Hasil Bahts Masail Musykerwil PWNU Jatim 2009 di Balai Diklat
Kemenag Surabaya
Deskripsi
Perkawinan
yang tidak dicatatkan oleh pegawai pencatat nikah sesuai pasal 2 ayat (2) UU
No.1/1974 jo pasal 10 ayat (3) PP No.9/1975 sangat mungkin diwarnai oleh = (a)
Usia pasangan kawin ialah seorang berada di bawah standar umur kawin (19 Pa/16
Pi); (b) Suami telah memiliki istri dalam status perkawinan, bila ingin
poligami; (c) Tidak melibatkan wali nikah yang sebenarnya (kawin lari/kawin
sirri); (d) Berbeda agama yang dianut; (e) Masih terikat hukum keistrian; (f)
Masih terikat masa Iddah; (g) Alasan lain yang seharusnya dicegah untuk
melangsungkan perkawinan (vide: pasal 20 UU No.1/1974).
Khusus
terkait perkawinan di bawah umur atau poligami tanpa didukung ijin istri
dihadapan pengadilan, memiliki dasar pembenaran menurut syari’at, dalam arti sah
menurut hukum agama Islam. Tetapi cara kawin di bawah tangan dilaksanakan, pihak
yang dirugikan bisa menuntut pembatalan nikah, mereka yang memprakarsai dianggap
“melanggar hukum” dengan ancaman pidana kurungan, denda dan hukuman jabatan.
Lebih dari itu, orang tua bisa dituduh melakukan kekerasan pada anak atau tindak
kekerasan dalam rumah tangga. Pendukung hukum positif berpegang pada syarat
“tautsiq” yang diimplikasikan oleh penegasan QS.al-Nisa’21: .... واخذن منكم ميثاقا غليظا
Pertanyaan:
a.
Wajarkah
perbuatan melangsungkan nikah di bawah umur, atau poligami tanpa izin istri yang
ada, yang menurut pandangan syari’at Islam tidak tergolong perbuatan munkar,
dapat menjadi dasar hukum untuk membatalkan perkawinan ?
b.
Etiskah
orang tua dan pihak lain yang mendukung pelaksanaan nikah sesuai norma
syariat -karena diduga melanggar
UU/PP- dikenakan sanksi pidana
?
c.
Merujuk
pasal 2 ayat (1) UUNo.1/1974 terbentuk koridor hukum “tidak ada perkawinan
diluar hukum masing-masing agama”, seharusnya perkawinan dibawah umur dan
poligami tanpa izin istri yang ada karena dibenarkan oleh hukum Islam harus
ditolelir pelaksanaannya. Apakah penbatalan nikah pada kasus tersebut punya
nilai legitimate menurut hukum Islam?
Jawaban
a:
Pernikahan di bawah umur tidak dapat
dijadikan dasar pembatalan nikah sebab di dalam Islam tidak dikenal batas
minimal usia nikah, hanya saja ketika mempelai wanita tersebut masih
kanak-kanak, maka suami wajib menunda berhubungan badan sampai sekira si istri
mampu berhubungan badan.
Dasar
keputusan:
شرح النووى على مسلم ج 5 ص 128
باب جواز تزويج الأب البكر الصغيرة
فيه حديث عائشة رضي الله تعالى عنها قالت: (تزوجني رسول الله صلى الله
عليه وسلّم لست سنين وبني بي وأنا بنت تسع سنين) وفي رواية: (تزوجها وهي بنت سبع
سنين) هذا صريح في جواز تزويج الأب الصغيرة بغير إذنها لأنه لا إذن لها، والجد
كالأب عندنا، وقد سبق في الباب الماضي بسط الاختلاف في اشتراط الولي، وأجمع
المسلمون على جواز تزويجه بنته البكر الصغيرة لهذا الحديث، وإذا بلغت فلا خيار لها
في فسخه عند مالك والشافعي وسائر فقهاء الحجاز، وقال أهل العراق: لها الخيار إذا
بلغت، أما غير الأب والجد من الأولياء فلا يجوز أن يزوجها عند الشافعي والثوري
ومالك وابن أبي ليلى وأحمد وأبي ثور وأبي عبيد والجمهور قالوا: فإن زوجها لم
يصح.
عون المعبود شرح سنن أبى داود ج 6 ص 158
باب في تزويج الصغار
)قال سليمان أو ست): يعني قال سليمان في روايته وأنا بنت سبع أو ست
بالشك.
واعلم أنه وقع في رواية لمسلم تزوجني وأنا بنت سبع وفي أكثر رواياته بنت
ست. قال النووي: فالجمع بينهما أنه كان لها ست وكسر، ففي رواية اقتصرت على السنين،
وفي رواية عدت السنة التي دخلت فيها والله أعلم انتهى. والحديث يدل على أنه يجوز
للأب أن يزوج بنته الصغيرة. قال النووي: أجمع المسلمون على جواز تزويجه بنته البكر
الصغيرة لهذا الحديث وإذا بلغت فلا خيار لها في فسخه عند مالك والشافعي وسائر فقهاء
الحجاز. وقال أهل العراق: لها الخيار إذا بلغت، وأما غير الأب والجد فلا يجوز أن
يزوجها عند الشافعي والثوري ومالك وابن أبي ليلى وأحمد وأبي ثور وأبي عبيد
والجمهور. قالوا: فإن زوجها لم يصح. وقال الأوزاعي وأبو حنيفة وآخرون من السلف:
يجوز لجميع الأولياء ويصح، ولها الخيار إذا بلغت إلا أبا يوسف فقال: لا خيار لها
انتهى. قال المنذري: وأخرجه البخاري ومسلم والنسائي وابن ماجه.
عمدة القارى ج 20 ص 77
وقال ابن بطال: أجمع العلماء أنه يجوز للآباء تزويج الصغار من بناتهم
وإن كن في المهد، إلاَّ أنه لا يجوز لأزواجهن البناء بهن إلاَّ إذا صلحن للوطء
واحتملن الرجال ، وأحوالهن في ذلك مختلف في قدر خلقهن وطاقتهن
Jawaban
b:
Orang tua tidak dapat dikenai sanksi, karena
perbuatan mereka tidak tergolong pelanggaran hukum syariat.
Jawaban
c:
Poligami tanpa seizin istri, pelakunya tidak
sewajarnya mendapatkan sanksi hukum dengan catatan dia dapat berlaku adil kepada
semua isterinya.
Dasar
Keputusan:
النساء 3
فَٱنكِحُوا مَا طَابَ لَكُم مِّنَ ٱلنِّسَآءِ مَثْنَىٰ وَثُلَـٰثَ
وَرُبَـٰعَۖ فَإِنْ خِفْتُمْ أن لا تَعْدِلُوا فَوَٰحِدَةً أَوْ مَا مَلَكَتْ
أَيْمَـٰنُكُمْۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰۤ أن لا تَعُولُوا
النساء 34
ٱلرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى ٱلنِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ ٱللَّهُ
بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَآ أَنفَقُوا مِنْ أَمْوَٰلِهِمْۚ فَٱلصَّـٰلِحَـٰتُ قَـٰنِتَـٰتٌ حَـٰفِظَـٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ
ٱللَّهُۚ وَٱلَّـٰتِى تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَٱهْجُرُوهُنَّ فِى
ٱلْمَضَاجِعِ وَٱضْرِبُوهُنَّۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَڈ تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلااۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا
الإقناع ج 2 ص 228
(ويجوز للحر أن يجمع) في نكاح (بين أربع حرائر) فقط لقوله تعالى:
{فانكحُوا ما طابَ لكم من النساءِ مثنَى وثلاثَ ورباع} لقوله لغيلان وقد أسلم وتحته
عشر نسوة: «أَمْسِكْ أَرْبَعاً وَفَارِقْ سَائِرَهُنَّ» وإذا امتنع في الدوام ففي
الابتداء أولى.
بغية المسترشدين ج 1 ص 215
فائدة: قال (ق ل): الحقوق الواجبة للزوج على زوجته أربعة: طاعته،
ومعاشرته بالمعروف، وتسليمها نفسها إليه، وملازمة المسكن، والواجبة لها عليه أربعة
أيضاً: معاشرتها بالمعروف، ومؤنها، والمهر، والقسم. اهـ.
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik