Deskripsi Masalah :
Hidayatullah.com-Tayangan acara Tafsir Al-Misbah yang dibawakan Dr. Quraish Shihab di metro TV pada sabtu (12/07/2014) menuai kantroversi.
Sebelumnya, pakar tafsir lulusan Al azhar, Kairo Mesir itu sempat menyinggung bahwa Nabi Muhammad Shallahu’alaihi Wassalam tidak mendapat jaminan tempat di surga.
Pernyataan itu ia jawab ketika pembaca acara tersebut menyatakan bahwa Rasulullah adalah manusia mulia yang di jamin masuk surga.
Di bawah ini bagian dari kutipannya:
“Tidak benar saya ulangi tidak benar bahwa Nabi Muhammad mendapat jaminan surga.
Surga itu hak prerogratif Allah memang kita yakin bahwa Beliau mulia. Mengapa saya katakana begitu? Karena ada seorang sahabat Nabi dikenal orang, terus teman-teman di sekitarnya berkata, ‘bahagilah Engkau akan mendapat surga’ . Kemudian Nabi dengar, siapa yang bilang begitu, Nabi berkata, tidak seorang pun orang masuk surga karena amalnya, dia berkata baik amalnya akan masuk surga, surga adalah hak prerogratif Tuhan, “ujar Quraish Shihab.
Dia melanjutkan, “Kalau ditanya, kamu pun tidak wahai Muhammad? Kecuali kalau Allah menganugarahikan rahmad kepada saya. Jadi kita berkata, kita berkata dalam konteks surga dan neraka tidak ada yang di jamin Tuhan, kecuali kita katakana bahwa Tuhan menulis di dalam kitab sucinya bahwa yang taat itu akan dapat surga. Ada ayatnya,” tambahannya.
Penjelasan mantan mentri agama tersebut dalam beberapa hari menjadi pembicaraan di media social.
Pernyataan Dr Quraish Shihab tersebut dilandaskan pada hadist berikut:
“Tidak seorang pun masuk surge karena amalnya. Sahabat bertanya “Engkau pun tidak ?” beliau menjawab “Saya pun tidak, kecuali berkata rahmat Allah kepadaku.”
Pertanyaan :
1. Bagaiaman statemant diatas menurut kacamata syari`at?
2. Bagaiamnakh hukum tokoh agama atau tokoh masyarakat mengeluarkan pernyataa kontroversial atau menimbulkan salh faham?
Jawaban :
1 Statemant diatas tidak dibenarkan.
2 Tidak diperbolehkan
Referensi :
الزواجر عن اقتراف الكبائر (3/ 334)
وقد قال أبو أيوب السختياني من أكابر السلف : من أحب أبا بكر فقد أقام منار الدين ، ومن أحب عمر فقد أوضح السبيل ، ومن أحب عثمان فقد استنار بنور الله ، ومن أحب عليا فقد استمسك بالعروة الوثقى ، ومن قال الخير في جميع أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم فقد برئ من النفاق ؛ ومناقبهم وفضائلهم أكثر من أن تذكر .وأجمع أهل السنة والجماعة على أن أفضلهم العشرة المشهود لهم بالجنة على لسانه نبيه صلى الله عليه وسلم في سياق واحد ، وأفضل هؤلاء أبو بكر فعمر ، قال أكثر أهل السنة : فعثمان فعلي ولا يطعن في واحد منهم إلا مبتدع منافق خبيث .وقد أرشد صلى الله عليه وسلم إلى التمسك بهدي هؤلاء الأربعة بقوله : { عليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين المهديين من بعدي عضوا عليها بالنواجذ } .والخلفاء الراشدون هم هؤلاء الأربعة بإجماع من يعتد به .
الزواجر عن اقتراف الكبائر ج2 ص14
(و تشهد بالجنة للعشرة المبشرة ) بشرهم النبي صلى الله عليه وسلم بالجنة وهم الخلفاء الأربعة وطلحة والزبير و سعد وسعيد وأبو عبيدة بن الجراح وعبد الرحمن بم عوف إلى أن قال (وفاطمة) بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم رضي الله عنها
الزواجر عن اقتراف الكبائر (2/ 165)
وأبو يعلى بسند حسن : { أنا أول من يفتح باب الجنة إلا أني أرى امرأة تباد
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik