Langsung ke konten utama

Bab Istinjak Dan Najis



Bab Istinjak Dan Najis
1.         Beristinja’ dengan batu saat diare
Bolehkah istinjaknya seseorang yang lagi diare ( mencret ) menggunakan batu ?
Jawaban : selama najis yang keluar tidak berpindah dari tempat keluarnya najis maka boleh, namun kalau berpindah dari tempat keluarnya najis maka hanya wajib menggunakan air.
&   حاشية الباجوري 1 ص 63 دار إحياء العربية
( قوله ولا يَنْتَقِلُ عَنْ مَحَلِّ خُرُوْجِهِ ) اي عَنِ الْمَحَلِّ الَّذِي أصَابَهُ عِنْدَ الْخُرُوجِ الى أن قال وَإنْ جَاوَزَ صَفْحَةً أوْ حَشَفَةً تَعَيَّنَ الْمَاءُ
&   الموسوعة الفقهية 4 ص 121 مكتبة الشاملة
اتَّفَقَتِ الْمَذَاهِبُ الأَرْبَعَةُ عَلَى أَنَّ الْخَارِجَ إِنْ جَاوَزَ الْمَخْرَجَ وَانْتَشَرَ كَثِيرًا لا يُجْزِئُ فِيهِ الاسْتِجْمَارُ ،

2.         Istinja’ Dengan Batu Bagi Cewek
Bagaimana hukum istinjak-nya kaum wanita yang menggunakan selain air ?
Jawaban : beristinja’ menggunakan batu bagi cewek,  bila beristinja’ dari berak ( buang air besar saja) maka mencukupi. Namun bila beristinja’ dari air kencing maka menurut Imam Maliki tidak mencukupi baik bagi perawan maupun canda. Sedangkan menurut Imam Syafi’i maka bagi perawan mencukupi, dan bagi canda maka pada umumnya air kencing itu keluar dan  melewati tempat keluarnya najis sehingga tidak mencukupi beristinja’ selain menggunakan air.
&   الموسوعة الفقهية 4 ص 122 مكتبة الشاملة
يُجْزِئُ الْمَرْأَةَ الاسْتِجْمَارُ مِنَ الْغَائِطِ بِالاتِّفَاقِ ، وَهَذَا وَاضِحٌ .  أَمَّا مِنَ الْبَوْلِ فَعِنْدَ الْمَالِكِيَّةِ لا يُجْزِئُ الاسْتِجْمَارُ فِي بَوْلِ الْمَرْأَةِ ، بِكْرًا كَانَتْ أَوْ ثَيِّبًا . قَالُوا : لأَنَّهُ يُجَاوِزُ الْمَخْرَجَ غَالِبًا . وَعِنْدَ الشَّافِعِيَّةِ : يَكْفِي فِي بَوْلِ الْمَرْأَةِ - إِنْ كَانَتْ بِكْرًا - مَا يُزِيلُ عَيْنَ النَّجَاسَةِ خِرَقًا أَوْ غَيْرَهَا ، أَمَّا الثَّيِّبُ فَإِنْ تَحَقَّقَتْ نُزُولَ الْبَوْلِ إِلَى ظَاهِرِ الْمَهْبِلِ ، كَمَا هُوَ الْغَالِبُ ، لَمْ يَكْفِ الاسْتِجْمَارُ ، وَإِلا كَفَى .
&   المجموع شرح المهذب 2 ص 108 دار الفكر
وَأَمَّا الْمَرْأَةُ فَنَصَّ الشَّافِعِيُّ رحمه الله عَلَى أَنَّ الْبِكْرَ وَالثَّيِّبَ سَوَاءٌ , فَيَجُوزُ اقْتِصَارُهُمَا عَلَى الْحَجَرِ , وَبِهَذَا قَطَعَ جَمَاهِيرُ الأَصْحَابِ فِي الطَّرِيقَتَيْنِ وَقَطَعَ الْمَاوَرْدِيُّ بِأَنَّ الثَّيِّبَ لا يُجْزِئُهَا الْحَجَرُ , حَكَاهُ الْمُتَوَلِّي وَالشَّاشِيُّ وَصَاحِبُ الْبَيَانِ وَجْهًا وَهُوَ شَاذٌّ وَالصَّوَابُ الأَوَّلُ . قَالَ الأَصْحَابُ : لأَنَّ مَوْضِعَ الثِّيَابَةِ وَالْبَكَارَةِ فِي أَسْفَلِ الْفَرْجِ وَالْبَوْلُ يَخْرُجُ مِنْ ثَقْبٍ فِي أَعْلَى الْفَرْجِ فَلا تَعَلُّقَ لأَحَدِهِمَا بِالآخَرِ , فَاسْتَوَتْ الْبِكْرُ وَالثَّيِّبُ إلا أَنَّ الثَّيِّبَ إذَا جَلَسَتْ انْفَرَجَ أَسْفَلُ فَرْجِهَا , فَرُبَّمَا نَزَلَ الْبَوْلُ إلَى مَوْضِعِ الثِّيَابَةِ وَالْبَكَارَةِ وَهُوَ مَدْخَلُ الذَّكَرِ وَمَخْرَجُ الْحَيْضِ وَالْمَنِيِّ وَالْوَلَدِ , فَإِنْ تَحَقَّقَتْ نُزُولُ الْبَوْلِ إلَيْهِ وَجَبَ غَسْلُهُ بِالْمَاءِ , وَإِنْ لَمْ تَتَحَقَّقْ اُسْتُحِبَّ غَسْلُهُ وَلا يَجِبُ

3.         Tisu Toilet Untuk Istinja'
Sejalan dengan kemajuan teknologi, kini banyak gedung pertemuan umum, hotel atau pesawat terbang menyediakan tisu toilet/wc untuk mengusap kemaluan setelah kencing atau buang air besar.
Pertanyaan: Dapatkah kertas tisu tersebut dihukumi sebagai pengganti batu untuk istinja’?
Jawaban :Kertas tisu dapat dijadikan pengganti batu untuk istinja’
&   بغية المسترشدين ص 28 دار الفكر
يَجُوزُ الإسْتِنْجَاءُ بأوْرَاقِ الْبَيَاضِ الْخَالىِ عنْ ذِكْرِ اللهِ كَمَا فى الإيْعَابِ
&   المذاهب الاربعة 1 ص 98 دار الفكر
أمَّا الْوَرَقُ الَّذِي لاَيَصْلُحُ لِلْكِتَابَةِ فإنَّهُ يَجُوزُ الإسْتِجْمَارُ بِهِ بِدُوْنِ كَرَاهَةٍ


4.         HUKUM MINYAK GORENG YANG KEMASUKAN NAJIS
jika ada minyak goreng  yang kemasukan najis, apakah bisa disucikan ? dan bila bisa disucikan bagaimana caranya ?
Jawaban : jika minyak terkena najis menurut satu qaul bisa di sucikan. Asal najisnya tidak berupa cair juga seperti air kencing.
Dengan cara menambahkan air pada minyak itu dan memperbanyaknya, kemudian mengaduk-aduknya dengan seumpama kayu sampai kira-kira semua minyak tersebut terkena air. Kemudian di diamkan sebentar agar minyak  naik dan dilubangi bawahnya untuk membuang air. Kemudian buang airnya jika telah keluar lubang ditutup lagi.
Ini jika najis yg mengenai minyak tersebt bukan najis cair. Tapi jika yg mengenainya najis cair maka minyak tidak dapat di sucikan.Wallahu 'alam
&   مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج (1ص 407) مكتبة الشاملة
( وَلَوْ نَجُسَ مَائِعٌ ) غَيْرُ الْمَاءِ وَلَوْ دُهْنًا ( تَعَذَّرَ تَطْهِيرُهُ ) إذْ لَا يَأْتِي الْمَاءُ عَلَى كُلِّهِ ؛ لِأَنَّهُ بِطَبْعِهِ يَمْنَعُ إصَابَةَ الْمَاءِ ( وَقِيلَ يَطْهُرُ الدُّهْنُ بِغَسْلِهِ ) قِيَاسًا عَلَى الثَّوْبِ النَّجِسِ .وَكَيْفِيَّةُ تَطْهِيرِهِ كَمَا ذَكَرَهُ فِي الْمَجْمُوعِ أَنْ يَصُبَّ الْمَاءَ عَلَيْهِ وَيُكَاثِرَهُ ثُمَّ يُحَرِّكَهُ بِخَشَبَةٍ وَنَحْوِهَا بِحَيْثُ يَظُنُّ وُصُولَهُ لِجَمِيعِهِ ثُمَّ يُتْرَكَ لِيَعْلُوَ ثُمَّ يَثْقُبُ أَسْفَلَهُ ، فَإِذَا خَرَجَ الْمَاءُ سُدَّ .قَالَ فِي الْكِفَايَةِ : وَمَحَلُّ الْخِلَافِ فِيمَا إذَا تَنَجَّسَ الدُّهْنُ بِمَا لَا دُهْنِيَّةَ فِيهِ كَالْبَوْلِ ، فَإِنْ تَنَجَّسَ بِمَا لَهُ دُهْنِيَّةٌ كَوَدَكِ الْمَيْتَةِ بِلَا خِلَافٍ

5.         Makan Daging Babi
Apakah orang yang makan daging babi ( baik sengaja maupun tidak ) wajib membasuh mulutnya tujuh kali ?
Jawaban : Ya, Wajib membasuh mulutnya tujuh kali
&   أسنى المطالب (1ص 104) المكتبة الشاملة
لَوْ أَكَلَ لَحْمَ كَلْبٍ لَمْ يَجِبْ غَسْلُهُ عِنْدَ الِاسْتِنْجَاءِ سَبْعًا وَإِنْ وَجَبَ غَسْلُ الْفَمِ سَبْعًا

6.         CARA MENSUCIKAN DUBUR JIKA TERKENA NAJIS MUGHOLADHOH
Bagaimana cara mensucikan duburnya orang yang memakan daging babi atau anjing, apakah juga harus 7 kali basuhan ?
Jawaban :  diperinci;
@  jika yang dimakan berupa daging atau tulang halus, maka tidak wajib dibasuh tujuh kali, walaupun keluarnya masih utuh berupa daging.
@  Namun jika yang dimakan berupa anggota yang tidak mungkin hancur, seperti; tulang atau rambut, maka wajib dibasuh tujuh kali
&   حاشية الباجوري جزء ١ صحيفة 101 دار إحياء العربية
وَلَوْ أكَلَ لَحْمَ مُغَلَّظٍ لَمْ يَجِبْ تَسْبِيْعُ الْمَخْرَجِ مِنْهُ لانَّ شَأْنَهُ الإحَالَةِ بِخِلاَفِ مَا لَوْ أكَلَ عَظْمًا فَيَجِبُ تَسْبِيْعُ الْمَخْرَجِ مِنْهُ لانّ شَأْنَهُ عَدَمُ الإحَالَةِ
&   حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ: 332 مكتبة دار الفكر
وَلَوْ أَكَلَ لَحْمَ نَحْوِ كَلْبٍ لَمْ يَجِبْ تَسْبِيعُ مَحَلِّ اْلاسْتِنْجَاءِ كَمَا نَقَلَهُ الرُّوْيَانِيُّ عَنْ النَّصِّ قَوْلُهُ ( لَحْمَ نَحْوِ كَلْبٍ ) وَمِثْلُهُ الْعَظْمُ اللَّيِّنُ الَّذِيْس يُؤْكَلُ مَعَ اللَّحْمِ ع ش قَوْلُهُ ( لَمْ يَجِبْ تَسْبِيعُ مَحَلِّ اْلاسْتِنْجَاءِ ) وَلَوْ خَرَجَ غَيْرُ مُسْتَحِيْلٍ ِلأَنَّ مِنْ شَأْنِهِ اْلاسْتِحَالَةَ وَيَجِبُ التَّسْبِيعُ مِنْ خُرُوجِ الْعَظْمِ وَإِنِ اسْتَحَالَ ِلأَنَّ مِنْ شَأْنِهِ عَدَمَ اْلاسْتِحَالَةِ كَمَا قَرَّرَهُ شَيْخُنَا ح ف وَمِثْلُهُ الشَّعْرُ فَإِنَّهُ يَجِبُ تَسْبِيعُ الدُّبُرِ مِنْهُ اهـ

7.         Perbedaan Air kencing anak laki-laki dan perempuan
Kenapa air  kencing bayi laki dan perempuan dibedakan ?  kalau kencing bayi laki bisa jadi najis mukhaffafah sedangkan kencing bayi perempuan tidak bisa jadi najis mukhaffafah?
Dan Apakah hal itu bukan termasuk bentuk diskriminasi / pembedaan perlakuan terhadap wanita
Jawaban: Tak ada diskriminasi gender dalam syariat, yang ada adalah pembedaan aturan dan bagian karena tuntutan maslahat. Ada beberapa hikmah di balik pembedaan air kencing bayi lelaki dengan bayi perempuan sebagai yang saudara tanyakan, di antaranya:
(1) kencing bayi laki-laki pada umumnya lebih encer daripada kencing bayi perempuan, ada yang berpendapat air kencing anak perempuan lebih pekat,lebih kekuning kuningan,lebih tajam baunya berbeda dengan anak laki-laki
(2) bayi laki-laki biasanya lebih banyak ingin digendong daripada anak kecil perempuan;
(3) asal kejadian lelaki (Nabi Adam) dari air dan tanah basah sementara orang perempuan dijadikan dari daging dan darah (Ibu Hawa dijadikan dari tulang rusuk Nabi Adam yang mengandung daging dan darah);
(4) usia balig anak lelaki dengan air suci, yaitu air sperma, sementara usia balig seorang perempuan dengan air sperma yang suci dan juga dengan air najis yaitu darah haid. Maka dengan beberapa faktor tersebut, syariat lebih meringankan najis yang berasal dari air kencing bayi lelaki.
&   حاشية الباجوري جزء ١ صحيفة 103 دار إحياء العربية
والفَرْقُ بينهُما انَّ بَوْلَ الصَّبِيِّ اَرَقُّ مِن بولِ الصَّبيةِ وَ الاِئْتِلافُ بمحله اكثرُ من الائتلاف بمحلها فخُفِّفَ فيهِ دُونها وايْضًا اَصلُ خَلْقِه مِن ماءٍ وطينٍ واصلُ خلقِها من لَحْمٍ ودَمٍ فانَّ حَواء خُلِقَتْ مِن ضَلْعِ ادَمَ القصيرِ وايضا بُلوغُ الصَّبي بمائعٍ طاهرٍ وهُوَ الْمَنِيُّ فقَطْ وبُلوغُها بِذالكَ وبمائِعٍ نَجِسٍ وهُوَ الْحَيْضُ
&   كفاية الأخيار (ص: 68) مكتبة دار الفكر
( يُنْضَحُ مِن بولِ الغُلامِ ويُرَشُّ من بولِ الجارية ) وفُرِّقَ بَيْنهما مِن جِهةِ المعْنَى بِوُجُوْهٍ مِنْهَا أنَّ بولَ الجاريةِ يَتَرَشَّشُ فَاحْتِيْجَ فيهِ إلى الغسلِ بخلافِ بولِ الصبي فإنَّهُ يَقَعُ في مَحَلٍّ واحدٍ ومنْهَا أنَّ بولَ الجاريةِ ثَخِيْنٌ أصْفَرُ مُنْتِنٌ يلصَقُ بالمْحلّ بخلافِ بول الصبي

8.         Mengulang Hafalan di kamar mandi atau WC
Bolehkah mengulang-ngulang hafalan al-Quran di kamar mandi atau wc di dalam hati ?
Jawaban : Kalau mengulangnya di dalam hati saja atau dilisan namun tidak bersuara  maka boleh.
&   حاشية الباجوري جزء ١ صحيفة 114  دار إحياء العربية
فَلَوْ أجْرَتِ القُرآنَ على قَلْبِها أوْ نَظَرتْ في الْمُصْحَف أوْ حركَتْ لسانَها وهَمَسَتْ همْسًا بحيث لا تُسْمِعُ نفْسَها لَمْ يَحْرُمْ لأنَّ ذَلِكَ لَيْسَ بِقِرَأةٍ

9.         ANAK HASIL MANUSIA DAN ANJING
Bagaimana hukum anak yang dihasilkan dari persilangan manusia dan anjing ?
Jawab : Jika anak-nya berbentuk anjing maka hukumnya najis. Namun jika berbentuk manusia maka menurut Ibnu Hajar hukumnya najis tapi dima’fu, menurut Imam Romli hukumnya suci, boleh menjadi Imam Shalat atau khotib.
Dan bila anak yang dihasilkan dari persilangan dua anjing maka mutlak najis walaupun berbentuk manusia,  namun bila anak yang dihasilkan dari persilangan dua manusia maka suci meskipun berbentuk anjing.
&   الباجوري 1 ص 104 دار إحياء العربية
وشَملَ كَلاَمُهُ الْمُتَوَلِّدِ بَيْنَ كَلْبٍ و أدَمِيٍّ فإنْ كانَ على صُوَرةِ الْكَلْبِ فَنَجِسٌ و إنْ كانَ عَلى صُورةِ الأدَمِي فطَاهِرٌ عند الرَّمْلِي ونَجِسٌ مَعْفُوٌّ عَنْهُ عند ابنِ حَجَرٍ فيُصَلِّي وَلَوْ إمَامًا ويَدْخُلُ المساجِدَ وَيُخَالِطُ الناسَ وَلاَ يُنَجِّسُهُمْ بلَمْسِهِ مَعَ رُطوْبَةٍ ولاَ يُنَجِّسُ الماءَ القليلَ ولاَ المائِعَ  وَيَتَوَلَّى الْوِلَايَاتِ كَالْقَضَاءِ وَوَلَايَةِ النِّكَاحِ وَخَالَفَ الشَّيْخُ الْخَطِيبُ فِي ذَلِكَ وَلَهُ حُكْمُ النَّجِسِ فِي الْأَنْكِحَةِ وَالتَّسَرِّي وَالذَّبِيحَةِ وَالتَّوَارُثِ وَجَوَّزَ لَهُ ابْنُ حَجّ التَّسَرِّيَ إنْ خَافَ الْعَنَتَ والْمُتَوَلِّدُ بين كَلْبَيْنِ نَجِسٌ وَلَوْ كانَ عَلى صٌورةِ الأدَمِيّ والمتَوَلِّدُ بينَ أدَمَيْنِ طاهِرٌ وَلَوْ كانَ على صٌورَةِ الْكَلْبِ

10.       Parfum Beral-kohol
Bolehkah seorang muslim shalat dengan memakai parfum beral-kohol yang sekarang sudah membudaya, misalnya spalding dll.?
Jawaban : Boleh. Sebab meskipun parfum yang seperti sepalding dan lainya itu telah dicampur dengan alkohol yang hukumnya najis, namun kenajisan yang ada pada minyak wangi tersebut dimaafkan karena campuran alkohlnya di maksudkan untuk kebaikan bagi minyak wangi tersebut.
&   الفقه على المذاهب الاربعة 1 ص 19 مكتبة دار الفكر
وَمِنْهَا اَلْمَائِعَاتُ اَلنَّجِسَةُ اَلَّتِى تُضَافُ اِلَى الاَدْوِيَةِ وَالَّروَائِحِ العَطْرِيَّةِ لاِصْلاَحِهَا, فَاِنَّه يُعْفَى عَنِ اْلقَدَرِ الَّذِى بِهِ الاِصْلاَحُ قِيَاسًاعَلَى الاَنْفِحَةِ الْمُصْلِحَةِ لِلْجُبُنِ.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا