Karyawan pabrik kehabisan
air
Pak Alfin adalah seorang yang sehari-harinya bekerja
di pabrik mobil. Seperti biasa saat istirahat yang berdurasi setengah jam, mulai dari jam dua belas sampai setengah satu dia
gunakan untuk makan dan solat. Akan tetapi dia kebingungan saat ingin wudlu,
dikarenakan air yang berada di perusahaanya habis. Apakah dalam kondisi seperti
ini dia boleh melakukan tayamum, karena kalau harus
mencari air waktu istirahatnya akan habis, dan dia bisa terlambat untuk masuk kerja kembali?
Jawaban: Diperbolehkan.
Catatan: Menurut ulama madzhab Hanafiyyah, boleh melakukan
tayamum ketika tidak ada air dengan tanpa harus mencari air terlebih dahulu.
Referensi:
أسنى المطالب الجزء
الأول صـ 76
المبيح الثاني
الخوف فإن خاف من بقربه ماء على محترم من نفس أو عضو أو مال ولو قليلا على ما مر
يصحبه معه أو يفارقه أي يخلفه في رحله أو خاف من انقطاع رفقة أي انقطاعه عنها وإن
لم يتضرر به إن طلبه شرط للخوف أي فإن خاف على شيء مما ذكر إن طلب الماء تيمم
لفقده شرعا
الحاوي الكبير
للماوردي الجزء الأول صـ 487
وَأَمَّا الشَّرْطُ الثَّانِي : وَهُوَ
طَلَبُ الْمَاءِ من شروط التيمم فَهُوَ لَازِمٌ لَا يَصِحُّ إِلَّا بِهِ ، وَقَالَ
أَبُو حَنِيفَةَ : الطَّلَبُ لَيْسَ بِوَاجِبٍ ، فَإِذَا فَقَدَ الْمَاءَ جَازَ
التَّيَمُّمُ مِنْ غَيْرِ طَلَبٍ ، اسْتِدْلَالًا بِأَنَّ كُلَّ عِبَادَةٍ
تَعَلَّقَ وُجُوبُهَا بِوُجُودِ شَرْطٍ لَمْ يَلْزَمْ طَلَبُ ذَلِكَ الشَّرْطِ
كَالْمَالِ لَا يَلْزَمُهُ طَلَبُهُ لِوُجُوبِ الْحَجِّ وَالزَّكَاةِ ، فَكَذَلِكَ
الْمَاءُ لَا يَلْزَمُهُ طَلَبُهُ لِوُجُوبِ التَّيَمُّمِ ، قَالَ : وَلِأَنَّهُ
تَيَمَّمَ عَنْ عَدَمٍ فَصَحَّ تَيَمُّمُهُ كَالْعَادَةِ بَعْدَ الطَّلَبِ .
Kewajiban orang kaya
dalam tayamum
Bagaiamana hukumnya orang yang mempunyai uang yang sebenarnya
mampu untuk membeli air, namun ia lebih memilih mengambil jalan tayamum. Apakah
sah tayamumnya?
Jawaban:
Tidak sah, karena ia masih dianggap mampu menggunakan air dengan cara membeli.
Catatan: Kewajiban membeli air berlaku selagi harga air masih sesuai
dengan harga standarnya, dan hukumnya sunnah membeli air jika harga air
tersebut melebihi harga standar.
Referensi:
نهاية المحتاج الجزء
الثاني صـ 374
( وَيَجِبُ ) فِي الْوَقْتِ ( شِرَاؤُهُ ) أَيْ
الْمَاءِ وَإِنْ لَمْ يَكْفِهِ ، وَكَذَا التُّرَابِ وَلَوْ بِمَحَلٍّ يَلْزَمُهُ
فِيهِ الْقَضَاءُ فِيمَا يَظْهَرُ ( بِثَمَنِ مِثْلِهِ ) إنْ قَدَرَ عَلَيْهِ
بِنَقْدٍ أَوْ عَرَضٍ لِأَنَّهُ قَادِرٌ عَلَى اسْتِعْمَالِ الْمَاءِ ، فَإِنْ
بِيعَ بِغَبْنٍ لَمْ يُكَلَّفْ شِرَاؤُهُ لِلضَّرُورَةِ وَإِنْ قَلَّتْ
الزِّيَادَةُ -- إلى أن قال -- نَعَمْ يُسَنُّ لَهُ شِرَاؤُهُ إذَا زَادَ عَلَى ثَمَنِ مِثْلِهِ
وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى ذَلِكَ.
Tayamum tidak mengulang
usapan tiga kali (tastlist)
Diantara kesunahan wudlu ialah mengulangi basuhan tiga kali (tatslits) dalam setiap rukunya. Tayamum yang
statusnya sebagai alternatif dari wudlu, kenapa tidak ada kesunahan tatslits?
Jawaban:
Karena tidak sesuai
dengan hadist-hadist yang menerangkan bahwa tidak disunahkan melakukan taslist dalam tayamum. Justru akan dihukumi makruh ketika melakukan pengulangan usapan
sebanyak tiga kali (taslits) dalam tayamum.
Referensi:
الشرقاوي الجزء الأول
صـ 105
ومكروهه تكثيرالتراب وتكرير المسح لكل
عضولمخالفة الأخبار الدالة على عدم ذلك (قوله وتكرير المسح)أي فلا يسن تثليثه
(قوله لمخالفة الأخبار)فيه أن مخالفة ذلك لاتثبت الكراهة لأنها لاتثبت إلابنهي
مخصوص ويجاب بأن الفقهاء يكتفون بشدة الطلب للضد وينزلون مخالفة ذلك منزلة النهي
المخصوص في الكراهة
Debu basah dalam
penggunaan tayamum
Tayamum diharuskan memakai debu yang suci. Namun di situ tidak
ada keterangan lebih lanjut, apakah debu yang dipakai harus kering atau mutlak
(baik basah maupun kering)?
Jawaban: Ya,
harus memakai debu yang kering, sebab debu yang basah sudah hilang sifat debunya
(sudah tidak mempunyai debu lagi).
Referensi:
فتح العلام الجزء الاول صـ 292
ويعلم من هذا الشرط عدم صحة التيمم بالتراب
المختلط بماء يمنع وصول الغبار إلى العضو : كزعفران ، ودقيق ، ونورة أي جير ونحو
ذلك –
إلى أن قال -- ولابد أن يكون له غبار يعلق بالعضو ، وإنما لم أقيده ككثيرين بذلك ،
لأنه شأنه والغالب فيه ، أن يكون كذلك ، فلو كان خشنا او نديا لا يرتفع له غبار لم
يكف .
Alasan penggunaan tayamum
hanya untuk satu shalat fardlu
Tayamum digunakan ketika seseorang ada udzur, seperti tidak ada
air, atau dalam kondisi sakit. Namun, mengapa tayamum hanya boleh digunakan
untuk satu kali shalat fardlu saja?
Jawaban: Karena tayamum merupakan cara bersuci yang digunakan dalam keadaan terdesak (dlarurat), sehingga hanya
diperbolehkan digunakan untuk satu kali shalat fardlu.
Catatan: Menurut imam Abu Hanifah, imam Ibnu Musayyab, imam Hasan, dan imam Zuhri selama seseorang belum hadats,
diperbolehkan untuk melaksanakan beberapa sholat fardlu dengan satu kali
tayamum.
Referensi:
المنهاج القويم صـ
117
(
و ) العاشر ( أن يتيمم لكل فرض عيني ) لأن التيمم طهارة وضرورة فيقدر بقدرها نعم
يجوز تمكين الحليل مرارا وجمعه مع فرض بتيمم واحد للمشقة وله فعل الجنائز وإن كثرت
مع فرض عيني لشبهها بالنافلة في جواز الترك وتعينها بانفراد المكلف عارض
المجموع شرح المهذب
الجزء الثاني صـ 294
وحكي عن ابن المسيب والحسن والزهرى وابي
حنيفة ويزيد بن هرون أنه يصلى به فرائض ما لم يحدث قال وروى هذا أيضا عن ابن عباس
وابى جعفر وقال أبو ثور يجوز أن يجمع فوائت بتيمم ولا يصلى به بعد خروج الوقت
فريضة أخرى هذا ما حكاه ابن المنذر وقال المزني وداود يجوز فرائض بتيمم واحد كما
قال أبو حنيفة وموافقوه قال الروياني في الحلية وهو الاختيار وهو الاشهر من مذهب
أحمد خلاف ما نقله عنه ابن المنذر
Wudlu sebagai niat
tayamum
Sebagaimana yang telah diketahui, tayamum bisa menjadi pengganti
dari wudlu dan juga mandi junub. Apakah dalam niatnya juga bisa dicukupkan
dengan niat wudlu atau mandi junub?
Jawaban:
Tidak bisa, tetap harus
niat tayamum. Karena tayamum sudah termasuk ibadah baru yang membutuhkan niat
sendiri.
Catatan: Ketika
niat tayamum seseorang harus menyengaja untuk melakukan hal-hal yang ingin
dilakukan, semisal niat supaya diperbolehkan sholat contoh : نَوَيْتُ اِسْتِبَاحَةَ
الصَّلاَةِ maka tidak dihukumi sah niat tayamum hanya
dengan berniat melakukan tayamum saja contohنَوَيْتُ
التَّيَمُّمَ : atau dengan niat menghilangkan hadats seperti
: نَوَيْتُ الطَّهَارَةِ عَنِ الْحَدَثِ
Referensi:
الشرقاوي الجزء
الاوال صـ 96
(قوله ويجمع) – إلى أن قال – ولا بد في التيمم من نية جديدة غير
نية الوضوء او الغسل لأنه طهر مستقل الخ
الفقه المنهجي الجزء
الاوال صـ 62
النية: ومحلها القلب كما علمت، فيقصد في
قلبه فعل التيمم، ويسن أن يتلفظ بلسانه فيقول: نويت استباحة الصلاة، أو فرض
الصلاة، أو نفلها، ونحو ذلك مما يقصد فعله، فإذا نوى استباحة الفرض جاز له فعل
النوافل معه.
المجموع شرح المهذب
الجزء الثاني صـ 225
وقال الماوردى لو نوى التيمم وحده أو
الطهارة وحدها لم يصح وقد سبق عن القاضى أبي الطيب أنه لو نوى الطهارة عن الحدث لم
يصح والله أعلم
Tayamum bagi orang yang
mempunyai jari enam
Orang yang terlahir dalam keadaan abnormal, semisal memiliki
tiga tangan atau berjari enam apakah wajib juga untuk ditayamumi?
Jawaban: Wajib untuk ditayamumi.
Referensi:
حواشي الشرواني
والعبادي الجزء الأول صـ 361
)و)
ثالثها ورابعها وخامسها سواء أكان عن حدث أكبر أم أصغر (مسح) جميع (وجهه) السابق
بيانه في الوضوء-- إلى أن قال -- (ثم) مسح جميع (يديه مع مرفقيه)-- إلى أن قال -- قوله: (ثم مسح جميع يديه الخ) ويأتي هنا ما مر في الوضوء من غسل
من قطعت يده أو بعضها وجوبا أو ندبا وكذا زيادة يد أو اصبع وتدلي جلدة نهاية
Mengulang usapan yang
belum merata
Dalam tayamum, debu disyaratkan harus merata ke lapisan tangan dan wajah. Bagaimana jika
bagian anggota yang belum terusap merata tetapi tangan sudah lebih dulu
terangkat?
Jawaban:
Diperbolehkan, guna meneruskan usapannya supaya merata. Karena debu yang masih melekat pada telapak tangan
tidak akan dihukumi
musta’mal selama masih dibutuhkan (hajat) untuk meratakan usapan.
Referensi:
الشرقاوي الجزء الأول
صـ 104الحرمين
ولو رفع أحد يديه عن الأخر قبل استيعابها
ثم أراد أن يعيدها للإستيعاب جاز في الأصح
حاشية الجمل الجزء
الثاني صـ 282
( قوله وهو ما بقي بعضوه ) أي الماسح
والممسوح في الصورتين أي ، ولم يكن محتاجا إليه إلى تمام المسح ؛ لأن التراب ما
دام على العضو لا يثبت له حكم الاستعمال ما بقيت الحاجة إليه بخلاف ما إذا انتهت ا
هـ شيخنا
Kriteria debu musta’mal.
Air yang telah digunakan untuk berwudlu bisa dikatakan dengan
air musta’mal. Apakah ada istilah musta’mal pada debu sebagaimana air?
Jawaban: Ada,
yaitu debu yang masih melekat pada anggota yang diusap (wajah ataupun tangan) atau
yang terpisah dari keduanya setelah pengusapan selesai.
Catatan: Menurut sebagian pendapat, debu yang sudah rontok ataupun
terpisah dari
anggota
tayamum
tidak termasuk debu musta’mal dan diperbolehkan bertayamum dengan debu tersebut.
Referensi:
فتح العلام الجزء
الاول صـ 299
وأما الثاني أي المستعمل فهو ما يبقى بعضو
المتيمم بعد مسحه ، أو انفصل منه بعد ذلك ، وكذا ما انفصل في أثناء المسح عن العضو
الماسح والممسوح جميعا.(1)
(1) والمستعمل منه في
رفع الحدث ما بقي بعضو ممسوح بعد مسحه أو تناثر منه حالة التيمم بعد مسحه العضو
بالزيادة كما في كاشفة السجا
المجموع شرح المهذب
الجزء الثاني صـ 218
فأما ما تناثر من أعضاء المتيمم ففيه وجهان
أحدها لا يجوز التيمم به -- إلى أن قال --: والثاني يجوز لان المستعمل منه ما بقى علي العضو
وما تناثر غير مستعمل فجاز التيمم به ويخالف الماء لانه لا يدفع بعضه بعضا والتراب يدفع
بعضه بعضا فدفع ما أدى به الغرض في العضو ما تناثر منه
Tayamum bagi orang yang
selalu berkeringat
Bagi seseorang yang memiliki kadar minyak berlebih pada kulit
wajah biasanya tampak selalu berkeringat atau orang yang yang telapak tangannya
selalu mengeluarkan keringat. Bagaimanakah cara tayamumnya mengingat wajah dan telapak
tangannya
selalu basah?
Jawaban:
Ketika pengusapan tidak ada pengaruh pada keringat dalam artian keringat tetap
keluar meski sudah diusap maka caranya melakukan tayamum seperti biasa, dikarenakan
keringat yang keluar dari badan dalam hal ini sudah termasuk sesuatu yang sulit
untuk dihindari.
Referensi:
غاية تلخيص المراد من
فتاوى ابن زياد صـ 8
(مسألة)
لو كان به دموع سائلة لا يمكن الاحتراز عنها لم تضر للمشقة، وكذا لو احتاج للتيمم
حينئذ واختلط بالتراب حتى صار طيناً، لأن المشقة تجلب التيسير والرخص لا يضايق
فيها، بل أقول بصحة تيمم من ابتلي بكثرة العرق في بدنه.
حواشي الشرواني
والعبادي الجزء الأول صـ 353
قوله: (أن يكون له غبار) فإن كان جريشا أي
خشنا أو نديا لا يرتفع له غبار لم يكف مغني ورأيت في فتاوى ابن زياد في رجل تسيل
دموعه في كل وقت ومتى اتصل تراب التيمم بالوجه صار طينا قال فالظاهر أخذا مما تقدم
صحة تيممه وأقول أيضا بصحة تيمم من ابتلي بكثرة العرق في بدنه كما شاهدنا ذلك في
بعض الناس بحيث لا يؤثر فيه التنشيف
Membersihkan debu pada
telapak tangan
Setelah mengusapkan debu ke wajah, biasanya masih ada sisa debu yang menempel di telapak tangan. Ketika hendak
mengambil debu untuk yang kedua kalinya,
apakah tangan harus dibersihkan terlebih dahulu?
Jawaban:
Wajib dibersihkan dulu, karena debu yang tersisa ditelapak tangan setelah sempurnanya
pengusapan wajah dihukumi musta’mal, sehingga kalau tidak dibersihkan dapat
mengakibatkan musta’mal pada debu yang baru, dikarenakan adanya percampuran
dari debu musta’mal dengan debu yang suci.
Referensi:
حاشية الجمل الجزء
الأول صـ 282
(
قوله وهو ما بقي بعضوه ) أي الماسح والممسوح في الصورتين أي ، ولم يكن محتاجا إليه
إلى تمام المسح ؛ لأن التراب ما دام على العضو لا يثبت له حكم الاستعمال ما بقيت
الحاجة إليه بخلاف ما إذا انتهت ا هـ شيخنا.
كاشفة السجا في شرح
سفينة النجا صـ 88
ولو رفع إحدى يديه
عن الأخرى قبل استيعابها ثم أراد أن يعيدها للاستيعاب جاز في الأصح لأن المستعمل
هو الباقي بالممسوحة، أما الباقي بالماسحة ففي حكم التراب الذي يضرب عليه اليد
مرتين فلا يكون مستعملاً بالنسبة للممسوحة، أي فلو أغفل فيها لمعة كان له أن
يمسحها بما في الماسحة أما بالنسبة لغير الممسوحة كعضو متيمم آخر أو العضو الماسح
فلا يجوز مسحه بما في الكف لارتفاع حدث ذلك الكف به فهو مستعمل.
غاية تلخيص المراد من
فتاوى ابن زياد صـ 9
ولا يجزىء التيمم بالتراب المختلط
بالمستعمل، كما لا يجزىء المختلط بدقيق ونحوه وإن قلّ
Tempat pengambilan debu
dalam satu tempat
Dalam pengambilan debu untuk diusapkan ke wajah dan kedua
tangan. Apakah dalam pengambilannya harus berasal dari tempat yang berbeda?
Jawaban:
Tidak harus berasal dari tempat yang berbeda, tapi boleh dari satu tempat, selama tempat tersebut masih berdebu.
Referensi:
الفقه الإسلامي
وأدلته الجزء الأول 528
أن يكون بضربتين بباطن الكفين، ولو في مكان
واحد على الأرض. ويقوم مقام الضربتين:
إصابة التراب بجسده إذا مسحه بنية التيمم.
المجموع شرح المهذب
الجزء الثاني صـ 216
(الثانية)
يشترط كون التراب له غبار يعلق بالعضو وقد ذكر المصنف دليله وبه قال أبو يوسف وقال
مالك وأبو حنيفة لا يشترط الغبار
Mengusap debu karena
terlihat kusam atau kotor
Setelah tayamum, tentunya debu masih ada yang menempel di tangan
atau wajah. Hal ini akan menyebabkan
wajah
atau tangan
terlihat kotor dan kusam. Ketika hendak shalat, apakah sisa debu tersebut boleh
untuk dibersihkan?
Jawaban:
Boleh,
akan tetapi tidak mendapatkan kesunahan untuk tidak menghilangkan debu yang
masih tersisa pada wajah dan tangan sampai selesainya sholat, karena debu yang melekat pada anggota termasuk dari bekas ibadah yang sunah
untuk dibiarkan melekat.
Catatan:
Hukum boleh diatas selama debu tidak menghalangi pada keseluruhan dahi ketika sujud (tidak menjadi mani’
dalam sujud), sehingga kalau menghalangi keseluruhan dahi wajib untuk
dihilangkan. Sedangkan debu yang tidak menghalangi pada
keseluruhan dahi maka tidak wajib untuk dihilangkan.
Referensi:
حواشي الشرواني
والعبادي الجزء الأول صـ 364
قوله: (ويسن أن لا يمسح التراب الخ) ظاهره وإن
حصل منه تشويه وهو ظاهر لانه أثر عبادة ع ش قوله: (حتى يفرغ من الصلاة) أي التي
فعلها فرضها ونفلها
كفاية الأخيار الجزء
الأول صـ 30
ومنها هل يستحب
ترك التنشيف فيه أوجه الصحيح أن تركه مستحب كذا صححه في أصل الروضة وقيل أنه مباح فعله وتركه
سواء واختار النووي في شرح المهذب .
حاشية الجمل الجزء
الثالث صـ 381
وَلَوْ سَجَدَ عَلَى شَيْءٍ فَالْتَصَقَ
بِجَبْهَتِهِ وَارْتَفَعَ مَعَهُ وَسَجَدَ عَلَيْهِ ثَانِيًا ضَرَّ وَإِنْ
نَحَّاهُ ثُمَّ سَجَدَ لَمْ يَضُرَّ انْتَهَتْ وَقَوْلُهُ :
فَالْتَصَقَ بِجَبْهَتِهِ وَمِنْهُ التُّرَابُ حَيْثُ مَنَعَ مُبَاشَرَةَ جَمِيعِ
الْجَبْهَةِ عَنْ مَحَلِّ السُّجُودِ وَقَوْلُهُ : وَإِنْ نَحَّاهُ ثُمَّ سَجَدَ
لَمْ يَضُرَّ
الاقناع الجزء الأول
صـ 94
فصل في السجود وهو ركن وله أقل وأكمل
أما أقله ففيه مسائل إحداها يجب أن يضع على الأرض من الجبهة ما يقع عليه الاسم وفي
وجه لا يكفي بعض الجبهة وهو شاذ منكر ولا يجزىء عن الجبهة الجبينان وهما جانبا
الجبهة ---
إلي أن قال -- ويجب
أن يكشف من الجبهة ما يقع عليه الاسم فيباشر به موضع السجود وإنما يحصل الكشف إذا
لم يحل بينه وبين موضع السجود حائل متصل به يرتفع بارتفاعه
Batasan wajah dalam
tayamum
Wajah merupakan anggota wajib tayamum sehingga debu yang
diusapkan harus merata. Dalam tayamum, apakah standar ukuran wajah sama dengan
wudlu?
Jawaban:
Sama, akan tetapi ada perbedaan dalam masalah tempat tumbuhnya rambut.
Catatan:
Dalam
tayamum, ketika mengusap wajah
tidak diwajibkan mengusapkan
debu
pada tempat tumbuhnya rambut. Hal ini berbeda dalam praktek melakukan wudlu
yang mana air harus sampai pada tempat tumbuhnya rambut.
Referensi:
بشرى الكريم صـ 160
(الثالث:
مسح) جميع (وجهه) السابق في الوضوء إلا ما يأتي؛ أي: إيصال التراب إليه، ولو بنحو
خرقة، ومنه ظاهر لحيته المسترسل، والمقبل من أنفه على شفته، ونقل عن أبي حنيفة
جواز الاقتصار على أكثر الوجه.
فقه العبادات - شافعي
صـ 165
ولا يجب إيصال التراب إلى
منابت الشعر بل ولا يندب ولو خفيفا لما فيه من المشقة - بخلاف الماء - لكن يجب أن
يتعهد منعطفات الوجه كجوانب الآماق واللحاظ والأنف ومقبله من الأسفل لأن ذلك من
بشرة الوجه وهذا يغفل عنه الكثيرون كما لا يجوز أن يغفل عن ظاهر الشفتين عند
إطباقهما
Was-was dalam tayamum
Kang Ahfas adalah seseorang yang rajin dan giat dalam
melakukan ibadah. Akan tetapi dia mempunyai sebuah kebiasaan was-was dalam
melakukan ritual ibadahnya. Hal itu bisa terlihat sewaktu dia mengusap wajah saat melakukan tayamum. Dia
terus mengulang-ulang usapannya sampai wajahnya terlihat sangat kusam.
Sebenarnya iapun
ingin menghilangkan kebiasaan was-wasnya tersebut akan tetapi tidak mengetahui
caranya. Apakah ada solusi bagi Kang Ahfas untuk mengatasi kebisan was-wasnya
dalam pengusapan wajah yang ia lakukan?
Jawaban:
Ada, sebiknya dia mengikuti pendapat dari imam Abu Hanifah yang mencukupkan
mengusap sebagian besar dari bagian wajah (kira-kira ¾ wajah) tanpa harus
mengusap pada keseluruhannya.
Catatan:
Jawaban diatas sebaiknya digunakan untuk
orang-orang yang mempunyai kebiasaan WAS-WAS.
Referensi:
بشرى الكريم صـ 160
(الثالث:
مسح) جميع (وجهه) السابق في الوضوء إلا ما يأتي؛ أي: إيصال التراب إليه، ولو بنحو
خرقة، ومنه ظاهر لحيته المسترسل، والمقبل من أنفه على شفته، ونقل عن أبي حنيفة
جواز الاقتصار على أكثر الوجه.
شرح الياقوت النفيس
صـ 108 دار المنهاج
وأنا احب ذكر أقوال المذاهب الاخرى ، لأن
المسلم قد يحتاج لها ويضطر لها كفاقد الماء والتراب فالإمام مالك يقول (الصعيد) كل
ما صعد على الأرض ومن عنده وسوسة فله أن يقلد
Niat tayamum untuk solat
qodlo’
Tayamum harus dilakukan setelah masuknya waktu solat yang ingin
dilaksanakan. Bolehkah melakukan solat qodlo’ ashar dengan tayamum, akan tetapi
solat qodlo’ tersebut dilakukan pada waktu
solat maghrib?
Jawaban:
Boleh karena dalam melakukan qodlo’ sholat tidak ada batasan waktu.
Referensi:
شرح الياقوت النفيس
صـ 108 دار المنهاج
و أن يكون التيمم بعد دخول الوقت ، لأنها
طهارة ضرورية ، أما إذا كان لصلاة فائتة جاز التيمم لها كل وقت لكن الإمام أبو
حنيفة و الإمام أحمد قالا بجواز التيمم قبل وقت الصلاة
Tayamum menggunakan abu
vulkanik
Usai kejadian erupsi atau
letusan gunung
Merapi banyak abu
vulkanik yang menempel di pepohonan, bangunan atau bahkan di jalanan. Apakah
abu vulkanik bisa digunakan untuk tayamum?
Jawaban: Tidak bisa, karena
syarat tayamum harus menggunakan debu
yang suci, dapat menempel dan bukan dari hasil pembakaran. Sehingga abu vulkanik tidak sah digunakan untuk
bertayamum.
Catatan :
@
Solusi mengikuti pendapat dari imam Malik yang
mengatakan boleh tayamum dengan semua hal yang berada di atas bumi.
@
Vulkanik
adalah magma yang mencapai permukaan bumi. Sedangkan pengertian magma sendiri
adalah batuan yang berbentuk lelehan sangat panas, terdapat dalam perut bumi
yang sewaktu-waktu dapat keluar melalui gunung berapi.
Referensi :
الحاوي الكبير
للماوردي الجزء الأول صـ 261
فإن تيمم بما لا ينطلق عليه اسم التراب من
نورة أو كحل أو ، زرنيخ أو ملح أو رماد أو دقيق لم يجزه ، وكان تيممه باطلا ، فإن
صلى أعاد التيمم والصلاة.
كفاية الأخيار صـ 57
ثم شرط التراب أن لا
يخرج عن حاله إلى أخرى تمنع الاسم حتى لو أحرق التراب حتى صار رمادا
الموسوعة الفقهية
الكويتية (14/ 261)
أما ما لم يكن من
جنس الأرض فلا يجوز التيمم به اتفاقا عند الحنفية . فكل ما يحترق بالنار فيصير
رمادا كالحطب والحشيش ونحوهما ، أو ما ينطبع ويلين كالحديد ، والصفر ، والنحاس ،
والزجاج ونحوها ، فليس من جنس الأرض .كما لا يجوز التيمم بالرماد لأنه من أجزاء
الحطب فليس من أجزاء الأرض . وذهب الشافعية والحنابلة وأبو يوسف من الحنفية إلى
أنه لا يجوز التيمم إلا بتراب طاهر ذي غبار يعلق باليد غير محترق -- إلى أن قال -- وقال الشافعية والحنابلة : الصعيد هو
التراب ، كما نقل عن ابن عباس قال : ( الصعيد : تراب الحرث ، والطيب : الطاهر )
والمراد بالحرث أرض الزراعة ، وعلى ذلك فلا يجوز التيمم بالرماد ولو كان طاهرا
عند جميع الفقهاء ؛ لأنه ليس بتراب ولا من جنس الأرض --
إلى أن قال -- قال الحنفية ( عدا أبي يوسف ) والمالكية : الصعيد ما صعد أي ظهر من
أجزاء الأرض ، فهو ظاهر الأرض ، فيجوز التيمم بكل ما هو من جنس الأرض ، وكل ما
يحترق بالنار فيصير رمادا ،
Satu kali tayamum untuk melakukan solat jama’
Ketika sedang bepergian ke luar kota, kang Hilmi berniat untuk shalat jama’. Namun ia tidak
menemukan air untuk bersuci, akhirnya ia mengambil alternatif berupa tayamum.
Apakah untuk shalat jama’ boleh dengan satu kali tayamum?
Jawaban:
Tidak boleh dengan satu kali tayamum, namun harus dua kali tayamum.
Referensi
:
الشرح الكبير للرافعي
الجزء الثاني صـ 349
إذا كان يجمع بين صلاتي
الجمع بالتيمم فان ظاهر المذهب أن الجمع بين الصلاتين بتيممين جائز وحينئذ إذا قدم
الاخيرة فقد تيمم لها قبل وقتها الاصلى ولو تيمم وصلى الظهر ثم تيمم فيضم إليها
العصر فدخل وقت العصر قبل ان يشرع فيها فيبطل الجمع ولا يصلح ذلك التيمم للعصر
لوقوعه قبل وقتها وانحلال رابطة الجمع وكما لا يقدم التيمم للمؤداة علي وقتها لا
يقدم التيمم للفائتة علي وقتها ووقتها يدخل بتذكرها
Waktu niat dalam
melakukan tayamum
Niat dalam wudlu hukumnya wajib, begitupun dalam permasalahan
tayamum. Yang menjadi pertanyaan, kapan waktunya niat tayamum?
Jawaban:
Pada saat mengusap wajah hal ini menurut pendapat dari imam al- Mawardi, imam
al-Ghozali, syekh Nasr dan imam asy-Syasyi .
Catatan: Bagi orang yang selalu was-was dalam niat, baik
untuk tayamum ataupun ibadah yang lain tidak membutuhkan niat mengikuti
pendapat dari imam Ibnu ‘Abbas dan imam Abu Sulaiman al-Daromi
Referensi:
المجموع شرح المهذب
الجزء الثاني صـ 228
(الثالثة) قوله ثم ينوى
ويضرب يديه على التراب ويمسح وجهه هكذا
عبارة أكثر الاصحاب وقال الماوردى في الاقناع والغزالي في الخلاصة والشيخ نصر في
الانتخاب والشاشى في العمدة ينوى عند مسح وجهه واقتصروا على هذه العبارة وظاهرها
أنه لا تجب النية قبله كما في الوضوء وقال البغوي والرافعي يجب أن ينوي مع ضرب
اليد على التراب ويستديم النية الي مسح جزء من الوجه
الميزن كبرى صــ 124 الجز الاول دار الفكر
وجه الثانى اندراج فروع الإسلام فى نية
الإسلام كما قال به ابن عباس وأبو سليمان الدارامى فقال لايحتج شيء من فروع
الإسلام إلى نية بعد أن افترى صاحبه الدخول فيه أي فى الإسلام
Tayamum di dalam pesawat
terbang
Pesawat sudah menjadi transportasi yang sangat dibutuhkan karena
faktor efisiensi waktu yang cukup tinggi. Ketika tidak ada air, bolehkah
tayamum di dalam pesawat?
Jawaban:
Diperbolehkan, selama dalam pesawat tersebut memang ada debu yang suci, baik debu tersebut diambil dari pakaian,
lantai, atau dinding.
Catatan: Melihat realita di dalam pesawat terbang tidak ada debu, karena biasanya sudah dibersihkan
dengan alat penyedot debu.
Referensi:
خاشية الشرقاوي الجزء
الأول صـ 95
والمراد بالتراب ما يصدق عليه اسمه بأي لون
كان خلقة ومن أي محل أخذ كثوب أو حصير أو جدار أو حنطة أو شعير إذاكان في كل منها
غبار ولو من بدن مغلظ إذا لم يعلم تنجس المأخوذ فيدخل فيه المحروق منه ولو اسود
مالم يصر رمادا
الحاوي الكبير
للماوردي ـ ط الفكر (1/ 484)
قد ذكرنا أن
التيمم لا يجوز بغير التراب وذكرنا خلاف أبي حنيفة واستوفينا الحجاج له وعليه ،
فإن تيمم بما لا ينطلق عليه اسم التراب من نورة أو كحل أو ، زرنيخ أو ملح أو رماد
أو دقيق لم يجزه ، وكان تيممه باطلا
Sisa debu yang berada di
tangan
Setelah mengusap wajah, debu masih ada yang menempel di tangan.
Bagaimanakah hukum debu tersebut bolehkah digunakan untuk mengusap tangan ?
Jawaban: Tidak diperbolehkan, karena debu tersebut sudah
dihukumi musta’mal.
Referensi:
حاشية الجمل الجزء
الأول صـ 282
(
قوله وهو ما بقي بعضوه ) أي الماسح والممسوح في الصورتين أي ، ولم يكن محتاجا إليه
إلى تمام المسح ؛ لأن التراب ما دام على العضو لا يثبت له حكم الاستعمال ما بقيت
الحاجة إليه بخلاف ما إذا انتهت ا هـ شيخنا
Debu tidak harus yakin
merata
Rukun tayamum yang ke dua adalah meratakan debu ke anggota
tayamum. Kita harus bisa memahami tata cara tayamum yang benar dan sesuai
dengan fiqih, sehingga bisa memenuhi syarat dan rukunya. Dalam kasus rukun yang
ke dua, apakah dalam rukun ini diharuskan adanya keyakinan ratanya debu?
Jawaban:
Tidak harus yakin merata, tetapi dicukupkan dengan adanya dugaan yang kuat (dzon).
Referensi:
فتح العلام الجزء
الأول صـ الجزء الأول صـ 434
ولا يشترط تيقن وصول التراب إلي جميع أجزاء
العضو بل تكفي غلبة الظن كما تقدم في الماءاهـــ
Debu dinding
rumah
untuk tayamum
Di sekitar kita mudah sekali ditemui
debu. Entah di jalanan, dinding rumah, meja, jendala, atau kaca. Bolehkah bertayamum dengan menggunakan debu
yang melekat pada
benda-benda tersebut?
Jawaban:
Boleh,
jika tempat-tempat tersebut memang ada debunya.
Referensi:
خاشية الشرقاوي الجزء الأول صـ 95
والمراد بالتراب ما يصدق عليه اسمه بأي لون
كان خلقة ومن أي محل أخذ كثوب أو حصير أو جدار أو حنطة أو شعير إذاكان في كل منها
غبار ولو من بدن مغلظ إذا لم يعلم تنجس المأخوذ فيدخل فيه المحروق منه ولو اسود
مالم يصر رمادا
Sulitnya air pada musim
kemarau.
Kang Bisri, karena kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan dirinya sulit
mendapatkan air. Dia harus rela antri berjam-jam kalau ingin mendapatkan air.
Dalam antriannya dia mendapat antrian paling akhir, Yang dipastikan ketika
mendapat air waktu solat akan habis. Apakah dalam kasus seperti itu
diperbolehkan tayamum?
Jawaban: Boleh melakukan tayamum dan solat, tanpa harus
mengulangi setelah itu.
Referensi:
حاشية قليوبي الجزء
الأول صـ90
ومثل الفقد خوف
الغرق لمن في سفينة لو استقى وعلمه أن نوبته في نحو بئر لمزدحمين لا تنتهي إليه
إلا بعد الوقت , وظاهر كلامهم عدم وجوب الإعادة فيهما للمسافر والمقيم .
روضة الطالبين الجزء
الأول صـ 96
الحالة الرابعة أن يكون الماء حاضرا بأن
يزدحم مسافرون على بئر لا يمكن أن يستقي منها إلا واحد بعد واحد لضيق الموقف أو
اتحاد الآلة فإن توقع حصول نوبته قبل خروج الوقت لم يجز التيمم وإن علم أنها لا تحصل إلا بعد الوقت فنص
الشافعي رحمه الله -- قلت الأصح من الطريقين إجراء القولين في
الجميع وأظهرهما يصلي في الوقت بالتيمم وعاريا
وقاعدا ولا إعادة على المذهب وفي التهذيب
في وجوب الإعادة قولان والله أعلم
Luka bakar yang terkena
air bertambah parah
Ketika ada luka bakar di sebagian wajah dan tidak bisa diusap
karena takut sakitnya bertambah parah. Bagaimanakah cara bersucinya?
Jawaban:
Ketika anggota yang luka tidak terdapat tutup seperti perban, maka caranya
dengan membasuh anggota sehat, kemudian tayamum dan mengusap anggota sakit
dengan debu jika mungkin dan tidak khawatir sakit. Untuk bagian yang
luka, tidak wajib diusap dengan air.
Referensi:
نهاية المحتاج إلى
شرح المنهاج (2/ 442)
( وإذا امتنع استعماله ) أي الماء ( في عضو ) من محل طهارته لجرح
أو كسر أو مرض فلم يرد بامتناعه تحريمه بل امتناع وجوب استعماله ، ويصح أن يريد به
تحريمه أيضا عند غلبة ظنه حصول المحذور بالطريق المتقدم –
إلى أن قال -- ( إن لم يكن ) عليه ( ساتر وجب التيمم ) لئلا يبقى محل العلة بلا
طهارة ويلزمه إمرار التراب ما أمكن على محل العلة إن كان بمحل التيمم ولم يخش
محذورا -- إلى أن قال -- ( وكذا غسل الصحيح على المذهب ) ولو بأجرة فاضلة عما مر
في نظيره في صفة الوضوء ببل خرقة وعصرها لتنغسل تلك المحال بالمتقاطر ، فإن تعذر
أمسه ماء بلا إفاضة -- إلى أن قال --قال
البيهقي : معناه أنه غسل ما أمكنه وتيمم للباقي ، ومقابل المذهب في وجوب غسله
القولان فيمن وجد من الماء ما لا يكفيه ، وفهم من كلام المصنف أنه لا يجب مسح موضع
العلة بالماء وإن لم يخف منه ، وهو ما نقله الرافعي عن الأئمة لأن الواجب إنما هو
الغسل .
Hukum mengusap bekas
wudlu karena ingin tayamum
Bagaimanakah hukumnya menguasap air pada wajah dan tangan
setelah wudlu untuk ditayamumi ?
Jawaban : Sunah muakkad, karena air yang berada pada wajah dan tangan bisa menyebabkan
basahnya debu
dan berakibat tidak sahnya tayamum.
Referensi :
مغني المحتاج الجز
الاول صـ 283
أَمَّا إذَا كَانَ هُنَاكَ عُذْرٌ كَحَرٍّ
أَوْ بَرْدٍ أَوْ الْتِصَاقِ نَجَاسَةٍ فَلَا كَرَاهَةَ قَطْعًا أَوْ كَانَ
يَتَيَمَّمُ عَقِبَ الْوُضُوءِ لِئَلَّا يَمْنَعَ الْبَلَلَ فِي وَجْهِهِ
وَيَدَيْهِ التَّيَمُّمُ . قَالَ فِي الْمَجْمُوعِ : وَلَا يُقَالُ إنَّهُ خِلَافُ
الْمُسْتَحَبِّ .قَالَ الْأَذْرَعِيُّ : بَلْ يَتَأَكَّدُ اسْتِحْبَابُهُ عِنْدَ
ذَلِكَ .
تحفة الحبيب على شرح
الخطيب ـ مشكول (3/ 105)
وَقَوْلُهُ : وَلَمْ يُمْكِنْ تَجْفِيفُهُ
أَيْ فَإِنْ أَمْكَنَهُ وَجَبَ ، وَمِنْهُ يُؤْخَذُ أَنَّهُ لَوْ كَانَ بِهِ
جِرَاحَةٌ فِي يَدَيْهِ فَغَسَلَ وَجْهَهُ ، ثُمَّ أَرَادَ التَّيَمُّمَ عَنْ
جِرَاحَةِ الْيَدَيْنِ أَنَّهُ يُكَلَّفُ تَنْشِيفَ الْوَجْهِ وَالْيَدَيْنِ
قَبْلَ أَخْذِ التُّرَابِ ؛ لِأَنَّهُ إذَا أَخَذَهُ مَعَ بَلَلِ يَدَيْهِ صَارَ
كَالتُّرَابِ الْمُنَدَّى الْمَأْخُوذِ مِنْ الْأَرْضِ فَلَا يَصِحُّ التَّيَمُّمُ
بِهِ فَتَنَبَّهْ لَهُ فَإِنَّهُ دَقِيقٌ .
Pengambilan debu dengan
kain
Debu yang berserakan bisa digunakan untuk tayamum, namun untuk
mengambilnya dengan bantuan kain. Apakah hal ini diperbolehkan?
Jawaban:
Boleh.
Referensi:
فتح العلام الجز
الاول صـ 410 دار السلام
وتاسعها أى شروط التيمم نقله أى التراب أى
تحويله إلى العضو الذى يراد مسحه ولا بد أن يكون بعد دخول الوقت ولا فرق بين كونه
من الارض أو من غيرها كثوب أو حصير أو مخدة أو حنطة كما علم مما مر حتى لو نقل من
الهواء كفى بأن تلقى المتيمم التراب من
الريح بكمه أو يده ومسح به وجهه الخ اهـ
Tayamum untuk ibadah
fardlu dan sunnah
Tayamum digunakan untuk satu kali shalat
fardlu. Bolehkah satu tayamum digunakan untuk shalat sunah dan shalat fardlu?
Jawaban: Boleh.
Referensi:
المجموع شرح المهذب
الجز الاول صـ 299
فان نوى بالتيمم الفريضة والنافلة جاز أن يصلي
النافلة قبل الفريضة وبعدها لانه نواهما بالتيمم وان نوى بالتيمم الفريضة ولم ينو
النافلة جاز أن يصلى النافلة بعدها وهل يجوز أن يصليها قبلها فيه قولان قال في
الام له ذلك لان كل طهارة جاز أن يتنفل بها بعد الفريضة جاز قبلها
Harus ada kesengajaan
(qosdu) untuk memindah debu
Kenapa pada saat memindahkan debu harus ada unsur qashdu
(kesengajaan)?
Jawaban:
Hal ini berdasarkan ayat al-Quran.
Referensi:
الاقناع
الجز الاول صـ 72
ويشترط قصد التراب لقوله تعالى: (فتيمموا صعيدا
طيبا) أي اقصدوه
Sampainya debu pada bawah
kuku.
Dalam melakukan tayamum apakah debu harus sampai pada anggota
yang berada di bawah kuku ?
Jawaban
: Tida wajib.
Referensi
:
حاشية الجمل الجزء
الثاني صـ 300
وفي ق ل على الجلال ولا
يجب إيصال التراب لما تحت الأظفار كما رجع إليه شيخنا ا هـ .
Mengusap hanya pada
telapak tangan saja.
Ketika tangan terdapat perban dan bersucinya harus menggunakan
cara dari bersucinya shohibul jaba’ir. Apakah boleh dalam kasus seperti itu
melakukan tayamum hanya dengan mengusap wajah dan kedua telapak tangan saja ?
Jawaban:
Boleh menurut pendapat dari qoul qodhimnya syafi’iyyah, ulama’ Malikiyyah dan Hanafiyyah.
Referensi:
المجموع شرح المهذب
الجزء الثاني صـ 210
وحكى أبو ثور وغيره قولا للشافعي في القديم أنه
يكفى مسح الوجه والكفين وأنكر أبو حامد والماوردي وغيرهما هذا القول وقالوا لم
يذكره الشافعي في القديم وهذا الانكار فاسد فان أبا ثور من خواص أصحاب الشافعي
وثقاتهم وأئمتهم فنقله عنه مقبول
شرح الياقوت النفيس
صـ 108 دار المنهاج
وفي مذهب الإمام أحمد ومذهب الإمام مالك
يكفي عندهما مسح الوجه و مسح الكفين فقط ، وشاهدهما حديث عمار ، وقد تقدم الكلام
عليه في أول الباب ، وأنا احب ذكر أقوال المذاهب الاخرى ، لأن المسلم قد يحتاج لها
ويضطر لها
Air tidak cukup untuk
wudlu
Ketika seseorang melakukan wudlu ternyata air yang digunakan
tidak mencukupi. Apa yang harus dilakukan untuk menyempurnakan thoharohnya ?
Jawaban:
Dia boleh memakai air tersebut untuk berwudlu pada sebagian anggota wudlu dan
setelah itu melakukan tayamum.
Referensi:
الأم ـ للشافعي الجز
الاول صـ 49
قَالَ الشّاَفعيُّ : وإذا وَجَدَ الرَّجُلُ
الْمُسَافِرُ مَاءً لاَ يُطَهِّرُ أَعْضَاءَهُ كُلَّهَا لم يَكُنْ عليه أَنْ
يَغْسِلَ منها شيئا. قال الرَّبِيعُ : وَلَهُ قَوْلٌ آخَرُ أَنَّهُ يَغْسِلُ بِمَا معه
من الْمَاءِ بَعْضَ أَعْضَاءِ الْوُضُوءِ وَيَتَيَمَّمَ بَعْدَ ذلك.
Takut dikatakan junub
Seorang siswi yang berhenti dari haidnya ketika berada
di sekolah umum. Apakah yang harus dilakukan, dia merasa malu kalau harus mandi, karena takut di olok-olok (digojloki) oleh teman-temannya,
memandang sekolah baru pulang pukul tiga sore WIB. dan semua siswa diharuskan
melakukan shalat Dhuhur di sekolah?
Jawaban:
Bersucinya secara sempurna (wajib mandi), selama olok-olokkannya (gojlokkannya) tidak bernilai cacian yang menjatuhkan
harga diri dan tidak ada kekhawatiran dugaan negatif (su'udzon). Jika
tedapat hal-hal tersebut, maka boleh tayamum. Akan tetapi sebelum melakukan tayamum diusahakan membasuh
anggota badan yang mungkin, semisal kaki, tangan atau wajah. Kemudian melakukan sholat dzuhur dan mengulangi shalatnya setelah ia mampu melakukan mandi secara sempurna.
Referensi:
نهاية الزين صـ 33
والذي يحرم بالحدث المتوسط ثمانية أشياء
الخمسة المتقدمة على الوجه المتقدم فيها نعم قد يجوز فعل صورة الصلاة مع هذا الحدث
كما قد يقع للشخص في بعض الأحيان أنه ينام في مكان فيه نساء أو أولاد مرد ويحتلم
ويخشى على نفسه من الوقوع في عرضه إذا اغتسل فهذا عذر مبيح للتيمم لأنه أشق من
الخوف على أخذ المال لكن قبل التيمم يغسل ما يمكنه غسله من بدنه ويصلي ويعيد لأن
هذا مثل التيمم للبرد هذا إذا سهل له فعل ذلك وإلا أتى بأفعال الصلاة بغير نية ولا
حرمة عليه
حاشية البجيرمي على
الخطيب الجزء الأول صـ 295
(ويحرم على الجنب خمسة أشياء) وهي (الصلاة والطواف وقراءة القرآن
ومس المصحف وحمله) قوله: (الصلاة) محل الحرمة لغير حاجة، فلا يرد من خشي أن يظن به
سوء، فإنه يأتي بأفعالها من غير نية ولا حرمة عليه رحماني.
Tayamumnya Orang yang
cacat fisik
Kang Andre
adalah orang yang rajin mengerjakan ibadah baik wajib ataupun sunah, sampai di
suatu hari dia mengalami kecelakaan yang begitu hebat hingga tangan kirinya
harus diamputasi. Bagaimanakah cara kang Andre
ketika mau melaksanakn tayamum ketika tidak menemukan air sewaktu ingin
melaksanakan solat ?
Jawaban: Jika ia tidak menemukan orang yang
mantayamumi dan ia mampu untuk mengoleskan debu pada tangan atau wajahnya
memakai kaki, kayu ataupun perantara lain maka dicukupkan, kalau masih tidak
mampu maka cukup dengan mengoles-oleskan anggota tayamum kedebu yang ada.
Referensi:
الأم للشافعي الجز
الاول صـ 49
قَالَ الشّاَفعيُّ : فإذا كان أَقْطَعَ فلم
يَجِدْ من يُيَمِّمَهُ فَإِنْ قَدَرَ على أَنْ يُلَوِّثَ يَدَيْهِ بِالتُّرَابِ
حتى يأتى بِهِ عَلَيْهِمَا أو يَحْتَالَ له بِوَجْهٍ إمَّا بِرِجْلِهِ أو
غَيْرِهَا أَجْزَأَهُ وَإِنْ لم يَقْدِرْ على ذلك لاَثَ بِوَجْهِهِ لَوْثًا
رَفِيقًا حتى يأتى بِالْغُبَارِ عليه وَفَعَلَ ذلك بِيَدَيْهِ وَصَلَّى
وَأَجْزَأَتْهُ صَلاَتُهُ فَإِنْ لم يَقْدِرْ على لَوْثِهِمَا مَعًا لاَثَ
إحْدَاهُمَا وَصَلَّى وَأَعَادَ الصَّلاَةَ إذَا قَدَرَ على من يُيَمِّمُهُ أو
يُوَضِّئُهُ.
Orang yang berhak menilai
parahnya luka
Karena di sebagian anggota tubuhnya ada yang luka akhirnya kang
Fajar memutuskan untuk tayamum. Sebenarnya siapa yang berhak menilai secara objektif apakah
luka tersebut bisa
memperbolehkan tayamum ataukah tidak ?
Jawaban: Saran dokter baik islam ataupun non islam atau bisa dengan diri sendiri
ketika memang mengetahui tentang ilmu kedokteran.
Catatan:
Ketentuan dari jawaban diatas adalah syarat yang harus terpenuhi supaya solat
yang dikerjakan tidak ada kewajiban untuk mengqodlo’i (mengulang).
Referensi:
نهاية الزين في إرشاد
المبتدئين صـ 33
ومتى كان العجز شرعيا كالمرض ونحوه تيمم
وصلى ولا إعادة مطلقا فشرط عدم الإعادة إخبار الطبيب العدل ولو عدل رواية (1) بأن
استعمال الماء يضره بسبب خوف حدوث مرض أو بطء برء أو زيادة ألم أو شين فاحش في عضو
ظاهركنحول واستحشاف أو لحمة تزيد أو ثغرة تبقى والعضو الظاهر الوجه واليدان ويكفي
معرفة نفسه إذا كان عالما بالطب فإن لم يستند إلى شيء من ذلك بل اعتمد على التجربة
لزمته الإعادة وإذا تيقن الضرر لو استعمل الماء أو غلب على ظنه ذلك حرم عليه
استعمال الماء ووجب عليه التيمم وإن توهمه أو شك فيه جاز التيمم ولا يحرم استعمال
الماء
(1) قوله عدل في
الرواية وهو البالغ العاقل الذي لم يرتكب كبيرة ، ولم يصر على صغيرة وكالعدل فاسق
، ولو كافرا اعتقد صدقه بالزيادة كما في حاشية الجمل
Belum pastinya bahaya
dalam penggunaan air
Mafaza
begitulah teman-temannya memanggil, dia adalah seorang santri yang pendiam dan
lugu. Suatu saat dia mengalami demam, yang membuatnya berat untuk beraktifitas.
Muncul keraguan saat dia mau berwudhu untuk mengerjakan sholat, dia khawatir
kalau wudhu menggunakan air demamnya akan bertambah panas. Akhirnya dia
memutuskan untuk melakukan tayamum. Apakah tayamum yang dilakukan kang zahue
diperbolehkan dan apakah sholatnya sah ?
Jawaban: Boleh dan wajib baginya
untuk mengulangi sholat.
Catatan:
Bahaya penggunaan air pada penderita sakit yang hanya sekedar kemungkinan
saja, maka harus mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter supaya solat
yang dikerjakan menggunakan tayamum tidak terkena kewajiban untuk diqodlo’i.
Referensi:
نهاية الزين في إرشاد
المبتدئين صـ 33
وإذا تيقن الضرر لو استعمل الماء أو غلب
على ظنه ذلك حرم عليه استعمال الماء ووجب عليه التيمم وإن توهمه أو شك فيه جاز
التيمم ولا يحرم استعمال الماء
حاشية الجمل الجز
لثااني صـ 257
وعبارة ز ي قوله
قول عدل في الرواية أي إن لم يكن عارفا بالطب ، فإن كان عارفا به ، فإنه يكتفي
بمعرفة نفسه ، فإن لم يكن عارفا به ، ولم يجد طبيبا وخاف محذورا فعن أبي علي
السنجي أنه لا يتيمم وخالفه البغوي فأفتى بأنه يتيمم ويصلي ، ثم يعيد إذا وجد
المخبر وأخبره بجواز التيمم أو بعدمه انتهت -- ولا يكفي مجرد الخوف اتفاقا ولا بد
من سؤال الطبيب في كل وقت احتمل فيه عدم الضرر ، ولو لم يجد الطبيب وصلى بالتيمم
لزمه إعادة ما صلاه ، وإن وجده بعد ذلك وأخبره بجوازه قاله شيخنا فراجعه ا هـ .
Udzur yang
memperbolehkan untuk tayamum
Salah satu faktor diperbolehkannya tayamum karena ada udzur yang
menimpa seseorang. Namun yang menjadi persoalan, udzur atau halangan secara
umum banyak sekali. Adakah ketentuan secara detail tentang udzur sakit yang memperbolehkan untuk tayamum?
Jawaban:
Alasan
(udzur) terbagi menjadi dua yaitu:
a. Alasan yang
bersifat umum (udzur ‘am) dan tidak ada
kewajiban melakukan qodlo’.
b. Alasan yang
bersifat jarang (udzur nadzir) dan wajib melakukan qodlo’.
Dari kedua udzur ini tetap diperbolehkan melakukan
tayamum.
Catatan: Kriteria sakit yang memperbolehkan tayamum:
@
Sakit yang menghawatirkan yaitu; sakit yang
mengakibatkan pada kematian, hilangnya anggota tubuh atau kehilangan fungsinya
ketika terkena air. Atau sakit yang
belum sampai taraf mengkhawatirkan, namun ketika terkena air, akan menjadi
penyakit yang mengkhawatirkan.
@
Sakit yang ketika terkena air bertambah parah,
bertambah lama masa sembuhnya atau khawatir akan membekas seperti belang pada anggota tubuh yang terlihat saat
melaksanakan aktivitas seperti wajah dan kedua
tangan.
Referensi:
فقه العبادات - شافعي
صـ 154
الحالات التي يباح
فيها التيمم : هي ثلاث : فقد الماء والمرض والبرد-- الى أن قال-
ثالثا - في البرد : إذا لم تنفعه
تدفئة أعضائه بعد الوضوء ولم يجد ما يسخن به الماء وخاف على منفعة عضو أو حدوث شين
من شدة البرد جاز له التيمم -- الى
أن قال- إذا كان التيمم للبرد ثم وجد ما
يسخن به الماء ، إذا تيمم لفقد الماء في
الحضر ثم وجده –الى أن قال-- ولأن عدم الماء في الحضر
عذر نادر ، والعذر نوعان : عام ونادر
فالعام لا إعادة معه للمشقة كالمريض يصلي قاعدا أو موميا أو بالتيمم خوفا من
استعمال الماء ومثله في هذا المسافر . وأما النادر فقسمان دائم غالب كالاستحاضة
وهذا لا إعادة فيه للمشقة والضرورة وغير دائم غالبا وهو نوعان نوع يأتي معه يبدل
للخلل ونوع لا يأتي فمن الثاني فاقد الطهورين مثلا فهذا وأمثاله اجب عليهم الصلاة
على حسب الحال ثم تجب الإعادة لندور هذه الأعذار . ومثال الأول من تيمم في الحضر
لعدم الماء أو لشدة البرد في السفر والحضر وغير ذلك مما تقدم تفصيله فهؤلاء
وأمثالهم تجب عليهم الإعادة
كفاية الأخيار صـ 54
وأما المرض فهو على ثلاثة أقسام الأول أن يخاف معه بالوضوء فوت الروح أو
فوت عضو أو فوت منفعة العضو ويلحق بذلك ما إذا كان به مرض غير مخوف إلا أنه يخاف
من اسنعمال الماء أن يصير مرضا مخوفا فيباح له التيمم والحالة هذه على المذهب
القسم الثاني أن يخاف زيادة العلة وهو كثرة الألم وإن لم تزد المدة أو يخاف بطء
البرء وهو طول مدة المرض وإن لم يزد الألم أو يخاف شدة الضنى وهو المرض المدنف
الذي يجعله ضنى أو يخاف حصول شين قبيح كالسواد على عضو ظاهر كالوجه وغيره مما يبدو
عند المهنة وهي الخدمة وفي جميع هذه الصور خلاف منتشر والراجح جواز التيمم وعلة
الشين الفاحش أنه يشوه الخلقة ويدوم ضرره فأشبه تلف العضو
Kesunahan membaca do’a
dan sholat setelah tayamum.
Apakah ada kesunahan setelah melakukan tayamum untuk membaca
do’a dan melakukan sholat dua roka’at seperti halnya wudlu ?
Jawaban: Ada kesunahan membaca do’a setelah melakukan
tayamum seperti halnya do’a yang dibaca setelah wudlu dan sunah pula melakukan sholat sunnah dua roka’at.
Referensi:
حاشية الجمل الجزء
الثاني صـ 307
( وسن تسمية ) حتى لجنب ونحوه أوله وتوجه فيه
للقبلة وسواك وعدم تكرر مسح وإتيان بالشهادتين بعده ( وولاء ) فيه بتقدير التراب
ماء ( وتقديم يمينه ) على يساره ( وأعلى وجهه ) على أسفله كالوضوء في الجميع إلا
عدم التكرر ( ويختلف غبار ) من كفيه مثلا إن كثر بأن ينفضها أو ينفخه عنهما لئلا
يتشوه العضو بالمسح (
قوله وإتيان بالشهادتين بعده ) عبارة شرح م ر والذكر آخره السابق في الوضوء ،--
إلى أن قال -- وكذا يسن صلاة ركعتين بعده ، ولو كان عن طهارة مندوبة ا هـ ع ش عليه
.
Niat dalam mentayamumi
orang lain
Saat mentayamumi orang lain seperti halnya mentayamumi pasien
yang sedang mengalami sakit di rumah-rumah sakit, siapakah yang harus melakukan
niat, apakah sang pasien ataukah orang yang mentayamumi?
Jawaban:
Yang melakukan niat harus orang yang ditayamumi.
Referensi:
المجموع شرح المهذب
الجزء الثاني صـ 235
[ الشرح ] في الفصل مسألتان احداهما إذا يممه
غيره باذنه ونوى الآمر ان كان معذورا كأقطع ومريض وغيرهما جاز بلا خلاف.
Bertayamum karena sakit
demam ataupun
sakit kepala
Bang Juned adalah bekas “MAFIA” kelas kakap yang kini sudah bertaubat
berkat nasehat dari teman santrinya yang bernama Alfin. Suatu ketika bang juned
menderita sakit kepala plus demam. Diapun bertanya pada kang Alfin, apakah
boleh dia melakukan sholat dengan bertayamum tanpa harus berwudlu menggunakan
air ?
Jawaban: Boleh, mengikuti sebagian pendapat dari ulama’
mazdhab Malikiyyah.
Catatan:
@
Dalam menghadapi permasalahan seperti kasus diatas
alangkah tepat kalau menggunakan tahapan-tahapan yang sekira tidak terlalu
memberatkan mereka, seperti jawaban dari kasus di atas, supaya mereka merasa
bahwa islam itu bukanlah agama yang memberatkan pada pemeluknya dan mudah bagi
mereka untuk menerima serta melakukan apa yang diperintahkan oleh agama.
@
Pendapat diatas sebaiknya digunakan pada keadaan yang
serupa dengan diskripsi pertanyaan.
Referensi:
المجموع شرح المهذب الجزء الثاني صـ 284
أما أحكام المسألة فالمرض ثلاث أضرب أحدها
مرض يسير -- إلى أن قال -- كصداع ووجع ضرس وحمي وشبهها فهذا لا يجوز له التيمم بلا
خلاف عندنا وبه قال العلماء كافة الا ما حكاه أصحابنا عن أهل الظاهر
وبعض أصحاب مالك أنهم جوزوه للآية
شرح النووي على مسلم
(6/ 170)
وَفِيهِ : تَأْلِيف
مَنْ قَرُبَ إِسْلَامه وَتَرْك التَّشْدِيد عَلَيْهِمْ ، وَكَذَلِكَ مَنْ قَارَبَ
الْبُلُوغ مِنْ الصِّبْيَان ، وَمَنْ بَلَغَ وَمَنْ تَابَ مِنْ الْمَعَاصِي
كُلّهمْ يُتَلَطَّف بِهِمْ وَيُدَرَّجُونَ فِي أَنْوَاع الطَّاعَة قَلِيلًا
قَلِيلًا ، وَقَدْ كَانَتْ أُمُور الْإِسْلَام فِي التَّكْلِيف عَلَى التَّدْرِيج
فَمَتَى يُسِّرَ عَلَى الدَّاخِل فِي الطَّاعَة أَوْ الْمُرِيد لِلدُّخُولِ فِيهَا
سَهُلَتْ عَلَيْهِ ، وَكَانَتْ عَاقِبَته غَالِبًا التَّزَايُد مِنْهَا ، وَمَتَى
عَسُرَتْ عَلَيْهِ أَوْ شَكَّ أَنْ لَا يَدْخُل فِيهَا ، وَإِنْ دَخَلَ أَوْ شَكَّ
أَنْ لَا يَدُوم أَوْ لَا يَسْتَحِيلهَا .
Bertayamum dengan batu
atau pepohonan
Bagi pasien yang dirawat di rumah sakit dan telah divonis
oleh dokter, kalau lukanya tidak diperbolehkan terkena air ataupun debu.
Bagaimanakah cara dia bersuci untuk melaksanakan sholat yang menjadi
kewajibannya?
Jawaban: Baginya boleh melakukan
tayamum dengan menggunakan batu, ataupun benda lain yang berada diatas bumi
mengikuti pendapat madzhab Malikiyyah.
Catatan: Tata cara tayammum dengan menggunakana selain
debu tidak ada perbedaan dengan tayammum menggunakan debu. Cukup
menempelkan tangan pada batu atau selainya dan diusapkan ke anggota tayamum.
Referensi:
حاشية الصاوي على
الشرح الصغير (1/ 336) مالكية
وَالْمُرَادُ بِالصَّعِيدِ .كُلُّ مَا صَعَدَ
عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ مِنْ أَجْزَائِهَا ، فَالْكَافُ فِي : ( كَتُرَابٍ )
لِلتَّمْثِيلِ .( وَرَمْلٍ وَحَجَرٍ وَجَصٍّ لَمْ يُطْبَخْ ) : أَيْ يَجُوزُ
التَّيَمُّمُ عَلَى كُلٍّ مِمَّا ذُكِرَ
الثمر الداني (ص: 75) مالكية
وليس المراد بالضرب حقيقته بل المراد أنه يضع يديه على ما يتيمم به ترابا أو
غيره وهذا الضرب فرض ولا يشترط علوق شيء بكفيه فإن تعلق بهما شيء نفضهما نفضا
خفيفا حتى عد بعضهم هذا النفض من فضائل التيمم لئلا يؤذي وجهه
البحر الرائق (2/ 67) حنفية
فَعُلِمَ بِهَذَا أَنَّ مَا أَطْلَقَهُ فِي فَتْحِ الْقَدِيرِ
مَحْمُولٌ عَلَى هَذَا التَّفْصِيلِ وَإِذَا لَمْ يَجِدْ إلَّا الطِّينَ
يُلَطِّخُهُ بِثَوْبِهِ فَإِذَا جَفَّ تَيَمَّمَ بِهِ وَقِيلَ عِنْدَ أَبِي
حَنِيفَةَ يَتَيَمَّمُ بِالطِّينِ ، وَهُوَ الصَّحِيحُ ؛ لِأَنَّ الْوَاجِبَ
عِنْدَهُ وَضْعُ الْيَدِ عَلَى الْأَرْضِ لَا اسْتِعْمَالُ جُزْءٍ مِنْهُ
وَالطِّينُ مِنْ جِنْسِ الْأَرْضِ إلَّا إذَا صَارَ مَغْلُوبًا بِالْمَاءِ فَلَا
يَجُوزُ التَّيَمُّمُ بِهِ
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik