Langsung ke konten utama

𝗪𝗔𝗤𝗔𝗙 𝗣𝗔𝗗𝗔 𝗔𝗡'𝗔𝗠𝗧𝗔 𝗔𝗟𝗔𝗜𝗛𝗜𝗠

 NGAJI FIQIH EP. 03



𝗪𝗔𝗤𝗔𝗙 𝗣𝗔𝗗𝗔 𝗔𝗡'𝗔𝗠𝗧𝗔 𝗔𝗟𝗔𝗜𝗛𝗜𝗠

oleh: M. Muzakka

Dalam shalat ketika membaca Fatihah sering kita jumpai imam waqaf pada lafadz أنعمت عليهم, padahal disitu bukanlah tempat waqaf dan bukan pula akhir ayat. Dalam Qur'an rosm Usmani tidak dijumpai waqaf لا, yang kami tau waqaf لا itu ada dicetakan Indonesia. Seperti dalam lafadz أنعمت عليهم ini, dimana ditandai dengan لا di Qur'an cetakan Indonesia. Padahal waqaf لا itu tujuannya agar tidak berhenti disitu. Lalu bagaimana jika dikaitkan dengan shalat, dimana fatihah merupakan salah satu rukun shalat ? 


Yang lebih utama adalah tidak (menyengaja) waqaf pada أنعمت عليهم sebab bukan waqaf dan tidak juga akhir ayat. Bahkan menurut Imam Ramli sunah hukumnya untuk mewasholkan pada ayat setelahnya. Andaipun berhenti disitu karena nafas tidak kuat, maka tidak disunahkan mengulanginya dari awal ayat ( صراط الذين ) tapi langsung membaca ayat setelahnya ( غير  المغضوب الخ ) berbeda ketika diluar shalat. Kenapa demikian? Sebab memulai dengan ayat setelahnya ini meskipun tidak baik menurut ahli qiro'ah, tapi ketika diulangi dari awal ayat ini menyebabkan pengulangan sebagian rukun qouli dan itu membatalkan shalat menurut satu pendapat. 


Dalam kitab Fathul Allam disebutkan :

والأولى عدم تعمد الوقف على” أنعمت عليهم “ بل قال الرملي في النهاية : إنه يسنّ وصله بما بعده؛ لأنه ليس بوقف ولا منتهى آية أي عندنا. قال الشبراملسي : فلو وقف عليه لم يضر في صلاته. اهـ فتح العلام 

𝗠𝗮𝗸𝗻𝗮 𝗧𝘂𝗯𝗮𝗻 : “ 𝘠𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘶𝘵𝘢𝘮𝘢 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 (𝘮𝘦𝘯𝘺𝘦𝘯𝘨𝘢𝘫𝘢) 𝘸𝘢𝘲𝘢𝘧 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘭𝘢𝘧𝘢𝘥𝘻 “ 𝘢𝘯'𝘢𝘮𝘵𝘢 𝘢𝘭𝘢𝘪𝘩𝘪𝘮 ”, 𝘣𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘐𝘮𝘢𝘮 𝘙𝘢𝘮𝘭𝘪 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘬𝘪𝘵𝘢𝘣 𝘕𝘪𝘩𝘢𝘺𝘢𝘵𝘶𝘭 𝘔𝘶𝘩𝘵𝘢𝘫 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 : “ 𝘚𝘦𝘴𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘪𝘴𝘶𝘯𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘸𝘢𝘴𝘩𝘰𝘭𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘢𝘺𝘢𝘵 𝘴𝘦𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘣 𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘸𝘢𝘲𝘢𝘧 𝘥𝘢𝘯 𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘩𝘪𝘳 𝘢𝘺𝘢𝘵 𝘮𝘦𝘯𝘶𝘳𝘶𝘵 𝘬𝘪𝘵𝘢 (𝘚𝘺𝘢𝘧𝘪’𝘪𝘺𝘺𝘢𝘩). 𝘉𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢 𝘐𝘮𝘢𝘮 𝘈𝘴𝘺-𝘚𝘺𝘪𝘣𝘳𝘰𝘮𝘢𝘭𝘪𝘴𝘪 : “ 𝘢𝘯𝘥𝘢𝘪 𝘸𝘢𝘲𝘢𝘧 𝘥𝘪𝘴𝘪𝘵𝘶 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘴𝘢𝘮𝘱𝘢𝘪 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘢𝘵𝘢𝘭𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘩𝘢𝘭𝘢𝘵.”


حاشية إعانة الطالبين ج ١ صـــ ١٧٢

والاولى أن لا يقف على (أنعمت عليهم) لانه ليس بوقف ولا منتهى آية عندنا، فإن وقف على هذا لم تسن الاعادة من أول الآية. 

(قوله: لأنه ليس بوقف) أي لتعلقه بما بعده. (قوله: ولا منتهى آية) أي رأسها. وخرج به مثل (إهدنا الصراط المستقيم) فإنه وإن كانت متعلقا بما بعده - كما علمت - إلا أنه رأس آية. (قوله: فإن وقف على هذا) أي على  (أنعمت عليهم) (قوله: لم يسن الإعادة من أول الآية) أي من قوله: (صراط الذين) إلخ. وعبارة ع ش: فلو وقف عليه لم يضر في صلاته، والأولى عدم إعادة ما وقف عليه والابتداء بما بعده. لأن ذلك وإن لم يحسن في عرف القراء إلا أن تركه يؤدي إلى تكرير بعض الركن القولي، وهو مبطل في قول، فتركه أولى، خروجا من الخلاف اهـ


𝗞𝗲𝘀𝗶𝗺𝗽𝘂𝗹𝗮𝗻

✅ Yang lebih utama adalah tidak (menyengaja) berhenti pada أنعمت عليهم. Menurut Imam Ramli dalam kitab Nihayah hukumnya sunah diwasholkan. 

✅ Ketika berhenti maka yang lebih utama adalah langsung baca ayat setelahnya, bukan mengulangi dari awal ayat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا