Langsung ke konten utama

MEMEBACA AL QUR'AN DENGAN HATI (TANPA SUARA

 *☕MEMEBACA AL QUR'AN DENGAN HATI (TANPA SUARA)*

▁▁▁▁▁▁▁▁▁▁▁▁▁▁▁▁▁



Bagaimana hukum membaca Al-Qur'an dalam hati  tanpa berbunyi/bersuara ( dapat pahala apa tidak ) ?


*JAWABAN*


~ Ditinjau dari sisi pahala membaca Al Quran dengan lisan maka tidak mendapatkan pahala,karena membaca Al Quran dengan lisan itu bersifat "taabbudi"


~ Sedangkan membaca Alquran dalam hati itu dianggap berpahala apabila ditinjau dari sisi menghadirkan ayat2 ALQuran dalam hati.


Maka kesimpulannya adalah membaca ALQuran dalam hati  tetap mendapatkan pahala.tapi tidak mendapat pahala seperti membaca dengan lisan..

────────────────────


REFERENSI



[مجموعة من المؤلفين ,الموسوعة الفقهية الكويتية ,21/250]


*وَمَعَ هَذَا فَالإِْسْرَارُ بِالذِّكْرِ بِالْقَلْبِ بِدُونِ تَلَفُّظٍ وَلاَ تَحْرِيكٍ لِلِّسَانِ بَل بِإِمْرَارِ الْكَلاَمِ الَّذِي يَذْكُرُ بِهِ عَلَى الْقَلْبِ مِنْ تَسْبِيحٍ وَتَحْمِيدٍ وَتَهْلِيلٍ وَغَيْرِ ذَلِكَ كُلِّهِ جَائِزٌ وَيُؤْجَرُ عَلَيْهِ فَاعِلُهُ* لِقَوْل اللَّهِ تَعَالَى فِي الْحَدِيثِ الْقُدْسِيِّ وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي (2) .

وَهَذَا النَّوْعُ مِنَ الذِّكْرِ جَائِزٌ حَيْثُ يَمْتَنِعُ الذِّكْرُ اللِّسَانِيُّ، كَحَال قَضَاءِ الْحَاجَةِ وَالْجِمَاعِ وَعِنْدَ خُطْبَةِ الْجُمُعَةِ. وَمِنْ ذَلِكَ إِمْرَارُ الْقُرْآنِ عَلَى الْقَلْبِ لِلْجُنُبِ أَوِ الْحَائِضِ، قَال ابْنُ عَلاَّنَ: وَمِنْ ذَلِكَ الْهَمْسُ بِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يُسْمِعَ نَفْسَهُ لأَِنَّهَا لَيْسَتْ بِقِرَاءَةٍ فَلاَ يَشْمَلُهَا النَّهْيُ.


*حاشية البجيرمي على الخطيب ٣٥٧/١*

ﻭﻟﻤﻦ ﺑﻪ ﺣﺪﺙ ﺃﻛﺒﺮ ﺇﺟﺮاء اﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﻠﻰ ﻗﻠﺒﻪ ﻭﻧﻈﺮ ﻓﻲ اﻟﻤﺼﺤﻒ، ﻭﻗﺮاءﺓ ﻣﺎ ﻧﺴﺨﺖ ﺗﻼﻭﺗﻪ ﻭﺗﺤﺮﻳﻚ ﻟﺴﺎﻧﻪ ﻭﻫﻤﺴﻪ ﺑﺤﻴﺚ ﻻ ﻳﺴﻤﻊ ﻧﻔﺴﻪ؛ ﻷﻧﻬﺎ ﻟﻴﺴﺖ ﺑﻘﺮاءﺓ ﻗﺮﺁﻥ،

ﻭﻗﻮﻟﻪ: (ﻭﺗﺤﺮﻳﻚ ﻟﺴﺎﻧﻪ) ﺧﺮﺝ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﺑﺎﻟﻠﻔﻆ ﻭﻗﻮﻟﻪ: (ﻷﻧﻬﺎ) ﺃﻱ ﻫﺬﻩ اﻟﺨﻤﺴﺔ.

ﻗﻮﻟﻪ: (ﻭﻫﻤﺴﻪ) ﺃﻱ اﻟﻘﺮاءﺓ ﺳﺮا.

ﻗﻮﻟﻪ: (ﻷﻧﻬﺎ ﻟﻴﺴﺖ ﺑﻘﺮاءﺓ ﻗﺮﺁﻥ) *ﻷﻥ اﻟﻘﺮاءﺓ ﺇﻧﻤﺎ ﺗﺤﺼﻞ ﺑﺈﺳﻤﺎﻉ ﻧﻔﺴﻪ.* *ﻭاﻋﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺜﺎﺏ ﻋﻠﻰ اﻟﺬﻛﺮ ﺇﻻ ﺇﻥ ﺃﺳﻤﻊ ﻧﻔﺴﻪ،* ﻭاﻧﻈﺮ اﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻨﻪ ﻭﺑﻴﻦ ﻣﺎ ﺗﻘﺪﻡ ﻓﻴﻤﺎ ﻟﻮ ﺃﺟﺮﺕ اﻟﻤﺴﺘﺤﺎﺿﺔ اﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﻠﻰ ﻗﻠﺒﻬﺎ ﻓﺘﺜﺎﺏ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﺩﻭﻧﻪ ﺇﻻ ﺃﻥ ﻳﻘﺎﻝ ﺇﻧﻬﺎ ﻣﻌﺬﻭﺭﺓ ﻛﻤﺎ ﺗﻘﺪﻡ، ﻟﺪﻭاﻡ ﺣﺪﺛﻬﺎ


*الفتاوى الحديثية  ص٣٥*

وسئل رضي الله عنه: عن قول النووي لطف الله به في آخر باب مجالس الذكر من شرح مسلم: ذكر اللسان مع حضور القلب أفضل من ذكر القلب انتهى. فهل يؤخذ من كلامه أنه إذا ذكر الله بقلبه دون لسانه أنه ينال الفضيلة إذا كان معذوراً أم لا؟ *وهل إذا قرأ بقلبه دون لسانه من غير عذر ينال الفضيلة أم لا؟*

فأجاب بقوله: *الذكر بالقلب لا فضيلة فيه من حيث كونه ذكراً متعبداً بلفظه، وإنما فيه فضيلة من حيث استحضاره لمعناه من تنزيه الله وإجلاله بقلبه،* وبهذا يجمع بين قول النووي المذكور، قولهم ذكرالقلب لا ثواب فيه فمن نفى عنه الثواب أراد من حيث لفظه، ومن أثبت فيه ثواباً أراد من حيث حضوره بقلبه كما ذكرناه، فتأمل ذلك فإنه مهمّ، ولا فرق في جميع ذلك بين المعذور وغيره، والله سبحانه وتعالى أعلم


والله اعلم 

 ╰➤ 𝗙𝗮𝗲𝗱𝗮𝗵 𝗤

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا