Langsung ke konten utama

BOIKOT PRODUK PRANCIS

 📒 DESKRIPSI


Farhan (nama samaran) adalah Seorang Balita yang masih umur 3 bulan. Farhan sejak lahir tidak pernah mau diberi ASI. Lalu Orang tua Farhan membelikan susu SGM untuk memberi asupan/pengganti dari ASI Ibunya kepada Farhan. 

Mendengar kabar pada saat ini yang terjadi bahwasanya Umat Islam meng-embargo/boikot produk Prancis sebagai bentuk protes atas pernyataan Presiden Prancis yang menghina Nabi dan Agama Islam. Orang Tua Farhan pun bingung, karena Farhan tidak cocok meminum susu selain SGM.


📝 PERTANYAAN


1. Dosakah orang Tua Farhan jikalau masih membeli susu SGM (produk Prancis) ?



📖 JAWABAN NO 1


Tidak berdosa, apabila pemboikotan tersebut tidak datang dari Pemerintah / Ulil amri yang wajib ditaati. Apabila pemboikotan tersebut datang dari Pemerintah, maka wajib ditaati dan dianggap berdosa jika tidak mentaati.


Referensi :


{بغية المسترشدين، ص ١٨٠}


والحاصل أنه تجب طاعة الإمام فيما أمر به ظاهراً وباطناً مما ليس بحرام أو مكروه،


 فالواجب يتأكد، والمندوب يجب، وكذا المباح إن كان فيه مصلحة 


كترك شرب التنباك إذا قلنا بكراهته لأن فيه خسة بذوي الهيئات، وقد وقع أن السلطان أمر نائبه بأن ينادي بعدم شرب الناس له في الأسواق والقهاوي، فخالفوه وشربوا فهم العصاة، ويحرم شربه الآن امتثالاً لأمره،


 ولو أمر الإمام بشيء ثم رجع ولو قبل التلبس به لم يسقط الوجوب اهـ.


Kesimpulannya bahwasanya wajib secara dhohir dan batin, mentaati peraturan Pemerintah yang tidak mengadung keharaman atau kemakruhan.


Maka mentaati hal yang wajib itu hukumnya sangat wajib, mentaati hal yang sunnah itu menjadi wajib, begitu juga mentaati hal yang mubah itu juga wajib jika hal yang mubah itu membawa maslahat secara umum,


seperti perintah meninggalkan rokok, jika kita mengikuti pendapat yang menyatakan rokok itu makruh karena merokok dipandang kurang baik jika dilakukan oleh orang yang memiliki kedudukan.


Lalu Pemerintah mengintruksikan pada bawahannya untuk menerbitkan peraturan tidak boleh merokok ditempat umum semisal pasar maupun cafe (warung kopi), namun mereka melanggarnya dengan merokok ditempat umum, dalam hal ini mereka tergolong orang yang melakukan maksiat.



Dalam kondisi ini hukum merokok menjadi haram disebabkan karena adanya kewajiban melaksanakan aturan Pemerintah.


Jika Pemerintah membuat peraturan lalu mencabutnya kembali meskipun belum sampai tahap menerapkan /merealisasikan peraturan tersebut, maka kewajiban melaksanakan peraturan belum gugur.



{التشريع الجنائي، ج ١ ص ١٨١}


تعتبر القوانين والقرارات واللوائح مملكة التشريع الإسلام لأن الشريعة تعطي لأولي الأمر حق التشريع فيما يمس مصلحة الأفراد ومصلحة الجماعة بالنفع


فللسلطة التشريعية في أي بلد الإسلامي إن تعاقب على أي فعل مباح إذا اقتضت المصلحة العامة ذلك٠٠٠٠٠٠إلى أن قال٠٠٠٠٠٠القوانين والقرارات واللوائح التي تصدها السلطة التشريعية تكون نافذة واجبة الطاعة شرعا بشرط أن لا يكون فيها يخالف نصوص الشريعة الصريحة أو يخرج على مبادئها العامة وروح التشريع فيها وإلا فهي باطلة بطلانا مطلقا. اهـ.


Undang-undang keputusan dan program Pemerintah dianggap sebagai program penyempurna Syari’at Islam karena Syari’at memberikan hak kepada Pemerintah untuk membuat undang-undang yang menyentuh kemaslahatan dan memberikan manfaat kepada individu dan kelompok.


Kekuasaan perundang-undang dalam Negeri Islam manapun diperbolehkan untuk memberikan sanksi hukum terhadap perbuatan mubah (yang dilakukan Masyarakat), ketika kemaslahatan umum menuntut demikian.......sampai pada perkataan........undang-undang keputusan dan program yang dikeluarkan kekuasaan perundangan merupakan hal berlaku dan wajib ditaati secara Syar’i dengan syarat tidak bertentanggan dengan nash-nash yang jelas, prinsip-prinsip umum dan subtansi Syari’at. Apabila bertentangan dengan hal-hal yang disebutkan terakhir, maka undang-undang keputusan dan program Pemerintah tersebut batal.

📝 PERTANYAAN


2. Apakah Kita sebagai Umat Islam Wajib memboikot Produk Prancis dalam rangka membela Agama Nabi dan Agama kita, karena Presiden Prancis menghina Nabi dan Agama Islam ?


📖 JAWABAN NO 2


Wajib, apabila hal tersebut ;


a) Dapat membuat idlror (menyulitkan) terhadap kuffar (Orang-orang Kafir) seperti mereka mengalami kerugian, dll.


b) Tidak terjadi mafsadah (kerusakan) yang lebih besar bagi Muslimin.


Referensi :


{المقاطعة الاقتصادية، ص٧٤}


حكم المقاطعة الاقتصادية٠٠٠٠٠الى ان قال٠٠٠٠٠٠

فيحصل لنا من اعتبار هذين المعنيين اربعة احوال؛

الاول:ان يجتمع المعنيان بان يغلب على الظن افضاء المقاطعة الى الاضرار بالكفار ،والا يترتب عليها مفسدة اعظم من المفسدة التي يراد ازالتها او تخفيفها،فهنا يتوجه القول بالوجوب٠

والله اعلم


Hukum memutus hubungan ekonomi (Boikot ekonomi / embargo)........

dari pertimbangan dua hal ini ini, maka kita memperoleh kesimpulan ada 4 kondisi (dalam masalah boikot ini) antara lain :


1. Dua makna tersebut sama-sama kuat dalam arti pemboikotan tersebut :


a) diyakini akan dapat merugikan Orang Kafir


b) tidak mengakibatkan mafsadah (kerugian bagi Muslimin) yang lebih besar dibanding mafsadah yang ingin diberantas, atau yang ingin diminimalisir.


Dalam kondisi seperti ini maka hukum boikot adalah wajib.



{المقاطعة الاقتصادية، ص٧٧}


المقاطعة الاقتصادية مباحة من حيث الاصل،لكنها قد تكون واجبة او مندوبة او محرمة بالنظر لما يترتب عليها من مصالح او مفاسد٠


Boikot ekonomi hukum asalnya adalah boleh, namun bisa menjadi wajib, sunnah, ataupun haram, tergantung pertimbangan akibat boikot tersebut dari segi maslahat dan mafsadatnya (yang berdampak bagi Orang Muslim).



{فتاوى يسألونك  جـ ١١ صـ ٢٢}


فالمقاطعة الاقتصادية لمنتجات الدول التي تهجم أتباعها على رسولنا صلى الله عليه وسلم وسيلة مشروعة لنصرة النبي صلى الله عليه وسلم وتعظيمه وتوقيره. وخاصة أننا لمسنا استكبار قادة تلك الدول في رفضهم الاعتذار للمسلمين بل نقل عن بعضهم قوله إن اعتذار أي شخص دنمركي للمسلمين يعد خيانة للوطن-الى ان قال-٠


Adapun boikot ekonomi untuk menghancurkan Negara-negara yang pengikutnya menyakiti/ menyerang Rosululloh merupakan bentuk sarana yang dilakukan untuk membela Rosululloh, serta mengagungkan dan memulyakan Beliau. Khususnya saat kita tertimpa musibah Pemimpin Negara-negara tersebut dengan sombong mereka menolak untuk membela kaum Muslimin. Bahkan diantara mereka ada yang mengatakan bahwasanya siapapun orang Denmark yang membela kaum Muslimin, maka Dia dianggap berhianat terhadap tanah air mereka.


وخلاصة الأمر أن المقاطعة الاقتصادية وسيلة مشروعة للدفاع عن الرسول صلى الله عليه وسلم لردع المعتدين ولإجبار تلك الدول لتسن التشريعات التي تعاقب كل من يسيء إلى دين الإسلام، وعلى المسلمين كافة أن يسهموا في المقاطعة حتى تكون مؤثرة وقوية٠


Kesimpulan masalah bahwasanya Pemutusan hubungan dagang /Boikot ekonomi (embargo) merupakan sarana yang dilakukan untuk membalas / menolak perlakuan mereka terhadap Rosululloh untuk melawan / membalas orang-orang yang kelakuannya diluar batas, dan sebagai upaya untuk memaksa / menekan Negara tersebut untuk memberlakukan hukuman pada orang yang menyakiti Agama Islam dan wajib bagi semua Muslimin untuk ikut serta dalam boikot tersebut sehingga boikot tersebut berpengaruh kuat.



{مع الناس مشورات وفتاوى للشيخ الشهيد الدوكتو سعيد رمضان البوطي صــ ٥٢}


ما حكم شراء البضائع الأمريكية علما أنني سمعت فتوى من الدكتور الكبشي بتحريمها بل التغليظ في تحريمها ؟


Bagaimana hukum membeli produk Amerika ? mengingat bahwasanya Saya mendengar fatwa Doktor al-Kabisyi menyatakan hal itu haram, bahkan Beliau sangat menekankan haramnya hal itu.


يجب وجوبا عينيا مقاطعة الأغذية والبضائع الأمريكية ، والإسرائلية أيضا . إذ هو الجهاد الذي يتسنى لكل مسلم القيام به في مواجهة العدوان الإسرائلي ومن يدعمه . وهو كما هو معروف وثابت فرض عين في حدود الإمكان ، وهذا ممكن٠


Memboikot produk makanan maupun barang-barang dagangan milik Amerika dan Israel adalah wajib ain, karena itu merupakan bentuk jihad yang dianjurkan untuk dilakukan oleh tiap-tiap Muslim sebagai bentuk perlawanan terhadap Israel dan pendukungnya.

Hal tersebut sebagaimana telah diketahui dan ditetapkan merupakan perkara fardlu ain selagi dalam batas kemungkinan / kemampuan untuk  melakukannya, dan ini merupakan kondisi yang bisa dilakukan.






_______________________________


MUSYAWWIRIN :


Member Group WA Tanya  Jawab Hukum.


PENGURUS :


Ketua : Ust. Zainullah Al-Faqih

Wakil : Ust. Suhaimi Qusyairi

Sekretaris : Ust. Sholihin

Bendahara : Ust. Syihabuddin


TIM AHLI :


Kordinator Soal : Ust. Qomaruddin

Deskripsi masalah : Taufik Hidayat

Moderator : Ust. Zainullah Al-Faqih

Perumus : Ust. Zainul Qudsiy, Ust. Robit Subhan

Muharrir : Ust. Mahmulul Huda, Ust. Anwar Sadad

Editor : Hosiyanto Ilyas

Terjemah Ibarot : Ust. Abd. Lathif, Ust. Robit Subhan


PENASEHAT : Gus Abd. Qodir


Tambahan ibarot


*مع الناس مشورات وفتاوى للشيخ الشهيد الدوكتو سعيد رمضان البوطي صــ 52*



ما حكم شراء البضائع الأمريكية علما أنني سمعت فتوى من الدوكتور الكبشي بتحريمها بل التغليظ في تحريمها ؟


يجب وجوبا عينيا مقاطعة الأغذية والبضائع الأمريكية ، والإسرائلية أيضا . إذ هو الجهاد الذي يتسنى لكل مسلم القيام به في مواجهة العدوان الإسرائلي ومن يدعمه . وهو كما هو معروف وثابت فرض عين في حدود الإمكان ، وهذا ممكن.

*فتاوى يسألونك  جـ 11 | صـ 22*


فالمقاطعة الاقتصادية لمنتجات الدول التي تهجم أتباعها على رسولنا صلى الله عليه وسلم وسيلة مشروعة لنصرة النبي صلى الله عليه وسلم وتعظيمه وتوقيره. وخاصة أننا لمسنا استكبار قادة تلك الدول في رفضهم الاعتذار للمسلمين بل نقل عن بعضهم قوله إن اعتذار أي شخص دنمركي للمسلمين يعد خيانة للوطن-الى ان قال-.


وخلاصة الأمر أن المقاطعة الاقتصادية وسيلة مشروعة للدفاع عن الرسول صلى الله عليه وسلم لردع المعتدين ولإجبار تلك الدول لتسن التشريعات التي تعاقب كل من يسيء إلى دين الإسلام، وعلى المسلمين كافة أن يسهموا في المقاطعة حتى تكون مؤثرة وقوية.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan