Langsung ke konten utama

Bayi Tabung


Bayi Tabung
Bagaimana hukumnya mengerjakan proses bayi tabung. Bayi tabung ialah bayi yang dihasilkan bukan dari persetubuhan, tetapi dengan cara mengambil mani atau sperma laki-laki dan sel telur wanita, lalu dimasukan kedalam suatu alat dalam waktu beberapa hari lamanya. Setelah hal tersebut dianggap mampu menjadi janin, maka dimasukkan kedalam rahim ibu  ?
jawab :            Hukum bayi tabung dan bagaimana nasabnya ada 4 cara haram dan 2 cara halal.
@ Empat cara yang haram :
1.         Pembuahan luar dari sperma suami dan sel telur perempuan lain kemudian dimasukkan ke rahim isteri
2.         Pembuahan luar dari sperma laki – laki lain dan sel telur isteri kemudian dimasukkan ke rahim isteri
3.         Pembuahan luar dari sperma suami dan sel telur isteri kemudian dimasukkan kerahim perempuan lain, walaupun dengan bayaran.
4.         Pembuahan luar dari sperma laki – laki lain dan sel telur perempuan lain kemudian dimasukkan ke rahim Isteri.


@ Dua cara yang halal / diperbolehkan :
1.         Pembuahan luar dari sperma suami dan sel telur isteri kemudian dimasukkan ke rahim Isteri
2.         Mengambil sperma dari suami kemudian dimasukkan ke farj isteri atau ke rahim isteri (pembuahan dalam).
Keempat cara yang diharamkan dan dilarang karena menyebabkan ikhtilat atau kekacauan nasab.
sedangkan Dua cara yang diperbolehkan karena hajat / kebutuhan dan nasab kembali ke kedua orang tua

Referensi
@   Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu juz 7 hal 114


الفقه الإسلامي وأدلته ( 7 ص 114) مكتبة الشاملة
أطْفَالُ الأنابِيْبِ إنَّ مَجْلِسَ م جَمْعُ الْفِقْهِ الإسْلاَمِي الْمُنْعَقِدُ فيِ دَوْرَةِ مُؤْتَمَرِهِ الثَّالِث بعمان عاصمة المملكة الأردنية الهاشمية من 8-13 صفر 1407 هـ/11 إلى 16 أكْتَوْبر 1986 م. بَعْدَ اسْتِعْرَاضِهِ لِمَوْضُوْعِ التَّلْقِيْحِ الصِّنَاعِي «أطْفَالُ الأَنَابِيْبِ» وَذلِكَ بِالاِطْلاَعِ عَلى الْبُحُوْثِ الْمُقَدِّمَةِ وَالاِسْتِمَاعِ لِشَرْحِ الْخُبَرَاءِ وَالأَطِبَّاءِ. وَبَعْدَ التَّدَاوُلِ. تَبَيَّنَ لِلْمَجْلِسِ:أنَّ طُرُقَ التَّلْقِيْحِ الصِّناعِي الْمَعْرُوْفَةِ فيِ هَذهِ الأيَّامِ هِيَ سَبْعٌ: الأُوْلىَ: أنْ يَجْرِي تَلْقِيْحٌ بَيْنَ نُطْفَةٍ مَأْخُوْذَةٍ مِنْ زَوْجٍ وَببَِيْضَةٍ مَأخُوْذَةٍ مِنِ امْرَأةٍ لَيْسَتْ زَوْجَتَهُ ثُمَّ تُزْرَعُ اللَّقِيْحَةُ فيِ رَحْمِ زَوْجَتِهِ. الثانية: أنْ يَجْرِي التَّلْقِيْحُ بَيْنَ نُطْفَةِ رَجُلٍ غَيْرِ الزَّوْجِ وبيَيْضَةِ الزَّوْجَةِ ثُمَّ تُزْرَعُ تِلْكَ اللَّقِيْحَةُ فيِ رَحْمِ الزَوْجَةِ. الثالثة: أنْ يَجْرِي تَلْقِيْحٌ خَارِجَيْ بَيْنَ بَذْرَتَيْ زَوْجَيْنِ ثُمَّ تُزْرَعُ اللَّقِيْحَةُ فيِ رَحْمِ امْرَأَةٍ مُتَطَوِّعَةٍ بِحَمْلِهَا. الرابعة: أنْ يَجْرِي تَلْقِيْحٌ خَارِجَيْ بَيْنَ بَذْرَتَيْ رَجُلٍ أجْنَبِيٍّ وبيَيْضَةِ امْرَأةٍ أجْنَبِيَّةٍ وَتُزْرَعُ اللَقِيحةُ فيِ رَحْمِ الزَّوْجَةِ. الخامسة: أنْ يَجْرِي تَلْقِيْحٌ خَارِجَي بَيْنَ بَذْرَتَي زَوْجَيْنِ ثُمَّ تُزْرَعُ اللَّقِيْحَةُ فيِ رَحْمِ الزَّوْجَةِ الأُخْرَى. السادسة: أنْ تُؤْخَذَ نُطْفَةٌ مِنْ زَوْجٍ وبيَيْضَةٍ مِنْ زَوْجَتِهِ وَيَتِمُّ التَّلْقِيْحُ خَارِجِياً ثُمَّ تُزْرَعُ اللَّقِيْحَةُ فيِ رَحْمِ الزَّوْجَةِ. السابعة: أنْ تُؤْخَذَ بَذْرَةُ الزَّوْجِ وَتُحْقَنُ فيِ الْمَوْضِعِ الْمُنَاسِبِ مِنْ مَهْبِلِ زَوْجَتِهِ أوْ رَحْمِهَا تَلْقِيْحاً دَاخِلِياً. وقُرِّرَ: أنَّ الطُّرُقَ الْخَمْسَةَ الأُوْلىَ كُلَّهَا مُحَرَّمَةٌ شَرْعاً وَمَمْنُوْعَةٌ مَنْعاً بَاتاً لِذَاتِهَا أوْ لِمَا يَتَرَتَّبُ عَلَيْهَا مِنِ اخْتِلاَطِ الأَنْسَابِ وَضِيَاعِ الأُمُوْمَةِ وَغَيْرِ ذَلِكَ مِنَ الْمَحَاذِيْرِ الشَّرْعِيَةِ  أمَّا الطَّرِيْقَانِ السَّادِسُ وَالسَّابِعُ فَقَدْ رَأَى مَجْلِسُ الْمُجْمَعُ أنَهُ لاَ حَرَجَ مِنَ اللُّجُوْءِ إلَيْهِمَا عِنْدَ الحاجَةِ مَعَ التَّأْكِيْدِ عَلىَ ضَرُوْرَةٍ أخْذَ كُلِّ الاحْتِيَاطَاتِ اللاَّزِمَةِ. والله أعلم  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan