DISKRIPSI MASALAH
Sudah
menjadi kebiasaan bahwa di desa-desa sebelum adzan muadzin membaca :
سبحان الله والحمد لله ولااله الاالله والله
اكبر لاحول ولاقوة الابالله العلي العظيم
اللهم صل على سيدنامحمد وعلى آل سيدنا محمد
الله ياكريم
PERTANYAAN
One.
Apakah ada nash syar`i terhadap kebiasaan
tersebut ?
Two.
Bagaimana hukumnya sebelum adzan membaca
lafadz tersebut ?
JAWABAN :
a. Tidak ada
nash syar`i sebab yang dimaksud nash syar`i adalah keterangan yang ada dalam
Al-Qur`an, Al-Hadits dan apa yang ditetapkan oleh imam mujtahid (mujtahid
mutlaq)
KETERANGAN
DARI KITAB :
~ Fawaidul Janiyah Juz I Hal 94
المراد بالنص ما نص عليه الكتاب والسنة صراحة
والاستنباط ما استفيد من الأدلة الشرعية بالقياس والقواعد ويطلق أيضا على ما نص
عليه إمام المجتهد
(الفوائد الجنية جزء 1 ص 94)
b. Pada dasarnya
membaca lafadz tersebut (secara utuh ) hukumnya mubah, karena tidak ada nash
syar`i yang menganjurkan atau melarangnya, akan tetapi apaila bacaan tersebut
menimbulkan persangkaan orang awam bahwa hal itu sunnah atau wajib maka
hukumnya makruh.
KETERANGAN
DARI KITAB :
~ I`anathuttholibin Juz I Hal 271
~ Ahkamulfuqoha` Hal 95
قال الشافعي رضي الله عنه ما أحدث وخالف كتابا
أوسنة أوإجماعا أوأثرا فهو البدعة الضالة وما أحدث من الخير ولم يخالف شيئا من ذلك
فهو البدعة المحمودة
(إعانة الطالبين جزء 1 ص 271)
وفي الدر النضيد لشيخ الإسلام الهروي ما نصه :
كل مباح يؤدي إلى زعم الجهال بسنته أووجوبه فهو مكروه
(أحكام الفقهاء ص 95)
Catatan
Khusus bacaan sholawat dalam
rangkaian diatas ada dua pendapat `ulama yang berbeda
a. Sunnah
menurut Imam Bakri
b. Tidak
sunnah menurut Syaikh `Iwadl dalam Hamisy Iqna`
KETERANGAN DARI KITAB :
~ I`anathutthalibin Juz 1 Hal 242
`
Hamisy Iqna` Guz I Hal 122
وتسن الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم قبل
الإقامة على ماقاله النووي في شرح الوسيط واعتمده ابن زياد وقال الشيخ الكبير
البكري انها تسن قبلها ولاتسن محمد رسول الله بعدهما ونقل عن النووي واعتمده ابن
زياد انه يسن الإتيان بها في الإقامة وعن البكري سنها قبلهما
(إعانة الطا لبين جزء 1 ص 242)
(قوله بعد الفراغ من الأذان والإقامة) أما
قبلهما ففي الإقامة يسن وفي الأذان لايسن
(هامش الإقناع جزء 1 ص 122)
* Hasil
keputusan Bahtsul Masa`il I ex Kawedanan Pare tgl. 13-14 Agt.2001 M di Kwagean.
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik