Langsung ke konten utama

AKAD NIKAH MEMANFAATKAN CYBERNET



      AKAD NIKAH MEMANFAATKAN CYBERNET

Deskripsi
Pada tanggal 22 Pebruari 2009 berlangsung pernikahan jarak jauh antara Wafa Suhaimi (24 tahun) berdomisili di Jeddah Saudi Arabia sebagai calon istri dengan Ahmad Jamil Rajab (26 tahun) yang tengah kuliah di Univ. Marry Mont Virginia AS selaku calon suami. Karena kesulitan mengurus visa dan ketatnya jadwal kuliah dilangsungkan akad nikah memanfaatkan cybernet untuk mendukung rangkaian ijab-qabul pada dua tempat (negara) yang terpisah dan prosesinya dibesarkan melalui LCD proyektor. Pelaksanaan nikah mode tersebut dinyatakan boleh dan sah oleh Syaikh Adil al-Damari (anggota majmak al-Fiqh al-Islami) Saudi Arabia.
                 
Pertanyaan:
a.       Sahkah pelaksanaan aqad nikah yang tidak didukung majlisu al-aqdi yang ittahad al-zaman wa al-makan, dan para saksi tidak dapat mengamati secara mu’ayanah (berhadap-hadapan secara fisik) dengan pelaku nikah?
b.      Apakah kesatuan majlis aqad bisa direkayasa dengan cybernet, teleconference plus LCD proyector yang menyulap seperti tidak ada jarak pemisah antara wali nikah, calon kemantin pria dan para saksi aqad?
c.       Mungkinkah disiasati dengan wakalah yang disampaikan oleh calon suami cukup lewat sambungan telephone jarak jauh atau SMS Handphone?

Jawaban a:
Tidak sah, karena pihak-pihak yang terlibat dalam akad nikah tidak hadir dalam tempat (majlis) yang sama.

Dasar Keputusan:
حواشى الشروانى على تحفة المحتاج ج 5 ص 374
(والكتابة الخ) ومثلها خبر السلك المحدث في هذه الأزمنة فالعقد به كناية فيما يظهر





المجموع شرح مهذب ج 17 ص 332
فصل
:أمّا حديث عائشة عن النبي صلى الله عليه وسلّم قال: «كلُّ نكاحٍ لم يحضرْهُ أربعَةٌ فهو سفاحٌ: خاطِبٌ ووليٌّ وشاهِدانِ » والسفاح: الزنا. أخرجه الدارقطني وفي إسناده: أبو الخصيب مجهول، واسمه نافع بن ميسرة. والبيهقي عن أبي هريرة وفيه: مغيرة بن موسى، قال البخاري: بصري منكر الحديث، وعن ابن عباس موقوفاً، وقال البيهقي: الصواب هو الموقوف. موضوع الفصل: إذا كان ولي المرأة ممّن يجوز له نكاحها، كابن عم، أو المعتق، أو القاضي، وأراد نكاحها، لم يجز له أن يتزوجها بنفسه، أو يزوجها من نفسه وولايته، لأنه لا يجوز تولية الطرفين، فلا يملك شرطي العقد، كالوكيل في البيع. فإذا أراد أن يتزوّجها وكان هناك من يشاركه في الولاية كابن عم في درجته، فإن لم يكن، فالقاضي زوّجه منها. وإذا كان قاضياً، زوّجه والٍ فوقه، أو يذهب إلى قاضٍ في بلدٍ آخر، أو يستخلف من يزوجه. وعند أبي حنيفة ومالك : يجوز أن يزوّجها من نفسه، إذا أذنت له. وعند أحمد : يجب أن يأذن لأجنبي، إذا أراد نكاحها، حتى يزوِّجه بها. ودليل الأصحاب: حديث عائشة الذي اشترط في صحته حضور أربعة: الخاطب، والولي، والشاهدان، والخاطب منهم غير الولي، فلم يجز أن ينقص العدد إلى ثلاثة، يكون الوالي فيهم خاطباً، كما لا يكون الشاهد خاطباً.

Jawaban b:
Rekayasa perangkat cybernet atau semacamnya dalam akad nikah jarak jauh tidak sesuai dengan pengertian (batasan) ittichad al-majlis (satu majlis).

Dasar Keputusan:
جواهر العقود للشيخ شمس الدين محمد بن أحمد بن منهاجى الأسيوطى ج 2 ص 78 دار الفكر
(فرع) لا يصح العقد عند الشافعى رضى الله عنه إلا بإجماع أربع زوج ووللى وشاهدين.

روضة الطالبين ج 5 ص 391
الركن الثالث : الشهادة، فلا ينعقد النكاح إلا بحضرة رجلين مسلمين مكلفين حرين عدلين سميعين بصيرين متيقظين عارفين لسان المتعاقدين. وقيل: يصح بالاعميين، وحكى أبو الحسن العبادي رحمه الله وجها أنه ينعقد بمن لا يعرف لسان المتعاقدين، لانه ينقله إلى الحاكم. وأما المغفل الذي لا يضبط، فلا ينعقد به، وينعقد بمن يحفظ وينسى عن قريب.

Jawaban c:
Akad wakalah via telephone dan sesamanya adalah sah.

Dasar Keputusan:
الغرر البهية فى شرح البهجة الوردية ج 3 ص 181
فَلَا يَنْعَقِدُ إلَّا بِإِيجَابٍ مِنْ الْمُوَكِّلِ كَوَكَّلْتُك بِكَذَا أَوْ فَوَّضْت إلَيْك كَذَا أَوْ أَنَبْتُك فِيهِ أَوْ مَا يَقُومُ مَقَامَهُ كَبِعْ وَأَعْتِقْ سَوَاءٌ كَانَ مُشَافَهَةً أَمْ كِتَابَةً أَمْ رِسَالَةً ، أَمَّا قَبُولُهَا لَفْظًا فَلَا يُشْتَرَطُ ؛ لِأَنَّهَا إبَاحَةٌ وَرَفْعُ حَجْرٍ كَإِبَاحَةِ الطَّعَامِ نَعَمْ يُشْتَرَطُ عَدَمُ رَدِّهَا

حاشية البجيرمى على الخطيب ج 3 ص 137
أَمَّا الْوَكِيلُ فَلَا يُشْتَرَطُ قَبُولُهُ لَفْظًا أَوْ نَحْوَهُ إلْحَاقًا لِلتَّوْكِيلِ بِالْإِبَاحَةِ ، أَمَّا قَبُولُهُ مَعْنًى وَهُوَ عَدَمُ رَدِّ الْوَكَالَةِ فَلَا بُدَّ مِنْهُ ، فَلَوْ رَدَّ فَقَالَ : لَا أَقْبَلُ أَوْ لَا أَفْعَلُ بَطَلَتْ . وَلَا يُشْتَرَطُ فِي الْقَبُولِ هُنَا الْفَوْرُ وَلَا الْمَجْلِسُ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا