2515. MUAMALAH :
WAKIL MENJUAL LEBIH MAHAL,KELEBIHAN LABANYA UNTUK SIAPA ?
PERTANYAAN :
Abdur Rahman
Assyafi'i
Assalamu 'alaikum," si Fulan adalah penjaga toko
elektronik, oleh majikannya ia sudah diberikan daftar harga per-unitnya. Namun
dalam prakteknya ia menjualnya dgn harga yg lebih mahal sedikit. Apakah hal tsb
dibenarkan? Bolehkah si Fulan mengambil uang tsb, ataukah harus diberikan
kepada pemilik toko?
Deskripsi : boznya ada di lain daerah, tiap minggu siboz datang mengecek atas
transaksi yg terjadi. Penambahan harga adalah inisiatif si fulan. Si boz hanya
menyuruh menjual dgn harga yg tertera dalam daftar. Dgn perkataan : mas, semua
harga sudah aku tulis di buku ini, nanti sampeyan tinggal buka dan mencatat
transaksi pada buku yg itu. Tiap minggu aku datang mengecek. Bila tak ada yg
mau ditanyakan, silahkan bekerja dgn baik. Saya tinggal dulu
Pertanyaane mbah : Sebenarnya menjual lebih seperti pada diskripsi postingan boleh
ndak?Apakah pemberian daftar harga sudah mencerminkan adanya larangan dari si
pemilik toko agar tidak menjual dgn harga yg kurang atau lebih?
Mengingat dalam pengantar dokumen yg mbah tampilkan
ada 2 gambaran 1. Tidak boleh2. Boleh tapi lebihannya diberikan kepada
pemilik toko
Dan juga menilik dari ibaroh yg aku kutip juga ada
unsur kebolehan jika memang si pemilik tidak melarang atau si pemilik telah
menentukan pembelinya.
JAWABAN :
> Ghufron
Bkl
Wa'alaikumussalaam, kelebihan harga tsb harus di berikan
pada pemilik barangnya :
.ومنه يؤخذ إمتناع ما
يقع كثيرا من اختيار شخص حاذق لشراء متاع فيشتريه بأقل من قيمته
لحذقه ومعرفته ويأخذ لنفسه تمام القيمة معللا ذلك بأنه هو الذي وفره لحذه وبأنه فوت على نفسه أيضا زمنا كان يمكنه فيه الإكتساب
فيجب عليه رد ما بقي لمالكه
لما ذكر من إمكان
مراجعته.
حاشية البجيرمي على
المنهج ٢/٤٤٣
> Rampak
Naung
kelebihan harga hak sipembeli, harus dikembalikan
padanya. Bukan milik sifulan dan juga bukan milik sijuragan.
البيان في مذهب الامام
الشافعي
وان وكله في بيع السلعة
الى اجل معلوم فباعها بثمن حال فإن باعها بأقل من ثمن الذي
يباع به الى الاجل لم يصح البيع لانه باع بدون الثمن المأذوب به
وان ابتعاها بالثمن
المقدرلم يصح في حق الموكل لأنه اشتراها له بأكثر مما أذن له فيه
لم يصح البيع لانه باع
بدون الثمن المأذوب به
Bagi sy kelebihan itu tidak sah, krn menjual dengan
harga yang bukan diijini.
Maka wajib dikembelaikan pada yang punya uang.
ﻓﺮﻉ:
ﻻ ﻳﺨﺎﻟﻒ ﺍﻟﻮﻛﻴﻞ ﺍﻟﻘﻴﻤﺔ ﺍﻟﻤﺤﺪﺩﺓ:
ﻭﻓﻲ
ﺍﻟﻌﺮﻑ: ﺃﻥ ﻣﻦ ﻳﺮﺿﻰ ﺑﺒﻴﻊ ﻋﺒﺪﻩ ﺑﺄﻟﻒ ﻳﺮﺿﻰ ﺑﻴﻌﻪ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ.
Timbul bila pemilik toko tidak menentukan harga, kalau
menentukan maka tidak sah
ﻓﺈﻥ
ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﻮﻛﻞ ﻗﺪ ﻋﻴﻦ ﻟﻪ ﻣﻦ ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ.. ﻟﻢ ﻳﺼﺢ
Bila tidak sah maka dikembalikan pada pemilk uang.
Praktek tersebut merugikan konsumin, dan harus
dikembalikan pada konsumen.
وإن
اشتري بزيادة لا تتغابن الناس بمثلها بأن ابتاع مايساوي عشرة بإثني عشر فإن كان بعين مال الموكل بطل الشراء لأنه عقد على ماله عقدا
لم يأذن فيه
Jadi ini masuk yang wakalah
apa ijaroh ya ? Masuk akad ijaroh dan wakalah, karena dia sewa dbayar
sebagai wakil bos.
> Abdurrofik
Ingin Ridlo Robby
الإقناع
في حل ألفاظ أبي شجاع (2/
319)هِيَ بِفَتْح الْوَاو
وَكسرهَا لُغَة
التَّفْوِيض يُقَال وكل
أمره إِلَى فلَان فوضه إِلَيْهِ وَاكْتفى بِهِ وَمِنْه {توكلت على الله} وَشرعا تَفْوِيض شخص مَا لَهُ فعله
مِمَّا يقبل
النِّيَابَة إِلَى
غَيره ليفعله فِي
حَيَاته
(أَو يتوكل فِيهِ عَن غَيره) فأو هُنَا تقسيمية أَي شَرط
الْوَكِيل صِحَة
مُبَاشَرَته التَّصَرُّف الْمَأْذُون فِيهِ لنَفسِهِ
Jadi si wakil hanya boleh mentasarrufkan yg diizini
muwakkil
> Brojol
Gemblung
Wa'alaikumussalam,Penjaga toko tersebut tidak boleh
menjual barang dg harga di atas bandrol yg sudah ditentukan. Dan andai dia
menjualnya dg harga di atas bandrol maka laba lebih dari bandrol tersebut harus
dikembalikan pada pemilik barang.
ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ ﻓﻲ ﻓﻘﺔ ﺍﻹﻣﺎﻡ
ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻟﻠﺸﻴﺮﺍﺯﻱ 1/355
:
ﻭﺇﻥ ﻗﺪﺭ ﺍﻟﺜﻤﻦ ﻓﻘﺎﻝ ﺑﻊ
ﺑﺄﻟﻒ ﺩﺭﻫﻢ ﻟﻢ ﻳﺠﺮ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻊ ﺑﺪﻭﻧﻬﺎ ﻷﻥ ﺍﻷﺫﻥ ﻓﻲ ﺍﻷﻟﻒ ﻟﻴﺲ ﺑﺈﺫﻥ
ﻓﻴﻤﺎ ﺩﻭﻧﻬﺎ ﻭﺇﻥ ﺑﺎﻉ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ ﻧﻈﺮﺕ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻗﺪ ﻋﻴﻦ ﻣﻦ ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﻷﻧﻪ ﻗﺼﺪ ﺗﻤﻠﻴﻜﻪ ﺑﺄﻟﻒ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﻔﻮﺕ ﻋﻠﻴﻪ ﻏﺮﺿﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻌﻴﻦ ﻣﻦ
ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ ﺟﺎﺯ ﻷﻥ ﺍﻹﺫﻥ ﻓﻲ
ﺍﻷﻟﻒ ﺇﺫﻥ ﻓﻴﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻣﻦ
ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻌﺮﻑ ﻷﻥ ﻣﻦ ﺭﺿﻲ ﺑﺄﻟﻒ ﺭﺿﻲ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ. ﻭﺇﻥ ﻗﺎﻝ ﺑﻊ ﺑﺄﻟﻒ ﻭﻻﺗﺒﻊ ﺑﻤﺎ
ﺯﺍﺩ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻊ ﺑﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻷﻧﻪ ﺻﺮﺡ ﺑﺎﻟﻨﻬﻲ ﻓﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﻏﺮﺽ ﻗﺼﺪﻩ ﻓﻠﻢ ﻳﺠﺰ ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ.
ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ
ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ 3/11
:
ﻭَﻣِﻨْﻪُ ﻳُﺆْﺧَﺬُ
ﺍﻣْﺘِﻨَﺎﻉُ
ﻣَﺎ ﻳَﻘَﻊُ ﻛَﺜِﻴﺮًﺍ
ﻣِﻦْ
ﺍﺧْﺘِﻴَﺎﺭِ ﺷَﺨْﺺٍ ﺣَﺎﺫِﻕٍ ﻟِﺸِﺮَﺍﺀِ
ﻣَﺘَﺎﻉٍ ﻓَﻴَﺸْﺘَﺮِﻳﻪِ
ﺑِﺄَﻗَﻞَّ ﻣِﻦْ
ﻗِﻴﻤَﺘِﻪِ ﻟِﺤِﺬْﻗِﻪِ
ﻭَﻣَﻌْﺮِﻓَﺘِﻪِ
ﻭَﻳَﺄْﺧُﺬُ
ﻟِﻨَﻔْﺴِﻪِ ﺗَﻤَﺎﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴﻤَﺔِ ﻣُﻌَﻠِّﻼ
ﺫَﻟِﻚَ ﺑِﺄَﻧَّﻪُ ﻫُﻮَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻭَﻓَﺮَّﻩُ ﻟِﺤِﺬْﻗِﻪِ ﻭَﺑِﺄَﻧَّﻪُ ﻓَﻮَّﺕَ ﻋَﻠَﻰ ﻧَﻔْﺴِﻪِ
ﺃَﻳْﻀًﺎ ﺯَﻣَﻨًﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻳُﻤْﻜِﻨُﻪُ ﻓِﻴﻪِ
ﺍﻻﻛْﺘِﺴَﺎﺏُ ﻓَﻴَﺠِﺐُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺭَﺩُّ ﻣَﺎ ﺑَﻘِﻲَ ﻟِﻤَﺎﻟِﻜِﻪِ
ﻟِﻤَﺎ ﺫَﻛَﺮَ ﻣِﻦْ
ﺇﻣْﻜَﺎﻥِ ﻣُﺮَﺍﺟَﻌَﺘِﻪِ
ﺇﻟَﺦْ
ﻓَﺘَﻨَﺒَّﻪْ ﻟَﻪُ
ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳَﻘَﻊُ
ﻛَﺜِﻴﺮًﺍ. ﺍﻫـ
NB : Sebenarnya link doc. ini sudah cukup untuk
menjawab pertanyaan hanya saja kodifikasinya kurang sistematis : http://www.piss-ktb.com/2012/02/1097-muamalah-bolehkah-wakil-mengambil.html?m=1
Apakah pemberian daftar hargasudah mencerminkan
adanyalarangan dari si pemilik toko agartidak menjual dgn harga ygkurang atau
lebih ?
Ya sudah cukup dan penjaga tidak boleh NYULAYANE
ﺑﻐﻴﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﺮﺷﺪﻳﻦ، ﺻـ
،186
:
ﻣﺴﺌﻠﺔ: ﻣﺬﻫﺐ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻰ ﺃﻥ
ﻣﺠﺮﺩ ﺍﻟﻜﺘﺎﺑﺔ ﻓﻰ ﺳﺎﺋﺮ ﺍﻟﻌﻘﻮﺩ ﻭﺍﻻﺧﺒﺎﺭﺍﺕ ﻭﺍﻹﻧﺸﺎﺀﺍﺕ ﻟﻴﺲ ﺑﺤﺠﺔ
ﺷﺮﻋﻴﺔ ﻓﻘﺪ ﺫﻛﺮ ﺍﻷﺋﻤﺔ ﺃﻥ ﺍﻟﻜﺘﺎﺑﺔ ﻛﻨﺎﻳﺔ ﻓﺘﻨﻌﻘﺪ ﺑﻬﺎ ﻧﺤﻮ ﺍﻟﻮﺻﻴﺔ ﻣﻊ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻭﻟﻮ ﻣﻦ ﻧﺎﻃﻖ ﻭﻻ ﺑﺪ ﻣﻦ ﺍﻻﻋﺘﺮﺍﻑ ﺑﻬﺎ ﻳﻌﻨﻰ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻣﻨﻬﺎ ﺍﻫـ
> Ulilalbab
Hafas
Ibarat ini yang pas buat pertanyaan di atas
ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ ﻓﻲ ﻓﻘﺔ ﺍﻹﻣﺎﻡ
ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻟﻠﺸﻴﺮﺍﺯﻱ 1/355
:
ﻭﺇﻥ ﻗﺪﺭ ﺍﻟﺜﻤﻦ ﻓﻘﺎﻝ ﺑﻊ
ﺑﺄﻟﻒ ﺩﺭﻫﻢ ﻟﻢ ﻳﺠﺮ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻊ ﺑﺪﻭﻧﻬﺎ ﻷﻥ ﺍﻷﺫﻥ ﻓﻲ ﺍﻷﻟﻒ ﻟﻴﺲ ﺑﺈﺫﻥ
ﻓﻴﻤﺎ ﺩﻭﻧﻬﺎ ﻭﺇﻥ ﺑﺎﻉ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ ﻧﻈﺮﺕ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻗﺪ ﻋﻴﻦ ﻣﻦ ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﻷﻧﻪ ﻗﺼﺪ ﺗﻤﻠﻴﻜﻪ ﺑﺄﻟﻒ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﻔﻮﺕ ﻋﻠﻴﻪ ﻏﺮﺿﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻌﻴﻦ ﻣﻦ
ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ ﺟﺎﺯ ﻷﻥ ﺍﻹﺫﻥ ﻓﻲ
ﺍﻷﻟﻒ ﺇﺫﻥ ﻓﻴﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻣﻦ
ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻌﺮﻑ ﻷﻥ ﻣﻦ ﺭﺿﻲ ﺑﺄﻟﻒ ﺭﺿﻲ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ. ﻭﺇﻥ ﻗﺎﻝ ﺑﻊ ﺑﺄﻟﻒ ﻭﻻﺗﺒﻊ ﺑﻤﺎ
ﺯﺍﺩ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻊ ﺑﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻷﻧﻪ ﺻﺮﺡ ﺑﺎﻟﻨﻬﻲ ﻓﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﻏﺮﺽ ﻗﺼﺪﻩ ﻓﻠﻢ ﻳﺠﺰ ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ
Inti dari atas... Tergantung izin yg d berikan pada si
pemilik barang..
Conto. ini harganya 1rb. Terserah kamu mau jual
berapa!poko'nya kmu netor ama sya 1rb, lebih nya buat kmu.. lebih nya halal..
Ini harganya 2rb jagn d jual lebih dari 2 rb. Maka tidak boleh. Ini harganya 3 rb
tanpa ada embel2 dari bosnya.. lalu d jual 4rb . maka d tafsil. Klo yg 1rb mau
d ambil si penjaga toko maka tidak boleh. Kalo yg 1rb mau d serai sama bosnya
maka boleh..
Apakah penjaga toko itu punya hak untuk menjual dgn
harga yg lebih dan tidak dholim kpda pembeli..? apabila sebelumnya si BOS tidak
pernah memerintahkan untuk demikian
ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻌﻴﻦ ﻣﻦ ﻳﺒﻴﻊ
ﻣﻨﻪ ﺟﺎﺯ ﻷﻥ ﺍﻹﺫﻥ ﻓﻲ ﺍﻷﻟﻒ ﺇﺫﻥ ﻓﻴﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻌﺮﻑ ﻷﻥ ﻣﻦ ﺭﺿﻲ
ﺑﺄﻟﻒ ﺭﺿﻲ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ.ﻭ
Terus kalo ci BOS tidak setuju dngn penambahan harga
itu bagaimana..?Kebetulan saya juga kadang jagain warung punya ortu,
ﻭﺇﻥ ﻗﺎﻝ ﺑﻊ ﺑﺄﻟﻒ ﻭﻻﺗﺒﻊ
ﺑﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻊ ﺑﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻷﻧﻪ ﺻﺮﺡ ﺑﺎﻟﻨﻬﻲ ﻓﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﻏﺮﺽ
ﻗﺼﺪﻩ ﻓﻠﻢ ﻳﺠﺰ ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ
> Imam Cakep Aja
Deeh
Mungkin ibarot ini juga pas dngn masalah di atas... wa ammal mukhtassu bi qodris tsamani wa surotuhu an yaqula BI' BI MIATI
DIRHAMIN fala yajuzu an yubi'a bi aqolla minha..WA LAU BAA' AHU BI AKTSARO MIN
MI'ATI DIRHAMIN KANA ALBAIU JAIZAN LI HUSULIL MIATI ALLATI ARODAHA... jika ada orang menyuruh jual sesuatu dngn harga seratus dirham maka orang
yg d suruh tdak boleh menjual d bawah seratus dirham..jika d jual di atas
seratus dirham maka boleh karna harga yang d tentukan muwakil sudah terpenuhi..
[ kitab majmuk juz14 hal 144 ].
> Poetra
Kedua-pasuruan
Menurut hemt sya pemberian daftar harga itu sma halx
menyuruh jual seharga 1000(tdk larangan scr jelas) jd dr deskripsi d atas
tdk ada larangan wakil menjual lebih... Berarti ibarot yg smpean tampilkan itu
udah cukup : wain qola bi'
bimiatin lam yabi' biaqolla minha WALAHU an yazida 'alaiha illa an yushorriha
binnahyi anizziyadh fala yazidu... [ hasyiyah
qulyubiafwan mohon koreksinya ].
LINK DISKUSI :
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik