Langsung ke konten utama

Qoidah Asal semua adalah haram

 الأصل فى الأشياء الإباحة حتى يدل الدليل على التحريم


Pertanyaan :


 Apa penjelasan tentang Qo’idah:

 الأصل فى الأشياء الإباحة حتى يدل الدليل على التحريم

 beserta batasan-batasannya. 



Jawaban :Itu kaedah yg bnyk di kritisi oleh para fuqoha krn di bangun atas pemikiran mu’tazilah. Selengkapnya baca kitab Al- mantsur- nya imam Zarkasyi dan Fawaidul janiyah. Lain wkt insya alloh akan sy kutipkan

Ini sy kutipkan nash yg ada dlm kitab Fawaidul Janiyyah dan idlohul qowaid alfiqhiyyah, mudah2han bs membantu dan memperjelas. 


ثم سكوت الناظم على هذا الأصل الذي سلكه السيوطي عجيب, فقد قال الزركشي في قواعده: الأصل في الأشياء الإباحة أوالتحريم أو الوقف, أقوال بناها الأصوليون على قاعدة التحسين والتقبيح العقليين على تقدير التنزل لبيان هدم القاعدة بالأدلة السمعية – يعني هذا الأصل مبني على قاعدة المعتزلة, وهي أن العقل يدرك حسن الشيء أو قبحه بإدراكه ما فيه من مصلحة أو مفسدة, بناها الأصوليون على تقدير التسليم لما قالوه, وإلا فهي غير مسلمة لبيان هدم قاعدة المعتزلة بالأدلة السمعية المفيدة خلافَها – وحينئذ فلا يستقيم تخريج فروع الأحكام على قاعدة ممنوعة في الشرع. اهـ. وماخرجه الماوردي في الشعر المشكوك فيه وغيره من صور الشعر المجهول ونحوه فممنوع من الأصل, وكذا ما خرجه النووي في النبات المجهول تسميته. ومن أطلق من الأصحاب الخلاف فينبغي حمله على أنه هل يجوز الهجزم ابتداء أم يجب الوقف إلى الوقوف على الأدله الخاصة, فإن لم يجد ما يدل على تحريم فهو حلال بعد الشرع.

(قوله عجيب) أي أمر متعجب منه, وكان اللائق له أن يتعرض عليه أو أن لا يذكره بل يحذفه لكونه مبنيا على مذهب اعتزالي كما أشار إليه بقوله فقد قال الزركشي, فالفاء تعليلية.

(قوله فلا يستقيم تخريج فروع الأحكام على قاعدة ممنوعة في الشرع) أي فلا يستقيم تخريج الفقهاء أحكام الفروع والمسائل على فاعدة مبنية على قاعدة ممنوعة في الشرع, والقاعدة الممنوعة هي قاعدة التحسين والتقبيح العقليين. اهـ فوائد الجنية حاشية مواهب السنية شرح الفرائد البهية. ص 206 ج 1.

ومنها قاعدة : الحلال عند الشافعي مالم يدل الدليل على تحريمه وعند أبي حنيفة الحلال ما دل الدليل على حله – إلى أن قال – تنبيه: إنما عدلتُ عن القاعدة التي عبر بها الناظم كأصله (الأشباه والنظائر للسيوطي) وهي “الأصل في الأشياء الإباحة حتى يدل الدليل على التحريم عندنا وعند أبي حنيفة الأصل فيها التحريم حتى يدل الدليل على الإباحة لأمرين:

الأول : أن ابن نجيم الحنفي انتقد نسبة هذا القول إلى أبي حنيفة.

الثاني: أن الزركسي من أئمتنا انتقد هذه القاعدة قائلا في قواعده ” الأصل في الأشياء الإباحة أو التحريم أو الوقف

أقوال بناها الأصوليون على قاعدة التحسين والتقبيح العقليين على تقدير التنزل لبيان هدم القاعدة بالأدلة السمعية وحينئذ فلا يستقيم تخريج فروع الأحكام على قاعدة ممنوعة في الشرع” . اهـ إيضاح القواعد الفقهية للشيخ عبد الله اللحجي الشافعي ص 30-31


قاعدة :

الأصل في الأشياء الإباحة حتى يدل الدليل على التحريم .

هذا مذهبنا ، وعند أبي حنيفة : الأصل فيها التحريم حتى يدل الدليل على الإباحة ، ويظهر أثر الخلاف في المسكوت عنه ، ويعضد الأول قوله صلى الله عليه وسلم { ما أحل الله فهو حلال وما حرم فهو حرام وما سكت عنه فهو عفو ، فاقبلوا من الله عافيته فإن الله لم يكن لينسى شيئا } أخرجه البزار والطبراني من حديث أبي الدرداء بسند حسن

. وروى الطبراني أيضا من حديث أبي ثعلبة { إن الله فرض فرائض فلا تضيعوها ، ونهى عن أشياء فلا تنتهكوها ، وحد حدودا فلا تعتدوها ، وسكت عن أشياء من غير نسيان ، فلا تبحثوا عنها } وفي لفظ { وسكت عن كثير من غير نسيان فلا تتكلفوها رحمة لكم فاقبلوها }

. وروى الترمذي وابن ماجه من حديث سلمان : ” أنه صلى الله عليه وسلم سئل عن الجبن والسمن والفراء فقال : { الحلال ما أحل الله في كتابه ، والحرام ما حرم الله في كتابه ، وما سكت عنه فهو مما عفا عنه } وللحديث طرق أخرى ويتخرج عن هذه كثير من المسائل المشكل حالها : منها :

الحيوان المشكل أمره ، وفيه وجهان : أصحهما الحل كما قال الرافعي ومنها : النبات المجهول تسميته قال المتولي يحرم أكله وخالفه النووي وقال الأقرب الموافق للمحكي عن الشافعي في التي قبلها الحل .

ومنها : إذا لم يعرف حال النهر هل هو مباح أو مملوك ؟ هل يجري عليه حكم الإباحة أو الملك ؟ حكى الماوردي فيه وجهين مبنيين على أن الأصل الإباحة أو الحظر .

ومنها : لو دخل حمام برجه وشك هل هو مباح أو مملوك ؟ فهو أولى به وله التصرف فيه ، جزم به في أصل الروضة لأن الأصل الإباحة .

ومنها : لو شك في كبر الضبة فالأصل الإباحة ، ذكره في شرح المهذب .

ومنها : مسألة الزرافة ، قال السبكي : المختار أكلها : لأن الأصل الإباحة ، وليس لها ناب كاسر ، فلا تشملها أدلة التحريم ، وأكثر الأصحاب لم يتعرضوا لها أصلا لا بحل ولا بحرمة ، وصرح بحلها في فتاوى القاضي الحسين والغزالي ، وتتمة القول وفروع ابن القطان وهو المنقول عن نص الإمام أحمد وجزم الشيخ في التنبيه بتحريمها ، ونقل في شرح المهذب الاتفاق عليه ، وبه قال أبو الخطاب من الحنابلة ولم يذكرها أحد من المالكية والحنفية وقواعدهم تقتضي حلها .

 Perbedaan mendasar ada pada Madzhab Syafi’i dan Madzhab Hanafi disitu ya.

Apakah konteks qo’idah itu hanya berlaku pada binatang yang kita belum dapat ketahui tentang halal/haramnya dan dicontohkan dalam uraian di atas, atau secara umum?


Maksud nya, selain hal-hal yang sudah dicontohkan di atas apakah bisa diberlakukan qo’idah ini?

 Perbedaan mendasar ada pada Madzhab Syafi’i dan Madzhab Hanafi disitu ya.

 sebaiknya bukan menggunakan istilah perbedaan antara madhab Syafi’i dan Madzhab Hanafi sebab akan menimbulkan imej seakan terdapat jurang pemisah antara keduanya. Imam Syafi’i menyempurnakan metodologi usul Madzhab Hanafi yang lebih cenderung ra’yi (analogi). Imam Syafi’i walau bagaimanapun sangat hormat kpd murid imam hanafi yakni syaikh Muhammad yang ketika itu mengajar kifayah al-akhyar dan al-khajroz bi talaqqi di a’dhomiyah masjid imam abu hanifah. kaidah usul yang menyebutkan:


الأصل في الأشياء الإباحة حتى يدل الدليل على التحريم .



ini juga digunakan oleh pengikut imam abu hanifah dgn beberapa syarat diantaranya tidak bertentangan dgn nash sorih. adapun ungkapan. وعند أبي حنيفة merupakan bentuk ta’dzim (penghormatan) bukan pembanding antara syafi’iyyah dan hanafiyah. 



قال الزركشي في قواعده: الأصل في الأشياء الإباحة أوالتحريم أو الوقف, أقوال بناها الأصوليون على قاعدة التحسين والتقبيح العقليين على تقدير التنزل لبيان هدم القاعدة بالأدلة السمعية – يعني هذا الأصل مبني على قاعدة المعتزلة, وهي أن العقل يدرك حسن الشيء أو قبحه بإدراكه ما فيه من مصلحة أو مفسدة, بناها الأصوليون على تقدير التسليم لما قالوه, وإلا فهي غير مسلمة لبيان هدم قاعدة المعتزلة بالأدلة السمعية المفيدة خلافَها – وحينئذ فلا يستقيم تخريج فروع الأحكام على قاعدة ممنوعة في الشرع. اهـ.


 Jika mengacu pada mu’tailah. sebab sedia maklum mu’tazilah satu aliran akidah dan pemikiran islam seiring dgn fasa qadariyah dan jabariyah. Mu’tazilah menimbulkan kegerahan sehingga membuat melahirkan dialog antara asy’ari dan al-jubai dan itu sudah masyhur dikalangan ahl al-kalam. Dakwaan kaedah الأصل في الأشياء الإباحة dibangun atas pemikiran muktazilah adalah kekeliruan.


 Sebab yang menyatakan مبني على قاعدة المعتزلة merupakan latar belakang eksternal yang sarat dgn perdebatan antara usuluddin dan usul fiqh ketika itu. sedangkan latar belakang internal sepertimana yang dinyatakan al-suyuthi sbb قاعدة : الأصل في الأشياء الإباحة ، حتى يدل الدليل على التحريم

يقول الإمام السيوطي رحمه الله تعالى : هذا مذهبنا .

الأدلة : قوله صلى الله عليه وسلم : (( ما أحل الله فهو الحلال وما حرم فهو حرام وما سكت عنه فهو عفو ، فاقبلوا من الله عافيته فإن الله لم يكن لينسى شيئاً )) أخرجه البزار والطبراني من حديث أبي الدرداء بسند حسن .

وروى الطبراني أيضاً من حديث أبي ثعلبه رضي الله عنه : (( إن الله فرض فرائض فلا تضيعوها ، ونهى عن أشياء فلا تنتهكوها ، وحد حدوداً فلا تعتدوها ، وسكت عن أشياء من غير نسيان فلا تبحثوا عنها )) .

وروى الترمذي وابن ماجه من حديث سلمان رضي الله عنه : (( أنه صلى الله عليه وسلم سئل عن الجبن والسمن والفراء فقال : الحلال ما أحل الله في كتابه ، والحرام ما حرم الله في كتابه ، وما سكت عنه فهو مما عفا عنه )) . وللحديث طرق أخرى .

انظر كتاب الأشباه والنظائر في قواعد وفروع فقه الشافعية ، للإمام جلال الدين السيوطي رحمه الله تعالى ، صفحة (60) .

وذكر الأستاذ علي الندوي في كتابه القواعد الفقهية نقلاً عن إمام الحرمين الجويني رحمه الله تعالى في كتابه الغياثي صفحة ( 434 ـ 435 ) أنه أورد القاعدة (( الأصل في الأشياء الإباحة )) بصيغة : (( ما لا يعلم فيه تحريم يجري على حكم الحل )) ، وساق الأدلة في إثباتها وترجيحها .

انظر كتاب القواعد الفقهية للندوي صفحة ( 107 ) .

ini menunjukkan konsistesinya madhab syafi’i dalam mengekalkan generasisasi ilmu usul fiqh. antara penulisan sejarah antara usuluddin (ilmu kalam) dan usul fiqh perlu ada benang merah walaupun tokoh-tokohnya sama. Satu lagi yg ingin ana sampaikan antara teks (nash) dan pendapat tokoh seperti al-zarkasyi perlu dipilah-pilah, sehingga tidk bercelaru (tumpang tindih) 



 Sejarah perkembangan ilmu usul fiqh yang oleh sebagian penulis sejarah di klaim bahwa kaidah الأصل في الأشياء الإباحة dibangun atas pemikiran mu’tazilah. Bahkan ada yang lebih dasyat lagi katanya kaedah usul fiqh dibangun atas pemikiran aristotales. Padahal faktanya tidak demikian. Sejarah adalah fakta, faktanya perkembangan usul fiqh seiring perkembangan semasa dan ini identik dgn ciri-ciri ilmu islam (ulum al-islamiyyah). Objektifnya mengekalkan kemurnian al-Qur’an dan al-Sunnah. Maaf ulasannya ana ringkas mengingat formatnya sangat terbatas. Kembali kepada bab keagungan sejarah usul fiqh, nilai usul sebenarnya ada sejak jaman Nabi SAW. contohnya sahabat salman al-farisi berinisiatif membuat khandaq (parit), merupakan cikal-bakal yang islam tidak jumud dan beku. artinya ruh islam menerima perkembangan yang terjadi semasa dan menerima bentuk luar teks (nas) yg objektifnya membawa manfaat bagi maslahah ummah. 


kaedah itu mnrt azzarkasyi di bangun atas kaedah التحسين والتقبيح العقليين . Dlm ushul fiqh masalah ini terdapat pd pembahasan ttg apakah hukum yg d berlakukan sblm ada syari’at Nabi Myhamad SAW. Klo antum baca d jam’ul jawamu’ persoalan ini di singgung d sana. Al-Ahdal dlm Mawahibus Saniyyah syarh Faroidul Bahiyyah jg mmbhs panjang mengenai kejanggalan kaedah ini. Sebelum antum mengomentari nash yg tlh sy sebutkan, ada baiknya antum baca dulu Fawaidul janiyah Hasyiyah Mawahus saniyah, Al- Mantsur, Asybah Wan Nadhoir lis Subuki ( bkn yg imam suyuthi) dan ringkasan kaedah fiqhnya Syekh Abdulloh Allahji.


Bahwa banyak para ulama sprt imam zarkadyi, assubki al ahdal dll yg menyatakan bhw kaedah itu di bangun atas kaedah mu’razilah التحسين والتقبيح العقليين 


 Fat-hul Bari 

إن أعظم المسلمين جرما من سأل عن شيء لم يحرم فحرم من أجل مسألته


وفي الحديث أن الأصل في الأشياء الإباحة حتى يرد الشرع بخلاف ذلك.



Al Hafidh Ibn ‘Abdil Barr dalam kitab Attamhiid 



عن ابن عمر مالك عن عبدالله بن دينار عن عبدالله بن عمر أن رسول الله صلى الله عليه و سلم كان يلبس خاتما من ذهب ثم قام رسول الله صلى الله عليه و سلم فنبذه وقال لا ألبسه أبدا قال فنبذ الناس خواتمهم


في هذا الحديث دليل على أن الأشياء على الإباحة حتى يرد الشرع بالمنع منها ألا ترى أن رسول الله صلى الله عليه و سلم كان يتختم بالذهب وذلك والله أعلم على ما كانوا عليه حتى أمره الله بما أمره به من ترك التختم بالذهب فنهى رسول الله صلى الله عليه و سلم عن التختم بالذهب للرجال


al Hafidh Ibn Rajab al Hanbali:

جامع العلوم والحكم بشرح خمسين حديثا من جوامع الكلم


وقد دل القرآن على مثل هذا أيضا في مواضع ، كقوله – عز وجل – : { قل لا أجد في ما أوحي إلي محرما على طاعم يطعمه إلا أن يكون ميتة } ، فإن هذا يدل على أن ما لم يجد تحريمه ، فليس بمحرم ، وكذلك قوله : { وما لكم ألا تأكلوا مما ذكر اسم الله عليه وقد فصل لكم ما حرم عليكم إلا ما اضطررتم إليه } ، فعنفهم على ترك الأكل مما ذكر اسم الله عليه ، معللا بأنه قد بين لهم الحرام ، وهذا ليس منه ، فدل على أن الأشياء على الإباحة ، وإلا لما ألحق اللوم بمن امتنع من الأكل مما لم ينص له على حله بمجرد كونه لم ينص على تحريمه .

 Kaidah yg dipersilishkan, mukhtalaf. Selama kaidah ini masih mu’tabar (walau mukhtalaf) sy pikir tidak perlu dipersoalkan lagi validitasnya, kecuali anda sedang membuat tesis yg mencakup latar belakang suatu kaidah. Dg demikian penjabaran atas kandungan kaidah itu yg sebenarnya lebih penting dibicarakan. 


 Dengan intiqad (kritik) Syeikh Badruddin Az Zarkasyi dengan kaedah tersebut ?

 Al Mantsuur fil Qawaa’id karya beliau:

الأصل في الأشياء الإباحة أو التحريم أو الوقف

أقوال بناها الأصوليون على قاعدة التحسين والتقبيح العقليين على تقدير التنزل لبيان هدم القاعدة بالأدلة السمعية وحينئذ فلا يستقيم تخريج فروع الأحكام على قاعدة ممنوعة في الشرع وما خرجه الماوردي في النهر المشكوك فيه وغيره من صور السعر المجهول ونحوه ممنوع من الأصل وكذا ما خرجه النووي في النبات المجهول سمته ومن أطلق من الأصحاب الخلاف فينبغي حمله على أنه هل يجوز الهجوم ابتداء أم يجب الوقف إلى الوقوف على الأدلة الخاصة فإن لم نجد ما يدل على تحريم فهو حلال بعد الشرع بلا خلاف ونقل الرافعي في الأطعمة في الحيوان المجهول أن ميل الشافعي رضي الله عنه إلى الحل وأبي حنيفة إلى التحريم وله مأخذ آخر سنذكره إن شاء الله تعالى في حرف الحاء

Tidak ada kontradiksi antara As Suyuthi dengan az Zarkasyi.

Az zarkasyi:

فإن لم نجد ما يدل على تحريم فهو حلال بعد الشرع بلا خلاف


 Dikatakan As Suyuthi:

حتى يدل الدليل على التحريم

 Memang tidak ada kontradiktif antara al-Suyuthi dengan al- Zarkasyi apa yang saya nampak, kecermatan para tokoh dalam memahami nas (manhaj mafhum al-nash) perlu dicontoh. T.kasih ustad Abdullah Afif yang merujuk kpd sumber asal. Ilmu yang barokah, amin.

sebagai pengantar mamahami makna الإباحة yang mengalami pergeseran makna, 

موسوعة الفقه

.الإباحة عند الأصوليين:ينظر الأصوليون للإباحة باعتبار أنها مأخوذة من أبحتك الشىء بمعنى أحللته لك أطلقتك فيه.أو يعرفونها بأنها: التخيير بين فعل الشىء وتركه.


 

Kutipan yang disandarkan kepada imam al-zarkasyi. 


: قال الإمام الزركشي مبينا أقوال العلماء في هذه المسألة في سلاسل الذهب ص101: « واختلف أصحابنا وغيرهم في حكم الأشياء قبل ورود الشرع على ثلاثة مذاهب أحدها: أنها على الإباحة حتى يرد الشرع بحظرها، وهو قول أبي إسحق المروزي وأبي العباس بن سريج وأكثر الحنفية والبصريين من المعتزلة والظاهرية. الثاني: أنها على الحظر حتى يرد الشرع بإباحتها وهو قول أبي علي بن أبي هريرة وبعض الحنفية والبغداديين من المعتزلة. الثالث: أنها على الوقف وهو قول أكثر أصحابنا منهم القاضي أبو الطيب الطبري وأبو علي الطبري وهو قول شيخنا أبي الحسن الأشعري » اﻫ.



@Syari’at Islam bersumber dari Allah dan Rasul-Nya, ada juga peranan Mujtahid (ahli hukum Islam) dlm menetapkan hukum yg tidak diatur secara jelas dan terinci dalam al Qur’an & Hadits.

Jika kita simak lebih jauh dalam prosesnya, interaksi antara Rasulullah dengan para sahabatnya turut mendorong "terjadinya" penetapan hukum. Ini artinya bukan saja proses penetapan hukum Islam berjalan dengan dialogis, tetapi juga keterlibatan manusia, selaku subjek hukum, juga bisa dibenarkan dalam batas tertentu.

Ada Hadits marfu’ (hadist yg disandarkan kepada Nabi) yg diriwayatkan dalam Musnad Ahmad yg mengisahkan keterlibatan Sahabat Nabi ini. Riwayat ini cukup panjang, saya hanya kutip sebagian saja yg sesuai dengan konteks pembahasan.

Mu’adz bin Jabal, seorang sahabat Nabi yg terkenal cerdas, mengisahkan paling tidak ada dua contoh keterlibatan para sahabat dalam proses penetapan hukum Islam oleh Nabi.

Pertama: kasus Adzan

Berkata Mu'adz bin Jabal: Seseorang dari Anshar bernama 'Abdullah bin Zaid mendatangi Rasulullah Saw dan berkata: "Wahai Rasulullah! Saya bermimpi melihat sesuatu yg dilihat orang yg tidur. Andai saya berkata saya tidak tidur tentu saya benar, sesungguhnya saat saya berada dalam kondisi antara tidur dan terjaga, saya melihat seseorang mengenakan dua baju hijau, ia menghadap kiblat kemudian berkata; Allahu akbar, Allahu akbar, asyhadu allaa ilaaha ilaallaah, asyhadu allaa ilaaha ilaallaah, dua kali dua kali hingga usai adzan. Kemudian diam sesaat dan berkata seperti yg diucapkan hanya saja ia menambahkan : "Qad qoomatish sholaatu qad qoomatish sholaatu".

Kemudian Rasulullah bersabda :

‎فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم علمها بلالا فليؤذن بها فكان بلال أول من أذن بها

"Ajarkan pada Bilal supaya dipakai adzan." Bilal adalah orang pertama yg mengumandangkan adzan dengan kalimat² itu. Berkata Mu'adz bin Jabal".

Kemudian 'Umar bin Khattab datang dan berkata : "Wahai Rasulullah! Saya bermimpi seperti yg ia mimpikan hanya saja ia mendahuluiku.

Itulah sejarah pensyari’atan adzan untuk memanggil orang shalat. Berasal dari mimpi para Sahabat Nabi, yg kemudian dibenarkan dan ditetapkan oleh Nabi Muhammad. Nabi tidak mencela atau menganggap lancang para Sahabat yg bermimpi demikian. Nabi membenarkan mimpi yang baik dan benar ini (ar ru’ya as shadiqah).

- Kedua: kasus Makmum masbuk / yg datang terlambat. Dahulu makmum yg terlambat, dia bertanya kepada Imam sudah berapa rakaat. imam memberi isyarat 1 atau 2 rakaat, lalu yag terlambat ini shalat sendirian mengejar rakaat yg tertinggal, setelah itu baru gabung dengan jam’ah bersama-sama menyelesaikan sisa rakaat.

Akhirnya suasana jadi kacau, karena yg terlambat itu seolah balapan mengejar ketertinggalan mereka sebelum ikut gabung dengan jama’ah. Mu'adz bin Jabal datang dan Nabi telah shalat beberapa rakaat, ia langsung ikut shalat bersama beliau. Saat Rasulullah usai shalat, Mu’adz berdiri dan mengganti rakaat yg tertinggal.

Lalu Rasulullah bersabda :

‎فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم إنه قد سن لكم معاذ فهكذا فاصنعوا

 "Mu'adz telah menyontohkan untuk kalian, seperti itulah hendaknya kalian melakukannya."

Kasus yg sangat menarik bagaimana praktek ibadah Mu’adz yg berbeda dari kebanyakan orang saat itu tidak dianggap bid’ah oleh Nabi. Bahkan Nabi memuji dan menetapkan aturan makmum masbuk seperti yg dilakukan oleh Mu’adz.

Nabi Muhammad tidak anti dengan pendapat para Sahabatnya. Bahkan sesuatu yg baik yg dilakukan oleh para Sahabat bisa diterima dan diakomodir sebagai bagian dari Syari’at Islam.

Jadi, pupus sudah bayangan sosok Rasulullah yg seolah kaku dan anti dengan hal-hal baru (bid'ah yg hasanah). Kenyataannya, Nabi Muhammad bukan saja welas asih, tetapi sangat "akomodatif".

Salah satu imam mazhab terkenal bernama Imam Abu Hanifah pernah berkata: 

"Seandainya Rasulullah berjumpa denganku, ia akan mengambil banyak pendapatku. Bukankah agama itu ra'yu yg baik?"

*Ra'yu : salah satu cara untuk berijtihad dlm menetapkan suatu hukum dari permasalahan² kontemporer yg belum didapati dlm Alquran & Hadis. Dan hanya bisa di lakukan oleh orang² yg mampu dan memenuhi syarat sebagai Mujtahid.



#Kita bahas dari sudut pandang hukum sebuah amaliah. Hukum Islam sudah ijma' ada Wajib, Sunnah, Mubah, Makruh, Haram. Sampe sini kita akan membahas amaliah berdasar hukum.

Satu case yg umum dan rame di tengah masyrakat baik medsos atau-pun mjlis mjlis umum di tengah× kehidupan kita bermasyrakat. 

Sebuah pertanyaan : Tahlil-an itu Bid'ah atau Sunnah?. Kita tahu bid'ah adalah perkara baru dalam agama ini yg sebelumnya tidak ada tuntunanya (seperti bid'ah akidah para fiqroh sesat akidah dengan pensifatan pada yg MAHA AZALI). Berdasar pertanyaan diatas tentu belum menyentuh aspek hukum, yg terjadi distorsi kalau bukan Sunnah berarti Bid'ah. 

Imam Baihaqi dalam karyanya maqib imam Safei menyitir qoul sang Imam :

المحْدثات ضربان: ما أحدث مما يخالف كتابا أو سنة أو أثرا أوإِجماعا فهذه بدعة الضلال وما أُحدث من الخير لا يخالف شيْئا من ذلك فهذه محدثة غير مذمومة

“Sesuatu yg baru (muhdats) itu ada dua, sesuatu yg baru dikerjakan yg bertentangan dengan al Qur’an, Sunnah, atsar, atau ijma’, maka ini adalah bid’ah yg sesat. Sementara sesuatu baru yg baik yg tidak bertentangan dengan sedikitpun dari hal itu maka ini adalah bid’ah yg tidak jelek.” 

Jika berlandaskan hukum tentu bisa kita urai dengan pikiran yg jernih. Dalam Tahlil-an kita membaca surah Yasin yg merupakan Jantungnya al Qur'an. Allah memerintakan kita membaca kalimah NYA yg mana setiap hurufnya mendapat pahala. Dari Abdullah bin Mas’ud ra bahwa Rasulullah bersabda: 

“Siapa yg membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miin itu satu huruf, tetapi Alif itu satu huruf dan Laam itu satu huruf dan Miim itu satu huruf.” 

(Hr At Tirmidzi).

Sedangkan kapan waktunya kita membaca ayat ayat al Qur'an tidak ada dalil perintah yg dengan tegas, jadi kita yg me manage / mengatur waktu dan tempat.

Rasulullah menamsilkan orang Islam yg membaca al Qur’an dengan buah jeruk yg rasanya enak dan harum. Sementara orang Islam yg tidak membaca al Qur’an seperti buah kurma yg rasanya manis tetapi tidak wangi, 

(Hr Ibnu Hibban).

Seperti halnya shalat, baca al Qur’an juga memiliki waktu× tertentu yg sangat dianjurkan membacanya. Menurut An-Nawawi, waktu yg paling utama ialah ketika shalat. Adapun di luar shalat, waktu utamanya adalah pada paruh kedua di malam hari, setelah shalat subuh, dan antara maghrib dan isya. Berkata imam an Nawawi dalam al Adzkar :

“Adapun waktu utama baca al Qur’an di luar shalat ialah pada malam hari. Paruh kedua malam lebih utama dibanding paruh pertama. Disunahkan juga membacanya ketika selang waktu maghrib dan isya. Sementara waktu siang, yg dianjurkan ialah ketika usai shalat subuh. Pada prinsipnya, kapan pun baca al Qur’an diperbolehkan. Tidak ada kemakruhan untuk baca al Quran kapan saja. Bahkan baca al Qur’an di waktu yg dimakruhkan shalat sekali pun tetap diperbolehkan.”

Berdasarkan penjelasan ini, dapat dipahami bahwa terdapat waktu utama baca al Qur’an baik pada siang maupun malam hari. Pada waktu siang hari, yg sangat dianjurkan ialah setelah shalat shubuh.

Adapun malam hari, paruh kedua malam lebih diutamakan. Andaikan khawatir tidak terjaga di malam hari, usai shalat magrib menjelang isya juga waktu yang sangat baik digunakan untuk baca al Qur’an.

Namun perlu diperhatikan, tidak ada waktu larangan dan makruh baca al Qur’an. Jadi kapan pun waktunya diperbolehkan untuk membacanya boleh surah apa saja. Sehingga berdasar hukumnya bisa kita tarik kesimlulan Tahlil-an Sunnah atau wajib ? 

Bukan kita di sodorkan pilihan Sunah atau bid'ah tentu hukum dasar nya jadi tidak ada. Padahal dengan terang benderang dalam hadist:

الصيام والقرآن يشفعان للعبد يوم القيامة

“Puasa dan al Qur'an akan memberikan syafaat pada seorang hamba dihari kiamat kelak”. 

(Hr Ahmad).

Jika pertanyaanya Tahlil-lan itu Bid'ah atau Sunnah nyata hal itu mengaburkan sisi hukum amaliah hanya berdasar hadist كل secara tekstual tanpa ittiba pada pemahaman Mujtahid. Maka jauh hari sebelum lahir orang jaman sekarang yg hanya meng olok - olok amaliah tahlil maka tepatlah qoul hujjatul Islam :

لِأَجل الجهال كثر الخلف بيْن الناس

ولو سكت من لايدْريْ لقل الخلاف بين الخلْق

"Karena orang² dungulah terjadi banyak kontroversi di antara manusia. Seandainya orang² yg bodoh berhenti bicara, niscaya berkuranglah pertentangan di antara sesama." 

(Imam Ghazali dalam "Faishilut Tafriqah bainal Islam wal Zindiqah").

Sunnguh mereka yg hanya para mukallid (pengekor) yg hanya kebagian sisa - sisa ulama berlagak seolah mufti fatwa dengan menganulir amaliah umat muslim bukan golonganya.

ولا تقولوا لما تصف أَلسنتكم الكذب هذا حلال وهذا حرام لتفتروا علي الله الكذب إِن الذين يفترون على الله الْكذب لا يفلحون

"Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yg disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta "ini halal dan ini haram", untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yg mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntungan.

(Qs an Nahl 116).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا