Langsung ke konten utama

SYUBHAT QOUL IZZUDIN BIN ABDIS SALAM TENTANG MENGUSAP WAJAH SETELAH BERDOA

 Gabung grup pengajian telegram :

https://t.me/joinchat/J8JwlMUJM-M3YWY1

Gabung grup pengajian WA :

https://chat.whatsapp.com/CslOZgUIOedBLT6bDRep2f


۝ SYUBHAT QOUL IZZUDIN BIN ABDIS SALAM TENTANG MENGUSAP WAJAH SETELAH BERDOA ۝


Imam Izzudin bin Abdiss salam adalah mujtahid madzhab di dalam madzhab Imam Syafi'iy. Sudah ma'lum bahwa diantara mujtahid madzhab ada perbedaan pendapat...itu biasa. Oleh karena itu disepakati oleh ulama muta'akhirin, bahwa pendapat mu'tamad di dalam madzhab adalah pendapat yang sudah ditarjih oleh Imam Nawawi dan Imam Rofi'iy, karena keduanya dari segi keilmuan sudah layak menjadi mujtahid fatwa yang ahli di dalam mentarjih. 

Syaikh Zainuddin Al Malibariy berkata :

اﻋﻠﻢ ﺃﻥ اﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ﻓﻲ اﻟﻤﺬﻫﺐ ﻟﻠﺤﻜﻢ ﻭاﻟﻔﺘﻮﻯ ﻣﺎ اﺗﻔﻖ ﻋﻠﻴﻪ اﻟﺸﻴﺨﺎﻥ فما ﺟﺰﻡ ﺑﻪ اﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﺎﻟﺮاﻓﻌﻲ ﻓﻤﺎ ﺭﺟﺤﻪ اﻷﻛﺜﺮ ﻓﺎﻷﻋﻠﻢ ﻓﺎﻷﺭﻭﻉ.

ketahuilah, sesungguhnya pendapat mu'tamad didalam mazhab bagi hukum dan fatwa adalah apa apa yg telah bersepakat di atasnya syaikhoni (imam nawawi dan imam rofi'iy), jika imam nawawi dan imam rofi'iy berbeda pendapat maka yg mu'tamad qoul imam nawawi, jika imam nawawi tidak menetapkan hukum maka pegang qoul imam rofi'iy, jika imam nawawi dan ar rofi'iy tidak menetapkan hukum maka pegang pendapat mayoritas, jika jumlah nya sama maka pegang qoul yg paling berilmu, jika ilmunya sama maka pegang yg paling wara'

Kitab Fathul mu'in. Halm 623.


Maka yang menjadi pendapat mu'tamad adalah qoul Imam Nawawi :

ﻭﻣﻦ ﺁﺩاﺏ اﻟﺪﻋﺎء ﻛﻮﻧﻪ ﻓﻲ اﻷﻭﻗﺎﺕ ﻭاﻷﻣﺎﻛﻦ ﻭاﻷﺣﻮاﻝ اﻟﺸﺮﻳﻔﺔ ﻭاﺳﺘﻘﺒﺎﻝ اﻟﻘﺒﻠﺔ ﻭﺭﻓﻊ ﻳﺪﻳﻪ ﻭﻣﺴﺢ ﻭﺟﻬﻪ ﺑﻌﺪ ﻓﺮاﻏﻪ

Sebagian dari adab adab berdoa adalah adanya di dalam waktu-waktu, tempat-tempat dan keadaan-kedaan yang mulia, menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan, dan mengusap wajahnya sesudah selesainya.


Kitab Al Majmu' Syarah Al Muhadzab. Imam Nawawi. Hal 487. Juz 4.


Orang awan yang bukan ahli ijtihad tidak boleh mengambil perkataan atau hasil tarjih seorang ustad atau ulama yang bukan ahli ijtihad. Karena jika ustad atau ulama itu melupakan hadits niscaya si orang awam tidak akan mengetahui.


Abdurrachman Asy Syafi'iy


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا