Langsung ke konten utama

PERLOMBAAN AKHIRUSSANAH




PERLOMBAAN AKHIRUSSANAH
Dalam perlombaan akhirussanah biasa diadakan lomba muhafadhoh, tilawah dll. Apakah perlombaan ini dipernolehkan ? dan bagaimana kalau dipungut iuran sebagai hadiah ?  dan bagaimana menerima hadiah bagi pemenang lomba ?
Jawab : Perlombaan seperti ini diperbolehkan karena termasuk perlomabaan syar’i. Adapun hadiah yg diambilkan dari uang iuran sebagai ‘iwad menurut madzhab tsalatsah hukumnya haram, sedangkan menurut madzhab Hanafi boleh.
Solusi supaya halal secara mutlak adalah
@  ‘Iwad tidak disyaratkan dalam aqad, atau
@  Menarik iuran dengan akad kemashlahatan atau berjalannya akhirussanah, tidak dengan akad iuran untuk hadiah perlombaan akhirussanah, atau
@  Memasukkan seseorang sebagai muhallil ( menarik seseorang untuk mengikuti lomba tanpa dipungut iuran, semisal pengurus), atau
@  Mengikuti pendapat Ashhab Hanafi
Halal menerima hadiah berupa uang atau lainnya bagi pemenang musabaqoh islami
&   الفتاوى الكبرى لابن تيمية 5 ص 415 مكتبة دار الكتب
والصراع والسبق بالأقدام ونحوهما طاعة اذا قصد به نصر الاسلام وأخذ السبق عليه أخذ بالحقّ فالمبالغة الجائزة تحلّ بالعوض اذا كانت مما ينتفع به في الدين كما في مراهنة ابي بكر رضي الله عنه وهو احد الوجهين في المذهب قلت وظاهر ذلك جواز الرهان في العلم وفاقا للحنفية لقيام الدين بالجهاد والعلم والله أعلم وتجوز المسابقة بلا محللة ولو اخرج المتساوي وتصح شروط السبق للإنشاد وشراء قوس وكراء حانوت وإطعام الجماعة لانه مما يعين على الرمي
&   الميسر والقمار المسابقات والجوائز للدوكتر رفيق يونس المصرى ص 156
فال على حفظ القرآن والحديث والفقه وغيره من العلوم النافعة لا تجوز بعوض عند أصحاب مالك وأحمد والشافعى وتجوز عند أصحاب أبى حنيفة وعند ابن تيمية وابن القيم: فغدا جازت المراهنة على آلات الجهاد فهى فى العلم أولى بالجواز وهذا القول هو الراجح – إلى أن قال – ويدخل فى المسابقى العلميات ما يحتاج إليه المجتمع الإسلامى المعاصر من العلوم الشرعية والعلوم والصناعات التكنولوجيا والإبتكارات ولا سيما مما له علاقة بتقوية المجتمع عسكريا وامنيا وسياسيا واقتصاديا واجتماعيا. مثال ذلك فى العلوم الشرعية: حفظ القرآن وتجويده وتفسيره فقد حضن الرسول صلىالله عليه وسلم على تعلم القرآن والفرئض
&   فتاوى اللجنة الدائمة 15 ص 188 مكتبة الشاملة
سؤال : الاشتراك في المسابقات الدينية ذات الجوائز المالية هل جوائزها حلال ام حرام ؟ الجواب : لا حرج في أخذ جوائزها التي تبرع بها ولاة الامور أو غيرهم من المحسنين لما في ذلك من التشجيع على تحصيل العلم والحفظ لكتاب الله عز وجل وينبغي للمؤمن في هذه الامور وأشباهها ان يخلص لله ويفرح بوجود ما يعينه على ذلك وان لا يكون همه تحصيل المال فقط 
&   الباجور على فتح القريب الجزء الثاني ص: 310
وعبارته: ويجـوز شرط العوض من غير المتسابقين من الامام او الاجنبي كأن يقول الامام من سبق منكما فله علي كذ من مالي ، او فله فى بيت المال كذا، او يكون ما يخرجـه من بيت المال من سـهم المصالح ، وكأن يقول الاجنبي : من سبق منكما فله علي كذا، لانه بذل مال فى طاعة وليس لملتزم العوض ولو كان غير المسابقين زيادة فى العوض ولا نقص عنه.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا