Langsung ke konten utama

Ngaji Fiqh



Tayammum
Karyawan pabrik kehabisan air
Pak Alfin adalah seorang yang sehari-harinya bekerja di pabrik mobil. Seperti biasa saat istirahat yang berdurasi setengah jam, mulai dari jam dua belas sampai setengah satu dia gunakan untuk makan dan solat. Akan tetapi dia kebingungan saat ingin wudlu, dikarenakan air yang berada di perusahaanya habis. Apakah dalam kondisi seperti ini dia boleh melakukan tayamum, karena kalau harus mencari air waktu istirahatnya akan habis, dan dia bisa terlambat untuk masuk kerja kembali?
Jawaban: Diperbolehkan.
Catatan: Menurut ulama madzhab Hanafiyyah, boleh melakukan tayamum ketika tidak ada air dengan tanpa harus mencari air terlebih dahulu.
Referensi:
أسنى المطالب الجزء الأول صـ  76
 المبيح الثاني الخوف فإن خاف من بقربه ماء على محترم من نفس أو عضو أو مال ولو قليلا على ما مر يصحبه معه أو يفارقه أي يخلفه في رحله أو خاف من انقطاع رفقة أي انقطاعه عنها وإن لم يتضرر به إن طلبه شرط للخوف أي فإن خاف على شيء مما ذكر إن طلب الماء تيمم لفقده شرعا
الحاوي الكبير للماوردي الجزء الأول صـ 487
وَأَمَّا الشَّرْطُ الثَّانِي : وَهُوَ طَلَبُ الْمَاءِ من شروط التيمم فَهُوَ لَازِمٌ لَا يَصِحُّ إِلَّا بِهِ ، وَقَالَ أَبُو حَنِيفَةَ : الطَّلَبُ لَيْسَ بِوَاجِبٍ ، فَإِذَا فَقَدَ الْمَاءَ جَازَ التَّيَمُّمُ مِنْ غَيْرِ طَلَبٍ ، اسْتِدْلَالًا بِأَنَّ كُلَّ عِبَادَةٍ تَعَلَّقَ وُجُوبُهَا بِوُجُودِ شَرْطٍ لَمْ يَلْزَمْ طَلَبُ ذَلِكَ الشَّرْطِ كَالْمَالِ لَا يَلْزَمُهُ طَلَبُهُ لِوُجُوبِ الْحَجِّ وَالزَّكَاةِ ، فَكَذَلِكَ الْمَاءُ لَا يَلْزَمُهُ طَلَبُهُ لِوُجُوبِ التَّيَمُّمِ ، قَالَ : وَلِأَنَّهُ تَيَمَّمَ عَنْ عَدَمٍ فَصَحَّ تَيَمُّمُهُ كَالْعَادَةِ بَعْدَ الطَّلَبِ .
Kewajiban orang kaya dalam tayamum
Bagaiamana hukumnya orang yang mempunyai uang yang sebenarnya mampu untuk membeli air, namun ia lebih memilih mengambil jalan tayamum. Apakah sah tayamumnya?
Jawaban: Tidak sah, karena ia masih dianggap mampu menggunakan air dengan cara membeli.
Catatan: Kewajiban membeli air berlaku selagi harga air masih sesuai dengan harga standarnya, dan hukumnya sunnah membeli air jika harga air tersebut melebihi harga standar.
Referensi:
نهاية المحتاج الجزء الثاني صـ 374
 ( وَيَجِبُ ) فِي الْوَقْتِ ( شِرَاؤُهُ ) أَيْ الْمَاءِ وَإِنْ لَمْ يَكْفِهِ ، وَكَذَا التُّرَابِ وَلَوْ بِمَحَلٍّ يَلْزَمُهُ فِيهِ الْقَضَاءُ فِيمَا يَظْهَرُ ( بِثَمَنِ مِثْلِهِ ) إنْ قَدَرَ عَلَيْهِ بِنَقْدٍ أَوْ عَرَضٍ لِأَنَّهُ قَادِرٌ عَلَى اسْتِعْمَالِ الْمَاءِ ، فَإِنْ بِيعَ بِغَبْنٍ لَمْ يُكَلَّفْ شِرَاؤُهُ لِلضَّرُورَةِ وَإِنْ قَلَّتْ الزِّيَادَةُ -- إلى أن قال -- نَعَمْ يُسَنُّ لَهُ شِرَاؤُهُ إذَا زَادَ عَلَى ثَمَنِ مِثْلِهِ وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى ذَلِكَ.
Tayamum tidak mengulang usapan tiga kali (tastlist)
Diantara kesunahan wudlu ialah mengulangi basuhan tiga kali (tatslits) dalam setiap rukunya. Tayamum yang statusnya sebagai alternatif dari wudlu, kenapa tidak ada kesunahan tatslits?
Jawaban: Karena tidak sesuai dengan hadist-hadist yang menerangkan bahwa tidak disunahkan melakukan taslist dalam tayamum. Justru  akan dihukumi makruh ketika melakukan pengulangan usapan sebanyak tiga kali (taslits) dalam tayamum.
Referensi:
الشرقاوي الجزء الأول صـ 105
ومكروهه تكثيرالتراب وتكرير المسح لكل عضولمخالفة الأخبار الدالة على عدم ذلك (قوله وتكرير المسح)أي فلا يسن تثليثه (قوله لمخالفة الأخبار)فيه أن مخالفة ذلك لاتثبت الكراهة لأنها لاتثبت إلابنهي مخصوص ويجاب بأن الفقهاء يكتفون بشدة الطلب للضد وينزلون مخالفة ذلك منزلة النهي المخصوص في الكراهة
Debu basah dalam penggunaan tayamum
Tayamum diharuskan memakai debu yang suci. Namun di situ tidak ada keterangan lebih lanjut, apakah debu yang dipakai harus kering atau mutlak (baik basah maupun kering)?
Jawaban: Ya, harus memakai debu yang kering, sebab debu yang basah sudah hilang  sifat debunya (sudah tidak mempunyai debu lagi).
Referensi:
 فتح العلام الجزء الاول صـ 292
ويعلم من هذا الشرط عدم صحة التيمم بالتراب المختلط بماء يمنع وصول الغبار إلى العضو : كزعفران ، ودقيق ، ونورة أي جير ونحو ذلك إلى أن قال -- ولابد أن يكون له غبار يعلق بالعضو ، وإنما لم أقيده ككثيرين بذلك ، لأنه شأنه والغالب فيه ، أن يكون كذلك ، فلو كان خشنا او نديا لا يرتفع له غبار لم يكف .
Alasan penggunaan tayamum hanya untuk satu shalat fardlu
Tayamum digunakan ketika seseorang ada udzur, seperti tidak ada air, atau dalam kondisi sakit. Namun, mengapa tayamum hanya boleh digunakan untuk satu kali shalat fardlu saja?
Jawaban: Karena tayamum merupakan cara bersuci yang digunakan dalam keadaan  terdesak (dlarurat), sehingga hanya diperbolehkan digunakan untuk satu kali shalat fardlu.
Catatan: Menurut imam Abu Hanifah, imam Ibnu Musayyab, imam Hasan, dan imam Zuhri selama seseorang belum hadats, diperbolehkan untuk melaksanakan beberapa sholat fardlu dengan satu kali tayamum.
Referensi:
المنهاج القويم صـ 117
( و ) العاشر ( أن يتيمم لكل فرض عيني ) لأن التيمم طهارة وضرورة فيقدر بقدرها نعم يجوز تمكين الحليل مرارا وجمعه مع فرض بتيمم واحد للمشقة وله فعل الجنائز وإن كثرت مع فرض عيني لشبهها بالنافلة في جواز الترك وتعينها بانفراد المكلف عارض
المجموع شرح المهذب الجزء الثاني صـ 294
وحكي عن ابن المسيب والحسن والزهرى وابي حنيفة ويزيد بن هرون أنه يصلى به فرائض ما لم يحدث قال وروى هذا أيضا عن ابن عباس وابى جعفر وقال أبو ثور يجوز أن يجمع فوائت بتيمم ولا يصلى به بعد خروج الوقت فريضة أخرى هذا ما حكاه ابن المنذر وقال المزني وداود يجوز فرائض بتيمم واحد كما قال أبو حنيفة وموافقوه قال الروياني في الحلية وهو الاختيار وهو الاشهر من مذهب أحمد خلاف ما نقله عنه ابن المنذر
Wudlu sebagai niat tayamum
Sebagaimana yang telah diketahui, tayamum bisa menjadi pengganti dari wudlu dan juga mandi junub. Apakah dalam niatnya juga bisa dicukupkan dengan niat wudlu atau mandi junub?
Jawaban: Tidak bisa, tetap harus niat tayamum. Karena tayamum sudah termasuk ibadah baru yang membutuhkan niat sendiri.
Catatan: Ketika niat tayamum seseorang harus menyengaja untuk melakukan hal-hal yang ingin dilakukan, semisal niat supaya diperbolehkan sholat contoh : نَوَيْتُ اِسْتِبَاحَةَ الصَّلاَةِ  maka tidak dihukumi sah niat tayamum hanya dengan berniat melakukan tayamum saja contohنَوَيْتُ التَّيَمُّمَ :  atau dengan niat menghilangkan hadats seperti : نَوَيْتُ الطَّهَارَةِ عَنِ الْحَدَثِ
Referensi:
الشرقاوي الجزء الاوال صـ 96
(قوله ويجمع) – إلى أن قال – ولا بد في التيمم من نية جديدة غير نية الوضوء او الغسل لأنه طهر مستقل الخ
الفقه المنهجي الجزء الاوال صـ 62
النية: ومحلها القلب كما علمت، فيقصد في قلبه فعل التيمم، ويسن أن يتلفظ بلسانه فيقول: نويت استباحة الصلاة، أو فرض الصلاة، أو نفلها، ونحو ذلك مما يقصد فعله، فإذا نوى استباحة الفرض جاز له فعل النوافل معه.
المجموع شرح المهذب الجزء الثاني صـ 225
وقال الماوردى لو نوى التيمم وحده أو الطهارة وحدها لم يصح وقد سبق عن القاضى أبي الطيب أنه لو نوى الطهارة عن الحدث لم يصح والله أعلم
Tayamum bagi orang yang mempunyai jari enam
Orang yang terlahir dalam keadaan abnormal, semisal memiliki tiga tangan atau berjari enam apakah wajib juga untuk ditayamumi?
Jawaban: Wajib untuk ditayamumi.
Referensi:
حواشي الشرواني والعبادي الجزء الأول صـ 361
)و) ثالثها ورابعها وخامسها سواء أكان عن حدث أكبر أم أصغر (مسح) جميع (وجهه) السابق بيانه في الوضوء-- إلى أن قال -- (ثم) مسح جميع (يديه مع مرفقيه)-- إلى أن قال -- قوله: (ثم مسح جميع يديه الخ) ويأتي هنا ما مر في الوضوء من غسل من قطعت يده أو بعضها وجوبا أو ندبا وكذا زيادة يد أو اصبع وتدلي جلدة نهاية
Mengulang usapan yang belum merata
Dalam tayamum, debu disyaratkan harus merata ke  lapisan tangan dan wajah. Bagaimana jika bagian anggota yang belum terusap merata tetapi tangan sudah lebih dulu terangkat?
Jawaban: Diperbolehkan, guna meneruskan usapannya supaya merata. Karena debu yang masih melekat pada telapak tangan tidak akan dihukumi musta’mal selama masih dibutuhkan (hajat) untuk meratakan usapan.
Referensi:
الشرقاوي الجزء الأول صـ 104الحرمين
ولو رفع أحد يديه عن الأخر قبل استيعابها ثم أراد أن يعيدها للإستيعاب جاز في الأصح
حاشية الجمل الجزء الثاني صـ 282
( قوله وهو ما بقي بعضوه ) أي الماسح والممسوح في الصورتين أي ، ولم يكن محتاجا إليه إلى تمام المسح ؛ لأن التراب ما دام على العضو لا يثبت له حكم الاستعمال ما بقيت الحاجة إليه بخلاف ما إذا انتهت ا هـ شيخنا
Kriteria debu musta’mal.
Air yang telah digunakan untuk berwudlu bisa dikatakan dengan air musta’mal. Apakah ada istilah musta’mal pada debu sebagaimana air?
Jawaban: Ada, yaitu debu yang masih melekat pada anggota yang diusap (wajah ataupun tangan) atau yang terpisah dari keduanya setelah pengusapan selesai.
Catatan: Menurut sebagian pendapat, debu yang sudah rontok ataupun terpisah dari anggota tayamum tidak termasuk debu musta’mal dan diperbolehkan bertayamum dengan debu tersebut.
Referensi:
فتح العلام الجزء الاول صـ 299
وأما الثاني أي المستعمل فهو ما يبقى بعضو المتيمم بعد مسحه ، أو انفصل منه بعد ذلك ، وكذا ما انفصل في أثناء المسح عن العضو الماسح والممسوح جميعا.(1)
(1) والمستعمل منه في رفع الحدث ما بقي بعضو ممسوح بعد مسحه أو تناثر منه حالة التيمم بعد مسحه العضو بالزيادة كما في كاشفة السجا
المجموع شرح المهذب الجزء الثاني  صـ 218
فأما ما تناثر من أعضاء المتيمم ففيه وجهان أحدها لا يجوز التيمم به -- إلى أن قال --: والثاني يجوز لان المستعمل منه ما بقى علي العضو وما تناثر غير مستعمل فجاز التيمم به ويخالف الماء لانه لا يدفع بعضه بعضا والتراب يدفع بعضه بعضا فدفع ما أدى به الغرض في العضو ما تناثر منه
Tayamum bagi orang yang selalu berkeringat
Bagi seseorang yang memiliki kadar minyak berlebih pada kulit wajah biasanya tampak selalu berkeringat atau orang yang yang telapak tangannya selalu mengeluarkan keringat. Bagaimanakah cara tayamumnya mengingat wajah dan telapak tangannya selalu basah?
Jawaban: Ketika pengusapan tidak ada pengaruh pada keringat dalam artian keringat tetap keluar meski sudah diusap maka caranya melakukan tayamum seperti biasa, dikarenakan keringat yang keluar dari badan dalam hal ini sudah termasuk sesuatu yang sulit untuk dihindari.
Referensi:
غاية تلخيص المراد من فتاوى ابن زياد صـ 8
(مسألة) لو كان به دموع سائلة لا يمكن الاحتراز عنها لم تضر للمشقة، وكذا لو احتاج للتيمم حينئذ واختلط بالتراب حتى صار طيناً، لأن المشقة تجلب التيسير والرخص لا يضايق فيها، بل أقول بصحة تيمم من ابتلي بكثرة العرق في بدنه.
حواشي الشرواني والعبادي الجزء الأول صـ 353
قوله: (أن يكون له غبار) فإن كان جريشا أي خشنا أو نديا لا يرتفع له غبار لم يكف مغني ورأيت في فتاوى ابن زياد في رجل تسيل دموعه في كل وقت ومتى اتصل تراب التيمم بالوجه صار طينا قال فالظاهر أخذا مما تقدم صحة تيممه وأقول أيضا بصحة تيمم من ابتلي بكثرة العرق في بدنه كما شاهدنا ذلك في بعض الناس بحيث لا يؤثر فيه التنشيف
Membersihkan debu pada telapak tangan
Setelah mengusapkan debu ke wajah, biasanya masih ada sisa debu yang menempel di telapak tangan. Ketika hendak mengambil debu untuk yang kedua kalinya, apakah tangan harus dibersihkan terlebih dahulu?
Jawaban: Wajib dibersihkan dulu, karena debu yang tersisa ditelapak tangan setelah sempurnanya pengusapan wajah dihukumi musta’mal, sehingga kalau tidak dibersihkan dapat mengakibatkan musta’mal pada debu yang baru, dikarenakan adanya percampuran dari debu musta’mal dengan  debu yang suci.
Referensi:
حاشية الجمل الجزء الأول صـ 282
( قوله وهو ما بقي بعضوه ) أي الماسح والممسوح في الصورتين أي ، ولم يكن محتاجا إليه إلى تمام المسح ؛ لأن التراب ما دام على العضو لا يثبت له حكم الاستعمال ما بقيت الحاجة إليه بخلاف ما إذا انتهت ا هـ شيخنا.
كاشفة السجا في شرح سفينة النجا صـ 88
ولو رفع إحدى يديه عن الأخرى قبل استيعابها ثم أراد أن يعيدها للاستيعاب جاز في الأصح لأن المستعمل هو الباقي بالممسوحة، أما الباقي بالماسحة ففي حكم التراب الذي يضرب عليه اليد مرتين فلا يكون مستعملاً بالنسبة للممسوحة، أي فلو أغفل فيها لمعة كان له أن يمسحها بما في الماسحة أما بالنسبة لغير الممسوحة كعضو متيمم آخر أو العضو الماسح فلا يجوز مسحه بما في الكف لارتفاع حدث ذلك الكف به فهو مستعمل.
غاية تلخيص المراد من فتاوى ابن زياد صـ 9
ولا يجزىء التيمم بالتراب المختلط بالمستعمل، كما لا يجزىء المختلط بدقيق ونحوه وإن قلّ
Tempat pengambilan debu dalam satu tempat
Dalam pengambilan debu untuk diusapkan ke wajah dan kedua tangan. Apakah dalam pengambilannya harus berasal dari tempat yang berbeda?
Jawaban: Tidak harus berasal dari tempat yang berbeda, tapi boleh dari satu tempat, selama tempat tersebut masih berdebu.
Referensi:
الفقه الإسلامي وأدلته الجزء الأول 528
أن يكون بضربتين بباطن الكفين، ولو في مكان واحد على الأرض. ويقوم مقام الضربتين: إصابة التراب بجسده إذا مسحه بنية التيمم.
المجموع شرح المهذب الجزء الثاني صـ 216
(الثانية) يشترط كون التراب له غبار يعلق بالعضو وقد ذكر المصنف دليله وبه قال أبو يوسف وقال مالك وأبو حنيفة لا يشترط الغبار
Mengusap debu karena terlihat kusam atau kotor
Setelah tayamum, tentunya debu masih ada yang menempel di tangan atau wajah. Hal ini akan menyebabkan wajah atau tangan terlihat kotor dan kusam. Ketika hendak shalat, apakah sisa debu tersebut boleh untuk dibersihkan?
Jawaban: Boleh, akan tetapi tidak mendapatkan kesunahan untuk tidak menghilangkan debu yang masih tersisa pada wajah dan tangan sampai selesainya sholat, karena debu yang melekat pada anggota termasuk dari bekas ibadah yang sunah untuk dibiarkan melekat.
Catatan: Hukum boleh diatas selama debu tidak menghalangi pada keseluruhan dahi ketika sujud (tidak menjadi mani’ dalam sujud), sehingga kalau menghalangi keseluruhan dahi wajib untuk dihilangkan. Sedangkan debu yang tidak menghalangi pada keseluruhan dahi maka tidak wajib untuk dihilangkan.
Referensi:
حواشي الشرواني والعبادي الجزء الأول صـ 364
 قوله: (ويسن أن لا يمسح التراب الخ) ظاهره وإن حصل منه تشويه وهو ظاهر لانه أثر عبادة ع ش قوله: (حتى يفرغ من الصلاة) أي التي فعلها فرضها ونفلها
كفاية الأخيار الجزء الأول صـ 30
ومنها هل يستحب ترك التنشيف فيه أوجه الصحيح أن تركه مستحب كذا صححه في أصل الروضة وقيل أنه مباح فعله وتركه سواء واختار النووي في شرح المهذب .
حاشية الجمل الجزء الثالث صـ 381
وَلَوْ سَجَدَ عَلَى شَيْءٍ فَالْتَصَقَ بِجَبْهَتِهِ وَارْتَفَعَ مَعَهُ وَسَجَدَ عَلَيْهِ ثَانِيًا ضَرَّ وَإِنْ نَحَّاهُ ثُمَّ سَجَدَ لَمْ يَضُرَّ انْتَهَتْ وَقَوْلُهُ : فَالْتَصَقَ بِجَبْهَتِهِ وَمِنْهُ التُّرَابُ حَيْثُ مَنَعَ مُبَاشَرَةَ جَمِيعِ الْجَبْهَةِ عَنْ مَحَلِّ السُّجُودِ وَقَوْلُهُ : وَإِنْ نَحَّاهُ ثُمَّ سَجَدَ لَمْ يَضُرَّ
الاقناع الجزء الأول صـ  94
فصل في السجود وهو ركن وله أقل وأكمل أما أقله ففيه مسائل إحداها يجب أن يضع على الأرض من الجبهة ما يقع عليه الاسم وفي وجه لا يكفي بعض الجبهة وهو شاذ منكر ولا يجزىء عن الجبهة الجبينان وهما جانبا الجبهة  --- إلي أن قال  -- ويجب أن يكشف من الجبهة ما يقع عليه الاسم فيباشر به موضع السجود وإنما يحصل الكشف إذا لم يحل بينه وبين موضع السجود حائل متصل به يرتفع بارتفاعه
Batasan wajah dalam tayamum
Wajah merupakan anggota wajib tayamum sehingga debu yang diusapkan harus merata. Dalam tayamum, apakah standar ukuran wajah sama dengan wudlu?
Jawaban: Sama, akan tetapi ada perbedaan dalam masalah tempat tumbuhnya rambut.
Catatan: Dalam tayamum, ketika mengusap wajah tidak diwajibkan mengusapkan debu pada tempat tumbuhnya rambut. Hal ini berbeda dalam praktek melakukan wudlu yang mana air harus sampai pada tempat tumbuhnya rambut.
Referensi:
بشرى الكريم صـ 160
(الثالث: مسح) جميع (وجهه) السابق في الوضوء إلا ما يأتي؛ أي: إيصال التراب إليه، ولو بنحو خرقة، ومنه ظاهر لحيته المسترسل، والمقبل من أنفه على شفته، ونقل عن أبي حنيفة جواز الاقتصار على أكثر الوجه.
فقه العبادات - شافعي صـ 165
 ولا يجب إيصال التراب إلى منابت الشعر بل ولا يندب ولو خفيفا لما فيه من المشقة - بخلاف الماء - لكن يجب أن يتعهد منعطفات الوجه كجوانب الآماق واللحاظ والأنف ومقبله من الأسفل لأن ذلك من بشرة الوجه وهذا يغفل عنه الكثيرون كما لا يجوز أن يغفل عن ظاهر الشفتين عند إطباقهما
Was-was dalam tayamum
Kang Ahfas adalah seseorang yang rajin dan giat dalam melakukan ibadah. Akan tetapi dia mempunyai sebuah kebiasaan was-was dalam melakukan ritual ibadahnya. Hal itu bisa terlihat sewaktu dia mengusap wajah saat melakukan tayamum. Dia terus mengulang-ulang usapannya sampai wajahnya terlihat sangat kusam. Sebenarnya iapun ingin menghilangkan kebiasaan was-wasnya tersebut akan tetapi tidak mengetahui caranya. Apakah ada solusi bagi Kang Ahfas untuk mengatasi kebisan was-wasnya dalam pengusapan wajah yang ia lakukan?
Jawaban: Ada, sebiknya dia mengikuti pendapat dari imam Abu Hanifah yang mencukupkan mengusap sebagian besar dari bagian wajah (kira-kira ¾ wajah) tanpa harus mengusap pada keseluruhannya.
Catatan: Jawaban diatas sebaiknya digunakan untuk orang-orang yang mempunyai kebiasaan WAS-WAS.
Referensi:
بشرى الكريم صـ 160
(الثالث: مسح) جميع (وجهه) السابق في الوضوء إلا ما يأتي؛ أي: إيصال التراب إليه، ولو بنحو خرقة، ومنه ظاهر لحيته المسترسل، والمقبل من أنفه على شفته، ونقل عن أبي حنيفة جواز الاقتصار على أكثر الوجه.
شرح الياقوت النفيس صـ 108 دار المنهاج
وأنا احب ذكر أقوال المذاهب الاخرى ، لأن المسلم قد يحتاج لها ويضطر لها كفاقد الماء والتراب فالإمام مالك يقول (الصعيد) كل ما صعد على الأرض ومن عنده وسوسة فله أن يقلد
Niat tayamum untuk solat qodlo’
Tayamum harus dilakukan setelah masuknya waktu solat yang ingin dilaksanakan. Bolehkah melakukan solat qodlo’ ashar dengan tayamum, akan tetapi solat qodlo’ tersebut dilakukan pada waktu solat maghrib?
Jawaban: Boleh karena dalam melakukan qodlo’ sholat tidak ada batasan waktu.
Referensi:
شرح الياقوت النفيس صـ 108 دار المنهاج
و أن يكون التيمم بعد دخول الوقت ، لأنها طهارة ضرورية ، أما إذا كان لصلاة فائتة جاز التيمم لها كل وقت لكن الإمام أبو حنيفة و الإمام أحمد قالا بجواز التيمم قبل وقت الصلاة
Tayamum menggunakan abu vulkanik
Usai kejadian erupsi atau letusan gunung Merapi banyak abu vulkanik yang menempel di pepohonan, bangunan atau bahkan di jalanan. Apakah abu vulkanik bisa digunakan untuk tayamum?
Jawaban: Tidak bisa, karena syarat  tayamum harus menggunakan debu yang suci, dapat menempel dan bukan dari hasil pembakaran. Sehingga abu vulkanik tidak sah digunakan untuk bertayamum.
Catatan :
@ Solusi mengikuti pendapat dari imam Malik yang mengatakan boleh tayamum dengan semua hal yang berada di atas bumi.
@ Vulkanik adalah magma yang mencapai permukaan bumi. Sedangkan pengertian magma sendiri adalah batuan yang berbentuk lelehan sangat panas, terdapat dalam perut bumi yang sewaktu-waktu dapat keluar melalui gunung berapi.
Referensi :
الحاوي الكبير للماوردي الجزء الأول صـ 261
فإن تيمم بما لا ينطلق عليه اسم التراب من نورة أو كحل أو ، زرنيخ أو ملح أو رماد أو دقيق لم يجزه ، وكان تيممه باطلا ، فإن صلى أعاد التيمم والصلاة.
كفاية الأخيار صـ 57
ثم شرط التراب أن لا يخرج عن حاله إلى أخرى تمنع الاسم حتى لو أحرق التراب حتى صار رمادا
الموسوعة الفقهية الكويتية (14/ 261)
أما ما لم يكن من جنس الأرض فلا يجوز التيمم به اتفاقا عند الحنفية . فكل ما يحترق بالنار فيصير رمادا كالحطب والحشيش ونحوهما ، أو ما ينطبع ويلين كالحديد ، والصفر ، والنحاس ، والزجاج ونحوها ، فليس من جنس الأرض .كما لا يجوز التيمم بالرماد لأنه من أجزاء الحطب فليس من أجزاء الأرض . وذهب الشافعية والحنابلة وأبو يوسف من الحنفية إلى أنه لا يجوز التيمم إلا بتراب طاهر ذي غبار يعلق باليد غير محترق -- إلى أن قال -- وقال الشافعية والحنابلة : الصعيد هو التراب ، كما نقل عن ابن عباس قال : ( الصعيد : تراب الحرث ، والطيب : الطاهر ) والمراد بالحرث أرض الزراعة ، وعلى ذلك فلا يجوز التيمم بالرماد ولو كان طاهرا عند جميع الفقهاء ؛ لأنه ليس بتراب ولا من جنس الأرض -- إلى أن قال -- قال الحنفية ( عدا أبي يوسف ) والمالكية : الصعيد ما صعد أي ظهر من أجزاء الأرض ، فهو ظاهر الأرض ، فيجوز التيمم بكل ما هو من جنس الأرض ، وكل ما يحترق بالنار فيصير رمادا ،
Satu  kali tayamum untuk melakukan solat jama’
Ketika sedang bepergian ke luar kota, kang Hilmi berniat untuk shalat jama’. Namun ia tidak menemukan air untuk bersuci, akhirnya ia mengambil alternatif berupa tayamum. Apakah untuk shalat jama’ boleh dengan satu kali tayamum?
Jawaban: Tidak boleh dengan satu kali tayamum, namun harus dua kali tayamum.
Referensi :
الشرح الكبير للرافعي الجزء الثاني صـ 349
 إذا كان يجمع بين صلاتي الجمع بالتيمم فان ظاهر المذهب أن الجمع بين الصلاتين بتيممين جائز وحينئذ إذا قدم الاخيرة فقد تيمم لها قبل وقتها الاصلى ولو تيمم وصلى الظهر ثم تيمم فيضم إليها العصر فدخل وقت العصر قبل ان يشرع فيها فيبطل الجمع ولا يصلح ذلك التيمم للعصر لوقوعه قبل وقتها وانحلال رابطة الجمع وكما لا يقدم التيمم للمؤداة علي وقتها لا يقدم التيمم للفائتة علي وقتها ووقتها يدخل بتذكرها
Waktu niat dalam melakukan tayamum
Niat dalam wudlu hukumnya wajib, begitupun dalam permasalahan tayamum. Yang menjadi pertanyaan, kapan waktunya niat tayamum?
Jawaban: Pada saat mengusap wajah hal ini menurut pendapat dari imam al- Mawardi, imam al-Ghozali, syekh Nasr dan imam asy-Syasyi .
Catatan: Bagi orang yang selalu was-was dalam niat, baik untuk tayamum ataupun ibadah yang lain tidak membutuhkan niat mengikuti pendapat dari imam Ibnu ‘Abbas dan imam Abu Sulaiman al-Daromi
Referensi:
المجموع شرح المهذب الجزء الثاني صـ 228
 (الثالثة) قوله ثم ينوى ويضرب يديه على التراب ويمسح وجهه هكذا عبارة أكثر الاصحاب وقال الماوردى في الاقناع والغزالي في الخلاصة والشيخ نصر في الانتخاب والشاشى في العمدة ينوى عند مسح وجهه واقتصروا على هذه العبارة وظاهرها أنه لا تجب النية قبله كما في الوضوء وقال البغوي والرافعي يجب أن ينوي مع ضرب اليد على التراب ويستديم النية الي مسح جزء من الوجه
الميزن كبرى صــ 124 الجز الاول دار الفكر
وجه الثانى اندراج فروع الإسلام فى نية الإسلام كما قال به ابن عباس وأبو سليمان الدارامى فقال لايحتج شيء من فروع الإسلام إلى نية بعد أن افترى صاحبه الدخول فيه أي فى الإسلام 

Tayamum di dalam pesawat terbang
Pesawat sudah menjadi transportasi yang sangat dibutuhkan karena faktor efisiensi waktu yang cukup tinggi. Ketika tidak ada air, bolehkah tayamum di dalam pesawat?
Jawaban: Diperbolehkan, selama dalam pesawat tersebut memang ada debu yang suci, baik debu tersebut diambil dari pakaian, lantai, atau dinding.
Catatan: Melihat realita di dalam pesawat terbang tidak ada debu, karena biasanya sudah dibersihkan dengan alat penyedot debu.
Referensi:
خاشية الشرقاوي الجزء الأول صـ 95
والمراد بالتراب ما يصدق عليه اسمه بأي لون كان خلقة ومن أي محل أخذ كثوب أو حصير أو جدار أو حنطة أو شعير إذاكان في كل منها غبار ولو من بدن مغلظ إذا لم يعلم تنجس المأخوذ فيدخل فيه المحروق منه ولو اسود مالم يصر رمادا
الحاوي الكبير للماوردي ـ ط الفكر (1/ 484)
قد ذكرنا أن التيمم لا يجوز بغير التراب وذكرنا خلاف أبي حنيفة واستوفينا الحجاج له وعليه ، فإن تيمم بما لا ينطلق عليه اسم التراب من نورة أو كحل أو ، زرنيخ أو ملح أو رماد أو دقيق لم يجزه ، وكان تيممه باطلا
Sisa debu yang berada di tangan
Setelah mengusap wajah, debu masih ada yang menempel di tangan. Bagaimanakah hukum debu tersebut bolehkah digunakan untuk mengusap tangan ?
Jawaban: Tidak diperbolehkan, karena debu tersebut sudah dihukumi musta’mal.
Referensi:
حاشية الجمل الجزء الأول صـ 282
( قوله وهو ما بقي بعضوه ) أي الماسح والممسوح في الصورتين أي ، ولم يكن محتاجا إليه إلى تمام المسح ؛ لأن التراب ما دام على العضو لا يثبت له حكم الاستعمال ما بقيت الحاجة إليه بخلاف ما إذا انتهت ا هـ شيخنا
Debu tidak harus yakin merata
Rukun tayamum yang ke dua adalah meratakan debu ke anggota tayamum. Kita harus bisa memahami tata cara tayamum yang benar dan sesuai dengan fiqih, sehingga bisa memenuhi syarat dan rukunya. Dalam kasus rukun yang ke dua, apakah dalam rukun ini diharuskan adanya keyakinan ratanya debu?
Jawaban: Tidak harus yakin merata, tetapi dicukupkan dengan adanya dugaan yang kuat (dzon).
Referensi:
فتح العلام الجزء الأول صـ الجزء الأول صـ 434
ولا يشترط تيقن وصول التراب إلي جميع أجزاء العضو بل تكفي غلبة الظن كما تقدم في الماءاهـــ
Debu dinding rumah untuk tayamum
Di sekitar kita mudah sekali ditemui debu. Entah di jalanan, dinding rumah, meja, jendala, atau kaca. Bolehkah bertayamum dengan menggunakan debu yang melekat pada benda-benda tersebut?
Jawaban: Boleh, jika tempat-tempat tersebut memang ada debunya.
Referensi:
خاشية الشرقاوي الجزء الأول صـ 95
والمراد بالتراب ما يصدق عليه اسمه بأي لون كان خلقة ومن أي محل أخذ كثوب أو حصير أو جدار أو حنطة أو شعير إذاكان في كل منها غبار ولو من بدن مغلظ إذا لم يعلم تنجس المأخوذ فيدخل فيه المحروق منه ولو اسود مالم يصر رمادا
Sulitnya air pada musim kemarau.
Kang Bisri, karena kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan dirinya sulit mendapatkan air. Dia harus rela antri berjam-jam kalau ingin mendapatkan air. Dalam antriannya dia mendapat antrian paling akhir, Yang dipastikan ketika mendapat air waktu solat akan habis. Apakah dalam kasus seperti itu diperbolehkan tayamum?
Jawaban: Boleh melakukan tayamum dan solat, tanpa harus mengulangi setelah itu.
Referensi:
حاشية قليوبي الجزء الأول صـ90
ومثل الفقد خوف الغرق لمن في سفينة لو استقى وعلمه أن نوبته في نحو بئر لمزدحمين لا تنتهي إليه إلا بعد الوقت , وظاهر كلامهم عدم وجوب الإعادة فيهما للمسافر والمقيم .
روضة الطالبين الجزء الأول صـ 96
الحالة الرابعة أن يكون الماء حاضرا بأن يزدحم مسافرون على بئر لا يمكن أن يستقي منها إلا واحد بعد واحد لضيق الموقف أو اتحاد الآلة فإن توقع حصول نوبته قبل خروج الوقت لم يجز التيمم  وإن علم أنها لا تحصل إلا بعد الوقت فنص الشافعي رحمه الله --  قلت الأصح من الطريقين إجراء القولين في الجميع  وأظهرهما يصلي في الوقت بالتيمم وعاريا وقاعدا ولا إعادة على المذهب  وفي التهذيب في وجوب الإعادة قولان  والله أعلم
Luka bakar yang terkena air bertambah parah
Ketika ada luka bakar di sebagian wajah dan tidak bisa diusap karena takut sakitnya bertambah parah. Bagaimanakah cara bersucinya?
Jawaban: Ketika anggota yang luka tidak terdapat tutup seperti perban, maka caranya dengan membasuh anggota sehat, kemudian tayamum dan mengusap anggota sakit dengan debu jika mungkin dan tidak khawatir sakit. Untuk bagian yang luka, tidak wajib diusap dengan air.
Referensi:
نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج (2/ 442)
( وإذا امتنع استعماله ) أي الماء ( في عضو ) من محل طهارته لجرح أو كسر أو مرض فلم يرد بامتناعه تحريمه بل امتناع وجوب استعماله ، ويصح أن يريد به تحريمه أيضا عند غلبة ظنه حصول المحذور بالطريق المتقدم إلى أن قال -- ( إن لم يكن ) عليه ( ساتر وجب التيمم ) لئلا يبقى محل العلة بلا طهارة ويلزمه إمرار التراب ما أمكن على محل العلة إن كان بمحل التيمم ولم يخش محذورا -- إلى أن قال -- ( وكذا غسل الصحيح على المذهب ) ولو بأجرة فاضلة عما مر في نظيره في صفة الوضوء ببل خرقة وعصرها لتنغسل تلك المحال بالمتقاطر ، فإن تعذر أمسه ماء بلا إفاضة --  إلى أن قال --قال البيهقي : معناه أنه غسل ما أمكنه وتيمم للباقي ، ومقابل المذهب في وجوب غسله القولان فيمن وجد من الماء ما لا يكفيه ، وفهم من كلام المصنف أنه لا يجب مسح موضع العلة بالماء وإن لم يخف منه ، وهو ما نقله الرافعي عن الأئمة لأن الواجب إنما هو الغسل .
Hukum mengusap bekas wudlu karena ingin tayamum
Bagaimanakah hukumnya menguasap air pada wajah dan tangan setelah wudlu untuk ditayamumi ?
Jawaban : Sunah muakkad, karena air yang berada pada wajah dan tangan bisa menyebabkan basahnya debu dan berakibat tidak sahnya tayamum.
Referensi :
مغني المحتاج الجز الاول صـ 283
أَمَّا إذَا كَانَ هُنَاكَ عُذْرٌ كَحَرٍّ أَوْ بَرْدٍ أَوْ الْتِصَاقِ نَجَاسَةٍ فَلَا كَرَاهَةَ قَطْعًا أَوْ كَانَ يَتَيَمَّمُ عَقِبَ الْوُضُوءِ لِئَلَّا يَمْنَعَ الْبَلَلَ فِي وَجْهِهِ وَيَدَيْهِ التَّيَمُّمُ . قَالَ فِي الْمَجْمُوعِ : وَلَا يُقَالُ إنَّهُ خِلَافُ الْمُسْتَحَبِّ .قَالَ الْأَذْرَعِيُّ : بَلْ يَتَأَكَّدُ اسْتِحْبَابُهُ عِنْدَ ذَلِكَ .
تحفة الحبيب على شرح الخطيب ـ مشكول (3/ 105)
وَقَوْلُهُ : وَلَمْ يُمْكِنْ تَجْفِيفُهُ أَيْ فَإِنْ أَمْكَنَهُ وَجَبَ ، وَمِنْهُ يُؤْخَذُ أَنَّهُ لَوْ كَانَ بِهِ جِرَاحَةٌ فِي يَدَيْهِ فَغَسَلَ وَجْهَهُ ، ثُمَّ أَرَادَ التَّيَمُّمَ عَنْ جِرَاحَةِ الْيَدَيْنِ أَنَّهُ يُكَلَّفُ تَنْشِيفَ الْوَجْهِ وَالْيَدَيْنِ قَبْلَ أَخْذِ التُّرَابِ ؛ لِأَنَّهُ إذَا أَخَذَهُ مَعَ بَلَلِ يَدَيْهِ صَارَ كَالتُّرَابِ الْمُنَدَّى الْمَأْخُوذِ مِنْ الْأَرْضِ فَلَا يَصِحُّ التَّيَمُّمُ بِهِ فَتَنَبَّهْ لَهُ فَإِنَّهُ دَقِيقٌ .
Pengambilan debu dengan kain
Debu yang berserakan bisa digunakan untuk tayamum, namun untuk mengambilnya dengan bantuan kain. Apakah hal ini diperbolehkan?
Jawaban: Boleh.
Referensi:
فتح العلام الجز الاول  صـ 410 دار السلام
وتاسعها أى شروط التيمم نقله أى التراب أى تحويله إلى العضو الذى يراد مسحه ولا بد أن يكون بعد دخول الوقت ولا فرق بين كونه من الارض أو من غيرها كثوب أو حصير أو مخدة أو حنطة كما علم مما مر حتى لو نقل من الهواء كفى بأن تلقى المتيمم  التراب من الريح بكمه أو يده ومسح به وجهه الخ اهـ
Tayamum untuk ibadah fardlu dan sunnah
Tayamum digunakan untuk satu kali shalat fardlu. Bolehkah satu tayamum digunakan untuk shalat sunah dan shalat fardlu?
Jawaban: Boleh.
Referensi:
المجموع شرح المهذب الجز الاول صـ 299
 فان نوى بالتيمم الفريضة والنافلة جاز أن يصلي النافلة قبل الفريضة وبعدها لانه نواهما بالتيمم وان نوى بالتيمم الفريضة ولم ينو النافلة جاز أن يصلى النافلة بعدها وهل يجوز أن يصليها قبلها فيه قولان قال في الام له ذلك لان كل طهارة جاز أن يتنفل بها بعد الفريضة جاز قبلها
Harus ada kesengajaan (qosdu) untuk memindah debu
Kenapa pada saat memindahkan debu harus ada unsur qashdu (kesengajaan)?
Jawaban: Hal ini berdasarkan ayat al-Quran.
Referensi:                                   
الاقناع الجز الاول صـ 72
ويشترط قصد التراب لقوله تعالى: (فتيمموا صعيدا طيبا) أي اقصدوه
Sampainya debu pada bawah kuku.
Dalam melakukan tayamum apakah debu harus sampai pada anggota yang berada di bawah kuku ?
Jawaban : Tida wajib.
Referensi :
حاشية الجمل الجزء الثاني صـ 300
 وفي ق ل على الجلال ولا يجب إيصال التراب لما تحت الأظفار كما رجع إليه شيخنا ا هـ .
Mengusap hanya pada telapak tangan saja.
Ketika tangan terdapat perban dan bersucinya harus menggunakan cara dari bersucinya shohibul jaba’ir. Apakah boleh dalam kasus seperti itu melakukan tayamum hanya dengan mengusap wajah dan kedua telapak tangan saja ?
Jawaban: Boleh menurut pendapat dari qoul qodhimnya syafi’iyyah, ulama’ Malikiyyah dan Hanafiyyah.
Referensi:
المجموع شرح المهذب الجزء الثاني صـ 210
 وحكى أبو ثور وغيره قولا للشافعي في القديم أنه يكفى مسح الوجه والكفين وأنكر أبو حامد والماوردي وغيرهما هذا القول وقالوا لم يذكره الشافعي في القديم وهذا الانكار فاسد فان أبا ثور من خواص أصحاب الشافعي وثقاتهم وأئمتهم فنقله عنه مقبول
شرح الياقوت النفيس صـ 108 دار المنهاج
وفي مذهب الإمام أحمد ومذهب الإمام مالك يكفي عندهما مسح الوجه و مسح الكفين فقط ، وشاهدهما حديث عمار ، وقد تقدم الكلام عليه في أول الباب ، وأنا احب ذكر أقوال المذاهب الاخرى ، لأن المسلم قد يحتاج لها ويضطر لها
Air tidak cukup untuk wudlu
Ketika seseorang melakukan wudlu ternyata air yang digunakan tidak mencukupi. Apa yang harus dilakukan untuk menyempurnakan thoharohnya ?
Jawaban: Dia boleh memakai air tersebut untuk berwudlu pada sebagian anggota wudlu dan setelah itu melakukan tayamum.
Referensi:
الأم ـ للشافعي الجز الاول  صـ 49
قَالَ الشّاَفعيُّ : وإذا وَجَدَ الرَّجُلُ الْمُسَافِرُ مَاءً لاَ يُطَهِّرُ أَعْضَاءَهُ كُلَّهَا لم يَكُنْ عليه أَنْ يَغْسِلَ منها شيئا. قال الرَّبِيعُ : وَلَهُ قَوْلٌ آخَرُ أَنَّهُ يَغْسِلُ بِمَا معه من الْمَاءِ بَعْضَ أَعْضَاءِ الْوُضُوءِ وَيَتَيَمَّمَ بَعْدَ ذلك.
Takut dikatakan junub
Seorang siswi yang berhenti dari haidnya ketika berada di sekolah umum. Apakah yang harus dilakukan, dia merasa malu kalau harus mandi, karena takut di olok-olok (digojloki) oleh teman-temannya, memandang sekolah baru pulang pukul tiga sore WIB. dan semua siswa diharuskan melakukan shalat Dhuhur di sekolah?
Jawaban: Bersucinya secara sempurna (wajib mandi), selama olok-olokkannya (gojlokkannya) tidak bernilai cacian yang menjatuhkan harga diri dan tidak ada kekhawatiran dugaan negatif (su'udzon). Jika tedapat hal-hal tersebut, maka boleh tayamum. Akan tetapi sebelum melakukan tayamum diusahakan membasuh anggota badan yang mungkin, semisal kaki, tangan atau wajah. Kemudian melakukan sholat dzuhur dan mengulangi shalatnya setelah ia mampu melakukan mandi secara sempurna.
Referensi:
نهاية الزين صـ 33
والذي يحرم بالحدث المتوسط ثمانية أشياء الخمسة المتقدمة على الوجه المتقدم فيها نعم قد يجوز فعل صورة الصلاة مع هذا الحدث كما قد يقع للشخص في بعض الأحيان أنه ينام في مكان فيه نساء أو أولاد مرد ويحتلم ويخشى على نفسه من الوقوع في عرضه إذا اغتسل فهذا عذر مبيح للتيمم لأنه أشق من الخوف على أخذ المال لكن قبل التيمم يغسل ما يمكنه غسله من بدنه ويصلي ويعيد لأن هذا مثل التيمم للبرد هذا إذا سهل له فعل ذلك وإلا أتى بأفعال الصلاة بغير نية ولا حرمة عليه
حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء الأول صـ 295
(ويحرم على الجنب خمسة أشياء) وهي (الصلاة والطواف وقراءة القرآن ومس المصحف وحمله) قوله: (الصلاة) محل الحرمة لغير حاجة، فلا يرد من خشي أن يظن به سوء، فإنه يأتي بأفعالها من غير نية ولا حرمة عليه رحماني.
Tayamumnya Orang yang cacat fisik
Kang Andre adalah orang yang rajin mengerjakan ibadah baik wajib ataupun sunah, sampai di suatu hari dia mengalami kecelakaan yang begitu hebat hingga tangan kirinya harus diamputasi. Bagaimanakah cara kang Andre ketika mau melaksanakn tayamum ketika tidak menemukan air sewaktu ingin melaksanakan solat ?
Jawaban:  Jika ia tidak menemukan orang yang mantayamumi dan ia mampu untuk mengoleskan debu pada tangan atau wajahnya memakai kaki, kayu ataupun perantara lain maka dicukupkan, kalau masih tidak mampu maka cukup dengan mengoles-oleskan anggota tayamum kedebu yang ada. 
Referensi:
الأم للشافعي الجز الاول صـ 49
قَالَ الشّاَفعيُّ : فإذا كان أَقْطَعَ فلم يَجِدْ من يُيَمِّمَهُ فَإِنْ قَدَرَ على أَنْ يُلَوِّثَ يَدَيْهِ بِالتُّرَابِ حتى يأتى بِهِ عَلَيْهِمَا أو يَحْتَالَ له بِوَجْهٍ إمَّا بِرِجْلِهِ أو غَيْرِهَا أَجْزَأَهُ وَإِنْ لم يَقْدِرْ على ذلك لاَثَ بِوَجْهِهِ لَوْثًا رَفِيقًا حتى يأتى بِالْغُبَارِ عليه وَفَعَلَ ذلك بِيَدَيْهِ وَصَلَّى وَأَجْزَأَتْهُ صَلاَتُهُ فَإِنْ لم يَقْدِرْ على لَوْثِهِمَا مَعًا لاَثَ إحْدَاهُمَا وَصَلَّى وَأَعَادَ الصَّلاَةَ إذَا قَدَرَ على من يُيَمِّمُهُ أو يُوَضِّئُهُ.
Orang yang berhak menilai parahnya luka
Karena di sebagian anggota tubuhnya ada yang luka akhirnya kang Fajar memutuskan untuk tayamum. Sebenarnya siapa yang berhak menilai secara objektif apakah luka tersebut bisa memperbolehkan tayamum ataukah tidak ?
Jawaban: Saran dokter baik islam ataupun non islam atau bisa dengan diri sendiri ketika memang mengetahui tentang ilmu kedokteran.
Catatan: Ketentuan dari jawaban diatas adalah syarat yang harus terpenuhi supaya solat yang dikerjakan tidak ada kewajiban untuk mengqodlo’i (mengulang).
Referensi:
نهاية الزين في إرشاد المبتدئين صـ 33
ومتى كان العجز شرعيا كالمرض ونحوه تيمم وصلى ولا إعادة مطلقا فشرط عدم الإعادة إخبار الطبيب العدل ولو عدل رواية (1) بأن استعمال الماء يضره بسبب خوف حدوث مرض أو بطء برء أو زيادة ألم أو شين فاحش في عضو ظاهركنحول واستحشاف أو لحمة تزيد أو ثغرة تبقى والعضو الظاهر الوجه واليدان ويكفي معرفة نفسه إذا كان عالما بالطب فإن لم يستند إلى شيء من ذلك بل اعتمد على التجربة لزمته الإعادة وإذا تيقن الضرر لو استعمل الماء أو غلب على ظنه ذلك حرم عليه استعمال الماء ووجب عليه التيمم وإن توهمه أو شك فيه جاز التيمم ولا يحرم استعمال الماء
(1) قوله عدل في الرواية وهو البالغ العاقل الذي لم يرتكب كبيرة ، ولم يصر على صغيرة وكالعدل فاسق ، ولو كافرا اعتقد صدقه  بالزيادة كما في حاشية الجمل
Belum pastinya bahaya dalam penggunaan air
Mafaza begitulah teman-temannya memanggil, dia adalah seorang santri yang pendiam dan lugu. Suatu saat dia mengalami demam, yang membuatnya berat untuk beraktifitas. Muncul keraguan saat dia mau berwudhu untuk mengerjakan sholat, dia khawatir kalau wudhu menggunakan air demamnya akan bertambah panas. Akhirnya dia memutuskan untuk melakukan tayamum. Apakah tayamum yang dilakukan kang zahue diperbolehkan dan apakah sholatnya sah ?
Jawaban:  Boleh dan wajib baginya untuk mengulangi sholat.
Catatan: Bahaya penggunaan air pada penderita sakit yang hanya sekedar kemungkinan saja, maka harus mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter supaya solat yang dikerjakan menggunakan tayamum tidak terkena kewajiban untuk diqodlo’i.
Referensi:
نهاية الزين في إرشاد المبتدئين صـ 33
وإذا تيقن الضرر لو استعمل الماء أو غلب على ظنه ذلك حرم عليه استعمال الماء ووجب عليه التيمم وإن توهمه أو شك فيه جاز التيمم ولا يحرم استعمال الماء
حاشية الجمل الجز لثااني  صـ 257
وعبارة ز ي قوله قول عدل في الرواية أي إن لم يكن عارفا بالطب ، فإن كان عارفا به ، فإنه يكتفي بمعرفة نفسه ، فإن لم يكن عارفا به ، ولم يجد طبيبا وخاف محذورا فعن أبي علي السنجي أنه لا يتيمم وخالفه البغوي فأفتى بأنه يتيمم ويصلي ، ثم يعيد إذا وجد المخبر وأخبره بجواز التيمم أو بعدمه انتهت -- ولا يكفي مجرد الخوف اتفاقا ولا بد من سؤال الطبيب في كل وقت احتمل فيه عدم الضرر ، ولو لم يجد الطبيب وصلى بالتيمم لزمه إعادة ما صلاه ، وإن وجده بعد ذلك وأخبره بجوازه قاله شيخنا فراجعه ا هـ .
Udzur yang memperbolehkan untuk tayamum
Salah satu faktor diperbolehkannya tayamum karena ada udzur yang menimpa seseorang. Namun yang menjadi persoalan, udzur atau halangan secara umum banyak sekali. Adakah ketentuan secara detail tentang udzur sakit yang memperbolehkan untuk tayamum?
Jawaban: Alasan (udzur) terbagi menjadi dua yaitu:
a.    Alasan yang bersifat umum (udzur  ‘am) dan tidak ada kewajiban melakukan qodlo’.
b.    Alasan yang bersifat jarang (udzur nadzir) dan wajib melakukan qodlo’.
Dari kedua udzur ini tetap diperbolehkan melakukan tayamum.
Catatan: Kriteria sakit yang memperbolehkan tayamum:
@ Sakit yang menghawatirkan yaitu; sakit yang mengakibatkan pada kematian, hilangnya anggota tubuh atau kehilangan fungsinya ketika terkena air.  Atau sakit yang belum sampai taraf mengkhawatirkan, namun ketika terkena air, akan menjadi penyakit yang mengkhawatirkan.
@ Sakit yang ketika terkena air bertambah parah, bertambah lama masa sembuhnya atau khawatir akan membekas seperti belang  pada anggota tubuh yang terlihat saat melaksanakan aktivitas seperti wajah dan kedua  tangan.
Referensi:
فقه العبادات - شافعي صـ 154
الحالات التي يباح فيها التيمم : هي ثلاث : فقد الماء والمرض والبرد-- الى أن قال-  ثالثا - في البرد :  إذا لم تنفعه تدفئة أعضائه بعد الوضوء ولم يجد ما يسخن به الماء وخاف على منفعة عضو أو حدوث شين من شدة البرد جاز له التيمم -- الى أن قال-  إذا كان التيمم للبرد ثم وجد ما يسخن به الماء  ، إذا تيمم لفقد الماء في الحضر ثم وجده الى أن قال-- ولأن عدم الماء في الحضر عذر نادر  ، والعذر نوعان : عام ونادر فالعام لا إعادة معه للمشقة كالمريض يصلي قاعدا أو موميا أو بالتيمم خوفا من استعمال الماء ومثله في هذا المسافر . وأما النادر فقسمان دائم غالب كالاستحاضة وهذا لا إعادة فيه للمشقة والضرورة وغير دائم غالبا وهو نوعان نوع يأتي معه يبدل للخلل ونوع لا يأتي فمن الثاني فاقد الطهورين مثلا فهذا وأمثاله اجب عليهم الصلاة على حسب الحال ثم تجب الإعادة لندور هذه الأعذار . ومثال الأول من تيمم في الحضر لعدم الماء أو لشدة البرد في السفر والحضر وغير ذلك مما تقدم تفصيله فهؤلاء وأمثالهم تجب عليهم الإعادة
كفاية الأخيار صـ 54
وأما المرض فهو على ثلاثة أقسام الأول أن يخاف معه بالوضوء فوت الروح أو فوت عضو أو فوت منفعة العضو ويلحق بذلك ما إذا كان به مرض غير مخوف إلا أنه يخاف من اسنعمال الماء أن يصير مرضا مخوفا فيباح له التيمم والحالة هذه على المذهب القسم الثاني أن يخاف زيادة العلة وهو كثرة الألم وإن لم تزد المدة أو يخاف بطء البرء وهو طول مدة المرض وإن لم يزد الألم أو يخاف شدة الضنى وهو المرض المدنف الذي يجعله ضنى أو يخاف حصول شين قبيح كالسواد على عضو ظاهر كالوجه وغيره مما يبدو عند المهنة وهي الخدمة وفي جميع هذه الصور خلاف منتشر والراجح جواز التيمم وعلة الشين الفاحش أنه يشوه الخلقة ويدوم ضرره فأشبه تلف العضو
Kesunahan membaca do’a dan sholat setelah tayamum.
Apakah ada kesunahan setelah melakukan tayamum untuk membaca do’a dan melakukan sholat dua roka’at seperti halnya wudlu ?
Jawaban: Ada kesunahan membaca do’a setelah melakukan tayamum seperti halnya do’a yang dibaca setelah wudlu dan sunah pula melakukan sholat sunnah dua roka’at.
Referensi:
حاشية الجمل الجزء الثاني صـ 307
 ( وسن تسمية ) حتى لجنب ونحوه أوله وتوجه فيه للقبلة وسواك وعدم تكرر مسح وإتيان بالشهادتين بعده ( وولاء ) فيه بتقدير التراب ماء ( وتقديم يمينه ) على يساره ( وأعلى وجهه ) على أسفله كالوضوء في الجميع إلا عدم التكرر ( ويختلف غبار ) من كفيه مثلا إن كثر بأن ينفضها أو ينفخه عنهما لئلا يتشوه العضو بالمسح ( قوله وإتيان بالشهادتين بعده ) عبارة شرح م ر والذكر آخره السابق في الوضوء ،-- إلى أن قال -- وكذا يسن صلاة ركعتين بعده ، ولو كان عن طهارة مندوبة ا هـ ع ش عليه .
Niat dalam mentayamumi orang lain
Saat mentayamumi orang lain seperti halnya mentayamumi pasien yang sedang mengalami sakit di rumah-rumah sakit, siapakah yang harus melakukan niat, apakah sang pasien ataukah orang yang mentayamumi?
Jawaban: Yang melakukan niat harus orang yang ditayamumi.
Referensi:
المجموع شرح المهذب الجزء الثاني صـ 235
 [ الشرح ] في الفصل مسألتان احداهما إذا يممه غيره باذنه ونوى الآمر ان كان معذورا كأقطع ومريض وغيرهما جاز بلا خلاف.
Bertayamum karena sakit demam ataupun sakit kepala
Bang Juned adalah bekas MAFIA kelas kakap yang kini sudah bertaubat berkat nasehat dari teman santrinya yang bernama Alfin. Suatu ketika bang juned menderita sakit kepala plus demam. Diapun bertanya pada kang Alfin, apakah boleh dia melakukan sholat dengan bertayamum tanpa harus berwudlu menggunakan air ?
Jawaban: Boleh, mengikuti sebagian pendapat dari ulama’ mazdhab Malikiyyah.
Catatan:
@ Dalam menghadapi permasalahan seperti kasus diatas alangkah tepat kalau menggunakan tahapan-tahapan yang sekira tidak terlalu memberatkan mereka, seperti jawaban dari kasus di atas, supaya mereka merasa bahwa islam itu bukanlah agama yang memberatkan pada pemeluknya dan mudah bagi mereka untuk menerima serta melakukan apa yang diperintahkan oleh agama.
@ Pendapat diatas sebaiknya digunakan pada keadaan yang serupa dengan diskripsi pertanyaan.
Referensi:
 المجموع شرح المهذب الجزء الثاني صـ 284
أما أحكام المسألة فالمرض ثلاث أضرب أحدها مرض يسير -- إلى أن قال -- كصداع ووجع ضرس وحمي وشبهها فهذا لا يجوز له التيمم بلا خلاف عندنا وبه قال العلماء كافة الا ما حكاه أصحابنا عن أهل الظاهر وبعض أصحاب مالك أنهم جوزوه للآية
شرح النووي على مسلم (6/ 170)
وَفِيهِ : تَأْلِيف مَنْ قَرُبَ إِسْلَامه وَتَرْك التَّشْدِيد عَلَيْهِمْ ، وَكَذَلِكَ مَنْ قَارَبَ الْبُلُوغ مِنْ الصِّبْيَان ، وَمَنْ بَلَغَ وَمَنْ تَابَ مِنْ الْمَعَاصِي كُلّهمْ يُتَلَطَّف بِهِمْ وَيُدَرَّجُونَ فِي أَنْوَاع الطَّاعَة قَلِيلًا قَلِيلًا ، وَقَدْ كَانَتْ أُمُور الْإِسْلَام فِي التَّكْلِيف عَلَى التَّدْرِيج فَمَتَى يُسِّرَ عَلَى الدَّاخِل فِي الطَّاعَة أَوْ الْمُرِيد لِلدُّخُولِ فِيهَا سَهُلَتْ عَلَيْهِ ، وَكَانَتْ عَاقِبَته غَالِبًا التَّزَايُد مِنْهَا ، وَمَتَى عَسُرَتْ عَلَيْهِ أَوْ شَكَّ أَنْ لَا يَدْخُل فِيهَا ، وَإِنْ دَخَلَ أَوْ شَكَّ أَنْ لَا يَدُوم أَوْ لَا يَسْتَحِيلهَا .
Bertayamum dengan batu atau pepohonan
Bagi pasien yang dirawat di rumah sakit dan telah divonis oleh dokter, kalau lukanya tidak diperbolehkan terkena air ataupun debu. Bagaimanakah cara dia bersuci untuk melaksanakan sholat yang menjadi kewajibannya?
Jawaban: Baginya boleh melakukan tayamum dengan menggunakan batu, ataupun benda lain yang berada diatas bumi mengikuti pendapat madzhab Malikiyyah.
Catatan: Tata cara tayammum dengan menggunakana selain debu tidak ada perbedaan dengan tayammum menggunakan debu. Cukup menempelkan tangan pada batu atau selainya dan diusapkan ke anggota tayamum.
Referensi:
حاشية الصاوي على الشرح الصغير (1/ 336) مالكية
وَالْمُرَادُ بِالصَّعِيدِ .كُلُّ مَا صَعَدَ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ مِنْ أَجْزَائِهَا ، فَالْكَافُ فِي : ( كَتُرَابٍ ) لِلتَّمْثِيلِ .( وَرَمْلٍ وَحَجَرٍ وَجَصٍّ لَمْ يُطْبَخْ ) : أَيْ يَجُوزُ التَّيَمُّمُ عَلَى كُلٍّ مِمَّا ذُكِرَ
الثمر الداني (ص: 75)  مالكية
وليس المراد بالضرب حقيقته بل المراد أنه يضع يديه على ما يتيمم به ترابا أو غيره وهذا الضرب فرض ولا يشترط علوق شيء بكفيه فإن تعلق بهما شيء نفضهما نفضا خفيفا حتى عد بعضهم هذا النفض من فضائل التيمم لئلا يؤذي وجهه
البحر الرائق (2/ 67)  حنفية
فَعُلِمَ بِهَذَا أَنَّ مَا أَطْلَقَهُ فِي فَتْحِ الْقَدِيرِ مَحْمُولٌ عَلَى هَذَا التَّفْصِيلِ وَإِذَا لَمْ يَجِدْ إلَّا الطِّينَ يُلَطِّخُهُ بِثَوْبِهِ فَإِذَا جَفَّ تَيَمَّمَ بِهِ وَقِيلَ عِنْدَ أَبِي حَنِيفَةَ يَتَيَمَّمُ بِالطِّينِ ، وَهُوَ الصَّحِيحُ ؛ لِأَنَّ الْوَاجِبَ عِنْدَهُ وَضْعُ الْيَدِ عَلَى الْأَرْضِ لَا اسْتِعْمَالُ جُزْءٍ مِنْهُ وَالطِّينُ مِنْ جِنْسِ الْأَرْضِ إلَّا إذَا صَارَ مَغْلُوبًا بِالْمَاءِ فَلَا يَجُوزُ التَّيَمُّمُ بِهِ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا