Langsung ke konten utama

MUAMALAH : WAKIL MENJUAL LEBIH MAHAL,KELEBIHAN LABANYA UNTUK SIAPA ?

2515. MUAMALAH : WAKIL MENJUAL LEBIH MAHAL,KELEBIHAN LABANYA UNTUK SIAPA ?
PERTANYAAN :

Abdur Rahman Assyafi'i
Assalamu 'alaikum," si Fulan adalah penjaga toko elektronik, oleh majikannya ia sudah diberikan daftar harga per-unitnya. Namun dalam prakteknya ia menjualnya dgn harga yg lebih mahal sedikit. Apakah hal tsb dibenarkan? Bolehkah si Fulan mengambil uang tsb, ataukah harus diberikan kepada pemilik toko?
Deskripsi : boznya ada di lain daerah, tiap minggu siboz datang mengecek atas transaksi yg terjadi. Penambahan harga adalah inisiatif si fulan. Si boz hanya menyuruh menjual dgn harga yg tertera dalam daftar. Dgn perkataan : mas, semua harga sudah aku tulis di buku ini, nanti sampeyan tinggal buka dan mencatat transaksi pada buku yg itu. Tiap minggu aku datang mengecek. Bila tak ada yg mau ditanyakan, silahkan bekerja dgn baik. Saya tinggal dulu
Pertanyaane mbah : Sebenarnya menjual lebih seperti pada diskripsi postingan boleh ndak?Apakah pemberian daftar harga sudah mencerminkan adanya larangan dari si pemilik toko agar tidak menjual dgn harga yg kurang atau lebih?
Mengingat dalam pengantar dokumen yg mbah tampilkan ada 2 gambaran 1. Tidak boleh2. Boleh tapi lebihannya diberikan kepada pemilik toko
Dan juga menilik dari ibaroh yg aku kutip juga ada unsur kebolehan jika memang si pemilik tidak melarang atau si pemilik telah menentukan pembelinya.

JAWABAN :

> Ghufron Bkl 
Wa'alaikumussalaam, kelebihan harga tsb harus di berikan pada pemilik barangnya :

.ومنه يؤخذ إمتناع ما يقع كثيرا من اختيار شخص حاذق لشراء متاع فيشتريه بأقل من قيمته لحذقه ومعرفته ويأخذ لنفسه تمام القيمة معللا ذلك بأنه هو الذي وفره لحذه وبأنه فوت على نفسه أيضا زمنا كان يمكنه فيه الإكتساب فيجب عليه رد ما بقي لمالكه لما ذكر من إمكان مراجعته.
حاشية البجيرمي على المنهج ٢/٤٤٣

> Rampak Naung 
kelebihan harga hak sipembeli, harus dikembalikan padanya. Bukan milik sifulan dan juga bukan milik sijuragan.

البيان في مذهب الامام الشافعي

وان وكله في بيع السلعة الى اجل معلوم فباعها بثمن حال فإن باعها بأقل من ثمن الذي يباع به الى الاجل لم يصح البيع لانه باع بدون الثمن المأذوب به 

وان ابتعاها بالثمن المقدرلم يصح في حق الموكل لأنه اشتراها له بأكثر مما أذن له فيه

 لم يصح البيع لانه باع بدون الثمن المأذوب به

Bagi sy kelebihan itu tidak sah, krn menjual dengan harga yang bukan diijini.
Maka wajib dikembelaikan pada yang punya uang.

ﻓﺮﻉ: ﻻ ﻳﺨﺎﻟﻒ ﺍﻟﻮﻛﻴﻞ ﺍﻟﻘﻴﻤﺔ ﺍﻟﻤﺤﺪﺩﺓ

ﻭﻓﻲ ﺍﻟﻌﺮﻑ: ﺃﻥ ﻣﻦ ﻳﺮﺿﻰ ﺑﺒﻴﻊ ﻋﺒﺪﻩ ﺑﺄﻟﻒ ﻳﺮﺿﻰ ﺑﻴﻌﻪ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ

Timbul bila pemilik toko tidak menentukan harga, kalau menentukan maka tidak sah

ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﻮﻛﻞ ﻗﺪ ﻋﻴﻦ ﻟﻪ ﻣﻦ ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ.. ﻟﻢ ﻳﺼﺢ

Bila tidak sah maka dikembalikan pada pemilk uang.
Praktek tersebut merugikan konsumin, dan harus dikembalikan pada konsumen.

وإن اشتري بزيادة لا تتغابن الناس بمثلها بأن ابتاع مايساوي عشرة بإثني عشر فإن كان بعين مال الموكل بطل الشراء لأنه عقد على ماله عقدا لم يأذن فيه 


Jadi ini masuk yang wakalah apa ijaroh ya ? Masuk akad ijaroh dan wakalah, karena dia sewa dbayar sebagai wakil bos.

> Abdurrofik Ingin Ridlo Robby 
Kalau menurutku yg paling pas iabaroh rampak naong, ini berkaitan dg wakalah, 

الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع (2/ 319)هِيَ بِفَتْح الْوَاو وَكسرهَا لُغَة التَّفْوِيض يُقَال وكل أمره إِلَى فلَان فوضه إِلَيْهِ وَاكْتفى بِهِ وَمِنْه {توكلت على الله} وَشرعا تَفْوِيض شخص مَا لَهُ فعله مِمَّا يقبل النِّيَابَة إِلَى غَيره ليفعله فِي حَيَاته

(أَو يتوكل فِيهِ عَن غَيره) فأو هُنَا تقسيمية أَي شَرط الْوَكِيل صِحَة مُبَاشَرَته التَّصَرُّف الْمَأْذُون فِيهِ لنَفسِهِ 

Jadi si wakil hanya boleh mentasarrufkan yg diizini muwakkil

> Brojol Gemblung 
Wa'alaikumussalam,Penjaga toko tersebut tidak boleh menjual barang dg harga di atas bandrol yg sudah ditentukan. Dan andai dia menjualnya dg harga di atas bandrol maka laba lebih dari bandrol tersebut harus dikembalikan pada pemilik barang.

ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ ﻓﻲ ﻓﻘﺔ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻟﻠﺸﻴﺮﺍﺯﻱ 1/355 :

ﻭﺇﻥ ﻗﺪﺭ ﺍﻟﺜﻤﻦ ﻓﻘﺎﻝ ﺑﻊ ﺑﺄﻟﻒ ﺩﺭﻫﻢ ﻟﻢ ﻳﺠﺮ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻊ ﺑﺪﻭﻧﻬﺎ ﻷﻥ ﺍﻷﺫﻥ ﻓﻲ ﺍﻷﻟﻒ ﻟﻴﺲ ﺑﺈﺫﻥ ﻓﻴﻤﺎ ﺩﻭﻧﻬﺎ ﻭﺇﻥ ﺑﺎﻉ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ ﻧﻈﺮﺕ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻗﺪ ﻋﻴﻦ ﻣﻦ ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﻷﻧﻪ ﻗﺼﺪ ﺗﻤﻠﻴﻜﻪ ﺑﺄﻟﻒ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﻔﻮﺕ ﻋﻠﻴﻪ ﻏﺮﺿﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻌﻴﻦ ﻣﻦ ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ ﺟﺎﺯ ﻷﻥ ﺍﻹﺫﻥ ﻓﻲ ﺍﻷﻟﻒ ﺇﺫﻥ ﻓﻴﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻌﺮﻑ ﻷﻥ ﻣﻦ ﺭﺿﻲ ﺑﺄﻟﻒ ﺭﺿﻲ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ. ﻭﺇﻥ ﻗﺎﻝ ﺑﻊ ﺑﺄﻟﻒ ﻭﻻﺗﺒﻊ ﺑﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻊ ﺑﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻷﻧﻪ ﺻﺮﺡ ﺑﺎﻟﻨﻬﻲ ﻓﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﻏﺮﺽ ﻗﺼﺪﻩ ﻓﻠﻢ ﻳﺠﺰ ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ.

ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ 3/11 :

ﻭَﻣِﻨْﻪُ ﻳُﺆْﺧَﺬُ ﺍﻣْﺘِﻨَﺎﻉُ ﻣَﺎ ﻳَﻘَﻊُ ﻛَﺜِﻴﺮًﺍ ﻣِﻦْ ﺍﺧْﺘِﻴَﺎﺭِ ﺷَﺨْﺺٍ ﺣَﺎﺫِﻕٍ ﻟِﺸِﺮَﺍﺀِ ﻣَﺘَﺎﻉٍ ﻓَﻴَﺸْﺘَﺮِﻳﻪِ ﺑِﺄَﻗَﻞَّ ﻣِﻦْ ﻗِﻴﻤَﺘِﻪِ ﻟِﺤِﺬْﻗِﻪِ ﻭَﻣَﻌْﺮِﻓَﺘِﻪِ ﻭَﻳَﺄْﺧُﺬُ ﻟِﻨَﻔْﺴِﻪِ ﺗَﻤَﺎﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴﻤَﺔِ ﻣُﻌَﻠِّﻼ ﺫَﻟِﻚَ ﺑِﺄَﻧَّﻪُ ﻫُﻮَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻭَﻓَﺮَّﻩُ ﻟِﺤِﺬْﻗِﻪِ ﻭَﺑِﺄَﻧَّﻪُ ﻓَﻮَّﺕَ ﻋَﻠَﻰ ﻧَﻔْﺴِﻪِ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﺯَﻣَﻨًﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻳُﻤْﻜِﻨُﻪُ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻻﻛْﺘِﺴَﺎﺏُ ﻓَﻴَﺠِﺐُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺭَﺩُّ ﻣَﺎ ﺑَﻘِﻲَ ﻟِﻤَﺎﻟِﻜِﻪِ ﻟِﻤَﺎ ﺫَﻛَﺮَ ﻣِﻦْ ﺇﻣْﻜَﺎﻥِ ﻣُﺮَﺍﺟَﻌَﺘِﻪِ ﺇﻟَﺦْ ﻓَﺘَﻨَﺒَّﻪْ ﻟَﻪُ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳَﻘَﻊُ ﻛَﺜِﻴﺮًﺍ. ﺍﻫـ 

NB : Sebenarnya link doc. ini sudah cukup untuk menjawab pertanyaan hanya saja kodifikasinya kurang sistematis : http://www.piss-ktb.com/2012/02/1097-muamalah-bolehkah-wakil-mengambil.html?m=1

Apakah pemberian daftar hargasudah mencerminkan adanyalarangan dari si pemilik toko agartidak menjual dgn harga ygkurang atau lebih ?
Ya sudah cukup dan penjaga tidak boleh NYULAYANE 

ﺑﻐﻴﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﺮﺷﺪﻳﻦ، ﺻـ ،186 :

ﻣﺴﺌﻠﺔ: ﻣﺬﻫﺐ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻰ ﺃﻥ ﻣﺠﺮﺩ ﺍﻟﻜﺘﺎﺑﺔ ﻓﻰ ﺳﺎﺋﺮ ﺍﻟﻌﻘﻮﺩ ﻭﺍﻻﺧﺒﺎﺭﺍﺕ ﻭﺍﻹﻧﺸﺎﺀﺍﺕ ﻟﻴﺲ ﺑﺤﺠﺔ ﺷﺮﻋﻴﺔ ﻓﻘﺪ ﺫﻛﺮ ﺍﻷﺋﻤﺔ ﺃﻥ ﺍﻟﻜﺘﺎﺑﺔ ﻛﻨﺎﻳﺔ ﻓﺘﻨﻌﻘﺪ ﺑﻬﺎ ﻧﺤﻮ ﺍﻟﻮﺻﻴﺔ ﻣﻊ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻭﻟﻮ ﻣﻦ ﻧﺎﻃﻖ ﻭﻻ ﺑﺪ ﻣﻦ ﺍﻻﻋﺘﺮﺍﻑ ﺑﻬﺎ ﻳﻌﻨﻰ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻣﻨﻬﺎ ﺍﻫـ

> Ulilalbab Hafas 
Ibarat ini yang pas buat pertanyaan di atas

ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ ﻓﻲ ﻓﻘﺔ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻟﻠﺸﻴﺮﺍﺯﻱ 1/355 :

ﻭﺇﻥ ﻗﺪﺭ ﺍﻟﺜﻤﻦ ﻓﻘﺎﻝ ﺑﻊ ﺑﺄﻟﻒ ﺩﺭﻫﻢ ﻟﻢ ﻳﺠﺮ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻊ ﺑﺪﻭﻧﻬﺎ ﻷﻥ ﺍﻷﺫﻥ ﻓﻲ ﺍﻷﻟﻒ ﻟﻴﺲ ﺑﺈﺫﻥ ﻓﻴﻤﺎ ﺩﻭﻧﻬﺎ ﻭﺇﻥ ﺑﺎﻉ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ ﻧﻈﺮﺕ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻗﺪ ﻋﻴﻦ ﻣﻦ ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﻷﻧﻪ ﻗﺼﺪ ﺗﻤﻠﻴﻜﻪ ﺑﺄﻟﻒ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﻔﻮﺕ ﻋﻠﻴﻪ ﻏﺮﺿﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻌﻴﻦ ﻣﻦ ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ ﺟﺎﺯ ﻷﻥ ﺍﻹﺫﻥ ﻓﻲ ﺍﻷﻟﻒ ﺇﺫﻥ ﻓﻴﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻌﺮﻑ ﻷﻥ ﻣﻦ ﺭﺿﻲ ﺑﺄﻟﻒ ﺭﺿﻲ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ. ﻭﺇﻥ ﻗﺎﻝ ﺑﻊ ﺑﺄﻟﻒ ﻭﻻﺗﺒﻊ ﺑﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻊ ﺑﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻷﻧﻪ ﺻﺮﺡ ﺑﺎﻟﻨﻬﻲ ﻓﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﻏﺮﺽ ﻗﺼﺪﻩ ﻓﻠﻢ ﻳﺠﺰ ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ

Inti dari atas... Tergantung izin yg d berikan pada si pemilik barang..
Conto. ini harganya 1rb. Terserah kamu mau jual berapa!poko'nya kmu netor ama sya 1rb, lebih nya buat kmu.. lebih nya halal.. Ini harganya 2rb jagn d jual lebih dari 2 rb. Maka tidak boleh. Ini harganya 3 rb tanpa ada embel2 dari bosnya.. lalu d jual 4rb . maka d tafsil. Klo yg 1rb mau d ambil si penjaga toko maka tidak boleh. Kalo yg 1rb mau d serai sama bosnya maka boleh..

Apakah penjaga toko itu punya hak untuk menjual dgn harga yg lebih dan tidak dholim kpda pembeli..? apabila sebelumnya si BOS tidak pernah memerintahkan untuk demikian
ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻌﻴﻦ ﻣﻦ ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ ﺟﺎﺯ ﻷﻥ ﺍﻹﺫﻥ ﻓﻲ ﺍﻷﻟﻒ ﺇﺫﻥ ﻓﻴﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻌﺮﻑ ﻷﻥ ﻣﻦ ﺭﺿﻲ ﺑﺄﻟﻒ ﺭﺿﻲ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ.ﻭ

Terus kalo ci BOS tidak setuju dngn penambahan harga itu bagaimana..?Kebetulan saya juga kadang jagain warung punya ortu,
ﻭﺇﻥ ﻗﺎﻝ ﺑﻊ ﺑﺄﻟﻒ ﻭﻻﺗﺒﻊ ﺑﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻊ ﺑﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻷﻧﻪ ﺻﺮﺡ ﺑﺎﻟﻨﻬﻲ ﻓﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﻏﺮﺽ ﻗﺼﺪﻩ ﻓﻠﻢ ﻳﺠﺰ ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ

> Imam Cakep Aja Deeh 
Mungkin ibarot ini juga pas dngn masalah di atas... wa ammal mukhtassu bi qodris tsamani wa surotuhu an yaqula BI' BI MIATI DIRHAMIN fala yajuzu an yubi'a bi aqolla minha..WA LAU BAA' AHU BI AKTSARO MIN MI'ATI DIRHAMIN KANA ALBAIU JAIZAN LI HUSULIL MIATI ALLATI ARODAHA... jika ada orang menyuruh jual sesuatu dngn harga seratus dirham maka orang yg d suruh tdak boleh menjual d bawah seratus dirham..jika d jual di atas seratus dirham maka boleh karna harga yang d tentukan muwakil sudah terpenuhi.. [ kitab majmuk juz14 hal 144 ].

> Poetra Kedua-pasuruan 
Menurut hemt sya pemberian daftar harga itu sma halx menyuruh jual seharga 1000(tdk larangan scr jelas) jd dr deskripsi d atas tdk ada larangan wakil menjual lebih... Berarti ibarot yg smpean tampilkan itu udah cukup : wain qola bi' bimiatin lam yabi' biaqolla minha WALAHU an yazida 'alaiha illa an yushorriha binnahyi anizziyadh fala yazidu... [ hasyiyah qulyubiafwan mohon koreksinya ].

LINK DISKUSI :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا