Sa'il: ibu nafisah
pasuruan jatim
Diskripsi:
Assalamu'alaikum warahmatullah
ada seorang yg kaya yang Alhamdulillah selalu dalam keadaan sehat dan memiliki kemampuan dalam hartaNya untuk menunaikan ibadah haji, namun setiap kali ia mau berangkat haji selalu kehabisan kuota, sehingga ia tidak bisa menunaikan kewajibanNya untuk haji.
Pertanyaan:
apakah orang tersebut tetap wajib melaksanakan ibadah haji melihat kemampuanNya dalam fisik dan hartaNya yg melimpah namun ia selalu kehabisan kuota ..?
demikian wassalamu'alaikum warahmatullah.
jawaban
Wa'alaikum salam warohmatulloh
Salah satu syarat diwajibkannya haji adalah mampu menunaikannya (istitho'ah).
Para ulama' menjelaskan beberapa jenis istitho'ah tersebut, yaitu
1. Mampu secara fisik (sehat badan)
2. Mampu secara finansial (memiliki dana untuk menunaikan haji dan untuk keluarga yang ditinggalkan)
3. Ada kendaraan untuk pergi haji.
4. Jalan yang ditempuh aman.
5. Mampu melakukan perjalan.
Syekh Ibnu Hajar dalam Hasyiyah Al-Idhoh menjelaskan; "Apabila penduduk suatu negara ditahan untuk menunaikan haji pada permulaan,, maka tidak diwajibkan haji bagi mereka atau salah satu diantara mereka".
Lebih tegas, dalam kitab "Bulghotut Thullab" dijelaskan; "Apabila seseorang mempunyai harta yang mencukupi untuk ongkos pulang pergi menunaikan haji ke baitullah, akan tetapi ia tidak bisa pergi haji karena belum sampai gilirannya yang telah ditetapkan oleh pemerintah, maka orang tersebut tidak berdosa, sebab ia dianggap belum mampu".
Dari uraian tersebut dapat difahami bahwa orang yang batal berangkat haji karena pembatasan kuota yang diberlakukan pemerintah tidak memenuhi kriteria kewajiban haji, karena tidak mampu melaksanakan perjalanan (عدم امكان السير) dan ia tidak berdosa karena tidak menunaikan haji saat itu. Wallahu a'lam.
Hasyiyah Ibnu Hajar alal Idzoh, Hal: 48
لو حبس أهل بلد عن الحج أول ما وجب عليهم لا يستقر وجوبه عليهم أو واحد منهم
Bulghotut thullab, Hal: 227
مسألة ك: شخص عنده من الأموال ما يكفيه لحج بيت الله ذهابا وإيابا ولكنه لم يحج لعدم بلوغه نوبته التي ألزمتها الحكومة علي الحجاج لم يأثم بذلك لعدم استطاعته
Fathul Qoribul-Mujib, Hal: 144-145
وشرائط وجوب الحج سبعة أشياء). وفي بعض النسخ «سبع خصال»: (الإسلام، والبلوغ، والعقل، والحرية)؛ فلا يجب الحج على المتصف بضد ذلك، (ووجود الزاد) وأوعيته إن احتاج إليها. وقد لا يحتاج إليها كشخص قريب من مكة. ويشترط أيضا وجود الماء في المواضع المعتاد حمل الماء منها بثمن المثل، (و) وجود (الراحلة) التي تصلح لمثله بشراء أو استئجار. هذا إذا كان الشخص بينه وبين مكة مرحلتان فأكثر، سواء قدر على المشي أم لا، فإن كان بينه وبين مكة دون مرحلتين، وهو قوي على المشي لزمه الحج بلا راحلة. ويشترط كون ما ذكر فاضلا عن دينه وعن مؤنة من عليه مؤنتهم مدة ذهابه وإيابه، وفاضلا أيضا عن مسكنه اللائق به وعن عبد يليق به، (وتخلية الطريق). والمراد بالتخلية هنا أمن الطريق ظنا بحسب ما يليق بكل مكان؛ فلو لم يأمن الشخص على نفسه أو ماله أو بضعه لم يجب عليه الحج. وقوله: (وإمكان المسير) ثابت في بعض النسخ. والمراد بهذا الإمكان أن يبقى من الزمان بعد وجود الزاد والراحلة ما يمكن فيه السير المعهود إلى الحج؛ فإن أمكن إلا أنه يحتاج لقطع مرحلتين في بعض الأيام لم يلزمه الحج للضرر
Nihayatuz Zain, Hal: 201
وإحياء الكعبة كل عام بالحج والعمرة فرض كفاية بشرط الاستطاعة إن قام به البعض سقط الطلب عن الباقين، وإلاّ أثموا جميعاً
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik