Langsung ke konten utama

bahsu al-masail

DISKRIPSI MASALAH

Sudah menjadi kebiasaan bahwa di desa-desa sebelum adzan muadzin membaca :
سبحان الله والحمد لله ولااله الاالله والله اكبر لاحول ولاقوة الابالله العلي العظيم
اللهم صل على سيدنامحمد وعلى آل سيدنا محمد الله ياكريم
PERTANYAAN
One.         Apakah ada nash syar`i terhadap kebiasaan tersebut ?
Two.        Bagaimana hukumnya sebelum adzan membaca lafadz tersebut ?

JAWABAN :
a.       Tidak ada nash syar`i sebab yang dimaksud nash syar`i adalah keterangan yang ada dalam Al-Qur`an, Al-Hadits dan apa yang ditetapkan oleh imam mujtahid (mujtahid mutlaq)

KETERANGAN DARI KITAB :
~ Fawaidul Janiyah Juz I Hal 94
المراد بالنص ما نص عليه الكتاب والسنة صراحة والاستنباط ما استفيد من الأدلة الشرعية بالقياس والقواعد ويطلق أيضا على ما نص عليه إمام المجتهد
(الفوائد الجنية جزء 1 ص 94)

b.      Pada dasarnya membaca lafadz tersebut (secara utuh ) hukumnya mubah, karena tidak ada nash syar`i yang menganjurkan atau melarangnya, akan tetapi apaila bacaan tersebut menimbulkan persangkaan orang awam bahwa hal itu sunnah atau wajib maka hukumnya makruh.

KETERANGAN DARI KITAB :
~ I`anathuttholibin Juz I Hal 271
~ Ahkamulfuqoha` Hal 95
قال الشافعي رضي الله عنه ما أحدث وخالف كتابا أوسنة أوإجماعا أوأثرا فهو البدعة الضالة وما أحدث من الخير ولم يخالف شيئا من ذلك فهو البدعة المحمودة
(إعانة الطالبين جزء 1 ص 271)
وفي الدر النضيد لشيخ الإسلام الهروي ما نصه : كل مباح يؤدي إلى زعم الجهال بسنته أووجوبه فهو مكروه
(أحكام الفقهاء ص 95)

Catatan
Khusus bacaan sholawat dalam rangkaian diatas ada dua pendapat `ulama yang berbeda
a.       Sunnah menurut Imam Bakri
b.      Tidak sunnah menurut Syaikh `Iwadl dalam Hamisy Iqna`

KETERANGAN DARI KITAB :
~ I`anathutthalibin Juz 1 Hal 242
`  Hamisy Iqna` Guz I Hal 122
وتسن الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم قبل الإقامة على ماقاله النووي في شرح الوسيط واعتمده ابن زياد وقال الشيخ الكبير البكري انها تسن قبلها ولاتسن محمد رسول الله بعدهما ونقل عن النووي واعتمده ابن زياد انه يسن الإتيان بها في الإقامة وعن البكري سنها قبلهما
(إعانة الطا لبين جزء 1 ص 242)
(قوله بعد الفراغ من الأذان والإقامة) أما قبلهما ففي الإقامة يسن وفي الأذان لايسن
(هامش الإقناع جزء 1 ص 122)

* Hasil keputusan Bahtsul Masa`il I ex Kawedanan Pare tgl. 13-14 Agt.2001 M di Kwagean. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا