaknya seseorang yang lagi diare ( mencret ) menggunakan batu ?
Jawaban : selama
najis yang keluar tidak berpindah dari tempat keluarnya najis maka boleh, namun
kalau berpindah dari tempat keluarnya najis maka hanya wajib menggunakan air.
&
حاشية الباجوري 1 ص 63 دار إحياء العربية
( قوله
ولا يَنْتَقِلُ عَنْ مَحَلِّ خُرُوْجِهِ ) اي عَنِ الْمَحَلِّ الَّذِي أصَابَهُ
عِنْدَ الْخُرُوجِ الى أن قال وَإنْ جَاوَزَ صَفْحَةً أوْ حَشَفَةً تَعَيَّنَ
الْمَاءُ
& الموسوعة الفقهية 4 ص 121 مكتبة الشاملة
اتَّفَقَتِ
الْمَذَاهِبُ الأَرْبَعَةُ عَلَى أَنَّ الْخَارِجَ إِنْ جَاوَزَ الْمَخْرَجَ
وَانْتَشَرَ كَثِيرًا لا يُجْزِئُ فِيهِ الاسْتِجْمَارُ ،
2. Istinja’ Dengan Batu Bagi Cewek
Bagaimana
hukum istinjak-nya kaum wanita yang menggunakan selain air ?
Jawaban :
beristinja’ menggunakan batu bagi cewek,
bila beristinja’ dari berak ( buang air besar saja) maka mencukupi.
Namun bila beristinja’ dari air kencing maka menurut Imam Maliki tidak
mencukupi baik bagi perawan maupun canda. Sedangkan menurut Imam Syafi’i maka
bagi perawan mencukupi, dan bagi canda maka pada umumnya air kencing itu keluar
dan melewati tempat keluarnya najis
sehingga tidak mencukupi beristinja’ selain menggunakan air.
& الموسوعة الفقهية 4 ص 122 مكتبة الشاملة
يُجْزِئُ
الْمَرْأَةَ الاسْتِجْمَارُ مِنَ الْغَائِطِ بِالاتِّفَاقِ ، وَهَذَا وَاضِحٌ . أَمَّا مِنَ الْبَوْلِ فَعِنْدَ الْمَالِكِيَّةِ
لا يُجْزِئُ الاسْتِجْمَارُ فِي بَوْلِ الْمَرْأَةِ ، بِكْرًا كَانَتْ أَوْ
ثَيِّبًا . قَالُوا : لأَنَّهُ يُجَاوِزُ الْمَخْرَجَ غَالِبًا . وَعِنْدَ
الشَّافِعِيَّةِ : يَكْفِي فِي بَوْلِ الْمَرْأَةِ - إِنْ كَانَتْ بِكْرًا - مَا
يُزِيلُ عَيْنَ النَّجَاسَةِ خِرَقًا أَوْ غَيْرَهَا ، أَمَّا الثَّيِّبُ
فَإِنْ تَحَقَّقَتْ نُزُولَ الْبَوْلِ إِلَى ظَاهِرِ الْمَهْبِلِ ، كَمَا هُوَ
الْغَالِبُ ، لَمْ يَكْفِ الاسْتِجْمَارُ ، وَإِلا كَفَى .
&
المجموع شرح المهذب 2 ص 108 دار الفكر
وَأَمَّا
الْمَرْأَةُ فَنَصَّ الشَّافِعِيُّ رحمه الله عَلَى أَنَّ الْبِكْرَ وَالثَّيِّبَ
سَوَاءٌ , فَيَجُوزُ اقْتِصَارُهُمَا عَلَى الْحَجَرِ , وَبِهَذَا قَطَعَ
جَمَاهِيرُ الأَصْحَابِ فِي الطَّرِيقَتَيْنِ وَقَطَعَ الْمَاوَرْدِيُّ بِأَنَّ
الثَّيِّبَ لا يُجْزِئُهَا الْحَجَرُ , حَكَاهُ الْمُتَوَلِّي وَالشَّاشِيُّ
وَصَاحِبُ الْبَيَانِ وَجْهًا وَهُوَ شَاذٌّ وَالصَّوَابُ الأَوَّلُ . قَالَ
الأَصْحَابُ : لأَنَّ مَوْضِعَ الثِّيَابَةِ وَالْبَكَارَةِ فِي أَسْفَلِ
الْفَرْجِ وَالْبَوْلُ يَخْرُجُ مِنْ ثَقْبٍ فِي أَعْلَى الْفَرْجِ فَلا تَعَلُّقَ
لأَحَدِهِمَا بِالآخَرِ , فَاسْتَوَتْ الْبِكْرُ وَالثَّيِّبُ إلا أَنَّ
الثَّيِّبَ إذَا جَلَسَتْ انْفَرَجَ أَسْفَلُ فَرْجِهَا , فَرُبَّمَا نَزَلَ
الْبَوْلُ إلَى مَوْضِعِ الثِّيَابَةِ وَالْبَكَارَةِ وَهُوَ مَدْخَلُ الذَّكَرِ
وَمَخْرَجُ الْحَيْضِ وَالْمَنِيِّ وَالْوَلَدِ , فَإِنْ تَحَقَّقَتْ نُزُولُ
الْبَوْلِ إلَيْهِ وَجَبَ غَسْلُهُ بِالْمَاءِ , وَإِنْ لَمْ تَتَحَقَّقْ
اُسْتُحِبَّ غَسْلُهُ وَلا يَجِبُ
3. Tisu Toilet
Untuk Istinja'
Sejalan
dengan kemajuan teknologi, kini banyak gedung pertemuan umum, hotel atau
pesawat terbang menyediakan tisu toilet/wc untuk mengusap kemaluan setelah
kencing atau buang air besar.
&
بغية المسترشدين ص 28 دار الفكر
يَجُوزُ
الإسْتِنْجَاءُ بأوْرَاقِ الْبَيَاضِ الْخَالىِ عنْ ذِكْرِ اللهِ كَمَا فى الإيْعَابِ
&
المذاهب الاربعة 1 ص 98 دار الفكر
أمَّا
الْوَرَقُ الَّذِي لاَيَصْلُحُ لِلْكِتَابَةِ فإنَّهُ يَجُوزُ الإسْتِجْمَارُ بِهِ
بِدُوْنِ كَرَاهَةٍ
4. HUKUM
MINYAK GORENG
YANG KEMASUKAN NAJIS
jika ada
minyak goreng yang kemasukan najis, apakah bisa disucikan ? dan bila bisa
disucikan bagaimana caranya ?
Jawaban : jika
minyak terkena najis menurut satu qaul bisa di sucikan. Asal najisnya tidak
berupa cair juga seperti air kencing.
Dengan cara menambahkan air pada minyak itu dan memperbanyaknya, kemudian mengaduk-aduknya
dengan seumpama kayu sampai kira-kira semua minyak tersebut terkena air. Kemudian
di diamkan sebentar agar minyak naik dan
dilubangi bawahnya untuk membuang air. Kemudian buang airnya jika telah keluar
lubang ditutup lagi.
Ini jika najis yg mengenai minyak tersebt bukan najis cair. Tapi jika yg mengenainya
najis cair maka minyak tidak dapat di sucikan.Wallahu 'alam
&
مغني المحتاج إلى معرفة
ألفاظ المنهاج (1ص 407) مكتبة
الشاملة
( وَلَوْ نَجُسَ مَائِعٌ
) غَيْرُ الْمَاءِ وَلَوْ دُهْنًا ( تَعَذَّرَ تَطْهِيرُهُ ) إذْ لَا يَأْتِي
الْمَاءُ عَلَى كُلِّهِ ؛ لِأَنَّهُ بِطَبْعِهِ يَمْنَعُ إصَابَةَ الْمَاءِ (
وَقِيلَ يَطْهُرُ الدُّهْنُ بِغَسْلِهِ ) قِيَاسًا عَلَى الثَّوْبِ النَّجِسِ .وَكَيْفِيَّةُ
تَطْهِيرِهِ كَمَا ذَكَرَهُ فِي الْمَجْمُوعِ أَنْ يَصُبَّ الْمَاءَ عَلَيْهِ
وَيُكَاثِرَهُ ثُمَّ يُحَرِّكَهُ بِخَشَبَةٍ وَنَحْوِهَا بِحَيْثُ يَظُنُّ
وُصُولَهُ لِجَمِيعِهِ ثُمَّ يُتْرَكَ لِيَعْلُوَ ثُمَّ يَثْقُبُ أَسْفَلَهُ ،
فَإِذَا خَرَجَ الْمَاءُ سُدَّ .قَالَ فِي الْكِفَايَةِ
: وَمَحَلُّ الْخِلَافِ فِيمَا إذَا تَنَجَّسَ الدُّهْنُ بِمَا لَا دُهْنِيَّةَ
فِيهِ كَالْبَوْلِ ، فَإِنْ تَنَجَّسَ بِمَا لَهُ دُهْنِيَّةٌ كَوَدَكِ
الْمَيْتَةِ بِلَا خِلَافٍ
5. Makan Daging Babi
Apakah
orang yang makan daging babi ( baik sengaja maupun tidak ) wajib membasuh
mulutnya tujuh kali ?
Jawaban : Ya,
Wajib membasuh mulutnya tujuh kali
&
أسنى المطالب (1ص 104) المكتبة الشاملة
لَوْ
أَكَلَ لَحْمَ كَلْبٍ لَمْ يَجِبْ غَسْلُهُ عِنْدَ الِاسْتِنْجَاءِ سَبْعًا وَإِنْ
وَجَبَ غَسْلُ الْفَمِ سَبْعًا
6. CARA
MENSUCIKAN DUBUR JIKA TERKENA NAJIS MUGHOLADHOH
Bagaimana
cara mensucikan duburnya orang yang memakan daging babi atau anjing, apakah
juga harus 7 kali basuhan ?
Jawaban : diperinci;
@
jika yang dimakan berupa daging atau tulang halus, maka tidak
wajib dibasuh tujuh kali, walaupun keluarnya masih utuh berupa daging.
@
Namun jika yang dimakan berupa anggota yang tidak mungkin
hancur, seperti; tulang atau rambut, maka wajib dibasuh tujuh kali
& حاشية الباجوري جزء ١
صحيفة 101 دار
إحياء العربية
وَلَوْ أكَلَ لَحْمَ
مُغَلَّظٍ لَمْ يَجِبْ تَسْبِيْعُ الْمَخْرَجِ مِنْهُ لانَّ شَأْنَهُ الإحَالَةِ
بِخِلاَفِ مَا لَوْ أكَلَ عَظْمًا فَيَجِبُ تَسْبِيْعُ الْمَخْرَجِ مِنْهُ لانّ
شَأْنَهُ عَدَمُ الإحَالَةِ
& حاشية
البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ: 332 مكتبة دار الفكر
وَلَوْ
أَكَلَ لَحْمَ نَحْوِ كَلْبٍ لَمْ يَجِبْ تَسْبِيعُ مَحَلِّ اْلاسْتِنْجَاءِ كَمَا
نَقَلَهُ الرُّوْيَانِيُّ عَنْ النَّصِّ قَوْلُهُ ( لَحْمَ نَحْوِ كَلْبٍ )
وَمِثْلُهُ الْعَظْمُ اللَّيِّنُ الَّذِيْس يُؤْكَلُ مَعَ اللَّحْمِ ع ش قَوْلُهُ ( لَمْ
يَجِبْ تَسْبِيعُ مَحَلِّ اْلاسْتِنْجَاءِ ) وَلَوْ خَرَجَ غَيْرُ مُسْتَحِيْلٍ
ِلأَنَّ مِنْ شَأْنِهِ اْلاسْتِحَالَةَ وَيَجِبُ التَّسْبِيعُ مِنْ خُرُوجِ
الْعَظْمِ وَإِنِ اسْتَحَالَ ِلأَنَّ مِنْ شَأْنِهِ عَدَمَ اْلاسْتِحَالَةِ كَمَا
قَرَّرَهُ شَيْخُنَا ح ف وَمِثْلُهُ الشَّعْرُ فَإِنَّهُ يَجِبُ تَسْبِيعُ
الدُّبُرِ مِنْهُ اهـ
7. Perbedaan Air
kencing anak laki-laki dan perempuan
Kenapa air kencing bayi laki dan perempuan dibedakan ? kalau kencing bayi laki bisa jadi najis
mukhaffafah sedangkan kencing bayi perempuan tidak bisa jadi najis mukhaffafah?
Dan Apakah hal
itu bukan termasuk bentuk diskriminasi / pembedaan perlakuan terhadap
wanita
Jawaban: Tak ada diskriminasi gender dalam syariat, yang ada adalah pembedaan aturan dan bagian karena tuntutan maslahat. Ada beberapa hikmah di balik pembedaan air kencing bayi lelaki dengan bayi perempuan sebagai yang saudara tanyakan, di antaranya:
Jawaban: Tak ada diskriminasi gender dalam syariat, yang ada adalah pembedaan aturan dan bagian karena tuntutan maslahat. Ada beberapa hikmah di balik pembedaan air kencing bayi lelaki dengan bayi perempuan sebagai yang saudara tanyakan, di antaranya:
(1) kencing
bayi laki-laki pada umumnya lebih encer daripada kencing bayi perempuan, ada
yang berpendapat air kencing anak perempuan lebih pekat,lebih kekuning
kuningan,lebih tajam baunya berbeda dengan anak laki-laki
(2) bayi laki-laki
biasanya lebih banyak ingin digendong daripada anak kecil perempuan;
(3) asal
kejadian lelaki (Nabi Adam) dari air dan tanah basah sementara orang perempuan
dijadikan dari daging dan darah (Ibu Hawa dijadikan dari tulang rusuk Nabi Adam
yang mengandung daging dan darah);
(4) usia balig
anak lelaki dengan air suci, yaitu air sperma, sementara usia balig seorang
perempuan dengan air sperma yang suci dan juga dengan air najis yaitu darah
haid. Maka dengan beberapa faktor tersebut, syariat lebih meringankan najis
yang berasal dari air kencing bayi lelaki.
& حاشية الباجوري جزء ١
صحيفة 103 دار
إحياء العربية
والفَرْقُ
بينهُما انَّ بَوْلَ الصَّبِيِّ اَرَقُّ مِن بولِ الصَّبيةِ وَ الاِئْتِلافُ بمحله
اكثرُ من الائتلاف بمحلها فخُفِّفَ فيهِ دُونها وايْضًا اَصلُ خَلْقِه مِن
ماءٍ وطينٍ واصلُ خلقِها من لَحْمٍ ودَمٍ
فانَّ حَواء خُلِقَتْ
مِن ضَلْعِ ادَمَ القصيرِ وايضا بُلوغُ الصَّبي بمائعٍ طاهرٍ وهُوَ الْمَنِيُّ فقَطْ وبُلوغُها
بِذالكَ وبمائِعٍ نَجِسٍ وهُوَ الْحَيْضُ
&
كفاية الأخيار (ص: 68) مكتبة دار الفكر
( يُنْضَحُ مِن بولِ الغُلامِ ويُرَشُّ من بولِ الجارية ) وفُرِّقَ
بَيْنهما مِن جِهةِ المعْنَى بِوُجُوْهٍ مِنْهَا أنَّ بولَ الجاريةِ يَتَرَشَّشُ فَاحْتِيْجَ
فيهِ إلى الغسلِ بخلافِ بولِ الصبي فإنَّهُ يَقَعُ في مَحَلٍّ واحدٍ ومنْهَا أنَّ
بولَ الجاريةِ ثَخِيْنٌ أصْفَرُ مُنْتِنٌ يلصَقُ بالمْحلّ بخلافِ بول الصبي
8. Mengulang Hafalan di kamar mandi atau
WC
Bolehkah
mengulang-ngulang hafalan al-Quran di kamar mandi atau wc di dalam hati ?
Jawaban : Kalau
mengulangnya di dalam hati saja atau dilisan namun tidak bersuara maka boleh.
& حاشية الباجوري جزء ١
صحيفة 114 دار إحياء العربية
فَلَوْ
أجْرَتِ القُرآنَ على قَلْبِها أوْ نَظَرتْ في الْمُصْحَف أوْ حركَتْ لسانَها وهَمَسَتْ
همْسًا بحيث لا تُسْمِعُ نفْسَها لَمْ يَحْرُمْ لأنَّ ذَلِكَ لَيْسَ بِقِرَأةٍ
9. ANAK HASIL MANUSIA DAN ANJING
Bagaimana
hukum anak yang dihasilkan dari persilangan manusia dan anjing ?
Jawab : Jika anak-nya berbentuk anjing maka hukumnya najis. Namun jika
berbentuk manusia maka menurut Ibnu Hajar hukumnya najis tapi dima’fu, menurut
Imam Romli hukumnya suci, boleh menjadi Imam Shalat atau khotib.
Dan bila anak
yang dihasilkan dari persilangan dua anjing maka mutlak najis walaupun
berbentuk manusia,
namun
bila anak yang dihasilkan dari persilangan dua manusia maka suci meskipun
berbentuk anjing.
&
الباجوري 1 ص 104 دار إحياء العربية
وشَملَ
كَلاَمُهُ الْمُتَوَلِّدِ بَيْنَ كَلْبٍ و أدَمِيٍّ فإنْ كانَ على صُوَرةِ الْكَلْبِ
فَنَجِسٌ و إنْ كانَ عَلى صُورةِ الأدَمِي فطَاهِرٌ عند الرَّمْلِي ونَجِسٌ مَعْفُوٌّ
عَنْهُ عند ابنِ حَجَرٍ فيُصَلِّي وَلَوْ إمَامًا ويَدْخُلُ المساجِدَ وَيُخَالِطُ
الناسَ وَلاَ يُنَجِّسُهُمْ بلَمْسِهِ مَعَ رُطوْبَةٍ ولاَ يُنَجِّسُ الماءَ
القليلَ ولاَ المائِعَ وَيَتَوَلَّى الْوِلَايَاتِ كَالْقَضَاءِ
وَوَلَايَةِ النِّكَاحِ وَخَالَفَ الشَّيْخُ الْخَطِيبُ فِي ذَلِكَ وَلَهُ حُكْمُ
النَّجِسِ فِي الْأَنْكِحَةِ وَالتَّسَرِّي وَالذَّبِيحَةِ وَالتَّوَارُثِ
وَجَوَّزَ لَهُ ابْنُ حَجّ التَّسَرِّيَ إنْ خَافَ الْعَنَتَ والْمُتَوَلِّدُ بين
كَلْبَيْنِ نَجِسٌ وَلَوْ كانَ عَلى صٌورةِ الأدَمِيّ والمتَوَلِّدُ بينَ أدَمَيْنِ
طاهِرٌ وَلَوْ كانَ على صٌورَةِ الْكَلْبِ
10. Parfum
Beral-kohol
Bolehkah
seorang muslim shalat dengan memakai parfum beral-kohol yang sekarang sudah
membudaya, misalnya spalding dll.?
Jawaban : Boleh.
Sebab meskipun parfum yang seperti sepalding dan lainya itu telah dicampur
dengan alkohol yang hukumnya najis, namun kenajisan yang ada pada minyak wangi
tersebut dimaafkan karena campuran alkohlnya di maksudkan untuk kebaikan bagi
minyak wangi tersebut.
&
الفقه على المذاهب الاربعة 1 ص 19 مكتبة دار الفكر
وَمِنْهَا
اَلْمَائِعَاتُ اَلنَّجِسَةُ اَلَّتِى تُضَافُ اِلَى الاَدْوِيَةِ وَالَّروَائِحِ
العَطْرِيَّةِ لاِصْلاَحِهَا, فَاِنَّه يُعْفَى عَنِ اْلقَدَرِ الَّذِى بِهِ
الاِصْلاَحُ قِيَاسًاعَلَى الاَنْفِحَةِ الْمُصْلِحَةِ لِلْجُبُنِ.
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik